12 Penyebab Amandel Umum dan Akut

8450

Amandel merupakan suatu penyakit yang dalam ilmu kedokteran disebut sebagai Tonsilitis. Amandel sebenarnya adalah dua buah kelenjar getah bening yang berada pada belakang rongga mulut dan terletak di dekat tenggorokan. Penyakit amandel ini biasanya terjadi pada usia anak-anak dan bisa disembuhkan melalui proses operasi dan obat-obat khusus.

penyebab amandelGejala Amandel secara umum

Terdapat tanda-tanda ketika seorang merasakan penyakit amandel ini. Beberapa gejala yang timbul, dapat terjadi hal-hal seperti berikut :

  • Tenggorokan terasa sakit ketika makan
  • Sulit menelan makanan
  • Kadang merasa demam dan kedinginan
  • Adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitar rahang dan leher
  • Kehilangan suara

itulah beberapa gejala yang dapat dirasakan ketika menderita penyakit amandel. Lalu, mengapa kita bisa menderita penyakit amandel? Apa saja kira-kira penyebab amandel ini? Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pemicu penyakit ini, antara lain :

1. Virus dan Bakteri

Faktor pertama yang dapat menimbulkan penyakit amandel pada tubuh adalah munculnya virus atau bakteri yang membuat kelenjar amandel mengalami peradangan. Virus Epstein-barr dan streptococcus pygones merupakan 2 jenis bakteri dan virus yang dapat membuat infeksi pada bagian amandel.

Bakteri dan virus ini akan membuat bagian amandel menjadi terinfeksi dan pada akhirnya akan mengalami kondisi peradangan, sehingga akan menimbulkan gejala penyakit amandel seperti yang telah disebutkan di atas. Bakteri atau virus ini bisa membuat bagian amandel meradang dan pada akhirnya akan terasa sakit dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Hal ini sama seperti penyebab penyakit paling mematikan yang berasal dari penularan virus dan bakteri.

2. Kurang Vitamin C

Amandel dapat terjadi karena kurangnya daya tahan tubuh pada penderita penyakit amandel tersebut. Salah satu jenis vitamin yang dapat mendukung tingginya kekuatan daya tahan atau imunitas tubuh adalah vitamin C. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan berbagai macam jens sariawan. Kurangnya vitamin C akan berakibat pada kurangnya imunitas tubuh seseorang. Hal ini akan berakibat tingginya potensi seseorang untuk mengalami peradangan pada bagian amandelnya.

3. Kurang minum

Minum air putih merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh sehari-hari. Dengan minum air putih secara rutin, maka kondisi tubuh akan menjadi lebih fit dan memiliki imunitas yang lebih baik. Selain itu, air putih juga dapat mengurangi kesulitan saat menelan makanan.

Kurangnya minum air putih dapat membuat seseorang menderita penyakit amandel. Hal ini dikarenakan kondisi tenggorokan seseorang yang cukup minum akan terasa kering dan akan sangat mudah untuk mengalami peradangan dan infeksi, yang berakibat pada timbulnya penyakit amandel tersebut.

4. Makanan Tidak bersih

Makanan yang tidak bersih sudah pasti akan menjadi berbagai biang penyakit di dalam tubuh. Tidak hanya penyakit amandel, makanan tidak bersih dapat membuat sakit perut, diare, muntah – muntah, pusing dan sakit kepala. Makanan yang tidak bersih atau tidak higienis membawa banyak kuman-kuman dan bakteri atau virus. Hal ini akan terbawa masuk ke dalam tubuh, apabila tidak memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumdi.

Ingat, salah satu penyebab amandel adalah karena adanya bakteri atau virus yang menyerang bagian amandel, sehingga apabila dalam makanan tersebut mengandung virus atau bakteri penyebab amandel, maka nantinya bagian amandel akan mengalami infeksi dan peradangan. Hal ini termasuk juga pada kasus lain seperti penyebab asma yang disebabkan oleh virus.

5. Makanan Terlalu pedas

Penyebab amandel yang lainnya adalah ketika anda mengkonsumsi makanan-makanan yang terlalu pedas. Mengkonsumsi makanan- makanan yang terlalu pedas akan menimbulkan efek inflamasi atau peradangan. Tidak hanya pada bagian amandelsaja, namun juga pada bagian tubuh yang lain, seperti tenggorokan, mulut dan lambung.

Bahaya makanan pedas dapat menginfeksi bagian amandel, yang memicu memicu peradangan pada amandel. Hal ini nantinya akan membuat tenggorokan terasa sakit dan perih pada bagian amandel. Kemudian akan membuat anda menjadi sulit untuk menelan makanan, merasakan sakit dan perih pada bagian tenggorokan, dan mungkin akan berefek pada hilangnya suara.

6. Kurang Istirahat

Istirahat merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses penyembuhan berbagai macam penyakit. Istirahat dapat membantu mengembalikan daya tahan tubuh agar menjadi lebih baik. Apabila tidak beristirahat dengan baik, makan tubuh akan kelelahan dan memudahkan virus penyebab amandel ini bersarang dalam tubuh.

7. Makanan Berlemak dan MSG tinggi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, radang amandel dapat terjadi karena faktor makanan yang tidak sehat. Konsumsi lemak dan makanan yang mengandung msg akan memperparah radang amandel yang anda derita karena akan menambah efek inflamasi pada bagian amandel. MSG ini terutama terdapat pada bahaya mie instan dan makanan ringan kemasan.

8. Konsumsi Makanan Bersifat Keras

Ketika menderita penyakit radang amandel, maka akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan dan terasa sakit ketika akan menelan makana. Oleh karena itu, disarankan bagi anda yang menderita radang amandel untuk mengkonsumsi jenis makanan yang lunak, seperti bubur dan jus agar mudah untuk ditelan dan dicerna nantinya. Makan makanan yang keras juga akan menyebabkan amandel mudah luka dan terasa sakit.

Penyebab Amandel Akut

Terdapat penyakit amandel yang disebabkan oleh kelebihan produksi hormon tiroid, kondisi ini dapat terjadi karena :

  1. Penyakit Graves : Produksi terlalu banyak hormon tiroid.
  2. Adenoma toksik : Nodul berkembang di kelenjar tiroid dan mulai mengeluarkan hormon tiroid, mengganggu keseimbangan kimiawi tubuh.
  3. Subakut tiroiditis : Peradangan tiroid yang menyebabkan kelenjar “kebocoran” kelebihan hormon, sehingga hipertiroidisme sementara yang umumnya berlangsung beberapa minggu, tetapi dapat bertahan selama berbulan-bulan.
  4. Malfungsi kelenjar atau pertumbuhan kanker di kelenjar tiroid : Meskipun jarang, hipertiroidisme juga dapat berkembang dari penyebab ini.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan peradangan pada amandel anda. Penyakit amandel sebenarnya penyakit yang dapat diobati. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik, agar bakteri penyebab amandel dapat dituntaskan. Selain penyebab amandel akut, penyakit amandel yang banyak terjadi ini juga dapat kita hindari. Terlebih lagi penyebab amandel diatas terjadi karena kelalaian diri kita sendiri. Jadi, lebih baik mencegah dari mengobati bukan??