50 Cara Membakar Lemak dengan Cepat

Lemak merupakan kandungan makanan yang memang mungkin saja menumpuk di beberapa bagian pada tubuh manusia, antara lain betis, dada, lengan, paha, pantat, pantat, perut, pinggang, pipi, dan punggung. Yang mana, kelebihan lemak (gemuk) pada tubuh kadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, termasuk juga bagi orang yang justru kurang lemak (kurus). Terlepas dari itu semua, berikut akan dipaparkan bagaimana cara membakar lemak dengan cepat yang menumpuk di beberapa bagian dalam tubuh secara alami, yaitu :

Betis

Bagian pertama dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah betis. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara mengecilkan betis kaki, baik dengan olahraga maupun tanpa olahraga, antara lain :

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan cara efektif yang bisa dilakukan bagi Anda yang ingin membakar lemak pada betis. Kebiasaan mengayuh ketika bersepeda akan membuat betis lebih banyak bergerak yang menguras tenaga sehingga terjadilah proses pembakaran lemak pada betis. Lakukanlah aktivitas ini secara rutin apabila Anda menginginkan hasil yang cepat dan maksimal.

baca juga: olahraga yang membakar kalori super banyak

  1. Calf Raises

Calf raises adalah semacam aktivitas fisik yang dilakukan dengan cara:

– Kedua tangan mengangkat barbel kecil dengan posisi tegak di samping badan;

– Sementara tubuh dalam posisi tegak berdiri dengan kaki yang merapat;

– Kemudian angkatlah badan Anda dengan menggunakan tumit (berjinjit);

– Tahan beberapa detik, lalu turun;

– Lakukanlah secara berulang-ulang secara teratur.

Selain itu, anda juga bisa membuatnya bergantian antara kaki kiri dan kaki dalam dalam berjinjit ataupun dilakukan secara bersamaan.

  1. Lompat Tali

Bagi Anda yang bisa melakukan olahraga lompat tali, maka ini juga bisa menjadi salah satu aktivitas olahraga yang dapat membantu cara membakar lemak pada betis. Selain itu, lompat tali juga memiliki manfaat tambahan, yaitu dapat meninggikan badan secara cepat. Rekomendasi waktu yang disarankan ialah selama 30 menit sehari. Lakukanlah aktivitas ini apabila Anda menginginkan hasil yang cepat dan maksimal.

baca juga: olahraga lompat tali bagi wanita

  1. Lari (Jogging)

Lari (jogging) merupakan salah satu cara lain yang juga bisa membantu Anda untuk membakar lemak pada betis. Ditambah lagi, olahraga seperti lari (jogging) dapat sekaligus mengecilkan perut (membakar lemak pada bagian perut) dan membantu meninggikan badan. Jadi, bisa dikatakan bahwa lari (jogging) dapat menjadi salah satu program diet apabila Anda menginginkannya.

baca juga: penyebab perut buncit

  1. Berenang

Berenang sebagaimana kita ketahui bahwa olahraga ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk membakar lemak pada betis. Hal ini dikarenakan ayunan kaki yang biasanya dilakukan saat sedang berenang. Selain itu, renang juga terbukti efektif untuk menurunkan berat badan dan meninggikan badan.

  1. Split Squat Jump

Split squat jump juga bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa anda lakukan apabila ingin membakar lemak pada betis. Olahraga ini hampir serupa dengan squat jump. Caranya:

– Majukan salah satu kaki Anda. Sedangkan untuk yang satunya ditekuk hingga menyentuh lantai;

– Kemudian, lakukanlah lompatan setinggi mungkin dan lakukanlah pergantian posisi kaki ketika mendarat. Apabila saat melompat kaki kanan di depan (maju) sedangkan kaki kiri ditekuk menyentuh lantai, maka ketika mendarat harus berubah dengan posisi kaki kiri di depan (maju) sedangkan kaki kanan ditekuk menyentuh lantai;

– Lakukanlah secara berulang-ulang semampu Anda.

