Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit 31 Penyebab Perut Buncit pada Wanita dan Pria

31 Penyebab Perut Buncit pada Wanita dan Pria

by Mei Riska

Masalah perut buncit masih belum diketahui banyak orang sehingga mereka tidak sadar apa yang dilakukannya bisa menyebabkan perut buncit. Mereka baru sadar jika perut mereka membuncit setelah celana jeans mereka sudah tidak muat di badan mereka sebab lingkar perut yang bertambah. Perut buncit ini tidak boleh diabaikan sebab bisa mengganggu penampilan seseorang dan kesehatan, perut buncit juga menjadi penyebab seseorang kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya sendiri. Bagi wanita perut yang buncit bisa membuatnya tidak bisa memakai pakaian seperti yang diharapkannya, misalnya saja dia ingin memakai pakaian dengan jenis tertentu namun pakaiannya itu hanya tersedia dengan ukuran lingkar perut yang kecil. Bagi pria pun sama, mereka yang memiliki perut buncit bisa membuat mereka kelihatan tidak macho. Terlepas dari itu semua ada perut buncit yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah kondisi yang menyebabkan perut buncit yang harus kita ketahui :

  1. Penimbunan Lemak

Hal pertama yang bisa menyebabkan seseorang terkena perut buncit adalah adanya penimbunan lemak yang ada di dalam perutnya. Salah satu tanda untuk mengetahui apakah berat badan kita meningkat ataukah tidak bisa dilihati dari bagian pipi, lengan, bagian paha dan juga bagian perutnya. Jika semua bagian tersebut terlihat lebih gemuk dibandingkan sebelumnya maka bisa dipastikan bahwa tubuh kita mengalami peningkatan berat badan. Penimbunan lemak yang ada di dalam perut bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh tidak boleh disepelekan sebab ada berbagai macam bahaya lemak jenuh bagi kesehatan yang harus diwaspadai. Salah satu bahaya lemak di perut  adalah membuat perut tersebut terkena obesitas dan juga melar ke depan dan ke samping. (Baca juga : Akibat kelebihan lemak)

  1. Makanan Mengandung Garam

Hal yang bisa membuat seseorang terkena perut buncit yang lainnya adalah memakan makanan yang mengandung garam. Memang ada beberapa akibat kekurangan garam yang cukup menakutkan namun ada juga efek dari mengkonsumsi makanan yang mengandung garam yang patut diwaspadai. Beberapa efek dari mengkonsumsi banyak garam bagi tubuh adalah terkena penyakit tekanan darah tinggi, terkena gangguan jantung dan yang terakhir adalah menyebabkan perut membuncit. Alasan makanan yang mengandung banyak garam bisa memicu perut buncit dikarenakan makanan yang mengandung banyak garam bisa meningkatkan nafsu makan sehingga orang bisa makan lebih banyak ketika makanan yang dikonsumsinya banyak garam.

  1. Makanan Manis

Selain makanan asin yang bisa menyebabkan seseorang terkena perut buncit, makanan manis pun bisa menyebabkan seseorang terkena perut buncit. Alasannya adalah makanan  yang manis memiliki kadar glukosa yang tinggi. Kadar glukosa yang tinggi itu jika terlalu banyak dikonsumsi akan menumpuk di dalam tubuh sehingga memicu berbagai macam penyakit. Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dia akan mudah terkena diabetes. Jika anda suka mengkonsumsi makanan manis sebaiknya anda mengetahui berbagai macam gejala kencing manis sehingga jika anda merasakan berbagai macam gejala tersebut anda harus segrea berkonsultasi ke dokter. Nah bagi anda yang sangat menyukai makanan manis sebaiknya mulai sekarang membatasi pengkonsumsian makanan yang manis tersebut sebab bisa memicu obesitas dimana bahaya obesitas terhadap kesehatan begitu menakutkan.

