7 Kebiasaan Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan

2104

Tampil cantik dan menarik tentunya adalah dambaan setiap wanita. Berbagai metode perawatan dan produk kecantikan digunakan wanita untuk dapat memiliki wajah dan tubuh yang selalu diidam-idamkan. Dampaknya berbagai jenis produk dan treatment kecantikan terus bermunculan tanpa henti menyasar para wanita yang selalu ingin tampil cantik dan menarik. Hal ini menjadikan pasar produk dan metode kecantikan sebagai bidang bisnis yang menguntungkan.

Sayangnya banyak wanita yang mengambil resiko dan mengesampingkan kesehatan demi mendapatkan tampilan yang diinginkannya. Padahal kesehatan adalah aset yang paling berharga. Tentunya ini adalah hal yang sangat disayangkan. Sebab sebenarnya kesehatan dan kecantikan bisa berjalan beriringan dengan menjalankan kebiasaan baik. Dengan kita menjaga kesehatan mental dan fisik, maka kecantikan pun akan bisa kita dapatkan. Malahan bukan hanya kecantikan luar semata, tapi juga kecantikan dari dalam. Karenanya memelihara kesehatan tidak akan pernah merugikan kita dalam hal penampilan. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan kalau kita hanya mementingkan kecantikan fisik saja.

Kebiasaan baik apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi cantik namun juga tetap sehat? Berikut ini adalah penjabarannya,

1. Terapkan pola makan sehat

Untuk memiliki tubuh yang ideal banyak wanita tak takut untuk mengkonsumsi obat-obatan pelangsing. Sayangnya bahaya obat pelangsing semacam itu banyak membuat kerugian bagi konsumennya. Ya, obat pada dasarnya dalah racun yang cepat atau lambat bisa merusak tubuh kita. Bagi yang mendambakan tubuh yang ideal, cara yang paling efektif dan aman adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan terkontrol. Selain sekedar mengurangi porsi makan, berhentilah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi, lemak dan kadar gula tinggi, serta perbanyak konsumsi serat dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Dengan pola makan yang sehat, berat badan akan terkontrol, kita semakin aktif dalam beraktivitas dan tentunya tubuh pun tetap sehat. Keuntungan lain dari menerapkan pola makan yang seimbang adalah kulit kita akan semakin sehat bersinar dan tentunya jerawat juga akan semakin jarang muncul di wajah.

2. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup

Saran ini mungkin sudah begitu sering kita dengar, tapi sayangnya tak banyak yang benar-benar melakukannya. Konsumsi air putih memiliki peranan yang sangat besar dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, kesehatan organ tubuh kita akan terjaga. Selain itu, kotoran-kotoran dan racun dalam tubuh juga akan dengan mudah terbawa keluar bersamaan dengan urin jika kita banyak minum air putih.

Kebaikan air putih lainnya adalah kemampuannya dalam mampu menekan nafsu makan kita, jadi kita tak perlu makan terlalu banyak agar bisa merasa kenyang. (baca juga : akibat kurang minum air putih)

3. Olahraga

Tak sedikit wanita yang tidak mau berolah raga. Padahal olahraga itu baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan. Olah raga memang selalu identik dengan kesehatan karena memperlancar aliran darah, meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi tentunya dengan berolahraga, kita bisa membuat bentuk tubuh kita terjaga. Bagi mereka yang ingin langsing olahraga yang membakar kalori sangat efektif untuk menghilangkan tumpukan lemak.

Bagi yang ingin gemuk, olahraga mengencangkan otot juga bisa menanbah berat badan. Olahraga juga membuat toksin-toksin dalam tubuh ikut keluar bersamaan dengan keringat, membuat tubuh semakin sehat dan penampilan semakin menarik.

4. Pilih dan Gunakan produk kecantikan yang berkualitas

Tentunya tidak ada larangan untuk menggunakan produk atau metode perawatan kecantikan yang ditawarkan diluar sana. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah pilih dan gunakan produk dan jasa tersebut dengan bijak. Hindari menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia berbahaya dan pastikan bahwa produk yang kita pilih memiliki kualitas yang baik. Jika menjalani perawatan, pastikan prosedur dilakukan dengan aman dan sesuai dengan standar. Banyaklah bertanya, dan mempelajari bahan-bahan yang digunakan dalam prosedur tersebut.

