20 Gejala kencing Manis pada Pria dan Wanita

Jika kita sering mendengar kencing manis, maka istilah ini sering dikenal sebagai diabetes oleh dunia medis. Kencing manis adalah penyakit yang mempengaruhi metabolisme manusia dan menjadi penyakit terbanyak diderita di Indonesia.

Kencing manis ini terdiri atas 2 tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Tipe satu disebabkan oleh gangguan genetik organ pankreas sehingga harus menyuntikkan insulin, sedangkan tipe dua memiliki insulin, namun insulin tak mampu membawa glukosa agar dapat masuk kedalam sel-sel tubuh. Kini kencing manis menempati peringkat keempat didunia. Hampir 90% penderita kencing manis  ini adalah diabetes tipe dua dan terjadi disegala umur. Orang kurus dan anak muda bisa menderita kencing manis, tak harus orang tua dan orang berbadan gemuk.

Pada diabetes tipe 2 sendiri disebabkan oleh gaya hidup, bukan karena kerusakan organ seperti tipe 1. Pada diabetes tipe dua, terdapat banyak insulin, namun reseptor tidak dapat bekerja sehingga gula darah atau glukosa dalam darah menumpuk dipembuluh darah. Reseptor sendiri diperlukan untuk memasukkan atau membawa glukosa kedalam sel atau otot, namun hal ini tidak bekerja.

Bahaya Kencing manis

Terdapat beberapa ciri-ciri umum tentang kencing manis ini, tanda umum yang dapat terlihat diantaranya adalah

  1. Sering kencing (poliuria)
  2. Banyak makan
  3. Berat badan turun tiba-tiba

Kencing manis pada akhirnya  dapat menyebabkan berbagai penyakit komplikasi seperti jantung, kebutaan, kelumpuhan dan gagal ginjal. Beberapa penyakit tersebut merupakan komplikasi yang muncul disebabkan diabetes. Indonesia dengan posisi ke empat sebagai negara penderita kencing manis terbanyak didunia. Survey mengatakan Di Jakarta saja ada 1 dari 4 orang adalah pengidap kencing manis.

Semua orang dapat terkena resiko diabetes ini, baik pria atau wanita, dari tua hingga muda, dari gemuk atau kurus. Penyakit yang menyebabkan banyak komplikasi ini sering dijuluki silent deases. Tidak hanya mengancam, diperkirakan angka penderita diprediksi mengalami peningkatan signifikan hingga 300 juta jiwa ditahun 2025. Dominasi penyakit ini terjadi pada usia adalah tua dan remaja. Karena gaya hidup tidak sehat, penyakit ini tidak identik dengan usia lanjut saja, namun juga anak-anak.

Banyak orang yang seringkali terlambat menyadari dirinya terserang kencing manis, terutama tidak menyadari jika ia bisa juga membawa penyakit (riwayat) kencing manis atau sudah mengalami diabetes. Pencetus terbesar kencing manis ini adalah gaya hidup.

Diabetes berkaitan dengan hormon insulin dan organ pankreas

Pada kencing manis tipe 1 dan 2 memang tetap berkaitan dengan fungsi pankreas. Glukosa akan dibawa oleh darah untuk menghasilkan energi ke sel lewat pembawa atau kariernya yaitu hormon insulin. Setelah makan tubuh manusia akan terasa berenergi, karena kerja hormon insulin ini. Secara normal ini mekanisme yang terjadi dan berbeda dengan diabetes, hormon insulin tetap diproduksi namun tidak mampu masuk ke sel, bisa karena sedikit yang masuk atau intoleransi sehingga tidak terjadi perpindahan gula darah ke sel.

Gaya hidup dan kencing manis

Gaya hidup, seperti lebih sering memakan karbohidrat simplex misalnya permen, lebih suka naik lift dan tidak mau bergerak, lebih banyak duduk disofa. Gaya hidup yang demikian akan membuat seseorang mudah terkena kencing manis tipe dua. Olahraga harus ditambah dengan makan sehat, jika salah satu saja seperti hanya olah raga saja tanpa makan sehat atau sebaliknya akan tetap kurang baik. Semua jenis olah raga bagus khusus nya jenis aerobik seperti lari, jalan cepat, jalan kaki, sepeda, berenang, dan lain-lain yang dapat membakar kalori.