  1. Yoga dan Pilates

Pilates memiliki manfaat yang bisa membuat otot Anda menjadi lebih lentur dan panjang. Sedangkan yoga dapat membantu badan Anda menjadi lebih rileks. Sedemikian sehingga apabila keduanya dikombinasikan, maka juga dapat membantu Anda melenturkan otot-otot, termasuk otot betis secara lebih rileks. Dengan keadaan otot betis yang lentur tentunya menandakan bahwa lemak pada betis sudah hilang (dibakar).

  1. Mengkonsumsi Air Putih

Selain mampu menyehatkan tubuh manusia, manfaat air putih yang lain secara lebih spesifik ialah dapat membantu mengecilkan betis. Artinya, dapat membantu membakar lemak pada betis. Selain itu, manfaatnya yang juga mampu untuk mencegah dehidrasi akan menjadikan pembakaran dalam tubuh, termasuk pembakaran pada betis menjadi lancar. Jadi, secara tidak langsung, mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur juga dapat membantu membakar lemak pada betis.

baca juga: 11 efek kekurangan air putih

  1. Jalan Santai

Jalan santai yang teratur juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin membakar lemak pada betis, tetapi enggan untuk berolahraga. Karena apabila Anda mau melakukan jalan santai secara teratur, seperti mengelilingi perumahan rumah misalnya, maka akan membantu pula terhadap pembakaran lemak pada betis Anda.

Dada

Bagian kedua dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah dada. Khusus pada bagian ini biasanya banyak terjadi pada kaum pria hingga dadanya menyerupai wanita dengan payudara yang menggantung. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak pada dada, antara lain:

  1. Melatih Otot Dada dan Perut

Kondisi payudara yang menggantung menyerupai wanita merupakan tanda bahwa adanya lemak yang menumpuk pada dada pria. Oleh karena itu, latihlah otot dada dan perut Anda apabila ingin menghilangkan lemak tersebut, misalnya dengan melakukan sit up secara teratur setiap harinya. Cara lain yang bisa dilakukan ialah menggunakan treadmill (alat berjalan atau berlari di tempat) setiap harinya secara teratur, dengan setidaknya selama 20 menit. Hal ini nantinya akan membantu tubuh Anda untuk melakukan pembakaran lemak yang ada di dada dan juga perut tentunya.


  1. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga yang bisa Anda lakukan apabila ingin membakar lemak pada dada. Berenang diakui efektif untuk bisa melatih otot dada Anda hingga lemak yang menumpuk dan menyerupai payudara wanita menjadi hilang.

  1. Latihan Angkat Beban

Secara keseluruhan, latihan angkat beban dapat membantu Anda dalam hal mengurangi kadar lemak yang berlebihan pada tubuh. Yang mana, pada akhirnya juga dapat membantu Anda untuk bisa membakar lemak yang menumpuk di dada.

baca juga: cara menurunkan berat badan

  1. Latihan The Elliptical

Latihan ini diakui efektif untuk mengurangi lemak pada dada. Hal ini dikarenakan ketika Anda berjalan di atas treadmill, siklus elips di kedua lengan Anda akan melatih otot-otot dada, di samping untuk membakar lemak dan kalori yang ada.

  1. Latihan Push Up atau Push Up Dumb-bell

Sebenarnya latihan push up sudah cukup untuk melatih otot-otot dada Anda termasuk dalam hal pembakaran lemak yang ada. Namun apabila Anda menginginkan hasil yang lebih cepat dari sekedar push up, maka melakukan push up dengan dumb-bells akan membuat efek dua kali lipat daripada push up biasa.

  1. Melakukan Program Diet

Melakukan program diet juga bisa dilakukan sebagai usaha untuk mengurangi lemak yang menumpuk di dada. Yang mana, jagalah pola maka Anda agar tidak terlalu berlebih, terutama pada makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan kalori. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, seperti putih telur maupun ayam rebus untuk menguatkan otot dan mengikis lemak, termasuk lemak pada dada.

baca juga: diet mayo

  1. Perbaiki Sikap/Posisi Tubuh

Terlalu banyak membungkuk seperti ketika sedang di depan komputer, dapat menyebabkan dada mengembang karena penumpukan lemak terpusat pada dada. Oleh karena itu, cobalah untuk memperbaiki posisi tubuh Anda agar tidak membungkuk.