5. Utamakan perawatan yang alami

Perawatan alami memang merupakan alternatif terbaik. Daripada menggunakan bahan-bahan yang tidak jelas komposisinya dan mengandung bahan kimia sintesis, lebih baik gunakan bahan-bahan yang sudah alam sediakan. Kita bisa mengaplikasikan masker wajah yang terbuat dari campuran bengkoang, madu dan perasan jeruk nipis untuk masker wajah yang berkhasiat sebagai pemutih, masker atau kita juga bisa membuat lulur badan dari alpukat tepung beras dan madu untuk mendapatkan kulit yang halus ternutrisi.

Bahkan scrub untuk bibir pun bisa kita buat sendiri dirumah cukup dengan cara mencampur gula pasir dengan madu. Tentunya perawatan-perawatan ini lebih aman meski memang hasilnya tak secara instan terlihat. Menggunakan bahan-bahan alami itu memang seperti berinvestasi. Dampak positifnya baru akan kita rasakan setelah beberapa lama.

6. Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup

Tidur adalah cara paling efektif untuk mengistirahatkan tubuh kita. Dengan mendapatkan tidur yang cukup, kita akan semakin aktif dalam beraktivitas dan tentunya wajah kita akan lebih berseri dan terhindar dari kantung mata.

7. Tinggalkan kebiasaan buruk

Akan sangat percuma jika kita sudah menjalankan berbagai kebiasaan baik, namun kita masih tetap saja menjalankan kebiasaan buruk yang dapat sangat merusak kesehatan dan kecantikan. Kebiasaan buruk seperti bahaya merokok, minum minuman beralkohol, konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan kebiasaan buruk lainnya. Kondisi ini memiliki efek samping yang kurang bersahabat tak cuma untuk kesehatan tapi juga bagi penampilan kita.

Cara Memupuk Kebiasaan Hidup Cantik dan Sehat

Saatnya berkomitmen untuk hidup cantik dan sehat dengan berusaha meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baik yang jauh lebih bermanfaat. Memang mengubah kebiasaan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, tapi tentu saja dengan kemauan dan tekad yang teguh hal tersebut sangat mungkin dilakukan. Adapun cara untuk memupuk kebiasaan baik ini, adalah seperti berikut ini :

  • Kesadaran Diri Sendiri

Sadari bahwa kebiasaan buruk sangatlah merusak dan bulatkan tekad untuk mengubahnya. Yakinkan diri bahwa kita punya kendali atas perilaku dan kebiasaan kita sehari-hari

  • Pengganti Kebiasaan Buruk

Carilah pengganti dari kebiasaan buruk tersebut. Mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik yang serupa bisa membuat usaha kita terasa jauh lebih mudah. Misalnya mengganti kebiasaan merokok dengan menyesap teh hijau. Mengubah konsumsi minuman berlakohol dengan jus buah non gula, atau mengganti cemilan gorengan menjadi buah-buahan.

  • Hindari pemicunya

Cari tahu apa yang menyebabkan anda melakukan kebiasaan buruk dan carilah cara untuk menghindarinya. Kebanyakan kebiasaan buruk disebabkan karena stress atau rasa bosan. Karenanya untuk menghindarinya coba cari aktifitas alternatif yang bermanfaat, yang bisa mengisi waktu luang kita. Misalnya dengan melakukan hobi, belajar memasak, mengikuti kelas kecantikan memulai bisnis online dan sebagainya. Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, keinginan untuk melakukan kebiasaan buruk akan terabaikan.

  • Carilah support

Dukungan dari pihak luar bisa sangat membantu kita dalam usaha menghilangkan kebiasaan buruk. Carilah dukungan dari orang-orang terdekat yang bisa anda percaya. Dengan mendapatkan dukungan dari keluarga atau sahabat, kita akan semakin semangat dan percaya diri. Selain itu, akan ada orang yang mengingatkan kita dan memberikan saran jika kita mulai kehilangan motivasi.

  • Carilah Inspirasi

Banyak orang yang sudah berhasil menghentikan kebiasaan buruk mereka. Jadikan kisah perjuangan mereka sebagai inspirasi. Cobalah untuk berkonsultasi dengan mereka, sebab mereka tahu persis apa yang kita rasakan dan alami dalam usaha mengubah kebiasaan.

  • Tetapkan target

Pertama-tama cobalah satu minggu untuk tidak melakukan kebiasaan buruk, kemudian jadikan dua minggu, lalu satu bulan dan seterusnya. Pada minggu-minggu awal biasanya memang tersa sangat berat, tapi seiring berjalannya waktu kita akan bangga pada diri sendiri karena berhasil mengalahkan kebiasaan buruk kita.