Home Tips KesehatanKesehatan Pencernaan 12 Penyebab Perut Panas dan Perih

12 Penyebab Perut Panas dan Perih

by Henny Anugerah

Penyebab perut panas merupakan dampak buruk dari organ pencernaan yang tidak beres dan disebabkan berbagai hal dan dapat dialami oleh semua usia. Perut terasa panas adalah sebuah indikasi bahwa seseorang sedang mengalami masalah dengan pencernaanya yang bisa disebabkan oleh peningkatan asam lambung, Karena alergi makanan atau karena Kondisi gastritis.

Faktor pemicu munculnya perut panas :

1. Pola makan
Gaya hidup dan kebiasaan menyantap makanan yang berbumbu sangat tajam dengan timbunan lemak jenuh dapat menjadi penyebab perut panas karena lemak cenderung menekan dinding lambung dan mengiritasi organ pencernaan lain. Makanan pedas dan lemak jenuh pada makanan dapat merusak jaringan perut menjadi panas dan nyeri.

2. Depresi berat
Seseorang yang mengalami stres dan depresi berat dapat memperlambat dan mengacaukan pencernaan sehingga mengalami refluks asam lambung yaitu asam lambung yang naik ke kerongkongan dan menimbulkan efek yang panas. Penyebab perut panas yang paling klasik adalah akibat depresi berat yang akhirnya mempengaruhi kesehatan pencernaan secara tidak langsung.

3. Kebiasaan merokok
Penyebab perut panas yang sering dialami manusia adalah para perokok aktif yang jarang mengimbangi dengan asupan air putih yang memadai. Asap nikotin mampu mengiritasi dan mencemari sistem pernafasan dan organ perut manusia sehingga seseorang dapat merasakan perut menjadi perih dan panas. Bahaya merokok adalah penyebab utama mengapa seseorang selalu merasa perutnya menjadi kembung, Mual mual dan panas.

4. Minuman beralkohol
Kebiasaan minum minuman beralkohol dalam jangka panjang dapat menjadi salah satu penyebab perut panas, Hak ini disebabkan karena organ pencernaan menderita iritasi karena efek panasnya. Ketika organ pencernaan teritasi maka akan terjadi suhu yang tinggi didalam jaringan lambung hingga seseorang merasa perutnyaa menjadi panas.

5. Terlalu banyak kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein contohnya kopi. Ampas opi yang masuk pada jaringan pencernaan akan mengalami penumpukan dan sensasi panas yang memicu rasa nyeri yang berkelanjutan. Kafein yang berlebihan didalam tubuh mampu menjadi penyebab perut panas yang paling sering dialami oleh profesional muda dan kalangan mahasiswa.

6. Obat obatan pereda rasa nyeri
Sering mengkonsumsi obat obat pereda rasa nyeri jenis non steroid yang terdiri dari zat ibu profen dan aspirin dapat menyebabkan munculnya Dispepsia atau gangguan pencernaan. Penyebab perut panas yang paling sering dialami masyarakat adalah karena mereka tidak memahami zat kimia yang berbahaya di dalamnya mampu merusak organ pencernaan.

7. Makanan pedas
Mengkonsumsi makan yang beraroma dan berasa pedas dapat mengiritasi organ pencernaan dan mengakibatkan peut menjadi terasa panas dan nyeri.

8. Naiknya asam lambung
Seseorang yang memiliki lambung sensitif akan mudah menderita luka, iritasi dan timbul peradangan ketika terlalu banyak menyantap makanan yang sangat pedas.Naiknya asam lambung karena makanan pedas mampu membuat dinding lambung menjadi iritasi.

9. Serangan bakteri Helicobacter pilori
Bakteri Helicobacteri piloriyang mengiritasi dinding lambung dan merusak lapisan pelindung dinding lambung. Kondisi tersebut menyebabkan lambung menjadi iritasi lalu timbul peradangan.

10. Alergi makanan
Seseorang yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu maka jaringan perutnya akan mengalami rasa panas, Kembung dan nyeri ketika ditekan. Alergi makanan dapat menyerang organ pencernaan tanpa mengenal usia.

11. Minuman bersoda
Alergi terhadap minuman bersoda juga dapat memicu seseorang mengalami rasa panas dan begah pada perutnya. Hal ini disebabkan karena minuman bersoda memiliki kandungan gas dan rasa manis buatan yang dapat membuat iritasi pada dinding lambung, Usus dan sistem pencernaan. Akibatnya perut akan terasa panas dan nyeri.