Gejala-gejala kencing manis pada pria dan wanita dapat terlihat dengan beberapa hal berikut :

1. Rasa haus berlebihan (polydipsia)

Masyarakat mengidentifikasi bahwa ini adalah salah satu ciri kencing manis. Untuk seorang pria kencing manis dapat menyebabkan gangguan reoproduksi dan menyebabkan impoten, untuk wanita juga mempengaruhi reproduksi juga. Perbedaan haus biasa dengan haus karena kencing manis adalah berbeda. Orang yang dehidrasi, saat minum banyak maka air seni yang keluar sedikit tidak seperti biasanya. Sedang orang kencing manis, merasakan haus berlebih, minum berlebih dan air seni juga berlebihan. Misalnya spon yang diibaratkan tubuh kita, lalu perlu cairan untuk memenuhi cairan tubuh. Sel memerlukan cairan akan menyerap cairan dan kelebihan dari air yang tidak diserap akan keluar dengan air seni, tidak banyak seperti biasanya.

Namun jika kencing manis. Gula banyak menumpuk pada darah. Cairan pada air minum memang diserap, namun cairan yang dikeluarkan makin banyak, dimana cairan disaring diginjal menyebabkan ginjal mengeluarkan urin dengan ekstra sehingga menyebabkan cairan bersama gula yang  dikeluarkan lewat kencing sehingga jumlah urin menjadi sangat banyak. Respon haus adalah respon yang dilakukan tubuh karena menangkap sinyal mengisi cairan yang hilang disebabkan seringnya buang air kecil, inilah mekanisme tubuh untuk menurunkan kadar gula darah.

2. Pada wanita sakit atau nyeri pada payudara untuk wanita

Wanita menghawatirkan nyeri pada payu darah karena dikira kanker payudara. Bisa jadi ini adalah nyeri yang wajar pada wanita karena faktor hormonal. Hormon yang penting untuk wanita seperti progesterone dan estrogen. Menjelang menstruasi hormon estrogen naik sehingga terjadi nyeri dan terjadi pembesaran kelenjar susu. Lalu progesterone juga meningkat.

Setelah menstruasi selesai, hormon stabil dan normal kembali, ini tidak dirasakan setelah selesai menstruasi. Jika nyeri berlanjut walau sudah lepas menstruasi, maka hal ini bisa menjadi tanda gejala kencing manis pada wanita. Biasanya saat nyeri dipijat-pijat, ini salah. Karena saat itu beberapa sel mengalami peradangan, jika diurut akan melebarkan peradangan. Jika perlu bisa gunakan kompres untuk mengurangi rasa nyeri.

3. banyaknya air seni yang dikeluarkan

Ginjal harus mengeluarkan kelebihan glukosa dari dalam darah, maka bersamaan dengan cairan yang akan dikeluarkan menyebabkan penderita kencing manis. Hal ini menjadi penyebab sering buang air kecil dengan volume yang lebih banyak setiap hari.

4. Sering merasa lapar

Kelaparan berlebihan adalah salah satu gejala penderita kencing manis. Rasa lapar akan terjadi sepanjang waktu. Hal ini disebabkan tubuh tidak dapat menggunakan glukosa yang dimiliki dan sinyal yang diterima adalah tubuh sedang mencoba untuk memberitahu bahwa tubuh perlu lebih banyak bahan bakar. (baca juga : penyebab cepat lapar setelah makan)

5. Penurunan berat badan secara signifikan

Hal ini bermula karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa darah secara efektif, sehingga tidak dapat memecah simpanan energi seperti lemak. Hal ini mengakibatkan penurunan berat badan atau kegagalan untuk mendapatkan berat badan jika diderita diusia anak-anak yang sedang tumbuh. Hal ini dapat terjadi meskipun seseorang lapar dan makan lebih banyak. Kadar gula darah tinggi memang dapat menurunkan berat badan secara drastis, misalnya dalam dua atau tiga bulan akan turun berat badannya sebanyak 5-10 kilogram. Namun bukan penurunan berat badan yang sehat.


6. Kelelahan yang terus menerus

Merasa lelah adalah gejala diabetes yang umum dirasakan karena tubuh tidak dapat mengubah glukosa dalam darah menjadi energi yang dapat digunakan. Dan glukosa yang seharusnya menjadi energi telah keluar bersama cairan menjadi urin.