  1. Jangan Mengkonsumsi Alkohol

Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan perut menjadi buncit dan dada membesar. Hal ini dikarenakan kandungan dalam alkohol yang sejatinya memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, apabila Anda menginginkan supaya dada tidak membesar hingga membuat payudara menggantung seperti wanita, maka janganlah mengkonsumsi minuman beralkohol. Jangan pula mencampurkan minuman Anda dengan minuman bersoda.

baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia

Lengan

Bagian ketiga dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah lengan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara membakar lemak pada lengan, antara lain:

  1. Lompat Tali

Lompat tali juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak pada lengan. Meskipun sebenarnya lemak yang terbakar dari aktivitas ini terlalu banyak, namun lompat tali justru mampu untuk mengalihkan lemak tersebut menjadi bentukan lengan yang ideal dan berisi. Jadi, secara tidak langsung, lompat tali yang juga merupakan salah satu bentuk latihan kardio dapat membantu Anda untuk membentuk lengan yang ideal dan berisi.

  1. Stretching (Peregangan)

Stretching atau peregangan sebenarnya tidak harus dilakukan ketika akan melakukan olahraga saja sebagai ajang pemanasan, tetapi stretching juga bisa dilakukan apabila ingin membentuk lengan menjadi lebih idel, berisi, dan terbebas dari lemak. Artinya, membantu kelancaran pembakaran lemak pada lengan. Oleh karena itu, stretching atau peregangan dapat Anda lakukan sebagai usaha untuk membakar lemak pada lengan.

  1. Pull Up

Untuk melakukan latihan ini Anda bisa memanfaatkan pintu atau tiang. Caranya ialah angkat kedua tangan ke atas kepala dan berpegangan pada sisi atas pintung. Kemudian angkat beban tubuh Anda (seperti bergelantungan), tahan beberapa saat, lalu turunkan kembali. Lakukanlah secara berulang-ulang secara teratur setiap harinya dengan frekuensi minimal selama 10 menit.

  1. Push Up

Latihan ini memang memiliki manfaat lain selain melatih otot lengan, yaitu melatih otot bahu dan otot dada. Oleh karena itu, untuk membakar lemak pada lengan, latihkan otot lengan Anda, sepertinya dengan melakukan push up secara teratur setiap harinya.

  1. Memutar Pergelangan Tangan

Latihan memutar pergelangan tangan ini memang terlihat ringan dan sepele. Namun sebenarnya latihan ini memiliki manfaat yang baik untuk melatih bahu dan lengan bagian bawah. Caranya ialah peganglah dumbbell pada masing-masing kedua tangan seraya posisi kaki dalam keadaan terbuka selebar bahu. Kemudian angkat tangan ke depan hingga sejajar bahu atau dada, lalu putarlah pergelangan tangan searah jarum jam dan sebaliknya secara bergantian. Hal ini nantinya akan membantu pembentukan lengan Anda sekaligus dalam usaha membakar lemak pada lengan.

Paha Bagian keempat dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah paha. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak pada paha, antara lain:

  1. Squat Jump

Olahraga ini selain untuk mengencangkan otot perut, juga bisa membantu Anda dalam membakar lemak pada paha sehingga mampu membentuk paha yang ideal. Gerakannya yang simpel serta memungkinkan Anda untuk melakukannya di mana saja tentu menjadi nilai tambah tersendiri dalam hal teknis. Oleh karena itu, melakukan squat jump juga merupakan salah satu cara efektif untuk membakar lemak pada paha. Cobalah untuk melakukannya secara teratur selama 30 hari dengan frekuensi waktu sekitar 30 menit, maka Anda akan melihat hasilnya.

  1. Sit Up

Begitu pula sit up, selain untuk melatih otot perut, juga dapat membantu Anda untuk melatih otot paha termasuk dalam proses pembakaran lemak di dalamnya. Hal ini dapat dilihat dari manfaat sit up yang mampu membantu Anda untuk mengencangkan perut dan paha.

  1. Thera Band Leg Curl

Latihan fisik ini dilakukan dengan cara posisi badan terlungkup, lalu angkat salah satu kaki, dan tahan selama beberapa detik. Lakukanlah secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. Apalagi bila ada sebuah kain yang mampu menahan kaki ketika diangkat, maka itu akan semakin baik. Ini dapat membantu meregangkan otot-otot kaki termasuk paha sehingga proses pembakaran lemak lancar.

