22 Cara Mencegah Penyakit Gondok Secara Alami

7339

Gondok sebenarnya adalah kondisi di mana ada benjolan yang terbentuk pada kelenjar tiroid yang berada di bawah jakun. Organ yang pada dasarnya berbentuk kupu-kupu ini tentunya berperan penting dalam produksi hormon yang dinamakan hormon tiroid yang turut berpartisipasi di dalam beragam proses kimiawi di dalam tubuh manusia. Memang kinerja dari kelenjar tiroid ini tidak disadari ketika dalam kondisi normal, sama seperti organ-organ di dalam tubuh lainnya.

Gondok dapat terjadi dikarenakan kekurangan iodin di dalam tubuh kita sehingga kelenjar tiroid performanya akan menurun dan terjadilah pembengkakan. Namun, gondok bisa juga dipicu oleh kerja kelenjar tiroid yang menurun (hipotiroidisme) atau justru malah kinerjanya berlebihan (hipertiroidisme). Bagi yang memiliki kebiasaan merokok juga akan mempunyai risiko penyakit gondok sebab senyawa tiosianat terdapat di dalam asap tembakau sehingga kemampuan tubuh kita akan terpengaruh dalam proses pemanfaatan iodin. Infeksi virus pun akan dapat mengakibatkan timbulnya inflamasi pada kelenjar tiroid. Namun, selalu ada cara untuk mencegah gondok dan berikut adalah beberapa cara mencegah gondok yang bisa diperhatikan.

1. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih memang selalu menjadi salah satu bahan utama dalam sebuah olahan masakan, namun bawang putih tidak selalu habis dimakan karena hanya digunakan untuk menyedapkan masakan. Rempah satu ini sangat baik untuk mencegah gondok, apalagi kalau mengonsumsinya secara mentah sesering mungkin. Dengan mengonsumsi bawang putih, produksi dari gluthatione di dalam tubuh menjadi lebih meningkat.

Kita perlu mengetahui bahwa gluthatione inilah punya fungsi untuk membuat kesehatan kelenjar tiroid meningkat. Rempah ini sangat bagus untuk kesehatan, bukan hanya untuk mencegah melainkan juga untuk mengobati. Pembengkakan yang mulai timbul dan kelihatan pada bagian leher pun akan sanggup dikurangi apabila mengonsumsi lebih banyak bawang putih dalam sehari, yaitu sekitar 4 siung bawang putih.

2. Mengonsumsi Yodium

Tubuh yang kekurangan asupan yodium akan berkemungkinan besar mengalami yang namanya kondisi gondok. Oleh sebab itu, yodium bisa dikonsumsi bahkan ketika tidak sedang mengalami gondok. Makanan yang terdapat kandungan yodium tinggi akan mampu membantu pencegahan gondok secara tepat dan efektif.

Bahkan ketika sudah ada gejala-gejalanya, mulailah mengonsumsi 150 mikrogram setiap hari khusus untuk orang dewasa sebagai takaran dari konsumsi yodiumnya. Dengan aturan konsumsi yodium yang benar, maka leher akan dicegah dari gondok yang lebih parah dan bahkan bagi yang sudah menderita gondok, bengkak pada leher akan berkurang.

Baca juga : Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Yodium

3. Mengonsumsi Banyak Air Putih

Saran di mana mengonsumsi banyak air putih pada umumnya adalah ketika seseorang tengah melakukan program diet. Padahal air putih sangat baik tidak hanya saat seseorang menjalankan program diet, sebab air putih memang sangat penting agar tubuh tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Dengan meminum paling tidak delapan gelas air putih sehari, maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan daya tahan tubuh pun akan ditingkatkan sehingga gondok pun tidak akan terjadi dan dialami oleh kita.

Baca juga : Efek Kekurangan Air Putih Bagi Tubuh

4. Mengonsumsi Madu

Bahan makanan natural satu ini sudah terkenal khasiatnya di mana-mana karena memang manfaatnya bagi kesehatan tidak dapat diragukan lagi, termasuk dalam mencegah penyakit gondok. Meminum madu paling tidak sekali dalam sehari atau dua hari saja akan mampu mencegah penyakit gondok menghampiri kita. Hal ini dikarenakan madu memiliki banyak kandungan baik, salah satunya adalah anti bakteri. Walau pembesaran kelenjar sudah terjadi, jangan khawatir karena ada madu yang bisa dikonsumsi supaya gondok tidak makin membesar dan serius. Hanya pastikan bahwa produk madu yang dikonsumsi adalah madu asli supaya khasiat lebih afdol.