7. Perubahan mood

Seseorang yang menderita kencing manis akan mengalami suasana hati yang mudah tersinggung. Seiring dengan kelaparan dan kelelahan yang sangat dirasakan, tidak jarang dua faktor inilah yang menyebabkan seseorang merasa tersinggung.

8. Pengkaburan penglihatan

Penglihatan penderita kencing manus akan mengalami pengkaburan. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan tubuh untuk sementara mengalami pengkaburan penglihatan. Hal ini disebabkan glukosa dalam darah menyebabkan pembuluh darah mengaLami kerusakan, sehingga menyebabkan mata kabur. Untuk jangka waktu yang lama perlu mewaspadai kebutaan.

Sesekali pada gejala awal akan melihat seperti kilat cahaya berkedip. Hal ini merupakan akibat langsung karena glukosa dalam pembuluh darah sekitar mata. Kadar glukosa yang tinggi ini juga menyebabkan perubahan lensa dan bentuk mata. Namun gejala ini akan menghilang seiring dengan normalnya kadar gula darah. Tidak akan terjadi kebutaan permanen jika kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.

9. Kesemutan pada ujung jari atau mati rasa

Sering kesemutan dan mati rasa ditangan dan kaki akan bersamaan dengan sensasi terbakar atau bengkak. Hal ini merupakan tanda-tanda bahwa syaraf sedang mengalami kerusakan oleh kencing manis. Tentunya dalam jangka panjang memiliki resiko kerusakan permanen.

10. Lambat penyembuhan jika mengalami luka, goresan atau gigitan

Pada penderita kencing manis, luka, goresan, infeksi, memar dan sejenisnya tak akan cepat mengering lukanya. Hal ini merupakan gejala klasik dari kencing manis. Penyebabnya adalah pembuluh vena dan arteri rusak disebabkan timbunan glukosa dipembuluih darah. Hal ini mengakibatkan darah tidak dapat menjangkau lokasi yang terluka untuk memfasilitasi penyembuhan, sehingga penyembuhan berjalan lambat.

11. Kekebalan tubuh melemah

Kekebalan tubuh yang seharusnya melawan bakteri atau virus justru menyerang dan menghancurkan sel yang menghasilkan insulin pada pankreas. Sehingga menyebabkan insulin menajdi berkurang dan membuat gula menjadi menumpuk dalam darah.

12. Mudah terinfeksi bagian kulit

Masalah kulit menjadi gejala yang bisa dipoerhatikan pada penderita diabetes. Diantaranya adalah kulit mudah gatal dan kering. Selain itu, juga terjadi penggelapan kulit didaerah leher dan sekitar ketiak atau disebut dengan Acanthosis. Orang yang mengalami ini berarti telah mengalami resistensi insulin meskipun gula darah yang dikandung dalam darahnya belum terlalu tinggi.

13. Sering terbangun dimalam hari untuk buang air seni

Waktu dimalam hari akan sering mengalami sulit tidur disebabkan sering bekermih, maka keesokan harinya menjadi tidak fit dan tidak segar. Akhirnya hal ini juga memicu mudah marah dan mengalami perubahan emosi mendadak.

 14. Infeksi jamur pada tubuh

Secara umum penderita kencing manis akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan rentan terhadap infeksi. Termasuk infeksi yang paling umum ditemukan adalah disebabkan oleh jamur (candida). Selain itu, jamur dan bakteri sangat menyukai perkembangbiakan dalam lingkungan yang kaya akan gula. Sehingga menjadi kewaspadaan terutama perempuan untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan karena hal itu menyebabkan keputihan. (baca juga : cara mengatasi keputihan)

15. Hasil test darah lebih dari 126 mg/dl

Test ini dilakukan setelah puasa semalaman untuk pemeriksaan kadar gula darah. Puasa dilakukan selama 8 jam untuk tidak makan. Jika test dilakukan dua kali dan hasilnya sama, maka ini artinya adalah positif gula darah tinggi yang berarti kencing manis. Glukosa yang normal adalah 99 mg/dl dengan tingkat gula darah 100-125 mg/dl akan dianggap pradiabetes.

16. Organ-organ yang akan mengalami komplikasi

Peningkatan kadar gula darah tinggi diseluruh tubuh akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah diseluruh tubuh. Sehingga pembuluh darah yang awalnya sifatnya sehat dan elastik menjadi kaku dan tebal, penuh dengan tumpukan kadar lemak,hal ini terjadi diseluruh tubuh dari kepala hingga kaki.