12. Akibat GERD
Yaitu otot yabg bentuknya menyerupai cincin yang letaknya sangat dekat dengan organ pencernaan termasuk lambung. Lambung secara bertahap namun pasti akan mengalami ketidakseimbangan fungsi.

Gejala

Tanda tanda seseorang terkena perut panas :

  • Ulu hati terasa tidak nyaman – Sebelum rasa panas menyerang jaringan perut maka akan muncul rasa tidak nyaman pada organ ulu hati sehingga dapat menyebabkan seseorang terserang stres dan kesulitan tidur.
  • Nafsu makan berkurang – Pada awalnya sesaat sebelum jaringan perut terserang rasa nyeri dan panas, seseorang akan kehilangan selera makanya dan hanya kan merasa haus terus menerus.
  • Perut bagian bawah sangat nyeri – Perut yang mengalami kelainan akan dibarengi dengan adanya rasa nyeri yang tidak biasanya pada perut bagian bawah secara berkesinambungan.
  • Mual mual – Ketika seseorang mengalami gangguan pencernaan maka sebelum perut merasa kembung dan panas maka akan muncul mual mual terlebih dahulu. Kondisi tersebut dapat dialami oleh semua umur.
  • Perut kembung terasa penuh – Perut kembung dan merasa tidak nyaman hampir sehari penuh dapat memicu gangguan jaringan perut berupa perut akan terasa panas, karena lambung terlalu banyak mengandung gas hasil dari makanan yang telah dikonsumsi.
  • Terserang cegukan – Seseorang yang mengalami perut panas, kembung dan terkadang kram otot perut maka awalnya akan mengalami cegukan yang berkesinambungan yang tidak mudah hilang setelah ditangani dengan meminum air yang cukup.

Penanganan

Ada solusi paling mudah agar terhindar dari serangan perut panas :

  • Pola makan harus diperbaiki misalnya menghindari makanan berlemak, Makanan yang pedas dan terlalu asam.
  • Mengurangi stres agar keseimbangan tubuh menjadi lebih stabil dan terhindar dari serangan perut yang panas ketika perut sedang dalam keadaan kosong.
  • Menghindari obat obatan pereda rasa sakit tanpa rekomendasi dari dokter yang terkait agar terhindar dari iritasi lambung yang memicu munculnya perut terasa kembung dan panas.
  • Makan dengan tepat waktu adalah solusi paling mudah untuk menghindari rasa perut menjadi panas karena perut dalam keadaan yang kosong sangat memungkinkan. Seseorang yang terserang peningkatan asam lambung dan memicu munculnya gejala penyakit maag.
  • Melakukan olahraga ringan yang teratur agar otot perut dan melindungi kondisi asam lambung dalam keadaan sehat dan stabil. Kondisi jaringan pencernaan yang stabil dapat mencegah perut terasa panas setelah aktivitas makan.

Ramuan Tradisional

4 Minuman sehat pencegah rasa panas pada perut :

  • Jahe – Minuman jahe yang ditambahkan dengan air lemon dan gula aren sangat nikmat dan mampu mengusir masuk angin serta ajaib dalam mencegah perut panas serta kembung. Khasiat jahe mampu bertindak sebagai antioksidan aktif dalam menjaga kestabilan asam lambung dan kesehatan jaringan pencernaan.
  • Yogurt – Bakteri baik yang ada didalam yogurt mampu menjaga kesehatan lambung , Usus dan organ pencernaan lain sehingga seseorang dapat terhindar dari perut yang terasa panas.
  • Kunyit – Kunyit memiliki kandungan zat antibiotik dan anti mikroba yang dapat melindungi organ pencernaan dari serangan bakteri yang berasal dari dalam tubuh maupun luar tubuh termasuk radikal bebas. Kunyit mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang bisa bertindak sebagai antioksidan pencegah perut mual, mengobati nyeri perut dan terhindar dari serangan panas dibagian perut. Minum air kunyit yang sudah ditambahkan gula aren da air lemon atau asam kawak.
  • Air kelapa hijau – Air kelapa hijau mengandung zat anti racun dan antibiotik alami yang mampu melindungi pencernaan agar tetap sehat dan terhindar dari perut panas. Minumlah air kelapa hijau satu kali sehari setiap hari agar kesehatan pencernaan selalu dalam kondisi terbaiknya.

You may also like