  1. Kurang Olahraga

Orang yang sukanya cuma duduk dan kurang gerak akan bersiko untuk memiliki perut yang buncit. Olahraga merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk cara mencegah obesitas  dan cara mengecilkan perut buncit dalam waktu 7 hari. Orang yang kurang olahraga lemak yang ada di dalam tubuhnya tidak bisa dibakar secara efektif sehingga lemak itu akan menyebabkan perut buncit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut buncit yang bisa dilakukan diantaranya adalah jogging, sit up, push up, fitness dan masih banyak lagi lainnya. Agar anda tidak merasakan efek buruk akibat olahraga ada baiknya anda tahu bagaimana cara melakukan olahraga yang baik dan benar. Mereka yang tidak tahu cara olahraga yang baik dan benar akan merasakan pegal-pegal dan badan tidak nyaman dikarenakan tidak tahu bagaimana caranya berolahraga dengan baik dan benar.

  1. Pencernaan Tidak Lancar

Orang yang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi  akan terkena berbagai macam masalah pencernaan. Misalnya saja adalah sembelit dan juga tidak lancarnya pencernaan di tubuh manusia. Memang serat sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan akibat kurang serat bagi tubuh membuat pencernaan tidak lancar sehingga perjalanan makanan menuju ke usus besar terganggu. Hal itulah yang menyebabkan seseorang memiliki perut yan buncit. Jangan pernah menyepelekan pencernaan yang terganggu tersebut sebab organ pencernaan merupakan organ yang vital. Kurang lancarnya pencernaan bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit usus bahkan kanker usus.

  1. Perut Kembung

Penyebab perut buncit lainnya adalah perut mengalami kembung. Penyebab perut kembung ini bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak gas tinggi. Perut yang banyak kandungan gas di dalamnya akan beresiko terkena perut buncit. Semua orang beresiko untuk mengalami buncit yang diakibatkan oleh perut kembung ini, mulai dari bayi sampai dengan manula bisa mengalami perut kembung. Perut kembung identik dengan penyakit masuk angin. Sehingga orang yang mengalami perut kembung akan mengalami berbagai macam gejala masuk angin  misalnya saja adalah mengalami mual dan muntah.

  1. Sembelit

Orang yang pencernaannya kurang lancar akan beresiko terkena sembelit. Sembelit disebabkan karena tubuh kekurangan serat sehingga buang air besar menjadi kurang lancar. Kotoran yang harusnya dikeluarkan melalui usus besar justru menumpuk di perut sehingga perut pun menjadi buncit. Untuk mengatasinya anda harus mengkonsumsi makanan dan juga buah yang kaya serat. Dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan juga buah pencernaan manusia akan menjadi lancar. Tidak hanya itu saja, jika anda sembelit anda bisa mengkonsumsi obat pencahar agar sembelit anda bisa segera teratasi.

  1. Kurang Mengkonsumsi Cairan

Penyebab perut yang buncit lainnya adalah kurangnya mengkonsumsi cairan. Kurangnya mengkonsumsi cairan seperti air putih akan meningkatkan seseorang terkena dehidrasi. Bahaya dehidrasi tidak boleh disepelekan sebab bisa menganggu kinerja organ tubuh. Tubuh manusia kebanyakan dipenuhi oleh cairan sehingga jika kekurangan cairan organ tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Dehidrasi atau kekurangan cairan ini bisa menyebabkan perut buncit dikarenakan dehidrasi bisa menyebabkan sembelit, tidak hanya itu saat kurangnya mengkonsumsi cairan akan menyebabkan pemecahan makanan di dalam tubuh menjadi terhambat. Pemecahan makanan yang terhambat tersebut menjadi penyebab perut menjadi buncit sebab makanan tidak bisa dipecah secara sempurna oleh tubuh sehingga menumpuk di dalam perut.