  • Mata, maka akan ada gangguan syaraf dimata termasuk bila berlanjut sampai kebutaan, dimana implus ini yang seharusnya dilanjutkan ke otak
  • Otak, jika terjadi penyumbatan karena glukosa darah mengendap dipembuluh darah, maka bisa terjadi serangan yang disebut stroke atau kematian sel otak secara mendadak atau kelumpuhan, kematian sel otak mendadak ini tak hanya menyebabkan kelumpuhan namun juga kesulitan bicara, kerusakan pembuluh darah dikepala dan menjadi demensia.
  • Jantung, jika terjadi kerusakan pembuluh darah yang dikarenakan terjadi penyumbatan yang memperdarahi jantung disebut dengan serangan jantung koroner akut pada jantung. Secara jangka panjang akla menyebabkan gagal jantung yang menjadi kerusakan otot jantung sehingga melebar dan melemah
  • Gigi, hal ini dapat menyebabkan mudah rusak danterjadinya kerusakan pada jaringan gusi
  • Gagal ginjal, orang di Asia lebih rentan gagal ginjal karena disebabkan oleh diabetes disertai oleh tekanan darah yang tinggi dan timbunan lemak yang tinggi.

17. Gejala tidak langsung karena riwayat keluarga

Kencing manis sendiri sangat dipengaruhi oleh pola makan, aktivitas fisik dan kegemukan. Jika ada riawayat keluarga yang terkena diabetes, maka resiko seseorang terkena peluang kencing manis adalah 25% akan diturunkan.

18. Saat pemeriksaan respon tidak berjalan normal pada kaki

Dari penampakan inspeksi kaki baik kanan atau kiri. Apakah masih memiliki respon normal atau tidak. Jika tidak dilanjutkan dengan melihat banyak tidaknya infeksi yang terjadi. Selain itu, kulit pada kaki kering dan rambut-rambut halus pada kaki jika hilang pertanda diabetes yang terjadi sudah lama, yaitu lebih dari 3 tahun.

19. Menekan kulit telapak kaki kembali kemerahan jika normal

Saat menekan kulit pada telapak kaki apakah warna akan putih kembali jadi merah dengan cepat seperti normal. Jika lambat maka indikasi gejala kencing manis akan  semakin kuat.

20. Saat pemeriksaan pembuluh syaraf terjadi abnormalitas

Ada beberapa tahapan yang dilakukan. Jika normal maka tidak akan terjadi perubahan yang signifikan, namun jika mengalami kencing amnis akan mengalami gejala terkait dengan kerusakan pembuluh darah sebagai berikut :

  • Pembuluh syaraf masih baik atau tidak, ini untuk meraba rasa yang benar jika ada kerusakan maka terasa sensasi terbakar dan nyeri yang tidak wajar. Dengan test rasa getar. Adalah rasa yang diuji menggunakan getar garpu tala yang digetarkan dan dicoba di daerah kaki depan lalu daerah tulang menonjol, jika masih terasa sensor getarnya maka kondisi cukup baik, jika tidak maka hati hati
  • Sensor dengan kapas, dengan rabaan, lewat tangan. Jika tidak terasa maka tangan akan terasa tebal.
  • Dengan alat monofilament sederhana, apakah merasa positif atau tidak. Minimal tiga sampai empat kali lalu dilakukan test. Lalu setelah pembuluh syaraf selesai lanjut ke test pembuluh darah dengan dopler.
  • Pembuluh darah dopler akan mendeteksi aliran pembuluh darah tersebut. Jika dirasakan aliran darah tidak terdengar, maka terjadi gangguan darah namun jika terdengar lalu diukur dengan sped nano meter, hal ini untuk tahu aliran darah sistolik di ankle. Untuk tahu berapa cepat aliran darahnya, normal ataukah tidak.

Perawatan Kaki pada Penderita Kencing Manis

Perawatan pada orang dengan kencing manis perlu hati-hati dan tidak bisa sembarangan. Terutama setelah mandi.