  1. Jogging

Lari atau jogging juga dapat membantu Anda dalam melakukan pembakaran lemak pada paha. Karena sejatinya lari atau jogging dapat membantu pembakaran dalam tubuh secara menyeluruh. Oleh karena itu, melakukan olahraga ini secara rutin dan teratur akan sangat membantu Anda.

  1. Lompat Tali

Lompat tali yang sangat menuntut pergerakan pada kaki artinya juga memberi pengaruh pada paha yang merupakan bagian dari kaki. Oleh karena itu, melakukan lompat tali juga dapat membantu Anda dalam usaha membakar lemak pada paha.

  1. Bersepeda

Begitupula dengan bersepeda, di samping membantu pembakaran lemak pada betis, bersepeda juga membantu pembakaran lemak pada paha. Hal ini dikarenakan sejatinya bersepeda membantu pembakaran pada kaki dan tubuh secara menyeluruh.

  1. Naik Turun Tangga

Aktivitas ini bisa Anda lakukan dengan cara berlari maupun berjalan cepat. Latihan ini akan membantu Anda untuk melatih otot-otot kaki, yaitu otot betis dan otot paha. Yang artinya juga membantu proses pembakaran pada kaki selama aktivitas naik turun tangga berlangsung. Dengan kata lain, aktivitas ini juga dapat membantu Anda dalam usaha membakar lemak pada paha.

Pantat

Bagian kelima dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah pantat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak pada pantat, antara lain:

  1. Latihan Kekuatan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan bokong karena adanya tumpukan lemak yang berlebihan ialah dengan cara latihan kekuatan. Latihan ini dimaksud untuk melakukan olahraga yang menitikberatkan pada latihan pantat dan otot paha, seperti squat jump dengan posisi tangan lurus ke depan maupun lunges (serupa split squat jump). Melakukan latihan kekuatan secara rutin dan teratur tentunya akan membantu proses pembakaran lemak di pantat dan juga paha sehingga tidak terjadi penumpukan lemak kembali.

  1. Olahraga Kardio

Melakukan olahraga kardio juga bisa menjadi pilihan Anda dalam usaha membakar lemak pada pantat. Contohnya ialah bersepeda, jalan kaki, jogging, dan lompat tali. Lakukanlah secara rutin dan teratur akan dapat membuat pembakar lemak pada pantat semakin efektif. Waktu yang direkomendasikan antara 30-60 menit sehari dengan frekuensi 5 kali dalam seminggu.

  1. Melakukan Program Diet

Program ini juga bisa dilakukan sebaik penyeimbang asupan makanan yang masuk agar tidak berlebihan sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh bisa berjalan secara semestinya tanpa khawatir adanya kandungan lemak yang berlebihan, termasuk lemak pada pantat. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak juga sangat dianjurkan dalam program diet.

  1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Sebagaimana kita tahu bahwa selain sebagai sumber energi, air putih juga bermanfaat untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh. Salah satunya tentu pembakaran lemak. Oleh karena itu, memperbanyak konsumsi maupun mengkonsumsi air putih secara teratur akan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, termasuk pembakaran lemak pada pantat.

Perut

Bagian keenam dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah perut. Bagian ini merupakan tempat yang paling sensitif dan rentan menjadi tempat penumpukan lemak dalam tubuh. Sehingga terkadang diperlukan usaha yang lebih ekstra untuk bisa mengecilkannya dalam usaha membakar lemak yang menumpuk. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak pada perut, antara lain:

  1. Jogging

Jogging merupakan salah satu cara yang juga bisa membantu Anda untuk membakar lemak pada perut. Karena sejatinya olahraga ini mampu membantu pembakaran dalam tubuh secara keseluruhan sebagaimana disebutkan sebelumnya. Oleh karena itu, melakukan jogging secara teratur menjadi penting apabila memang ingin mengecilkan perut karena adanya penumpukan lemak. Dalam artian, memperlancar proses pembakaran lemak pada perut.

  1. Bersepeda

Begitupula dengan bersepeda, selain membantu pembakaran lemak pada kaki, yaitu betis dan paha, bersepeda juga dapat membamtu Anda untuk membakar lemak pada perut sehingga menjadikan perut lebih kencang.

