Home Tips KesehatanKesehatan Hati 13 Tanda Penyakit Hati Berbahaya Perlu Anda Waspadai

13 Tanda Penyakit Hati Berbahaya Perlu Anda Waspadai

by Erlita

Tanda penyakit hati dapat diketahui setiap orang dengan jelas. Tentu saja bukan sesuatu yang sulit untuk melakukan perawatan tubuh agar terhindar dari penyakit tersebut. Hati adalah salah satu organ tubuh paling vital dimiliki setiap manusia selain jantung. Organ hati atau yang disebut juga dengan liver merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan yang bertanggung jawab penuh dalam memproduksi zat yang akan membantu memecah lemak dan lipid didalam. Selain itu, hati juga berfungsi untuk memproduksi berbagai macam asam amino dan protein yang dapat membantu sistem kerja tubuh secara totalitas.

Inilah alasan kenapa pentingnya hati untuk manusia demi kelangsungan hidup, yakni berperan aktif dengan banyak fungsi di dalam tubuh. Oleh karena itu setiap orang di sarankan untuk menjaga kesehatannya terutama pada hati. Karena saat mereka telah membuat hati sakit, kemungkinan hal fatal akan terjadi dengan mudah, beberapa diantaranya bisa Anda ketahui pada gangguan fungsi hati berikut. Apabila anda tidak bisa menjaga hati dengan cukup baik, terdapat beberapa penyakit yang nantinya akan di timbulkan. Kondisi itu sendiri disebut dengan penyakit hati yang menimbulkan banyak gejala-gejala seperti berikut:

  1. Terjadi Masalah Pada Sistem Pencernaan

Hati sebagai salah satu bagian terpenting pada organ tubuh tentu saja akan memicu sistem pada pencernaan anda terganggu ketika telah mengalami penyakit hati. Untuk itu banyak sekali beberapa orang yang mengidap penyakit hati mempunyai masalah pada pencernaan.

  1. Perubahan Warna Kulit

Seseorang yang menderita penyakit hati akan mengalami perubahan warna kulit. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan hati. Perubahan akan di tandai dengan munculnya bercak putih di permukaan kulit yang sering disebut dengan bintik-bintik hati. Selain kerusakan hati, gejala seperti ini juga bisa diakibatkan oleh penyebab bercak putih pada kulit yang bermacam-macam.

  1. Mengalami Gatal-gatal Pada Kulit

Bukan hanya akan mengalami perubahan warna kulit, tetapi penderita penyakit hati juga di tandai oleh gejala gatal-gatal pada kulit. Apabila kita biasanya merasa gatal pada kulit akibat dari gigitan nyamuk atau alergi, maka kulit gatal akibat adanya kerusakan organ hati terjadi secara tiba-tiba dan sering. Bahkan kulit juga akan terasa lebih sensitive dibandingkan sebelumnya. Nah, untuk mengetahui berbagai hal yang bisa menyebabkan gatal ini Anda bisa mengetahui secara lengkap pada penyebab kulit gatal berikut.

  1. Mulut Terasa Lebih Pahit

Tanda-tanda kerusakan hati lainnya yakni mulut yang terasa pahit dari sebelumnya. Rasa pahit ini umumnya terjadi akibat cairan empedu. Saat terjadi kerusakan hati maka hati tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik hingga mengacau pada organ empedu. Padahal salah satu fungsi hati pada sistem pencernaan adalah untuk menghasilkan empedu.

  1. Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan menurun merupakan gejala awal penyakit hati yang mulai timbul. Karena mulut terasa pahit sehingga mengurangi keinginan untuk makan. Parahnya lagi makanan yang masuk malah tidak bisa di cerna dengan baik. Jika memang seperti ini, Anda bisa dengan segera menerapkan cara meningkatkan nafsu makan secara alami seperti ini.

  1. Menurunnya Tingkat Fokus

Menurunnya tingkat fokus seseorang bisa di picu oleh berbagai hal, terutama penyakit hati. Gangguan yang terjadi pada hati akan membuat penderita merasa linglung hingga disorientasi. Dalam beberapa kasus, penyakit hati lebih sering membuat orang cepat mengantuk.

  1. Timbulnya Memar Pada Kulit

Ciri-ciri sakit hati juga bisa terlihat dari timbulnya memar pada kulit. Bahkan seseorang yang menderita penyakit ini bisa saja mengalami pendarahan. Semua ini terjadi karena faktor pemicu yang cukup jelas yakni hati telah berhenti memproduksi protein yang dibutuhkan untuk membekukan darah. Akibatnya saat mengalami luka atau cedera, darah akan sulit berhenti dan terjadi pendarahan. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini tanpa memerlukan obat, Anda bisa mengikuti cara mengobati luka memar secara alami yang paling efektif berikut.

  1. Sering Mengalami Mual

Mual mungkin sudah menjadi gejala umum ketika tubuh seseorang dalam kondisi yang kurang stabil. Nyatanya hal ini menjadi salah satu tanda untuk penderita penyakit hati yang perlu anda ketahui lebih dini. Semua ini masih ada kaitannya dengan sistem pencernaan yang terganggu seperti yang sudah di sampaikan di atas.

  1. Penyakit Kuning

Penyakit kuning ditandai oleh adanya bagian tubuh tertentu yang mengalami perubahan warna menjadi kuning. Adapun bagian-bagian yang berubah kuning adalah kuku dan bagian putih mata. Penyakit ini muncul akibat adanya kerusakan pada organ hati. Dimana hati tidak bisa mengolah bilirubin sehingga menyebabkan terjadi peningkatan produksi bilirubin di dalam darah serta jaringan tubuh lainnya. Jika Anda tidak ingin kejadian ini kembali menimpa diri Anda, maka sangat disarankan untuk menghindari berbagai gejala penyakit kuning ini beserta cara melakukan pencegahannya.

  1. Perubahan Warna Urin dan Warna Feses

Tanda ketika Anda terserang penyakit hati yang mengarah pada ciri-ciri positif adalah terjadinya perubahan warna feses dan urin lebih gelap. Kondisi ini bukan karena seseorang mengalami dehidrasi.

  1. Cepat Lelah

Racun di dalam darah yang tidak dapat dihilangkan oleh salah satu fungsi hati membuat penderita mengalami kelelahan secara sering. Beberapa kejadian yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa Anda ketahui secara lengkap pada beberapa penyebab tubuh mudah lelah secara umum berikut yang mana banyak orang tidak menduga hal ini.

  1. Mengalami Kenaikan Asam Lambung

Masalah lain yang terjadi pada sistem pencernaan karena kerusakan hati adalah naiknya asam lambung. Penderita masih di katakan dalam posisi normal ketika terjadi kenaikan asam lambung pada intensitas yang tidak terlalu sering. Akan tetapi jika hal itu terjadi secara sering maka tidak menutup kemungkinan telah berada pada fase cukup bahaya.

Itulah uraian mengenai tanda penyakit hati yang harus anda kenali mulai dari sekarang juga. Lakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak menimbulkan penyakit yang lebih parah sehingga sangat susah untuk diobati.

You may also like