Baca juga :

5. Mengonsumsi Jahe

Rempah yang memiliki khasiat luar biasa ini juga rupanya merupakan bahan alami yang bagus untuk mencegah pembengkakan di area leher. Kondisi gondok bisa dicegah dengan meminum minuman berbahan dasar jahe secara berkala, seperti misalnya wedang jahe yang sangat umum dan mudah dibuat. Selain berguna untuk membuat tubuh merasa hangat, jahe memang dikenal sebagai obat alami yang bisa menyembuhkan penyakit batuk. Faktanya ternyata tidak hanya itu saja, meminum minuman jahe akan meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid juga. Walau sudah terinfeksi oleh virus sekalipun, kelenjar air liur yang terkena jahe akan dapat dipulihkan.

6. Mengonsumsi Jeruk Lemon

Jeruk lemon adalah bahan alami yang kerap dikaitkan dengan cara penyembuhan maag atau penyakit lambung, tapi selain dari khasiat luar biasa tersebut, kondisi gondok pun rupanya bisa dicegah dengan mengonsumsi jeruk lemon sesekali diimbangi dengan konsumsi bahan makanan alami lainnya. Meski baik untuk maag, banyak orang merasa khawatir mereka justru akan memiliki sakit maag yang parah bila memakan buah lemon ini, maka konsumsilah sesekali saja demi mencegah gondok. Alternatif untuk konsumsi yang lebih nikmat adalah dengan membuat minuman dari air perasan jeruk lemon yang bisa diminum saat masih hangat yang pastinya akan membuat tubuh pun merasa lebih rileks.

7. Mengonsumsi Rumput Laut

Rumput laut adalah bahan makanan yang juga efektif dalam pencegahan maupun penyembuhan gondok. Mengonsumsi masakan atau makanan berbahan dasar rumput laut selain nikmatnya tak terkira, zat yodium di dalam rumput laut akan mampu membantu mencegah pembengkakan pada kelenjar tiroid kita. Fungsi tiroid akan senantiasa normal dengan bantuan dan efek positif dari rumput laut. Selain dari kayanya kandungan yodium di dalam rumput laut, bahan satu ini akan mampu memberikan segudang nutrisi pada tubuh sehingga pengonsumsi tidak akan merasa rugi. Ada magnesium juga di dalam bahan alami ini, berikut juga kalium, kalsium dan zat besi yang semuanya itu diperlukan oleh tubuh sebab merupakan nutrisi penting.

Baca juga : 11 Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi

8. Mengonsumsi Teh Hijau

Sama dengan air putih, teh hijau kerap dikaitkan dengan program diet sebab memang dari awal teh hijau dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, manfaat dari minuman lezat ini juga bisa untuk mencegah penyakit gondok. Fungsi tiroid tidak akan mudah terkena infeksi dan akan selalu berada dalam keadaan yang sehat karena adanya kandungan antioksidan yang akan senantiasa melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas berbahaya. Dengan adanya zat-zat baik di dalam teh hijau, maka ada baiknya untuk mensubstitusi konsumsi kopi dengan teh hijau sehingga tubuh pun akan menerima efek baiknya.

Berikut adalah cara mudah menikmati teh hijau :

  • Siapkan air panas
  • Masukkan teh hijau ke dalam gelas yang sudah terisi air panas tersebut, aduk dan nikmati

Minuman kesehatan ini pun sudah siap untuk dinikmati tanpa harus ditambah dengan gula. Konsumsi bisa dilakukan baik di pagi maupun sore hari sebagai pengganti kopi tadi. Alternatif untuk menikmati teh hijau adalah mencampurkannya dengan madu karena madu adalah bahan yang tepat juga untuk mencegah gondok. Bila kedua bahan ini kerap diminum maka kelenjar tiroid akan dapat dipastikan jauh dari infeksi maupun gangguan apa saja dan pembengkakan bisa tercegah.

Namun, bila takut mengalami sembelit yang merupakan efek dari meminum teh hijau, cukup meminumnya seminggu satu atau dua kali dan tidak perlu setiap hari.