  1. Push Up

Latihan ini memang lebih terfokus pada otot lengan dan bahu, namun push up juga bisa membantu untuk mengencangkan perut karena juga melatih otot-otot yang ada di perut. Dengan kata lain, push up juga bisa membantu Anda dalam usaha membakar lemak pada perut. Tentunya apabila dilakukan secara rutin dan teratur.

  1. Sit Up

Khusus sit up memang merupakan latihan yang terpusat untuk melatih otot-otot perut, meski juga memberikan manfaat yang sama pada tangan dan kaki. Hal ini dikarenakan latihan sit up memang lebih mengandalkan otot perut saat melakukannya. Sehingga latihan sit up yang rutin dan teratur dapat membantu pembakaran lemak pada perut dan menjadikannya lebih kencang.

  1. Squat Jump

Begitupula dengan squat jump yang sejatinya memang lebih difokuskan pada otot-otot kaki. Namun latihan ini juga bisa membantu pembakaran lemak yang terjadi pada perut. Hal ini dikarenakan ketika melakukan squat jump perut juga terlibat.

  1. Yoga

Beberapa gerakan dalam latihan yoga juga dapat membantu pembakaran lemak pada perut Anda. Oleh karena itu, apabila Anda ingin melakukan usaha untuk membakar lemak perut, maka mengikuti latihan yoga bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil untuk dilakukan.

  1. Lompat Tali

Lompat tali yang juga termasuk dalam salah satu latihan kardio dapat membantu dalam proses membakar lemak yang berada pada perut. Oleh karena itu, latihan ini juga bisa Anda lakukan apabila ingin menghilangkan tumpukan lemak pada perut. Dalam artian, membakar lemak pada perut.

  1. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih juga tak terelakkan fungsinya yang sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh dengan cara melancarkannya. Begitupula dengan proses membakar lemak di perut. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih secara teratur akan membantu usaha Anda dalam membakar lemak pada perut.

  1. Berenang

Berbagai macam gaya yang ada dalam dunia renang juga dapat membantu membakar lemak pada perut. Hal ini dikarenakan olahraga renang salah satunya ialah melatih otot-otot perut sehingga segala macam proses di perut menjadi lancar dan perut menjadi kencang, termasuk proses pembakaran lemak.

  1. Menari Salsa

Salah satu cara yang menyenangkan untuk membantu Anda dalam membakar lemak pada perut ialah dengan menari salsa. Tarian yang memaksa tubuh untuk bergerak lebih aktif membuat proses metabolisme akan terangsang untuk terpacu melakukan pembakaran guna menghasilkan energi. Oleh karena itu, dengan menari salsa dapat membantu membakar lemak pada perut. Selain itu, gerakan salsa juga bisa membantu pembakaran lemak pada kaki dan pantat, yang berarti juga melatih otot-otot pada kaki, yaitu otot betis dan otot paha.

Pinggang

Bagian ketujuh dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah pinggang. Hal ini biasanya kerap menjadi masalah bagi kaum wanita yang merasa kurang percaya diri apabila pinggangnya terlalu besar karena adanya tumpukan lemak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak pada pinggang, antara lain:

  1. Latihan Perut

Melakukan berbagai latihan perut, seperti sit up maupun stability ball yang biasanya ada dalam rangkaian kelas kebugaran, terutama kebugaran wanita, dapat membantuk proses pembakaran lemak tubuh. Melakukan latihan perut secara teratur dapat membantu usaha Anda untuk membakar lemak pada pinggang sehingga pinggang tidak tampak terlalu besar karena adanya lemak yang menumpuk.

  1. Latihan Kardio

Begitupula dengan berbagai macam latihan kardio, seperti bersepeda, lompat tali, dan berlari, dapat membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Salah satunya ialah membantu pembakaran lemak pada pinggang. Dengan demikian, latihan kardio yang dilakukan secara teratur dapat membantu membakar lemak pada pinggang sehingga pinggang tampak lebih ramping.

