7 Penyebab Lemak di Leher (No. 7 Paling Membahayakan Tubuh)

9125

Lemak di leher mungkin bukanlah masalah besar bagi beberapa orang, namun kebanyakan wanita pasti akan merasa risih dan menjadi kurang percaya diri karena leher tampak lebih besar. Tentu hal ini menjadi masalah bagi sebagian orang sebab ada kaitannya leher dan dagu dengan estetika di mana bila leher penuh lemak dan tidak terlihat kencang maka akan kurang sedap dipandang. Menumpuknya lemak di bagian leher dapat membuat Anda kelihatan lebih gemuk ketimbang bobot tubuh asli.

Tak hanya masalah estetika yang perlu diperhatikan di sini, tapi timbunan lemak pada bagian leher pun lumayan mengganggu kesehatan. Tahukah Anda bahwa ketika di leher terlalu banyak jaringan lemak, maka aliran pernapasan dapat terganggu? Hal ini akan sangat terasa ketika Anda sedang tidur yang biasanya memicu gejala mendengkur. Lalu, apa penyebab lemak di leher dan bagaimana untuk mengatasinya secara alami?

1. Air yang Berlebih pada Ibu Hamil

Timbulnya lemak di leher dapat terjadi pada wanita hamil dan salah satu penyebabnya bisa jadi adanya air yang berlebihan alias cairan tubuh yang naik sehingga leher dan dagu menjadi mengganda. Hal ini cenderung terjadi dan dialami oleh banyak wanita hamil. Kondisi seperti ini terbilang normal karena disamakan dengan kondisi pembengkakan pada kaki dan tangan pada waktu kehamilan. Bagian leher serta dagu pun tidak lepas dari masalah ini. (baca juga: makanan penghancur lemak perut)

2. Kegemukan atau Obesitas

Tidak perlu heran bahwa kegemukan atau penyebab obesitas dapat menjadi pemicu utama dari timbulnya lemak yang menimbun di bagian leher. Leher adalah salah satu bagian tubuh yang dapat terkena imbasnya ketika berat badan Anda naik. Lemak tidak hanya akan menumpuk di bagian perut, pipi, paha, atau lengan saja, lemak juga dapat bersarang di leher maupun dagu. Masalah ini sudah sangat umum sehingga yang perlu dilakukan untuk menghilangkannya adalah dengan diet dan menanamkan pola hidup sehat. (baca juga: cara mencegah obesitas)

3. Kendurnya Otot Wajah

Otot-otot wajah dapat mengendur dan akibat dari ketidakkencangan pada otot wajah ini akan memberikan efek pada bagian leher, pipi serta dagu. Kendurnya otot wajah justru akan membuat area wajah memiliki lebih banyak beban lemak sehingga akan tampak makin kendur. Hal ini dapat dirasakan dan dilihat terutama di bagian leher selain dari pipi maupun dagu. Dengan demikian, Anda tentu sudah tahu apa yang harus dilakukan supaya otot wajah menjadi lebih kencang. (baca juga: cara menghilangkan panu di wajah)

4. Bertambahnya Usia

Salah satu faktor bertambahnya lemak di bagian leher sehingga menurunkan rasa percaya diri dan membuat penampilan tak seindah dulu adalah usia yang bertambah. Jaringan yang berfungsi sebagai penopang elastisitas kulit dan kekencangannya akan menurun seiring umur bertambah yang mengakibatkan kekenduran pada kulit wajah. Akhirnya jaringan lemak yang terdapat di bagian dagu pun sulit ditopang. (baca juga: bahaya melewatkan sarapan)

5. Keturunan

Lemak di leher dan dagu jelas bukan karena faktor keturunan, melainkan yang merupakan keturunan di sini adalah postur wajah dan bentuk leher. Anda pasti pernah melihat seseorang yang pada dasarnya memiliki berat tubuh ideal namun postur wajah terlihat lebar dan tembem. Ini dikarenakan postur wajah sangat menunjang munculnya lemak yang tertimbun di bagian leher walau orang tersebut tidak ada masalah dengan kegemukan atau obesitas. Lihatlah wajah orang tua maupun kerabat Anda karena apabila mereka pun mengalami kondisi yang sama hal ini menandakan faktor keturunan berperan besar. (baca juga: 16 bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker)

6. Otot Wajah Kurang Aktif

Tidak aktifnya Anda dalam menggerakkan otot wajah akan menyebabkan kekenduran dan kekenduran ini akan berimbas pada lemak yang kemudian menjadi turun ke daerah leher serta dagu. Olahraga tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh Anda, karena rupanya otot wajah yang kurang aktif pun bisa menimbulkan masalah penimbunan lemak di bagian leher. Agar tumpukan lemak tak bertengger di leher, tentu Anda harus mencari cara supaya lemak tersebut dapat dibakar. (baca juga: cara menurunkan berat badan dengan olahraga)

