30 Obat Asam Lambung Tinggi Alami dan Medis

Asam lambung merupakan sebuah kondisi yang bisa dikatakan sebagai gejala maag dengan adanya peradangan atau luka pada bagian lambung. Pola makan yang tak teratur biasanya menjadi pemicu utama dan mampu membuat perut terasa perih sekaligus mual. Karena asam diproduksi oleh lambung di mana asam ini bekerja untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam perut pada jadwal yang teratur.

Saat jadwal makan tak teratur, otomatis lambung menjadi kesulitan dalam prosesnya beradaptasi. Ketika hal ini terjadi secara berkelanjutan, kelebihan asam pun terjadi dan bakal membuat dinding mukosa teriritasi sehingga akhirnya menjadikan rasa perih dan mual muncul. Perhatikan beberapa obat asam lambung tinggi ini yang kiranya bisa mengatasi.

(Baca juga: perbedaan sakit maag dan asam lambung)

1. Daun Cincau

Obat tradisional pertama yang bisa Anda coba adalah daun cincau. Daun ini memiliki begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh, seperti misalnya mengobati inflamasi, demam, darah tinggi, tipes dan keracunan. Jadi selain bisa untuk asam lambung, Anda jelas bisa menggunakannya untuk banyak masalah kesehatan lain.

  • Caranya: Sediakan 80 gram atau sekitar segenggaman tangan daun cincau, lalu bersihkan dengan air sebelum dihaluskan. Pada proses penghalusan, Anda bisa meremasnya dengan air matang, kemudian disaring dan beri tambahan kapur sirih agar menjadi lebih kental. Setelahnya, Anda bisa mengonsumsinya bersama sirup dan air gula sehari 3 kali secara rutin sebanyak 200 ml masing-masing.

2. Kencur

Kencur memang biasanya adalah bahan alami yang kerap dijadikan sebagai obat batuk ampuh. Namun sebetulnya, kencur pun juga bisa mengatasi asam lambung yang naik asalkan meminumnya secara teratur dengan takaran yang benar. Tentunya, rempah seperti ini jauh lebih aman dan tanpa efek samping.

  • Caranya: Anda bisa menyiapkan serimpang kencur yang kemudian dicuci bersih. Tak perlu mengolahnya sulit-sulit, cukup dengan mengunyahnya bersama garam sedikit. Sesudah halus, kencur dapat Anda telan yang kemudian dilanjutkan segera dengan meminum air hangat. Melakukannya sehari 3 kali serutin mungkin akan meredakan asam lambung yang tinggi secara lebih efektif.

(Baca juga: kopi bagi penderita asam lambung)

3. Air Hangat

Setiap orang akan menemukan bahwa cara ini begitu mudah karena Anda hanya tinggal mengambil air secukupnya dan merebusnya. Air hangat yang begitu simpel ini bisa Anda gunakan untuk meredakan asam lambung yang tinggi dan sempat naik. Air putih adalah bahan teralami yang baik juga dalam mencegah bahaya dehidrasi.

Air putih hangat bakal sangat membantu, apalagi kalau di rumah sedang tak ada persediaan obat untuk radang lambung. Rasa mual bakal begitu membuat tak nyaman, dan oleh karena itulah Anda dapat meredakannya dengan meminum air putih hangat. Obat ini bisa diandalkan sebagai obat pertolongan pertama saat asam lambung naik dan menyebabkan rasa perih sekaligus mual.

4. Pisang

Buah berwarna kuning ini sudah sangat terkenal dengan segudang manfaatnya. Tak hanya baik untuk menurunkan maupun menaikkan berat badan, pisang adalah salah satu buah yang baik dalam mengobati asam lambung. Asam lambung naik? Tak perlu khawatir apalagi panik. Pisang inilah jawaban sederhananya.

Pisang merupakan buah yang menyehatkan di mana bakal membantu menyembuhkan masalah pada fungsi lambung. Ketika asam lambung tinggi, otomatis pencernaan menjadi terganggu dan demi fungsi lambung kembali normal dan stabil, makan pisang menjadi solusi. Konsumsilah pisang sehari paling tidak 2-3 buah dan pisangnya pun sebaiknya pisang emas daripada jenis pisang ambon.

(Baca juga: jenis sakit lambung)

5. Bawang Putih

Meski memang banyak dari kita telah mendengar efek samping bawang putih, asalkan tak berlebihan dalam konsumsinya tak menjadi masalah. Walau rasanya memang pedas, bawang putih mampu menstimulasi bagian lambung Anda untuk menjadi lebih baik.

