Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit Leher Terasa Kaku dan Pegal – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Leher Terasa Kaku dan Pegal – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

by Mei Riska

Siapapun pernah mengalami kaku dan pegal pada seputar leher dengan penyebab yang berbeda beda. Tidak selamanya kaku dan pegal pada leher adalah hal yang biasa saja , terkadang mengindikasikan sebuah gejala penyakit tertentu. Berikut ini beberapa penyebab leher terasa kaku dan pegal :

  1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dengan posisi kepala kedepan yang mengakibatkan tekanan berulang ulang pada tulang leher bagian belakang. Leher akan mengalami sakit, kaku dan pegal pegal lalu  akhirnya menjalar kedaerah lengan, pundak dan otot seputar punggung.

Baca : Bahaya kelamaan duduk  – Bahaya terlalu lama duduk di depan computer 

  1. Cidera dan Trauma

Leher yang mengalami cedera dann taruma seperti terkena benturan ketika terjatuh dari kendaraan atau tanpa sengaja terpeleset. Kondisi ini mengakibatkan leher akan terasa sakit untuk menoleh kekiri dan kekanan, nyeri disekitar pundak dan sakit kepala yang mendadak.

  1. Flu 

Ketika terserang pilek maka aliran pada alat pernafasan akan mengalami penyumbatan sehingga merasa kesulitan untuk bernafas dengan normal. jika pilek tak segera disembuhnya maka kondisi ini akan memicu infeksi pada bagian sinus. Sinus yang terganggu akan menyebabkan leher menjadi kaku dan pegal yang kemudian merangsang munculnya ketidakseimbangan pembulih darah menuju kepala yang mengakibatkan sakit kepala dan berat pada kepala bagian belakang.

Baca : Ciri ciri flu – Cara menghilangkan flu  – Penyebab pilek tidak kunjung sembuh 

  1. Sakit Kepala  Migrain

Sakit kepala sebelah dapat datang dengan mendadak jika seseorang kurang istirahat, kurang cairan didalam tubuh dan ada stres yang berlangsung secara bersamaan. Jika terus menerus ini berlanjut dan tidak diobati maka dapat mengakibatkan otot leher tertekan dan menegang yang akhirnya akan berakhir dengan serangan kaku dan poegal pegal hingga menjalar ke arah bahu.

Baca : Obat sakit kepala  –  Sering sakit kepala  – Cara menghilangkan sakit kepala 

  1. Faktor Usia

Semakin tua usia seseorang maka akan ada proses pengapuran pada tulang dan jaringan tubuh lain, ini adalah proses yang alami yang akan dialami semua manusia. usia diatas 60 an akan mengahdaapi serangan pengapuran yang dapat menyebabkan leher menjadi kaku dan pegal.

  1. Aktifitas yang Terlalu Berat

Ketika seseorang melakuakn aktifitas ruyin y ang berat daan menyita banyak tebnaga maka sedikit demi sedikit akan timbul penekana dan ketegangan pada saraf seputar leher dan kepala. akibatnya leher akan mengalami kekakuan dan pegal pegal.

  1. Olahraga yang Berlebihan

Olahraga apapun juika dilakukan diluar batas kemampuan dapat membuat seluruh otot pada tubuh menjadi tegang dan mengakibatkan pasokan oksigen menuju aliran darah menjadi tersendat akibatnya pembuluh darah seputar leher menjadi lambat dan menimbulkan kekakuan dan pegal pegal  yang luar biasa.

Gejala Penyakit

Berikut ini adalah gejala ketika leher kaku dan pegal yang harus diwaspadai :

  • Gejala Miofasial

Manusia mempunyai titik kelemahan di titik tertentu pada bagian yubuh yang berbeda misalnya ada yang sering mengalami kekakuan dan pegal pada leher, pada bagian bahu atas, punggung, lengan bahkan ada yang mengalami semuanya dalam waktu yang bersamaan. semua kaku daan pegal tersebut dapat dihilangkan dengan tindakan pijatan tradisional secara rutin atau melalui teknik akupresur.