  1. Bergadang

Orang yang bergadang telah menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat membuat kesehatan menjadi terganggu. Pola hidup yang tidak sehat menjadi pemicu berbagai macam penyakit misalnya saja adalah serangan jantung, obesitas dan juga kanker hati. Bergadang bisa menyebabkan kegemukan juga dikarenakan saat bergadang orang-orang akan cenderung merasakan lapar sehingga dia akan banyak mengemil dan bahkan makan berat. Oleh sebab itu hindarilah bergadang agar perut anda menjadi tidak buncit.

  1. Alkohol

Alkohol juga merupakan minuman yang bisa memicu perut buncit hal itu dikarenakan alkohol memiliki kadar gula yang tinggi. Orang yang suka mengkonsumsi alkohol dia akan memiliki perut yang buncit sebab setiap harinya menumpuk kandungan gula yang ada di dalam tubuhnya. Sehingga orang yang mengkonsumsi alkohol akan rentan mengalami kegemukan dan juga perut yang buncit. Tidak hanya memicu obesitas saja, ada berbagai efek bahaya alkohol  yang harus anda ketahui. Pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia juga sangat merugikan dimana alkohol bisa merusak sistem saraf sehingga manusia akan cepat marah dan mudah emosi dikarenakan alkohol membuat saraf menjadi tegang.

  1. Stress

Bagi wanita yang memiliki perut buncit teliti lagi apa yang menyebabkan perutnya menjadi buncit. Perut yang buncit pada wanita bisa disebabkan oleh stres. Mengapa stress bisa menyebabkan perut buncit?, hal itu dikarenakan saat stress produksi hormon kortisol pada wanita menjadi meningkat. Jika hormon ini meningkat akan membawa pengaruh buruk terhadap tubuh wanita. Hormon itu akan meningkatkan rasa lapar wanita sehingga wanita akan cenderung suka mengemil dan suka makan ketika dirinya stress. Nah sinyal lapar tersebut diberikan oleh otak bukan diberikan oleh perut sehingga meskipun sudah terisi dengan makanan rasa lapar akan tetap ada sampai stress bisa dihilangkan. Berbeda halnya jika perut yang mengirimkan sinyal lapar maka setelah kenyang perut akan memberikan rasa kenyang. Oleh sebab itu kita harus tahu bagaimana cara menghindari stres  agar perut tidak menjadi buncit karena stress tersebut. (Baca: Penyebab stress  – Cara mengatasi stress)

  1. Soda

Bagi anda yang sedang mengkonsumsi makanan untuk diet  tentu tidak akan memasukkan soda di dalam daftar makanan anda. Hal itu dikarenakan soda merupakan minuman jahat berbahaya yang bisa menggagalkan diet anda. Kandungan soda tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan hal itu dikarenakan soda mengandung gula yang tinggi bahkan berlipat lipat dibandingkan dengan minuman kaleng biasa, tidak hanya itu saja kandungan fruktosa, pengawet, pewarna dan pemanis buatan juga bisa menyebabkan anda terkena obesitas disertai dengan perut yang buncit. Sering mengkonsumsi soda setiap harinya juga menyebabkan gangguan kesehatan seperti mengundang penyakit diabetes atau penyakit kencing manis, suka mengkonsumsi soda juga menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas juga menjadi pemicu seseorang terkena perut buncit. Orang yang sedang melakukan diet pun tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak alasannya adalah makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Jika nafsu makan naik maka tubuh akan menjadi gemuk dan perut menjadi buncit. Agar perut tidak buncit tolerirlah makanan pedas yang masuk ke dalam perut anda, jangan sampai menyebabkan nafsu makan anda menjadi meningkat.

  1. Suka Mengemil

Pada dasarnya orang yang suka mengemil dengan makanan yang tidak sehat akan menyebabkan perut buncit. Hal itu dikarenakan mengemil makanan yang tidak sehat membuat tubuh mengalami penumpukan lemak, garam, MSG dan juga membuat nafsu makan menjadi meningkat. Tidak hanya itu saja, kebanyakan anak muda sekarang suka mengkonsumsi camilan lezat namun nol gizi, hal itulah yang menyebabkan seseorang akan mengalami obesitas dan perut menjadi buncit.

