Gejala Penyakit Kuning – Penyebab dan Pencegahan

Gejala penyakit kuning muncul karena didalam tubuh telah terjadi pengendapan bilirubin yaitu zat sisa sel darah merah yang mengalami penguraian. Bilirubin merupakan zat sisa yang sudah tidak lagi dibutuhkan tubuh yang kemudian dibuang oleh tubuh dalam bentuk feses (kotoran) dan urin. Gejala penyakit kuning dapat juga disebabkan karena Jaringan hati mengalami kelainan sebelum zat bilirubin masuk kedalam jaringan darah menuju hati, Didalam hati dan setelah mengalami proses reaksi kimia didalam hati.

Gejala penyakit kuning

Gejala awal munculnya penyakit kuning dapat mudah dikenali, Diantaranya:
• Muka pucat dan nampak lesu
• Tubuh mudah kelelahan
• Sering mengantuk
• Pegal pegal dibeberapa bagian tubuh
• Pendarahan gusi dan kulit
• Seputar mata terasa nyeri
• Mual dan muntah
• Air seni berwarna kuning kecoklatan
• Kulit dan Putih pada bagian mata menguning
• Kepala menderita pusing
• Demam ringan sampai tinggi
• Kehilangan nafsu makan
• Penurunan berat badan secara signifikan

Jenis dan penyebab penyakit kuning

Jenis dan Faktor pemicu munculnya gejala penyakit kuning berbeda beda namun dampak buruk yang dihasilkan pada setiap individu adalah sama.

1.Jenis penyakit kuning Pre – hepatic
Penyebabnya: Seseorang telah mengalami penyakit Anemia hemolitik dan anemia sel sabit yang kronis yang mengakibatkan penguraian sel darah merah menjadi tidak normal sehingga jumlah zat bilirubin menjadi cepat meningkat.

2.Jenis penyakit kuning Intra- hepatic
Penyebabnya: Gangguan jaringan hati yang disebabkan karena adanya penyakit hepatitis dan sirosis yang mengakibatkan organ hati kehilangaan kemmpuannya untuk memproduksi bilirubin secara signifikan.

3.Jenis penyakit kuning post- hepatic
Penyebabnya: Adanya tumor dan batu empedu yang menyebabkan saluran pembuangan cairan empedu yang didalamnya mengandung bilirubin didalam organ pencernaan. Kondisi ini dipicu karena saluran empedu telah mengalami sumbatan akibat pertumbuhan tumor atau endapan batu empedu.

Pencegahan

Tips cara mencegah munculnya gejala penyakit kuning pada anak dan dewasa

1.Menjaga berat badan
Menjaga berat badan agar tetap ideal adalah sangat penting untuk mempertahankan kesehatan jaringan liver atau hati. Tubuh yang terlalu gemuk dapat memperlambat kinerja hati dalam menyaring racun dalam tubuh akibatnya seseorang rentan terserang gejala penyakit kuning apalagi jika sudah berintaraksi langsung dengan penderita penyakit kuning yang belum sembuh.

2.Menghindari alkohol
Alkohol bersifat mengiritasi jaringan organ tubuh manusia termasuk organ hati yang secara perlahan lahan dapat memicu munculnya gejala penyakit kuning. Selain pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia sangat buruk ternyata alkohol berpotensi besar melukai organ hati sehingga hati mudah terserang peradangan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kualitas kinerjanya menjadi terganggu. Munculah gejala penyakit kuning cenderung diakibatkan karena telah terjadi reaksi peradangan didalam jaringan hati.

3.Olahraga ringan tapi teratur
Olahraga ringan tetapi teratur dapat meningkatkan kualitas baik dari kinerja hati yang memiliki tugas dalam mengatur hormone, Meningkatkan imunitas dan memperbaiki metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat adalah kunci untuk menghindari munculnya gejala penyakit kuning akibat penularan dari orang lain.

