Home Featured Sering Disepelekan, Ini 5 Penyebab Penyakit Maag Kronis

Sering Disepelekan, Ini 5 Penyebab Penyakit Maag Kronis

by Putri Yohani Masnun

Penyakit maag ditandai dengan rasa nyeri di perut dan dada, sakit pada tenggorokan, mulut terasa asam dan aroma mulut yang tidak sedap. Kondisi ini menandakan adanya gangguan pada proses pencernaan, akibat kondisi lambung yang tidak normal. Umumnya, penyakit maag terjadi karena naiknya kadar gas lambung dan asam lambung sehingga menimbulkan rasa begah dan mual. Penyakit maag tidak dapat disembuhkan, namun kita dapat melakukan tindakan untuk mengobati dan mengontrol agar maag tidak sampai kambuh lagi. Agar dapat mencegah penyakit tersebut, penting bagi kita untuk mengenal apa saja penyebab penyakit maag yang jarang kita sadari.

1. Pola Makan yang Salah

Semua orang pasti akan makan, namun hanya sedikit orang yang benar-benar memahami bagaimana cara agar pola makan benar dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan seperti penyakit maag. Mereka yang terkena maag biasanya sering makan dengan porsi banyak, atau terlalu cepat berbaring setelah makan. Selain itu, makanan yang pedas dan berlemak juga dapat memicu penyakit maag, karena itu kita perlu menghindari makanan tersebut.

2. Gaya Hidup tidak Sehat

Orang-orang yang sering melakukan pola hidup tidak sehat juga sering mengalami maag, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, kafein, minuman bersoda dan makan tidak teratur. Pola hidup tersebut akan merusak dinding lambung dan merangsang produksi gas atau asam lambung berlebih sehingga penyakit maag dapat terjadi.

3. Stres

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahkan tidak menghiraukan kalau ternyata stres yang tengah dialami seseorang dapat berujung pada penyakit maag. Tekanan yang dialami akan merangsang otak untuk mengirim sinyal ke lambung sehingga kadar asam lambung akan meningkat. Tidak hanya stres, kecemasan pun juga turut mempengaruhi kondisi lambung seseorang.

4. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat memang berfungsi untuk mengatasi berbagai penyakit namun sebagian jenis obat dapat memberikan efek samping pada lambung. Karena itu, terkadang dokter akan memberikan obat lambung bersamaan dengan obat utama agar obat tersebut tidak sampai menyebabkan penyakit maag. Tidak hanya itu, konsumsi obat yang terlalu sering juga dapat menyebabkan seseorang terkena maag.

5. Infeksi Bakteri

Bakteri Helicobacter pylory merupakan jenis bakteri yang mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya atau lewat makanan yang tidak steril. Bakteri tersebut akan menyerang lapisan dinding lambung sehingga terjadi peradangan yang menyebabkan gastritis. Gastritis inilah yang akhirnya menyebabkan seseorang terkena maag. Meski tidak menyebabkan maag secara langsung, penyebaran bakteri ini perlu dicegah dan dihindari.

Nah, itulah penyebab penyakit maag yang sering terjadi, namun tidak banyak orang yang menyadarinya. Padahal, penyakit maag ini termasuk penyakit yang dapat menyebabkan kematian, karena itu sebaiknya kita tidak menyepelekan penyakit tersebut. Jika maag terjadi, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat asam lambung tinggi. Juga terapkan tips diet sehat agar lambung dapat terhindari dari penyakit maag.

You may also like