  1. Suka Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Junkfood dan juga makanan cepat saji merupakan makanan yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan dan juga akan menyebabkan seseroang terkena obesitas. Orang yang suka mengkonsumsi junk food di restoran cepat saji akan cenderung lebih gemuk dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi makanan home made atau buatan rumah. Makanan cepat saji atau makan junk food merupakan makanan yang kaya akan lemak, kolesterol dan juga kaya akan minyak. Makanan itu disebut degan junk food atau makanan sampah dikarenakan makanan tersebut kaya dengan kandungan yang menyebabkan penyakit namun tidak memiliki nilai gizi samasekali. Untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan terbebas dari perut buncit sebaiknya anda jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut. Lebih baik anda membuat sendiri makanan yang hendak anda makan sebab anda sudah tahu kandungan gizi yang ada di dalamnya. Selain itu anda juga tahu tingkat kehiegienisan makanan yang anda buat.

  1. Tidak Sarapan

Banyak orang yang diet dengan cara yang salah, melewatkan sarapan justru akan membuat seseorang lebih gemuk dan menyebabkan dia memiliki perut yang buncit. Alasannya adalah orang yang tidak sarapan saat makan siang atau sepanjang waktu menuju makan siang dia akan berusaha mengisi perutnya dengan makanan ringan atau camilan. Orang yang melewatkan sarapan pagi, saat dia makan siang akan banyak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sehingga porsinya bisa dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan orang yang normal. Jika hal itu dilakukan terus menerus bukanlah tidak mungkin perut yang buncit akan menghampiri.

  1. Makan Banyak

Orang yang tidak bisa mengontrol makannya dia bisa memiliki perut yang buncit apalagi dia yang tidak suka berolahraga. Orang yang tidak suka olahraga namun makannya banyak makanan yang dimakannya bisa ditumpuk di dalam tubuh sehingga berbagai macam kandungan tersebut mengendap di dalam tubuh terutama di dalam perut. Jika memang anda memiliki kebiasaan makan banyak jangan lupa sehabis makan anda berolahraga agar kandungan lemak dan berbagai macam kandungan yang ada di dalam makanan bisa terpecah dengan sempurna bukan justru mengendap di dalam tubuh manusia.

  1. Tidak Menstruasi

Salah satu penyebab perut buncit pada wanita adalah tidak menstruasi. Hal itu menyebabkan sel darah kotor menempel di dinding rahim sehingga menjadi penyebab perut menjadi buncit. Wanita yang tidak menstruasi ini disebabkan oleh menopause, suntik hormon, suntik kb dan juga pemasangan kb seperti iud, menyusui dan masih banyak lagi lainnya. Wanita yang tidak menstruasi cenderung perutnya buncit dibandingkan dengan wanita yang menstruasinya teratur setiap bulannya.

  1. Operasi Caesar

Wanita yang melahirkan dengan cara operasi caesar akan memiliki perut yang lebih besar dibandingkan dengan wanita yang lahiran dengan cara normal. Alasannya adalah bayi dikeluarkan secara paksa dari dalam rahim berbeda dengan lahiran normal yang keluar dari jalan lahirnya. Kebanyakan orang yang melahirkan secara caesar harus menunggu waktu sekitar 6 bulan sampai dengan dua tahun lamanya agar perutnya mengempis kembali. Tidak hanya itu saja, jahitan di dalam perut yang belum kering juga kondisi rahim yang masih membesar akibat mengandung juga menjadi penyebab perut membuncit. Oleh sebab itu bagi ibu yang sehabis melahirkan normal maupun caesar mereka membutuhkan gurita agar perutnya menjadi kempis seperti sedia kala. Yang harus diperhatikan penalian gurita jangan terlalu kencang namun sedang saja. Bagi yang operasi caesar usahakan gurita jangan mengenai jahitan.