  • Caranya: Buat saja sup bawang putih yang biasanya akan melancarkan pencernaan dan menjadikan fungsinya kembali normal. Supaya hasil yang didapat maksimal, gunakan bawang putih yang masih dalam keadaan segar. Atau, rebus saja bawang putih mentah selama beberapa menit yang kemudian ditambahkan dnegan sedikit lada hitam dan biji jintan hitam. Saringlah dan tunggu suhunya lebih dingin; konsumsilah sehari 2-3 kali supaya hasilnya langsung terasa.

6. Stroberi

Satu lagi buah ajaib yang meski ukurannya tak begitu besar namun begitu bermanfaat bagi kesehatan dan sekaligus menyegarkan tubuh. Stroberi adalah buah tersebut di mana memang kandungan fenoliknya cukup tinggi. Itulah mengapa peradangan yang terjadi akibat asam lambung naik bisa diatasi.

  • Caranya: Ambil saja daun stroberi kering sebanyak 1 sendok makan yang bisa diseduh bersama secangkir air panas. Seduhlah selama 5 menit yang kemudian bisa Anda saring. Konsumsilah dengan meminumnya setiap hari 2-3 kali sampai asam lambung turun. Dan untuk pencegahan, Anda bisa mengonsumsi buah stroberi setiap hari secara rutin karena kandungan antioksidannya akan memroteksi tubuh dari radikal bebas.

(Baca juga: makanan untuk penderita asam lambung)

7. Peppermint

Salah satu cara mengobati asam lambung naik adalah dengan menggunakan peppermint. Herbal satu ini mengandung sifat-sifat antibakteri, anti-inflamasi serta antispasmodic. Memiliki sifat penenang alami, peradangan yang terjadi pun bakal dapat dikurangi dan diredakan. Rasa mual juga bisa hilang berkat peppermint ini.

  • Caranya: Anda bisa mengonsumsi tablet peppermint yang biasanya dapat memberikan khasiat efektif bagi penderita asam lambung tinggi sehari 2-3 kali masing-masing setablet saja. Hanya saja, Anda bisa coba untuk mengonsultasikan dengan dokter tentang takarannya. Atau, Anda bisa juga mengunyah-ngunyah daun peppermint yang segar secara rutin; tambahkan ke smoothies, salad, atau sup Anda bila menginginkannya.

8. Lemon dan Baking Soda

Untuk obat asam lambung tinggi rumahan yang ampuh berikutnya adalah campuran antara baking soda dengan lemon. Tak perlu khawatir akan bahaya baking soda karena dengan takaran yang benar, ini tak akan membahayakan tubuh. Campuran kedua bahan ini bisa dijadikan antasid yang ampuh.

  • Caranya: Siapkan jus dari sebuah lemon ke dalam 1 buah gelas, lalu tambahkan dengan baking soda secukupnya serta secangkir air. Aduk merata supaya baking soda dapat larut sempurna. Sesudah jadi, barulah Anda minum perlahan larutan ini. Cara ini termasuk sangat manjur dan jangan takut akan lemon yang rasanya asam; lemon bakal secara aman menyembuhkan asam lambung Anda.

(Baca juga: ciri asam lambung dan obatnya)

9. Teh Kamomil

Mungkin sebagian dari Anda mengira bahwa teh kamomil sama dengan teh lainnya yang cukup berbahaya apabila diminum oleh penderita asam lambung. Namun justru teh kamomil merupakan teh yang aman dan bisa melancarkan fungsi lambung kembali. Segala bentuk peradangan dapat berkurang berkat teh kamomil.

  • Caranya: Ambil bunga kamomil kering sebanyak 1 atau 2 sendok teh yang kemudian dimasukkan ke dalam secangkir air panas. Tutuplah cangkir tersebut dan tunggu seduhan selama 5-10 menit (jangan merebusnya melainkan diseduh saja). Setelah itu pun Anda masih harus menyaringnya dan menambahkan madu murni secukupnya. Minumlah sehari beberapa kali selama 1 minggu demi hasil terbaik.

10. Jahe

Walau diketahu bahwa efek samping jahe mampu membahayakan tubuh, asalkan Anda menggunakan dengan benar dan pada takaran yang tepat, jahe akan sangat berkhasiat. Rempah ini sangat ampuh untuk meredakan masalah lambung.

  • Caranya: Konsumsilah jus atau sari dari sebuah jahe berukuran kecil yang sudah dicampur bersama dengans sejumput asafetida. Atau, boleh juga Anda mencegah terbentuknya gas dari asam lambung yang naik dengan mengunyah sebuah jahe segar setiap sehabis makan. Bisa juga Anda menambahkan jahe kering secukupnya pada makanan Anda. Selain itu, alternatif lainnya yang juga kemungkinan bakal Anda sukai adalah teh jahe yang bisa diminum sehari 2-3 kali.