4.Tidak ketergantungan pada obat
Zat kimia pada obat obatan berpotensi mencederai orhgan hati. Jika seseorang mengkonsumsi obat obatan oral kimia secara berlebihan dan jangka panjang dapat menyebabkan penimounan zat kimia obat pada jaringan hati. Penumpukan zat kimia tersebut dapat melukai hati dan mempermudah munculnya gejala penyakit kuning. Obat obatan tersebut bukan hanya termasuyk obat yang dijual bebas diwarung atau toko obat tetapi berlaku pula pada obat obatan terlarang yang notabenya dialrang untuk dikonsumsi sembarangan.

5.Banyak minum air putih
Tubuh yang kekurangan asupan air putih dapat menimbulkan organ hati bekerja lebih keras untuk dapat mengendalikan metabolism tubuh ketika sedang terserang dehidrasi. Jika kondisi terus menerus terjadi maka organ hati akan mengalami kelelahan, Kerusakan dan kemunduran fungsi. Salah satu bahaya akibat kurang minum air putih adalah munculnya gejala penyakit kuning melalui penularan dari orang orang yang sedang terkena penyakit kuning.

Pengobatan tradisional gejala penyakit kuning
Pengobatan tradisional untuk gejala penyakit kuning dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahan bahan alami yang terbukti aman dan manjur karena telah ratusan tahun digunakan untuk pengobatan alternatif jaman dulu.

1.Daun pare
Ambilah daun pare sebanyak 15 sampai 30 gram .Cucilah lalu rebuslah dengan tiga gelas air dan tunggulah hingga rebusan menyisakan air hanya satu gelas saja. Setelah dingin saringlah airnya lalu langsung diminum. Mengkonsumsi dua kali sehari sampai gejala penyakit kuning hilang.

2.Air kelapa hijau, Batang daun kelor dan madu murni
Ambilah beberapa batang daun kelor lalu tumbuklah sampai halus. Lalu masukan air kelapa hijau secukupnya, Kemudian aduklah dan saringlah . Tambahkan madu sesuai selera untuk kemudian diminum sebanyak dua kali sehari sampai gejala penyakit kuning bebar benar sembuh.

3.Temulawak
Parutlah dua buah temulawak yang sebelumnya sudah dibersihkan lalu peras airnya tanpa penambahan madu atau bahan herbal lain. Ramuan temulawak ini dapat diminum dua kali sehari agar gejala penyakit kuning dapat mudah disembuhkan .

4.Daun keji beling
Rebuslah daun keji beling setengah matang dan konsumsilah setiap hari sebagai lalapan atau teman nasi. Daun keji beling dapat mencegah dan menyembuhkan gejala penyakit kuning pada anak dan dewasa.

5.Bangle dan madu
Ambilah dua buah bangle , Bersihkan lalu parutlah. Peraslah airnya kemudian saringlah untuk kemudian Tambahakan air matang secukupnya dan madu kemudian aduklah beberapa kali.Minumlah ramuan untuk mencegah dan menghilangkan gejala penyakit kuning pada anak anak ini diua kali sehari.

6.Mengkudu,Gula batau dan madu
Ambilah buah mengkudu yang sudah matang , Bersihkan kulitnya lalu potong potong menjadi beberapa bagian dan tambahkan air matang secukupnya untuk kemudian diblender. Saringlah sarinya dan tambahkan gula batu yang sebelumnya telah dihaluskan dan madu. Aduklah perlahan dan minumlah dua kali sehari agar gejala penyakit kuning bisa segera dilenyapkan.

7.Kunyit, Jahe, Jeruk nipis dan madu
Bersihkan kulit kunyit dan jahe kemudian tunbuh halusa dan rebuslah dengan air dengan takaran 3 gelas. Angkatlah air rebusan setelah air menyisakan kira kira satu gelas saja. Dinginkan lalu saringlah. Tambahkan madu sesuai dengan selera dan perasan jeruk nipois secukupnya. Minuman lezat ini mampu mencegah munculnya gejala penyakit kuning pada anak anak dan dewasa.

8.Daun papaya, Buah papaya dan madu
Ambilah daun papaya secukupnya lalu rebuslah. Sedangkan bauh papaya mentah dikukus sampai benar benar empuk. Kedua bahan tersebut kemudian dihaluskan dan tambahkan air matang secukupnya lalu peras airnya. Campurkan madu sesuai dengan selera lalu minumlah dua kali sehari agar gejala penyakit kuning dapat segera disembuhkan.