  1. Kurangi Asupan Kalori

Mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penumpukan lemak di tubuh karena terlalu berlebihan, terutama yang sering terlihat di bagian perut dan pinggang. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi dapat membantu mencegah penimbunan lemak yang berlebihan sehingga proses pembakaran pun lancar, termasuk pembakaran lemak pada pinggang.

  1. Kurangi Asupan Lemak dan Gula

Cara yang paling efektif tentunya ialah mengurangi asupan gula dan juga lemak yang memang menjadi faktor utamanya. Oleh karena itu, apabila Anda mampu membatasi asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh berarti pembakaran lemak akan mampu terkontrol dengan baik sehingga tidak ada penimbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh, termasuk penimbunan lemak pada pinggang.

Pipi

Bagian kedelapan dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah pipi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak pada pipi, antara lain:

  1. Lakukan Yoga Wajah

Yoga wajah atau juga dikenal dengan sebutan facial yoga yang melibatkan berbagai ekspresi untuk mengubah penampilan Anda. Melakukan yoga wajah dapat membantu mengencangkan otot-otot di bagian wajah. Dengan kata lain, bisa membakar lemak yang mungkin saja tertimbun di pipi sehingga tampak mengembang (tembem). Lakukanlah gerakan yoga wajah secara teratur, seperti smiling fish frenzy, yaitu pose senyum yang dilakukan dengan cara tersenyum seraya mengepalkan gigi secara bersama-sama.

  1. Melakukan Pijat Rahang

Pijatan ini juga dapat membantu membakar lemak yang menumpuk pada pipi. Caranya ialah memijat rahang dengan menggunakan es batu atau handuk hangat (agak panas juga tidak masalah asalkan masih dalam batas yang wajar). Kemudian tepuk-tepuk daerah dagu selama 30 detik. Lakukanlah secara rutin dan teratur setiap harinya.

  1. Melatih Otot Wajah

Melatih otot wajah secara teratur juga dapat membantu Anda untuk membakar lemak yang tertimbun pada pipi. Hal ini dikarenakan melatih otot wajah dapat merangsang sirkulasi darah sehingga memberikan batas tegas antara rahang dan leher. Caranya ialah pegang leher Anda erat-erat, lalu regangkan kulit raham dengan cara mengangkat wajah menghadap ke atas. Lakukanlah cara ini minimal 10-12 kali sehari.

  1. Gunakan Balon Karet Ketika Push Up

Menggunakan bantuan bola karet juga bisa membantu Anda dalam usaha membakar lemak yang menunpuk pada pipi. Caranya ialah selipkan bola karet diantara leher, lalu lakukanlah push up sambil menjaga agar bola karet tersebut tidak jatuh dan tetap berada diantara leher (dagu). Di samping itu, latihan ini juga bisa menghilangkan dagu yang berlipat (double chin).

Punggung

Bagian kesembilan dalam tubuh yang biasanya menjadi tempat menumpuknya lemak ialah punggung. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara membakar lemak pada punggung, antara lain:

  1. Plank to Row

Latihan ini ialah melakukan pose push up sambil memegang beban di masing-masing tangan. Kemudian, angkat satu tangan hingga sejajar dengan tubuh seraya memegang beban tersebut. Ulangi cara ini 10-12 kali sebelum melakukan latihan tangan lainnya.

  1. Inverted Modified Row

Anda akan membutuhkan tiang yang melintang untuk bisa melakukan latihan ini sehingga mampu dijadikan pegangan di bagian bawah. Caranya ialah atur ketinggian tiang hingga kaki Anda mampu menyentuh lantai dengan posisi lutut yang membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, tarik lengan Anda hingga dada menyentuh tiang. Tahan posisi tersebut kira-kira 2 detik, lalu turunkan kembali. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 set dengan masing-masing set 10-12 kali.

  1. Reserve Fly

Sedangkan untuk latihan ini Anda memerlukan beban atau barbel yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk mengangkatnya. Caranya ialah duduklah di pinggir kursi dengan menjaga punggung tetap dalam posisi lurus. Letakkan tangan lurus di depan dada seraya mengangkat beban atau barbel yang telah ada dalam genggaman. Kemudian, buka tangan hingga sejajar bahu, tentunya sambil mengankat barbel tersebut. Kembalilah ke posisi awal dan lakukanlah secara berulang-ulang sebanyak 3 set dengan masing-masing set 10-12 kali.

