Home MinumanMinuman Berbahaya 8 Akibat kelebihan Air Kelapa bagi Kesehatan

8 Akibat kelebihan Air Kelapa bagi Kesehatan

by maya sari

Air kelapa lebih terkenal dengan kesegaran dan enak rasanya serta banyak manfaat yang terkandung didalamnya untuk kesehatan tubuh. Air kelapa dengan segudang manfaat yang ada, tidak hanya dijadikan sebagai bahan dasar berbagai minuman tetapi juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti alergi, keracuan, diare, demam berdarah serta masih banyak lagi penyakit lainnya yang dapat disembuhkan dengan air kelapa.
Air kelapa mengandung banyak mineral serta vitamin yang dapat menggantikan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh, saat tubuh kehilangan banyak cairan karena lelah atau melakukan berbagai aktifitas. Dalam mengkonsumsi sesuatu apapun tentunya tidak dianjurkan jika terlalu berlebihan atau kebanyakan. Mengkonsumsi atau menggunakan sesuatu yang terlalu berlebihan atau kebanyakan memang tidak baik karena justru akan memberikan efek samping atau efek negatif.

Begitu juga dalam mengkonsumsi air kelapa, walaupun air kelapa memang khasiatnya sangat baik bagi kesehatan tubuh tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka mempunyai akibat yang tidak baik. Mengkonsumsi air kelapa kadar yang baik untuk kesehatan tubuh maka sehari sebanyak satu gelas saja. Manfaat kandungan yang ada didalamnya akan bekerja secara optimal untuk kesehatan tubuh.

Beberapa akibat kelebihan air kelapa :

1. Dapat menyebabkan diare

Air kelapa memiliki kandungan rendah lemak sehingga dapat digunakan untuk diet sebagai usaha menurunkan berat badan dengan mengonsumsi sesuai kadar yang normal dan tidak berlebihan. Tetapi mengkonsumsi air kelapa dengan berlebihan dapat menjadi penyebab diare. Memang masih banyak hal lain yang bisa menjadi sebab terjangkitnya diare tetapi kelebihan air kelapa juga merupakan hal yang perlu anda waspadai dan hati-hati karena dapat menyebabkan anda terserang diare juga. Jadi jangan mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan, jika ingin diet maka konsumsilah sewajarnya dengan kadar yang normal. Jika seseorang sedang mengalami sembelit tidak masalah jika mengkonsumsi air kelapa dengan kadar yang banyak, justru akan memperlancar pencernaannya.

2. Dapat membahayakan kesehatan jantung

Air kelapa bisa menjadi obat untuk penyakit batu ginjal, tetapi batu ginjal ringan. Jika seseorang telah mengalami batu ginjal yang telah mengalami penurunan fungsi ginjal maka kondisi seperti ini harus diperiksa oleh dokter terlebih dahulu, jangan langsung mengkonsumsi air kelapa sebagai obat karena hal ini dapat membahayakan organ jantung.

Kandungan kalium serta elektrolit yang ada didalam air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemi pada penderita batu ginjal yang telah mengalami penurunan fungsi ginjal. (baca :gejala batu ginjalbahaya batu ginjal)

3. Dapat menyebabkan kejang otot

Jika anda akan melakukan perjalanan jauh maka jangan membawa bekal air kelapa. Air kelapa jika diminum saat perjalanan jauh maka dapat menyebabkan kejang otot dan cepat lelah dan jantung berdebar. Hal ini terjadi karena kandungan kalsium yang ada di dalam air kelapa. Orang yang kurang tau kadang berpikiran bahwa air kelapa bagus dibuat bekal perjalanan jauh karena dapat mengatasi kelelahan tetapi ini justru dapat menyebabkan efek kelelahan. Jika anda melakukan perjalanan jauh maka bekal yang lebih tepat yaitu membawa air mineral atau air putih saja.

4. Mengganggu tekanan darah selama dan pasca melakukan operasi

Air kelapa dapat menurunkan tekanan darah serta dapat meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi air kelapa dapat menyebabkan tekanan darah mengalami gangguan jika anda akan melakukan operasi. Jika keinginan untuk mengkonsumsi air kelapa sudah tidak bisa ditunda lagi tetapi anda hendak melakukan operasi maka minumlah minimal dua minggu sebelum melakukan operasi. Hal ini agar dalam melakukan operasi tidak terjadi gangguan tekanan darah yang dapat mengganggu jalannya operasi.

5. Dapat semakin menurunkan tekanan darah

Bagi anda yang mempunyai tekanan darah rendah maka jangan terlalu banyak mengkonsumsi air kelapa. Kandungan dalam air kelapa dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah karena memang salah satu khasiat air kelapa yaitu menurunkan tekanan darah. Maka hati-hati jika anda sering mengalami semutan, gampang lelah, sering pusing bisa jadi itu merupakan gejala dari tekanan darah rendah, maka hindari mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan karena bahaya air kelapa dapat merugikan diri anda sendiri.

6. Dapat menyebabkan kegemukan

Banyak yang berpendapat mengkonsumsi air kelapa dapat menjadi salah satu alternatif untuk diet. Tetapi jika mengkonsumsi air kelapa tidak diimbangi dengan olahraga serta melakukan aktifitas yang dapat membakar lemak serta menggunakan kalori yang ada didalam tubuh makajustru dapat menjadikan seseorang kegemukan. Air kelapa mengandung kalori yang tinggi. Kalori yang masuk kedalam tubuh kita jika tidak dikeluarkan untuk melakukan berbagai aktifitas yang mengeluarkan tenaga atau pikiran justru akan menjadikan banyaknya endapan kalori di dalam tubuh yang dapat menyebabkan tubuh gemuk.

7. Kandungan asam amino dalam air kelapa tidak mampu menggantikan susu

Walaupun kandungan asam amino dalam air kelapa termasuk dalam kategori tinggi, tetapi tetap saja tidak mampu menggantikan khasiat susu. Banyak orang yangberanggapan salah bahwa jika sudah minum air kelapa maka kebtuhan asam amino dalam tubuh sudah cukup karena air kelapa merupakan air yang menyehatkan tubuh. Tetapi pandangan tersebut kurang benar karena kandungan asam amino yang ada di dalam air kelapa kurang mampu menggantikan kandungan asam amino yang ada di dalam susu.

8. Zat mineral yang terkandung tidak bisa sebagai sistem imun yang kuat

Tubuh membutuhkan sistem imun yang kuat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Zat mineral yang terkandung di dalam air kelapa memang tinggi, tetapi tidak mampu sebagai sistem imun yang kuat dalam melindungi tubuh karena sistemm imun dalam tubuh sangat kompleks sehingga masih sangat kurang untuk dijadikan pelindung utama sistem imun tubuh. Anda tetap harus mengkonsumsi zat atau makanan lain sebagai tambahan untuk meningkatkan sistem imun anda. Jika sistem imun dalam tubuh anda kuat maka penyakit tidak dengan mudah menyerang tubuh anda sehingga anda tidak mudah sakit.

Demikian beberapa efek negatif dari akibat kelebihan air kelapa. Memang air kelapa lebih terkenal dengan banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi sebelum anda mengonsumsinya lebih baiknya dan mengetahui efek negatifnya jika dikonsumsi dalam kadar yang banyak. Semoga bermanfaat.

baca juga artikel halo sehat lainnya

You may also like