  • Setelah mandi sebaiknya kaki dalam keadaan basah dibersihkan dengan lap bersih, seperti keluar rumah setelah pergi, juga dilap. Walau tidak mandi kaki tetap dilap.
  • Suhu yang digunakan adalah suhu normal. Banyak penderita ingin menggunakan air panas agar tidak sakit. Padahal hal ini dapat menyebabkan luka dan merusak pembuluh darah. Luka gigitan nyamuk bisa menyebabkan luka lebih besar, maka diperhatikan sela-sela jari.
  • Penggunaan pelembab tidak boleh sampai sela-sela jari kaki jadi diluar saja. Karena kulit penderita kencing manis mudah kering dan bisa pecah jika pecah maka menyebabkan bakteri masuk dan berbahaya.
  • Saat potong kuku tidak boleh terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, dan harus dipotong sesuai dengan bentuk dagingnya. Bagian runcing hati-hati agar tidak terkena daging. Dan tidak melukai, yang penting sudut kuku tidak tajam. Bagian tajam dihaluskan dengan amplas, dan dilakukan pembersihan dan digosok pelan pelan sehingga lebih rata dan halus.

Merawat luka pada penderita kencing manis

  • Pada penderita kencing manis tidak boleh menggunakan alkohol untuk membersihkan luka karena hal ini dapat mematikan sel-sel yang baru tumbuh.
  • Tidak boleh menutup luka, dengan perban karena bisa menyebabkan kelembaban tinggi termasuk juga saat menggunakan salep atau refanol berakibat sama sehingga luka tidak kunjung kering.
  • Kompres dengan air matang dan taburkan antibiotik untuk pencegahan penyakit saja, lap dengan lap bersih.

Porsi Makan Sehat untuk Kencing Manis

Makanan tak sekedar makanan tapi ada faktor lain-lain yang mempengaruhi, mulai dari tekstur, bentuk, rasa, aromanya dan penyajiannya. Utk diabet, pola makan sehat adalah pola makan yang banyak sayuran diantara prosentasinya adalah sebagai berikut

  1. ½ porsi piring berisi sayuran
  2. ¼ adalah karbohidrat kompleks dan dipilih yang index glikemiksnya rendah, nasi misal sedikit lebih baik. Dibandingkan kentang yang dengan cepat meningkatkan gula darah. Minyak dan lemak-lemak dihindari.
  3. Dan ¼ lagi adalah sumber protein seperti daging dan kacang-kacangan.

Range gula darah yang perlu diperhatikan untuk penderita kencing manis

Ada ukuran dimana seseorang perlu untuk mengatur range atau kadar gula darahnya. Dengan memeriksa secara pribadi mandiri dirumah. Usahakan berada dalam kondisi normalk yaitu

  • Sebelum makan pagi sekitar 80-100 mg/dl
  • Saat 2 jam setelah makan adalah kurang dari 140 mg/dl

Resep Aman untuk Penderita Kencing Manis

  • Smooties untuk kencing manis

Rasa manis bisa dimanfaat kan dari buah-buahan sepeti pisang. Bisa dikonsumsi pagi atau menjelang siang tidak sebelum tidur. Misal ambil 2 buah pisang atau secukupnya dan ditambah almond yang bermemiliki serat tinggi, dan lemak jenuh tinggi, hal ini dapat mengangkat lemak jahat dan kolesterol, dicampur oatmeal makanan kaya serat juga bagus. Bisa dikombinasi dengan yogurt yang baik untuk pencernaan, kemudian semua dicampur dalam blender dan bisa ditambahkan es. Blender selama 30 detik, sampai hancur. Dan smootis bisa disajikan dalam mangkok.

  • Pare untuk diabetes

Pare tidak bisa dikonsumsi bersama obat diabetes. Hal ini menyebabkan hipoglikemik yang menyebabkan gula darah menurun drastis. Pare bisa disajikan secukupnya yaitu diambil ¼ saja dari satu buah pare, sehari sekali. Pare juga bisa mengatasi kondisi cacingan untuk anak-anak. Sembelit dan susah buang air besar juga bisa diatasi dengan pare ini.

Agar rasa pahit pare dapat diminimalkan bisa dikurangi dengan garam. Setelah dipotong-potong tabur garam secukupnya. Jika penderita sedang mengalami darah tinggi, maka tidak boleh terlalu banyak, kemudian diperas. Diamkan sebentar selama 10-15 menit lalu dibilas. Dibuang airnya dan hasil bilasan kemudian diremas, maka ini dapat mengurangi rasa pait yang ekstrim. Jika ada yogurt bisa juga direndam dengan yogurt dan dibilas.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diabetes