(Baca juga: bahaya santan bagi penderita maag)

11. Cuka Sari Apel

Selain mengatasi masalah hipertensi, cuka sari apel memiliki banyak kegunaan dan manfaat, termasuk juga dalam merawat rambut dan kulit. Bagi Anda yang punya gangguan asam lambung naik pun juga bisa mengandalkan cuka sari apel. Bahan alami ini siap untuk menenangkan dan menyembuhkan lambung Anda.

  • Caranya: Tambahkan saja cuka sari apel ke segelas air hangat sebanyak 2 sendok teh. Tunggulah air sampai menjadi lebih dingin sebelum Anda bisa meminumnya. Melakukan metode pengobatan ini secara rutin bakal membantu membuat asam lambung kembali normal atau stabil.

12. Kayu Manis

Masih ada lagi satu bahan alami yang begitu ampuh untuk mengobati asam lambung tinggi, yaitu kayu manis. Ketika asam lambung naik, maka ada kemungkinan juga bahwa perut akan berisi gas sehingga rasanya mual dan kembuh selain dari perih. Dengan kayu manis, Anda bisa meredakan kembali peningkatan asam lambung.

  • Caranya: Siapkan secangkir susu hangat yang kemudian bisa ditambahkan dengan 1 ½ sendok teh bubuk kayu manis. Campurkan dengan mengaduknya sampai rata, lalu minumlah secara rutin. Tambahkan madu bila perlu dan aduk merata sebelum Anda meminumnya. Atau, bisa juga Anda membuat teh kayu manis dengan menambahkan bubuk kayu manis secukupnya ke dalam secangkir air panas. Seduhlah selama beberapa menit yang kemudian bisa Anda minum secara rutin.

(Baca juga: gangguan pencernaan pada lambung)

13. Yogurt

Untuk menghindari bahaya asam lambung naik, Anda perlu segera mengatasi gejalanya ketika sudah dirasakan. Perut yang terasa perih dan mual bisa jadi pertanda bahwa ada peningkatan asam lambung pada tubuh. Yogurt dengan kandungan probiotiknya siap untuk menjadikan tubuh Anda lebih baik.

  • Caranya: Konsumsi saja langsung yogurt tawar yang berkandungan probiotik tinggi sebanyak 2-3 cangkir setiap harinya. Melakukan ini secara rutin akan sangat membantu menenangkan asam lambung yang naik. Atau, buat saja smoothie dari campuran yogurt, madu dan pisang yang bisa dikonsumsi sehari 2-3 kali untuk penyembuhan lebih cepat. Yogurt jugalah yang bakal meningkatkan imunitas tubuh Anda.

14. Biji Adas

Karena kenaikan asam lambung, otomatis sistem pencernaan tengah dalam keadaan yang tidak tenang. Supaya asam lambung kembali stabil, perut kembali terasa nyaman dan saluran pencernaan kembali berfungsi normal, Anda bisa menggunakan biji adas. Biji ini mengandung antibakteri dan anti-inflamasi sehingga Anda pasti akan cepat membaik.

  • Caranya: Ambil saja sesendok teh biji adas yang dimasukkan ke dalam 1 cangkir air panas. Tutuplah sementara waktu dan seduhlah kira-kira 10 menit. Saringlah lebih dulu sebelum dapat ditambah dengan madu. Konsumsi sehari 3 kali selama 1 minggu akan mempercepat masa penyembuhan. Alternatifnya, kunyah saja langsung biji adas sesudah makan.

(Baca juga: penyebab asam lambung naik)

15. Daun Kemangi

Kalau biasanya Anda menjumpai orang-orang sering menjadikan daun kemangi sebagai lalapan, rupanya khasiatnya begitu besar untuk penderita asam lambung. Kandungan sifat antibakteri serta anti-inflamasi di dalamnya begitu besar sehingga bakal mampu menurunkan gejala asam lambung.

  • Caranya: Jadikan saja daun kemangi ini sebagai lalapan seperti biasanya dan makanlah sebanyak 4-5 lembar daunnya untuk meredakan mual dan gangguan pencernaan. Atau bisa juga Anda mencampurkan sesendok teh sari jus daun kemangi sebanyak sesendok teh serta jus jahe. Minumlah sehari 2-3 kali selama seminggu secara rutin sampai asam lambung stabil. Anda juga bisa meminum teh daun kemangi yang dicampur madu sehari 3 kali.