Baca juga : Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

9. Mengonsumsi Selada Air

Selada air adalah jenis sayuran yang ukurannya lebih kecil dari sawi dan memang dilihat dari bentuk fisiknya sayur ini terlihat kecil. Sayuran ini rupanya mengandung berbagai zat yang baik bagi tubuh, jadi kalau memakan jenis sayur ini dipastikan tubuh tidak hanya tercegah dari gondok, tapi juga dari masalah kesehatan lainnya. Vitamin B kompleks sangat kaya di dalam bahan alami satu ini dan dengan mengonsumsinya maka fungsi sel metabolisme dalam tubuh kita akan terus terjaga dengan baik. Sayur ini juga diketahui berperan sebagai antioksidan dengan kandungan fitonutriennya yang natural. Untuk menambah daya tahan tubuh, kandungan vitamin A pada selada air juga bisa dimanfaatkan.

Selain dari kandungan-kandungan tersebut, ada juga flavonoid antioksidan, mangaan, vitamin C, vitamin K, kalsium, serta rendah kalori. Sama seperti bahan alami rumput laut, kandungan yodium di dalam selada air cukup banyak sehingga dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi pada kelenjar tiroid serta efektif untuk penyembuhan kondisi gondok juga. Sulfur dan germanium juga merupakan nutrisi lainnya yang bisa ditemukan di dalam sayuran ini. Terbukti sudah bahwa selada air adalah jenis sayuran yang baik dan akan menjaga kesehatan dan kenormalan dari kelenjar tiroid kita. Bagi yang sudah mengalami gejala gondok, kondisinya akan dibantu untuk normal kembali.

10. Melakukan Diet Usus Sehat

Masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid seringkali memiliki kaitan erat dengan adanya autoimun yang terganggu. Sebagai akibatnya, di dalam usus kita akan didapati banyak limfosit serta sel-sel kekebalan tubuh. Inilah yang sebetulnya dapat menjelaskan mengapa seseorang yang mengalami gondok juga mempunyai keluhan seputar masalah gas, sembelit, kembung dan bahkan sampai diare.

Untuk mencegah atau menghindari hal tersebut, maka tubuh memerlukan asupan makanan yang benar di mana makanan tersebut akan memberi proteksi pada tubuh dari patogen, virus serta bakteri. Maka yang paling tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan menjalani diet sehat dengan menjaga kinerja usus juga. Ketika kesehatan usus terjaga, fungsi tiroid pun akan tetap berada pada level normal. Tidak hanya itu saja, kesehatan tubuh secara menyeluruh pun akan terjaga dengan baik.

Baca juga :

11. Mengurangi Konsumsi Sayuran Silangan

Sayuran silangan adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan isothiocyanates. Zat itulah yang akan memengaruhi kerja, fungsi serta kondisi kesehatan kelenjar tiroid kita. Jenis sayur yang tergolong sayuran silangan antara lain adalah brokoli, kubis brussel, kubis dan bunga kol. Telah diperhitungkan oleh para ahli kesehatan bahwa sayuran silangan yang dikonsumsi setelah melalui proses olahan atau dimasak maka efek goitrogenik akan dapat dihilangkan. Asalkan tidak dimakan secara mentah, maka efeknya akan aman. Ada baiknya juga makanan ini dikukus secara sempurna sebelum dimakan.

12. Mengurangi Konsumsi Gluten

Bila takut terjadi apa-apa pada bagian kelenjar tiroid, sebaiknya yang tadinya terlalu sering dan berlebihan dalam mengonsumsi gluten, mulai sekarang bisa dikurangi. Rye, barley, dan gandum adalah contoh makanan yang terdapat gluten di dalamnya. Jika tubuh cukup sensitif, maka akan ada reaksi yang diproduksi oleh tubuh ketika makanan gluten masuk ke dalam tubuh kita di mana respon autoimun akan dipicu oleh bahan ini. Akan lebih baik kalau mengurangi makan makanan ini dan justru lebih memperbanyak konsumsi makanan yang baik untuk kelenjar tiroid. Batasi setiap konsumsi gluten agar tidak memberikan efek buruk bagi kelenjar tiroid.

13. Mengurangi Konsumsi Kedelai

Kedelai memang terbukti bagus untuk kesehatan kulit dan tubuh, namun kandungan isoflavongoitrogen di dalam bahan ini memiliki kemampuan untuk mengganggu kinerja kelenjar tiroid sehingga menjadi kurang maksimal dalam proses penyerapan yodium. Makanan serta minuman yang terbuat dari kedelai bisa dikurangi mulai dari sekarang, seperti minyak kedelai, miso, tempe, kecap, susu kedelai, tahu, dan burger kedelai sekalipun. Bila ingin tetap mengonsumsinya untuk mengimbangi asupan nutrisi bagi tubuh, asalkan tidak terlalu berlebihan dan diselaraskan dengan konsumsi bahan makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan kelenjar tiroid, maka tidak perlu khawatir akan penyakit gondok yang menyerang.