  1. Pull Up

Latihan ini merupakan latihan pelengkap untuk semakin memperkuat bagian punggung atas. Lakukan dengan cara menarik tubuh Anda ke atas ketika Anda sedang berpegangan pada tiang. Oleh karena itu, diperlukan tiang untuk bisa melakukan latihan ini. Ulangilah semampu Anda. Bagi pemula, sebaiknya tambahkanlah tali karet yang diletakkan melingkar di kaki dan tiang. Hal ini dilakukan untuk mempermudah karena masih dalam tahap pemula.

  1. Bow Pose

Bow pose merupakan salah satu pose dari yoga untuk membakar lemak pada punggung. Selain itu, pose ini juga bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi yang biasanya juga terjadi di bagian punggung. Caranya ialah:

  • Baringkan tubuh Anda di lantai secara tengkurap;
  • Kemudian tarik tangan ke belakang seraya memegang telapak kaki hingga membentuk pose yang menyerupai busur panah;
  • Tahan posisi tersebut hingga lima kali helaan napas Anda.
  1. Side Fierce Pose

Sama seperti bow pose, side fierce pose juga merupakan salah satu pose dari yoga untuk membakar lemak pada punggung. Selain itu, pose ini juga bermanfaat untuk meningkatkan postur tubuh. Caranya ialah:

  • Posisikan tubuh dalam keadaan berdiri dengan kedua kaki yang merapat;
  • Tarik napas dan tekuk lutut Anda seraya menurunkan pinggul dan mengangkat lengan hingga mencapai atas kepala;
  • Hembuskan napas, lalu letakkan siku tangan kanan pada lutut kaki kiri Anda. Pertemukan kedua telapak tangan, lalu tahan hingga 5 kali helaan napas. Barulah kembali ke posisi awal, yaitu berdiri tegak dengan kedua kaki merapat.
  • Ulangi pada sisi yang lainnya. Artinya, apabila sebelumnya Anda melakukan pada sisi kanan, maka ulangi untuk sisi kiri, dan begitupula sebaliknya.
  1. Chakrasana (Whell Pose)

Sama seperti bow pose dan side fierce pose, whell pose juga merupakan salah satu pose dari yoga untuk membakar dan mengurangi akumulasi lemak pada punggung. Selain itu, pose ini juga bermanfaat untuk memaksimalkan pembakaran lemak tubuh bagian atas. Dalam bahasa sehari-hari, whell pose juga dikenal dengan sebutan ‘kayang’. Yang mana, biasanya juga dilakukan oleh murid-murid sekolahan mulai dari tingkat SMP dalam pelajaran olahraganya. Caranya ialah:

  • Baringkan tubuh di lantai secara terlentang dengan kaki lurus dan tangan berada di kedua sisi tubuh;
  • Lanjutkan dengan menekuk lutut sehingga telapak kaki rata dan berpijak di lantai.
  • Kemudian, tariklah tangan ke belakang hingga mencapai atas bahu, dan tangan rata dengan lantai.
  • Selanjutnya, angkat kepala, bahu, dan pinggul Anda secara perlahan-lahan dengan menjadikan tangan dan kaki sebagai tumpuannya.
  • Terakhir, tahan napas Anda selama lima helaan napas. Bagi pemula, gunakanlah matras sebagai alasnya untuk mencegah terjadinya cedera apabila gagal dan terjatuh ketika bermaksud melakukan latihan ini.

Demikian berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak dalam tubuh. Yang mana, pada artikel ini di bahas pada 9 titik tubuh, yaitu betis, dada, lengan, paha, pantat, perut, pinggang, pipi, dan punggung. Dari semua cara yang bisa dilakukan, satu hal yang juga menjadi catatan penting dari kesemuanya dalam usaha membakar lemak ialah menjaga pola hidup sehat. Yang mana, pola hidup sehat dalam kaitan membakar lemak dalam tubuh ialah menjaga pola makan untuk mencukupi nutrisi yang sesuai, sewajarnya, dan tidak berlebihan. Karena apabila asupan atau pola makan tidak diatur dengan baik, maka segala macam cara yang telah dilakukan untuk membakar lemak akan sia-sia saja.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Diet