5 Fakta Tentang Kesehatan Pernapasan yang Mengejutkan

265

Bagi makhluk hidup, kesehatan organ pernapasan begitu penting karena melalui organ ini kita dapat bernapas menghirup udara yang bersih dan membuang udara kotor yang mengandung racun. Meski begitu, hanya segelintir orang yang mau memperhatikan kesehatan pernapasannya, padahal jika terinfeksi bakteri atau virus berbagai penyakit dapat muncul dan mengganggu proses pernapasan. Untuk mendukung kesehatan pernapasan kita, ada baiknya jika memahami beberapa fakta berikut yang mungkin akan mengejutkan karena jarang diketahui.

1. Paru-paru dapat mengapung di atas air

Paru-paru merupakan satu-satunya organ yang dapat mengapung di atas air. Hal ini dikarenakan paru-paru memiliki alveoli yang sangat banyak yaitu sekitar tiga ratus juta dengan bentuk seperti balon. Saat udara masuk, alveoli akan mengembang dan terisi penuh sehingga massanya menjadi lebih ringan dan dapat mengapung.

2. Saat bernapas kita kehilangan banyak air

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita kehilangan cukup banyak air hanya dengan bernapas saja. Dalam keadaan santai seperti berbaring, duduk atau tidur, napas dalam keadaan santai dan tenang, dan akan mengeluarkan 17,5 mililiter air per jamnya saat membuang napas. Jumlah tersebut akan menjadi lebih banyak sekitar 4 kali lipat jika Anda sedang atau baru selesai melakukan olahraga. Jadi perbanyaklah mengkonsumsi air putih untuk mengimbangi hilangnya air lewat jalan udara tersebut.

3. Penemuan sirkulasi sistem pernapasan

Penjelasan tentang sirkulasi sistem pernapasan telah ada sejak abag ke-13. Penjelasan tersebut pertama kali ditemukan oleh dokter dari Arab bernama Ibnu Al-nafiz, yang kemudian menuangkannya dalam buku berjudul commentary on anatomi in avicenna’s canon. Penemuan ini pun baru dibuktikan oleh orang-orang peneliti di Eropa sekitar 300 tahun kemudian.

4. Bayi dapat bernapas meski sedang minum ASI

Keunikan organ pernapasan pada bayi dibandingkan dengan orang dewasa salah satunya adalah bayi dapat bernapas dengan baik meskipun sedang minum ASI. Hal ini sangat menguntungkan bagi bayi tersebut karena saat ia menyusu, ia tidak perlu menghentikannya agar dapat bernapas. Hal ini terjadi karena struktur organ pernapasan atas yang dimiliki bayi memungkinkan makanan dan udara masuk secara bersamaan.

5. Hidung yang tersumbat menurunkan kemampuan indera perasa

Anda pasti akan mengalami penurunan nafsu makan saat flu menyerang bukan? Hal tersebut terjadi karena saat flu hidung sering tersumbat, sehingga tidak dapat menghirup aroma apapun, termasuk makanan. Itulah sebabnya kemampuan indera perasa pun menjadi berkurang dan lidah tidak dapat menikmati rasa masakan yang dikonsumsi.

Wah, ternyata fakta di atas cukup unik dan sangat menarik untuk diketahui. Setidaknya kita jadi lebih peduli dengan kesehatan organ pernapasan kita dan menjaganya agar terhindar dari penyakit. Dengan organ pernapasan yang sehat, kita dapat bernapas dengan lancar dan pasokan oksigen ke seluruh tubuh pun lebih maksimal.