  • Gejala Fibromyalgia

Nyeri, kaku dan pegal yang menyerang otot leher dapat terjadi karena kelelahan yang diiringi dengan stres ringan yaang jika didiamkan akan berubah menjadi kaku otot leher hingga meras saakit ketika digunakan untuk menoleh kesamping atau keatas. kekakuan leher tersebut terjadi karena pembuluuh darah leher telah mengalami penyempitan sehingga aliran darah tidak lancar. kondisi ioni bisa dipulihkan dengan peregangan otot berupa berjalan santai sambil mengerakan gerakan ringan seperti senam pagi atau dilakukan pemijatan tradisional yang memaka

  • Gejala Pheumatoid Arthritis

Kaku dan pegal yang terjadi paad leher secar terus menerus akan menimbulkan keluhan lain seperti sakit kepala,  nyeri otot pada bagaian punggung yang bisa menjalar kearah pinggang, pinggul dan bokong serta bagian tangan dan kaki yang pada beberapa orang mengalami pembengkakan didaerah leher bagian samping.

Pengobatan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi leher kaku da pegakl, berikut ini adalah caranya :

  • Minum Rebusan Daun Sirsak

Daun sirsak dapat menyembuhkan rasa kaku daan pegal pada bagian leher dan juga bisa meredakan pegl pegal yang menyerang bagian tubuh lain misalnya pundak, punggung dan lain lain. daun sirsak direbus sampai mendidih lalu diamkan sampai dingin, kemudian minumlah setiap hari setelah pulang dari kerja atau setelah selesai beraktifitas,  dapat pula dikonsumsi sebelum berangkat tidur malam.

Baca : Efek samping daun sirsak 

  • Minum Rebusan Kulit Manggis

Kulit manggis dapat mempertahankan kesehatan karena memiliki kemampuan mencegah serangan tubuh dari rasa kaku, pegal pegal dan nyeri berkepanjangan pada bagian tubuh misalnya leher. Rebusan kulit manggis dapat melancarkan aliran darh sekitar leher dengan cepat karena di dalam kulit manggis terdapat zat anti peradangan dan zat antioksidan yang sangat tinggi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca : Khasiat kulit manggisBahaya makan manggis dan gula

  • Mengompres Leher Dengan Kantung Es

Es batu dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai maca masalah kesehatan dan kecantikan. Es selama ini dipercaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda  begitupula dengan leher teras kaku dan pegal bisa dihilangkan dengan sekantung es. Caranya dengan memasukkan beberapa potong es batu ke dalam handuk tipis. Setelah itu ujungnya diikat agar es batu tidak keluar dari handuk. Kompreskan pada bagian leher yang kaku selama beberapa menit. Efek dingin dapat meredakan pembengkakan yang terjadi pada leher yaang terjadi karena kelelahan yang luar biasa. ( Baca juga : Cara menghilangkan mata panda secara tradisional )

  • Mengompres Leher Dengan Handuk Hangat

Jika leher terasa kaku dan pegal kompreslah dengan handuk kecil yang sebelumnya sudah direndam pakai air hangat yang telah dicampur dengan minyak sereh. Cara ini dapat mengendurkan ketegangan pada otot dan saaraf dibagian leher.

  • Mandi Air Hangat dan Rebusan Daun Sereh

Menghilangkaan rasa kaku dan pegaal pada tubuh terutama pada leher dapat dilakukan dengan cara mandi dengan air hangat yang telah dicampur dengan rebusan daun sereh yang telah disaring. Daun sereh bersifat menenangkan dan harumnya  bertindak sebagai aroma terapi yang  memiliki kemampuan dalam mengendurkan otot otot yang lelah termasuk menenangkan pikiran.