  1. Banyak Duduk

Orang yang banyak duduk juga beresiko terkena perut buncit. Alasannya adalah ketika orang duduk dia tidak akan banyak beraktivitas sehingga perutnya cenderung menjadi buncit. Orang yang kerja di depan komputer memiliki resiko untuk terkena perut buncit. Nah bagi anda yang mengharuskan diri anda duduk berlama-lama sebaiknya anda tahu bahaya duduk terlalu lama didepan komputer  dan juga bahaya kelamaan duduk . Dengan mengetahui bahayanya anda akan membiasakan diri anda untuk tidak terlalu lama terpaku di depan layar computer dan tidak terpaku duduk di kursi anda.

  1. Faktor Usia

Penelitian mengemukakan fakta bahwa orang yang semakin tua akan memiki perut yang buncit, hal itu dikarenakan organ pencernaan yang fungsinya semakin berkurang membuat orang yang sudah manula rentan untuk mengalami perut buncit. Perut buncit itu akibat dari menurunnya fungsi pencernaan manula tersebut sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya diproses secara lambat.

  1. Sehabis Makan Tidur

Ada pola hidup yang tidak bagus dan bisa membuat seseorang terkena perut buncit, salah satu pola tersebut adalah sehabis mengkonsumsi makanan dia langsung tidur. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan sebab makanan yang masuk ke dalam tubuh sebagian akan naik lagi ke kerongkongan selain itu sehabis makan tidur akan membuat kandungan dalam makanan itu menumpuk di dalam tubuh terutama di dalam perut. Oleh sebab itu sehabis makan anda jangan angsung tidur namun usahakan setelah makan anda beraktivitas dengan jalan-jalan sebentar atau beraktivitas selama 30 menit untuk membuat makanan itu turun ke lambung dan memecah kandungan makanan tersebut secara sempurna.

  1. Makan Tidak Teratur

Telat makan selain bisa menyebabkan penyakit maag  juga menjadi penyebab naiknya asam lambung  tinggi. Tidak hanya itu saja makan tidak teratur pun membuat anda akan mengalami obesitas dan membuat anda memiliki perut yang buncit. Alasannya adalah makan yang tidak teratur akan membuat porsi makan menjadi lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki jam makan yang teratur. Agar menghindari obesitas dan juga sebagai cara mengobati sakit maag  sebaiknya anda membiasakan diri untuk makan secara teratur sesuai dengan jamnya.

  1. Suka Makan Malam

Penyebab membuncitnya perut seseorang adalah kebiasaan dia makan malam lebih dari jam 6 malam. Hal itu dikarenakan orang yang suka makan malam lebih di atas jam 6 malam makanan yang dikonsumsinya akan ditumpuk di dalam tubuh sehingga menyebabkan kegemukan dan juga membuat perut menjadi buncit. Berbeda hanya dengan makan siang atau makan pagi, saat makan siang atau makan pagi makanan yang masuk akan dipecah menjadi energi sebab manusia banyak beraktivitas saat pagi hari dan juga siang hari. Sedangkan untuk malam hari manusia banyak yang langsung tidur tanpa melakukan kegiatan atau aktivitas lainnya yang bisa membakar dan memecah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Telat Makan

Jangan membiasakan diri anda telat makan, sebab telat makan akan berpotensi menimbulkan penyakit maag dan juga menyebabkan anda mudah memiliki perut yang buncit. Jika anda memiliki perut buncit segeralah mencari penyebabnya apakah pola makan yang salah ataukah karena pola hidup yang salah.

  1. Genetik

Penyebab perut yang buncit lainnya adalah genetik, jika kedua orangtua anda atau keluarga anda adalah orang yang mayoritasnya berbadan gemuk maka anda pun berpotensi untuk memiliki badan gemuk dengan perut yang buncit. Memang jika sudah genetik akan susah sekali dihilangkan kecuali dengan tekat kuat dan juga olahraga yang teratur. Mengapa harus dengan tekat yang kuat?, hal itu dikarenakan jika orang dengan genetik tubuh gemuk tidak berkesinambungan dalam melakukan tekatnya dia akan mudah gemuk kembali atau bahkan bisa lebih gemuk dibandingkan sebelumnya meskipun tubuhnya sudah menjadi kurus dengan perut yang ramping.