14. Mengurangi Konsumsi Pemanis Buatan atau Aspartam

Banyak yang senang menggunakan pemanis buatan, salah satunya adalah aspartam. Untuk sekadar pada tahap pencegahan, tidak masalah untuk tetap mengonsumsi aspartam asal dibatasi. Pengurangan konsumsi aspartam sangat penting sebab bahan inilah yang dihubung-hubungkan dengan penyakit yang kita kenal dengan nama Graves. Bahkan gangguan autoimun lainnya bisa juga dikarenakan oleh konsumsi aspartam ini.

Jangan anggap enteng pemanis buatan satu ini karena jika dikonsumsi terlalu sering, maka peradangan tiroid dapat terjadi, bahkan akan terjadi juga produksi antibodi tiroid yang sama sekali akan mengganggu kenyamanan tubuh kita. Kedua kondisi tersebut pada dasarnya diakibatkan oleh reaksi imun yang ada pada tubuh yang disebabkan oleh kandungan bahan kimia yang ada pada aspartam.

15. Mendetoksifikasi Tubuh dengan Berpuasa

Kita tidak pernah tahu apa akibat yang akan tubuh kita dapatkan dengan makanan dan minuman yang sehari-hari kita konsumsi. Demi mencegah kelenjar tiroid terinfeksi atau terkena radang yang nantinya juga akan memicu gondok, cobalah untuk sesekali mendetoksifikasi tubuh. Perlu diketahui di sini bahwa tempat produksi hormon T4 adalah organ hati dan usus, hormon tersebut akan diubah menjadi T3 oleh tiroid.

Melakukan puasa akan mampu mendukung proses detoksifikasi di mana bagian kerja usus dan hati dapat dipastikan selalu optimal dalam konversi T4-nya ke T3. Cukup ambil beberapa hari saja untuk melakukan puasa kesehatan ini supaya detoksifikasi berjalan lancar. Membuat jus detoks akan lebih membantu dan memudahkan proses ini. Ada banyak resep jus detoks yang bisa dicari secara mudah dengan akses internet maupun buku resep sehingga tidak akan sulit dilakukan. Detoksifikasi sangat perlu untuk dilakukan cukup setahun dua kali saja.

Baca juga : Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

16. Mengonsumsi Air Non-Fluoride

Selain dari air putih dan teh hijau, rupanya ada satu lagi jenis air yang baik untuk kesehatan kelenjar tiroid agar tercegah dari gondok dan peradangan, yaitu air yang tanpa adanya kandungan fluoride. Jadi, penting adanya untuk selalu melakukan pemeriksaan apakah air minum kita terdapat fluoride atau tidak. Ini dikarenakan fluoride dapat memberikan pengaruh terhadap kelenjar tiroid di mana nantinya hormon tiroid akan dihasilkan oleh kelenjar ini. Efeknya justru malah akan membuat kinerja tiroid sendiri melambat.

Dengan menjaga kesehatan kelenjar tiroid kita, penyakit gondok pun akan malas untuk datang dan mengganggu, maka perlu perhatikan juga untuk konsumsi air non-fluoride daripada air fluoride. Ingat bahwa penggunaan bahan aditif serta pengawet sekalipun dalam minuman akan memengaruhi kerja tiroid sehingga tidak optimal dan menimbulkan penyakit.

17. Mengonsumsi Makanan Berselenium

Satu lagi cara agar gondok dapat dicegah dan kelenjar tiroid bisa terjaga kesehatan dan fungsinya, yaitu dengan sering-sering mengonsumsi makanan yang ada kandungan seleniumnya. Kelenjar tiroid manusia pada dasarnya memerlukan selenium supaya kinerjanya dapat lebih optimal. Ketika tubuh kekurangan asupan selenium, maka jangan heran kalau kelenjar tiroid dapat menjadi lemah dan bisa menaikkan risiko gondok.

Ketika sudah mengalami gondok dan tetap kekurangan kandungan selenium, maka penyakit gondok akan semakin serius. Itulah alasan mengapa mengonsumsi makanan kaya selenium itu penting untuk mencegah pembengkakan di bagian leher atau yang kita ketahui sebagai penyakit gondok. Tuna, daging, jamur, bibit gandum, telur, biji bunga matahari, serta makanan laut seperti halnya kerang dan kepiting sangat disarankan untuk sering dikonsumsi karena mengandung selenium tinggi.