  • Pemijatan Tradisional

Pemijatan yang dilakukan seorang ahli pijat adalah jalan terbaik untuk peregangan otot leher akibat kelelahan.  Pemijatan yang mengutamakan pelenyapan rasa lelah dengan cara memijat simpul simpul atau mencari titik titik tertentu dari jalan darah yang tersumbat.

  • Melakukan peregangan

Sesibuk apapun aktifitas seharusnya diselingi dengan peregangan otot agar terhindar dari ketegangan otot yang menyebabkan pegal pegal dan otot kaku yang bisa menyerang leher dan seluruh tubuh. Meluangkan waktu selama 15 menit dengan cara berjalan jalan santai atau sekedar menggerakan tangan dan kaki.

  • Menggunakan Bantal Dengan Posisi Yang Benar

Ketika sedang tidur harus menggunakan bantal dengan posisi yang benar dan horizontal, agar terhindar posisi dagu yang terlalu dekat dengan dada. Dagu yang dekat dengan dada dapat menyebabkan penghambatan kelancaran oksigen yang masuk melalui rongga hidung dan menyebabkan mendengkur.

Baca : Posisi tidur yang baik  – Cara menghilangkan ngorok saat tidur 

  • Gunakan Tidur Tanpa Alas Bantal

Sesekali lakukan tidur tanpa menggunakan bantal agar dapat meredakan gejala dan pencegahan awal pada kekakuan dan pegal pegal pada leher akibat salah posisi saat tidur.

  • Ranjang Jangan Terlalu Lunak

Ranjang atau kasur yang terlalu lunak tidak mampu menopang bentuk tubuh pada kondisi yang baik dan tidak bisa menjaga posisi tubuh secara stabil karena mudah menggeser tubuh anda kearah dalam kasur. Kondisi ini dapat menyebabkan aliran darah diseluruh tubuh menjadi tidak normal dan akan menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti sesak nafas, nyeri dada, sakit kepala dan serangan stres. Piilihlah kasur dengan tingkat kelunakan yang sedang (sedikit keras tetapi jangan terlalu keras.)

  • Hindari Tidur Tengkurap

Jangan kebiasaan tidur dengan posisi terlungkup atau tengkurap  karena dapat mengacaukan aliran darah pada seluruh bagian tubuh dan menyebakan aliran darah tidak berjalan dengan lancar. Akibatnya leher akan mengalami kaku dan pegal pegal.

  • Istirahat yang cukup

Bagaimanapun tidur yang cukup adalah satu satunya cara yang terbaik untuk melepaskan lelah dan penat tubuh akibat aktifitas sehari hari. Dengan beristirahat yang cukup maka semua organ tubuh ikut beristirahat juga dan  tubuh akan memulihkan dirinya sendiri. Dengan cara mengaktifkan ion ion tubuh untuk merenggangkan otot otot dan melepaskan racun yang ada pada tubuh lewat keringat dan urin sehingga tubuh akan kembali segar setelah terbangun dari tidur. Istirahat yang cukup adalah sekitar 7 sampai 8 jam.

  • Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga tidak perlu harus setiap hari. Seminggu 2 kali saja sudah cukup dengan pilihan olahraga yang tidak terlalu berat selama 30 menit saja. Pilihlah olahraga yang tidak membutuhkan banyak biaya dan minim terjadi cedera misalnya jogging, bersepeda atau senam yang diiringi musik. olahraga dapat menyegarkan otot otot tubuh dan melancarkan aliran darah bagian leher dan bagian tubuh lainnya.

  • Melakukan Creambath

Melakukan creambath dua kali dalam sebulan sangat membantu agar leher terhindar dari rasa nyeri, kaku dan pegal. Pemijatan terhadap kepala yang teratur dapat melancarkan pembuluh darah dan mempengaruhi kelancaran aliran darah sekitar leher dan bahu, Creambath mampu mencegah leher mendapat serangan otot kaku dan pegal pegal akibat seharian beraktifitas.

