Home Featured 11 Makanan Untuk Kram Otot Agar Cepat Hilang

11 Makanan Untuk Kram Otot Agar Cepat Hilang

by Erlita

Otot kram dapat terjadi sebagai bahaya olahraga yang berlebihan atau juga bahaya olahraga tanpa pemanasan lebih dulu. Namun, tubuh yang kekurangan asupan mineral tertentu pun dapat mudah mengalami otot kram. Lalu, adakah makanan untuk kram otot bisa lebih cepat pulih? Ini dia daftar makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pemulih otot alami.

  1. Kacang Hitam

Secangkir kacang hitam bisa dikonsumsi untuk mempercepat kram otot sembuh dan hilang. Ini karena di dalam kacang hitam ada kandungan magnesium sebanyak 120 mg per cangkirnya di mana mineral ini baik untuk kesehatan otot. Cara konsumsi bisa dilakukan dengan menambahkan kacang hitam ini ke makanan apapun, termasuk salad.

  1. Salmon

Otot kram tak selalu karena aktivitas gerak tubuh berlebih ataupun kekurangan nutrisi tertentu. Kram pada otot dapat pula disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar sehingga untuk membantu memulihkannya, cobalah mengonsumsi ikan salmon. Ada kandungan mineral kalium di dalam 3 ons salmon yang dimasak yang siap mendukung penyembuhan.

  1. Sayur Berdaun Hijau Gelap

Sebagai solusi ataupun pencegahan kram otot, rajin-rajinlah pula mengasup sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli, bayam maupun kangkung. Bahkan para wanita yang kerap mengeluhkan nyeri perut karena sedang PMS atau menstruasi bisa juga mengonsumsi sayur-sayuran ini sebagai pereda nyeri alami.

  1. Semangka

Untuk meredakan kram otot secara berangsur, mengonsumsi buah semangka juga patut dicoba karena kandungan L-Citrulline tinggi yang masih termasuk golongan asam amino. Kandungan inilah yang menjadi peminimalisir rasa sakit pada otot dan membantu pula tubuh tercegah dari dehidrasi karena sebagaimana kita tahu kadar air dalam buah semangka sangat tinggi.

  1. Pisang

Pisang tentunya sudah paling sering kita dengar sebagai buah paling ampuh mengatasi kram otot karena kandungan kalium yang tinggi. Selain kalium, mineral lain yang ada pada pisang adalah kalsium dan magnesium yang bisa dengan cukup cepat memulihkan kram otot. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi ini ketika bingung bagaimana meredakan kram.

  1. Kacang-kacangan

Kacang tanah dan almond bisa dikonsumsi sebagai cara meredakan kram pada otot apapun penyebabnya. Segenggam kacang almond ataupun kacang tanah dapat dinikmati karena kaya akan mineral magnesium dan kalium yang bagus untuk kesehatan otot. Hindari jenis kacang-kacangan yang bergaram tinggi alias kacang dengan rasa asin.

  1. Alpukat

Kandungan mineral kalium di dalam alpukat itu jauh lebih tinggi lho ketimbang di dalam buah pisang. Tak hanya itu, asam lemak omega-3 nya pun cukup besar sehingga bisa dikonsumsi rutin sampai kram di otot benar-benar hilang. Tambahkan alpukat pada salad ataupun sebagai isi sandwich agar bisa menikmatinya lebih maksimal.

  1. Ubi Manis

Jangan lupa bahwa ubi manis juga merupakan sumber kalium tinggi yang siap mengatasi kram pada otot. Di dalam sebuah ubi manis berukuran sedang ada kandungan kalium sebanyak 542 mg yang sangat sehingga baik dikonsumsi rutin selama kram otot melanda. Entah itu dengan menghaluskannya, memanggang, ataupun membakarnya, ubi manis tak hanya enak tapi juga bermanfaat untuk otot.

  1. Susu

Dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium dan kalium, mengonsumsi segelas susu bisa jadi solusi untuk otot yang sedang kram maupun menjadi pencegah kram setiap sehabis berolahraga. Selain itu, di dalam susu ada kandungan protein tinggi sehingga otot bisa diperbaiki secara alami. Produk olahan susu seperti keju dan yogurt pun dapat dinikmati sebagai solusi alami kram otot.

  1. Jus Tomat

Segelas jus tomat setiap hari menurut Reader’s Digest sanggup mencegah sekaligus mengatasi kram otot kaki. Bahkan masih meminumnya rutin ketika kram sudah hilang dapat membantu agar kram tidak kembali terjadi.

  1. Jus Jeruk

Kram pada otot juga dapat diredakan dengan minum jus jeruk yang memiliki kandungan 500 mg per cangkirnya. Jadi, minumlah segelas jus jeruk untuk mendapatkan mineral kalium lebih sekaligus menambah asupan vitamin C agar daya tahan tubuh lebih kuat.

Selain dari beberapa minuman dan makanan untuk kram otot yang dianjurkan tersebut, jangan lupa untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih. Terkadang kram dan nyeri otot mudah terjadi karena tubuh sendiri kekurangan cairan dan tengah mengalami dehidrasi, jadi rutinlah mengasup 2 liter atau 8 gelas air putih per harinya ya.

You may also like