Perut Buncit Karena Penyakit

Terlepas dari itu semua ada berbagai macam penyakit yang bisa membuat seseorang mengalami perut buncit. Penyakit itu bisa ringan bahkan juga bisa berat. Berikut ini adalah hal yang menyebabkan perut buncit yang disebabkan oleh penyakit :

  1. Busung Lapar

Salah satu penyakit yang menjadi penyebab perut buncit adalah busung lapar. Salah satu ciri orang yang terkena busung lapar adalah tubuhnya akan terlihat sangat kurus namun perutnya terlihat buncit. Perut yang buncit menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan organ pencernaan tersebut. Busung lapar banyak menimpa bayi dan juga anak-anak, penyakit ini banyak dialami oleh anak-anak dan bayi yang ada di pedalaman Afrika.

  1. Gangguan Hati

Salah satu penyakit yang ditandai dengan perut buncit adalah penyakit gangguan hati seperti mengalami gejala penyakit liver, sirosis hati, mengalami gejala fatty liver, hepatitis  dan berbagai macam gangguan hati lainnya. Penyebab membuncitnya perut adalah karena hati merupakan alat ekskresi pada manusia jika hati terganggu maka dia tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Fungsi hati adalah mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme keluar dari tubuh, hati yang terganggu justru membuat zat itu menumpuk di dalam tubuh. Hal tersebutlah yang menyebabkan perut menjadi membuncit.

  1. Gagal Ginjal

Penyakit yang ditandai dengan perut membuncit atau perut membengkak adalah penyakit ginjal. Sama halnya dengan hati, ginjal merupakan alat ekskresi yang akan mengeluarkan sisa metabolisme berupa urin melalui saluran kemih manusia. Sayangnya ginjal yang sudah terganggu fungsinya akan menumpuk cairan tersebut di dalam tubuh manusia sehingga tubuh manusia itu mengalami pembengkakan terutama di bagian kaki, tangan dan juga perut. Penumpukan cairan pada penderita penyakit ginjal khususnya gagal ginjal harus dikeluarkan dengan cara cuci darah.

  1. Diabetes

Orang yang menderita diabetes juga akan memiliki penumpukan gula yang berlebihan di dalam tubuhnya. Gula yang berlebihan itu akan menumpuk di dalam perut dan juga di bagian tubuh yang lainnya, penyakit ini akan diperparah dengan adanya resistensi insulin dimana  insulin menjadi tidak sensitif.

  1. Kanker Stadium Terminal

Penyakit terakhir yang ditandai dengan perut buncit adalah kanker stadium terminal. Entah apapun jenis kankernya jika sudah ditandai dengan perut yang buncit maka bisa dipastikan bahwa kanker itu telah menyebar ke rongga perut. Jika sudah begini, angka hidup survivor kanker itu semakin sedikit. Tidak hanya itu saja, sel kanker yang menyebar ke bagian hati dan juga ke bagian ginjal juga akan memperparah penumpukan cairan yang ada di dalam perut survivor kanker tersebut. Jalan satu satunya untuk mengeluarkan cairan tersebut adalah dengan menyedotnya, namun cairan itu bisa menumpuk kembali dikarenakan sel kanker yang sudah ada di rongga perut.

Itulah berbagai macam penyebab perut buncit yang harus sama-sama kita waspadai, menerapkan pola hidup yang sehat dan pola makan yang sehat akan membuat kita terhindar dari perut buncit. Nikmat sehat adalah nikmat yang tiada ternilai harganya, oleh sebab  itu marilah kita bersama-sama hidup sehat, menghindari stres dengan hidup bahagia dan istirahat yang cukup agar kita semua selalu sehat dan salah satunya adalah terhindar dari perut buncit.

You may also like