7. Kurang Sehatnya Pola Makan

Lemak, entah itu menumpuk di bagian leher atau di area tubuh lainnya, sudah jelas dapat disebabkan oleh pola makan yang kurang tepat dan tidak sehat. Mengonsumsi junk food adalah salah satu hal yang mampu membuat leher Anda terlihat bengkak oleh lemak. Makanan-makanan mengandung lemak jenuh memang adalah yang paling nikmat, namun efeknya tidak begitu nikmat bukan? (baca juga: makanan sehat untuk kulit)

Cara Menangani Lemak di Leher

Timbunan lemak yang ada pada area leher adalah hal yang sangat mengganggu bagi sebagian wanita. Jika Anda peduli akan penampilan Anda, jangan ragu untuk mulai menanganinya secara benar dengan langkah-langkah mudah berikut ini :

  1. Mengurangi Konsumsi Sodium

Leher yang berlemak bisa diatasi dengan tidak terlalu banyak atau sering mendapatkan asupan sodium. Kurangi lemak yang ada dengan mengurangi asupan sodium di mana Anda akan membantu tubuh supaya tetap terhidrasi. Lunturnya lemak akan terjadi dengan sendirinya bersama dengan air yang ada di dalam tubuh Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Hal ini dikarenakan tubuh yang tidak bisa menyerap sodium dengan baik justru akan membuat lemak menumpuk. (baca juga: 60 bahaya penyedap rasa makanan dan MSG bagi kesehatan)

  1. Banyak-banyak Mengonsumsi Air Putih

Seperti pada program diet sehat, banyak mengonsumsi air putih sangat amat dianjurkan karena dipercaya dapat melunturkan lemak. Air putih sangat berguna dalam membantu proses pencernaan makanan untuk berjalan dengan lancar sehingga bisa berubah menjadi kotoran. Untuk membuat lemak cepat luntur, air putih sudah terbukti baik dan alami, maka usahakan konsumsi 8 gelas per harinya atau lebih. (baca juga: diet air putih)

  1. Duduk dengan Posisi Tegak

Kepala harus tetap lurus saat Anda mengambil posisi duduk tegak yang memang bukanlah hal mudah untuk dilakukan dan dibiasakan. Namun Anda selalu dapat mencobanya walau agak sedikit sulit. Memang lemak di bagian leher tak dapat hilang secara instan, namun secara bertahap dan seiring berjalannya waktu Anda akan menemukan bahwa duduk tegak dapat menjadi kebiasaan baik. Hal ini juga bisa dibuktikan mampu menghilangkan lemak pada leher Anda.

  1. Melakukan Diet Seimbang

Diet yang sehat serta seimbang adalah yang paling baik untuk dilaksanakan apalagi bila Anda memiliki masalah kegemukan atau obesitas. Pola diet yang seimbang adalah dengan mengonsumsi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, sayur dan buah dengan porsi yang tidak kurang maupun tidak berlebihan. Bila sudah memutuskan untuk melakukan diet seperti ini, itu artinya Anda perlu menghindari makanan-makanan kurang sehat seperti minuman ringan dan junk food. (baca juga: 21 dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan)

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Olahan

Apapun bentuknya, makanan olahan tetaplah makanan yang kurang sehat sehingga dapat menambah timbunan lemak pada tubuh, termasuk leher. Untuk menghilangkan lemak, percayalah bahwa mengonsumsi karbohidrat sehat jauh lebih dianjurkan dan jauh lebih bermanfaat. Tidak hanya lemak pada perut saja, lemak pada leher pun pasti mampu diatasi dengan cara sehat seperti ini, meskipun untuk memraktikannya cukup sulit di awal.

  1. Melakukan Olahraga

Jika ingin berfokus menghilangkan lemak yang ada pada bagian leher, cobalah untuk melakukan olahraga yang dapat membuat leher lebih aktif bergerak. Untuk tujuan menghilangkan lemak, olahraga jelas sangat penting untuk dilaksanakan karena timbunan lemak otomatis akan terbakar yang kemudian keluarg lewat keringat kita. Banyak-banyaklah menggerakan leher atau memusatkan gerakan pada leher supaya lemak di bagian tersebut cepat berkurang. (baca juga: cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga)

  1. Menghindari Konsumsi Daging Merah

Daripada mengonsumsi daging merah, gantilah dengan mengonsumsi ikan dan kacang yang mengandung protein tinggi.  Daging ayam tanpa lemak juga sangat disarankan untuk dikonsumsi ketimbang daging merah. (baca juga: bahaya daging merah)

  1. Menunda Penuaan Dini

Penuaan dapat dihambat atau ditundah dengan baik dan secara alami, caranya adalah dengan menjaga berat tubuh Anda. Diet itu penting dan mengonsumsi antioksidan akan lebih membantu lagi. Rajin berolahraga adalah kunci lainnya yang bisa mencegah penuaan dini sehingga pengenduran otot maupun kulit wajah dapat ditanggulangi.