16. Meniran

Cara alami berikutnya yang jelas bisa menjadi obat bagi asam lambung Anda adalah meniran. Daun ini merupakan salah satu pilihan obat terbaik karena memang daun meniran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meniran sendiri merupakan sebuah tanaman yang dapat membantu menambah daya tahan tubuh.

Di dalam meniran juga ada zat anti peradangan yang siap untuk mencegah atau mengurangi risiko inflamasi akibat asam lambung yang naik. Selain untuk asam lambung tinggi, penderita diabetes, diuretik dan tekanan darah tinggi juga bisa menjadikan bahan ini sebagai obat. Untuk menggunakannya, cukup rebus dan minum air rebusannya secara rutin sampai membaik.

(Baca juga: penyebab luka di lambung dan cara mengatasinya)

17. Mentimun

Kita semua tahu bahwa mentimun adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan air tinggi dan lebih sering digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Ternyata, manfaat mentimun tak hanya untuk kulit saja. Asam lambung yang naik dan tinggi bisa juga disembuhkan dengan mentimun di mana penggunaannya sangatlah sederhana dan tak ribet.

Anda cukup menyediakan mentimun segar untuk dikonsumsi bersama dengan yogurt. Karena yogurt sendiri adalah makanan berprobiotik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, maka memang yogurt bisa dijadikan campuran yang baik. Dengan mengonsumsi obat ini, asam lambung akan menjadi lebih baik dan ternetralkan kembali. Anda bisa mencobanya dan mengonsumsinya secara rutin bila ingin cepat membaik.

18. Madu

Madu yang asli dan murni memberikan berbagai macam keuntungan bagi penderita asam lambung. Jika diminum secara rutin, madu juga merupakan bahan alami yang akan melindungi tubuh dari segala jenis penyakit. Penggunaan yang mudah kiranya menjadikan Anda tertarik untuk mencobanya.

  • Caranya: Anda bisa minum madu sebanyak 1-2 sendok makan 3 kali saja dalam sehari secara rutin dan langsung. Namun bila ingin mencampurkannya dengan segelas air putih juga sah-sah saja. Nutrisi tinggi yang ada di dalam madu siap untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan menurunkan risiko inflamasi akibat asam lambung tinggi secara efektif.

19. Temulawak

Soal asam lambung yang naik dan menjadi tinggi, temulawak merupakan salah satu bahan alami yang akan membantu Anda untuk menstabilkan kadarnya tanpa efek samping. Temulawak sendiri adalah rempah yang aman dan mampu menjaga kesehatan lambung. Berkat kandungan anti-inflamasi di dalamnya, temulawak sering digunakan sebagai solusi bagi yang menderita asam lambung.

Manfaat dari temulawak ini yang perlu Anda ketahui adalah efektivitasnya yang tinggi dalam mengeluarkan segala racun dan kotoran dari dalam sistem pencernaan dan tubuh. Obat alami ini jugalah yang banyak dimanfaatkan sebagai solusi dari lambung yang bengkak. Air rebusan temulawak adalah yang paling bisa Anda buat dan andalkan di saat rasa mual perih muncul.

(Baca juga: penyebab perut panas)

20. Jus Kentang

Anda bisa juga mengandalkan jus kentang sebagai antasid yang meredakan asam lambung naik. Salah satu kandungan ampuh pada kentang adalah alkaline yang memang mampu meredakan kram, mual, gas dan kembung.

  • Caranya: Yang Anda perlu siapkan adalah kentang mentah 1-2 buah saja yang kemudian bisa diparut. Hasil parutan tadi bisa Anda peras untuk mendapatkan sari atau jusnya. Ekstrak jus dari kentang ini yang digunakan sebagiknya sebanyak ½ gelas yang lalu bisa ditambah dengan air hangat sedikit. Minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari selama 1-2 minggu. Pastikan juga Anda mengonsumsi setiap ½ jam sehabis makan.

21. Licorice

Di dalam licorice, ada kandungan anti-inflamasi yang tinggi berikut juga sifat penenang alami yang mampu mengurangi risiko inflamasi. Rasa perih mengganggu pada lambung serta sensasi terbakar pada perut akan mampu juga dikurangi. Dengan bantuan licorice, pencernaan Anda dijamin menjadi jauh lebih baik.

  • Caranya: Tambahkan saja sesendok teh bubuk licorice ke secangkir air panas yang kemudian bisa Anda tutup selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, jangan lupa untuk menutupnya serta menyaringnya sesudah suhunya lebih dingin. Minumlah teh ini sehari 2-3 kali selama paling tidak 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Obat ini terasa keampuhannya bila digunakan rutin.