18. Mengonsumsi Makanan Berprobiotik dan Bermakronutrisi

Probiotik adalah bakteri sehat nan baik yang tentu berperan penting juga dalam membuat tubuh selalu sehat dan jauh dari penyakit apapun, termasuk penyakit gondok dan masalah pada kelenjar tiroid. Makronutrisi serta mikronutrien juga merupakan kandungan baik pada makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah gondok. Oleh sebab itu, sayuran organik dan buah-buahan dapat masuk ke dalam daftar menu sehari-hari demi kesehatan kelenjar tiroid.

Makanan dengan kandungan nutrisi tinggi juga ada pada yogurt, kefir, kimchi, serta sauerkraut dan makanan-makanan lainnya yang masuk ke dalam kategori makanan fermentasi. Mengonsumsi makanan tersebut dapat mendukung kesehatan tubuh, khususnya pada bagian usus alias sistem pencernaan. Ini semua karena makanan fermentasi semacam itu mengandung probiotik dengan level yang tinggi

19. Memperkuat Imunitas Tubuh

Lemahnya atau menurunnya daya tahan tubuh dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit apa saja, termasuk juga kondisi gondok. Virus akan lebih leluasa masuk ke dalam tubuh apabila daya tahan tubuh sedang turun. Ketika virus berhasil masuk, kemungkinan kelenjar tiroid pun pada kondisi yang tidak aman karena ketika imunitas lemah, tidak ada perlawanan terhadap virus tersebut.

Untuk menambah daya tahan tubuh dan menjadikannya kuat melawan virus, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi adalah kunci utamanya. Baik ikan, sayur, maupun buah-buahan akan memberikan efek luar biasa dalam peningkatan imunitas dalam tubuh kita. Memberikan perlindungan pada tubuh secara tepat adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang dijamin sehat. Penyakit gondok tidak akan mudah menyerang tubuh apabila tubuh mendapatkan asupan nutrisi lengkap dan cukup dari makanan dan minuman sehat.

Baca juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

20. Menambah Asupan Lemak Sehat dan Protein

Dalam program diet sehat yang juga dalam rangka mencegah sakit gondok, asupan lemak sehat serta protein wajib menjadi prioritas karena keduanya dapat membantu agar saluran pencernaan selalu sehat dan membantu kelancaran produksi hormon. Agar tubuh bisa mendapat lemak sehat, maka mentega kelapa, alpukat, minyak kelapa serta kenari perlu masuk ke dalam daftar menu diet kita.

21. Melakukan Olahraga

Olahraga tidak hanya dianjurkan ketika seseorang hendak menurunkan berat badan atau membentuk otot tubuh. Olahraga adalah kunci hidup sehat dan penyakit gondok pun akan mampu dicegah dengan solusi pencegahan satu ini. Alasan mengapa olahraga dianjurkan sebagai salah satu cara mencegah gondok adalah karena kondisi kesehatan tubuh bisa dibuat lebih kuat sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit yang ringan maupun berat. Cukup berolahraga ringan paling tidak dua sampai tiga kali dalam satu minggu, kesehatan tubuh akan dapat diseimbangkan.

Baca juga :

22. Menjaga Kebersihan

Gondok serta radang atau bahkan masalah lain yang timbul di kelenjar tiroid rata-rata dipicu oleh adanya infeksi virus, maka kebersihan lingkungan dan tubuh diri sendiri penting untuk diperhatikan dan dijaga dengan sempurna. Yang paling utama di sini adalah menjaga agar kedua tangan kita tetap selalu bersih. Sebelum memasukkan tangan kita ke dalam mulut, pastikan tangan dalam keadaan bersih alias sudah mencucinya dengan sabun. Risiko virus maupun bakteri masuk dan mengganggu kelenjar tiroid bisa juga berasal dari kecerobohan kita sendiri yang menyentuh makanan dan memasukannya ke mulut padahal belum cuci tangan.

Itulah beberapa cara mencegah gondok yang semoga dapat membantu kita semua untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid dengan gaya hidup sehat. Menjauhi makanan goitrogenik adalah intinya karena kerusakan tiroid dapat dipicu olehnya. Sebaliknya, mengonsumsi banyak makanan bernutrisi akan menjauhkan kita dari gondok.