  • Balsam

Menggunakan olesan balsem atau krim yang mempunyai unsur menghangatkan yang diformulasikan khusus untuk melemaskan otot yang sedang tegang dan kaku bisa menghilangkan nyeri leher.

  • Obat Khusus Pereda Nyeri

Mengkonsumsi obat khusus untuk meredakan nyeri, kaku dan pegal pegal pada tubuh yang sebelumnya harus dikonsukltasikan terlebih dahulu pada dokter yang terkait untuk menghindari hal hal yaang tidak diinginkan pasca pemakaian obat tersebut.

  • Suppelen Magnesium

Mengkonsumsi suplemen magnesium yang memilik kadar 310 sampai 420 mg yang dapat dikonsumsi oleh siapapun tetapi disesuaikan dengan usia dan jenis kelaminnya agar manfaat dari suplemen itu dapat dirasakan dengan maksimal.

  • Garam Epsom

Menggunakan garam epsom untuk campuran di air hangat  yang digunakan untuk mandi berendam selama yang anda inginkan. Garam epsom mempunyai kemampuan melepaskan ketegangan otot dan melancarkan aliran darah seluruh tubuh dengan cepat.

  • Akupuntur

Melakukan akupunktur yaitu teknik unik asal Tiongkok ini  menggunakan media jarum yang ditusukan pada simpul simpul pada bagian tubuh tertentu agar ketegangan otot dan pegal pegal dapat diredakan bahkan disembuhkan.

  • Sauna

Mandi sauna atau mandi dengan asap mampu membuang racun dalam tubuh yang dikeluarkaan lewat keringat. Ketika keringat keluar itulah otot tubuh juga ikut tenang dan membuat aliran darah semakin lancar.

  • Makanan Kaya Magnesium

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat magnesium untuk meminimaliskan kekakuan otot sekitar leher jika suplemen magnesium tidak anda dapatkan dengan mudah. misalnya sereal, gandum, daun bayam, susu kedelai dan lain lain.

  • Tidur Telentang

Tidur terlentang lebih baik  karena tidur dalam keadaan terlentang dapat membuat keseimbangan cairan dalam tubuh dan sistem metabolisme serta dapat terhindar dari rasa kaku daan pegal pada leher.

  • Cukupi Kebutuhan Cairan

Selalu mengkonsumsi banyak air putih disela sela kehidupan adalah penting untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami bahaya dehidrasi  dan menjaga agar aliran darah disekitar leher tetap stabil. Kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan tubuh terkena serangan pegal pegal karena keseimbangan ion ion tubuh terganggu dan ini akan mempengaruhi pembuluh darah disekitar leher, bahu dan kepala.

  • Memperbaiki Posisi Duduk

Posisi duduk tanpa adanya sandaran dibelakangnya biasanya membuat punggung dan bahu kelelahan. Kondisi ini dapat memicu nyeri, kaku dan pegal pada leher bagian belakang. Jika keadaan ini terus menerus terjadi maka akan mempengaruhi bentuk punggung anda yaitu bisa berubah menjadi bungkuk yang akan terbentuk secara bertahap tanpa anda sadari.

  • Hindari Banyak Tidur

Terlalu banyak tidur dapat mengakibatkan otot disekitar leher menjadi kaku dan pegal, ini disebabkan karena tubuh tidak mengalami pergerakan. Tubuh yang jarang bergerak dapat menyumbat aliran darah tubuh dan mengganggu kinerja pembuluh darh sekitar leher dan saraf kepala, kondisi ini memicu timbulnya otot yang tegang dan memicu pula sakit kepala mendadak.

Itulah beberapa hal penting yang bisa anda ketahui berkaitan dengan leher pegal dan kaku. Jika pengobatan di atas tidak berhasil segeralah berkonsultasi dengan dokter syaraf sebab syaraf leher terjepit dan tidak pada tempatnya akan menyebabkan leher akan terasa kaku dan pegal.

You may also like