22. Lidah Buaya

Sebetulnya tak hanya khasiat lidah buaya untuk kulit saja yang terkenal. Lidah buaya merupakan tanaman yang baik untuk kesehatan, baik luar maupun dalam. Bahkan daging tanaman ini bisa juga dimakan untuk menyembuhkan beberapa kondisi penyakit. Asam lambung yang naik juga bisa diatasi dengan tanaman ampuh ini.

Anda bisa membuat minuman jus lidah buaya yang kemudian bisa diminum setiap hari sampai asam lambung stabil. Untuk mengetahui apakah asam lambung sudah membaik, tentunya dapat Anda rasa-rasakan kembali. Bila rasa perih dan mual sudah hilang, otomatis perut atau lambung Anda sudah dalam kondisi yang baik.

(Baca juga: pengaruh asam lambung terhadap nyeri pungung)

23. Baking Soda

Apabila sebelumnya baking soda perlu dicampur dengan lemon, sebetulnya Anda juga bisa menggunakan baking soda saja untuk mengobati asam lambung tinggi. Ambil saja sesendok teh baking soda yang kemudian bisa dicampur ke segelas air putih. Campur dan larutkan baking soda sebelum kemudian airnya Anda minum. Lakukan secara rutin supaya asam lambung dapat dengan cepat dinetralisir oleh zat basa pada baking soda.

24. Kunyit

Selain kencur, jahe serta temulawak, kunyit pun dapat diandalkan sebagai obat asam lambung tinggi. Siapkan saja kunyit secukupnya yang bisa dilanjutkan dengan mencincang-cincangnya. Hasil cincangan kemudian bisa Anda rebus bersama air dengan jumlah 1,5 gelas banyaknya. Masaklah sekitar 15 menit sebelum akhirnya Anda bia menyaring hasilnya. Supaya lebih enak, boleh juga ditambah gula merah atau madu.

25. Apel Merah

Buah lainnya yang siap menjaga kesehatan lambung Anda dan menetralisir asam lambung adalah buah apel merah. Jenis buah apel sendiri memang beragam, tapi lebih baik Anda memilih mengonsumsi apel merah. Untuk hasil yang maksimal, sehari Anda bisa makan 1-2 buah per hari secara rutin supaya mampu secara efektif menurunkan asam lambung yang naik.

(Baca juga: pengaruh asam lambung terhadap jantung)

Obat-obatan Kimia untuk Asam Lambung Tinggi

Ada sejumlah obat kimia pula yang bisa Anda coba konsumsi demi meredakan asam lambung. Gejalanya yang membuat perut mual dan perih akan mengganggu aktivitas Anda, oleh karena itu obat-obat di bawah ini kiranya juga bisa membantu.

  1. Prokinetik. Fungsi dari obat ini yang terutama adalah membuat perut menjadi kosong lebih cepat yang artinya makanan serta asam lambung bisa masuk ke dalam usus halus secara lebih cepat dari biasanya. Obat ini otomatis mencegah kenaikan asam lambung bahkan hingga mencapai esofagus.
  2. Alginat. Fungsi dari obat ini adalah sebagai pelindung bagi esofagus dan perut dari asam lambung yang mampu mengiritasi. Tanpa harus memakai resep dokter, obat ini bisa dibeli di apotek terdekat.
  3. Antasida. Fungsi obat ini adalah untuk membuat asam lambung kembali netral. Hanya saja, jika sudah meminum obat lainnya, Anda tak dianjurkan untuk minum obat ini juga. Dampaknya bila diminum bersamaan dengan obat lain adalah bisa memperlambat proses penyerapan obat lainnya.
  4. PPI atau Penghambat Pompa Proton. Fungsi dari obat ini adalah untuk membuat produksi asam berkurang di dalam perut. Namun waspadai adanya efek samping yang cukup berat, seperti halnya diare, sakit kepala maupun sembelit. Jangan membeli obat ini tanpa adanya resep dari dokter.
  5. H2RA atau Penghambat Reseptor H2. Fungsi obat ini adalah sebagai penghambat efek histamin dan mengurangi asam lambung. Nizatidine dan ranitidin adalah contoh dari obat H2RA ini dan pastikan Anda membelinya dengan resep dokter.

(Baca juga: gejala infeksi usus)

Itulah daftar dari obat asam lambung tinggi, baik yang alami maupun obat medis. Sebelum menjadi lebih parah, Anda perlu mengambil tindakan untuk mengobati asam lambung yang naik.

, , , ,