5 Bahaya Makan Manggis dan Gula Bersamaan

14372

Siapa tak kenal dengan manggis? Ya, manggis merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang sangat manis dan juga terasa sangat lezat apabila dikonsumsi begitu saja. Saat ini, kepopuleran dari manggis sudah sangat tinggi, ditambah dengan keunggulan lainnya dari kulit manggis yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Kulit manggis itu sendiri diekstraksi ke dalam bentuk kapsul, sehingga mudah untuk dikonsumsi dan pada akhirnya dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Oke, sekarang kembali ke buah manggis, yang saat ini dijuluki sebagai ratunya buah, pendaping dari durian yang merupakan raja dari buah – buahan. Buah manggis berukuran kecil, dengan isi buahnya yang beragam, mulai dari 5 hingga 6 daging buah manggis per satu buahnya. Biasnya, buah manggis yang memiliki kualitas baik memiliki rasa yang sangaf manis dan juga warna yang putih bersih, sehingga membuat siapapun tertarik untuk memakannya. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari manggis :

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Malpighiales
  • Famili: Clusiaceae
  • Genus: Garcinia
  • Spesies: G. mangostana

Manggis sendiri memiliki banyak sekali manfaat, beberapa diantaranya adalah kandungan antioksidan, anti bakteri, vitamin, serta mineral lainnya yang sangat tinggi, dan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Selain itu, manggis juga memiliki manfaat anti inflamasi yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu untuk mencegah dan menyembuhkan peradangan di dalam tubuh anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat manggis :

  • mencegah penuaan dini
  • mencegah kanker
  • menyembuhkan peradangan
  • meningkatkan stamina dan gula darah di dalam tubuh
  • menjaga daya tahan tubuh
  • menyembuhkan sariawan
  • dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Namun demikian, terkadang terjadi kesalahpahaman dalam mengkonsumsi buah manggis ini. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa ada beberapa pantangan yang harus ditaati ketika anda akan mengkonsumsi manggis. Berikut ini adalah beberapa pantangan yang harus diataati ketika anda memakan manggis :

  1. Jangan mengkonsumsi manggis bersamaan dengan makan durian
  2. Jangan mengkonsumsi buah manggis bersamaan dengan gula, atau minuman yang mengandung gula

Bahaya makan manggis dengan gula

Makan manggis dengan gula, ataupun minuman dan juga makanan yang memiliki kandungan gula memiliki beberapa dampak buruk dan juga disinyalir berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini tidak lepas dari reaksi antar kandungan gula yang sama – sama tinggi yang terkandung di dalam buah manggis. Apa saja bahaya dari makan manggis dengan gula? Berikut ini adalah beberapa bahaya makan manggis dengan gula bagi kesehatan tubuh :

1. Dapat menyebabkan mabuk

Bahaya pertama yang dapat muncul apabila anda makan manggis dan gula secara bersamaan adalah dapat menyebabkan munculnya resiko mengalami mabuk. Mabuk ini biasanya adalah dapat menyebabkan munculnya gejala – gejala seperti :

  • Mual
  • Muntah
  • Kepala terasa sakit dan juga pusing
  • Mata terasa berat dan perih
  • Vertigo

Itulah beberapa gejala mabuk yang dapat muncul apabila anda makan manggis dengan gula sekaligus. Karena itu usahakan untuk menghindari makan manggis dengan gula secara bersamaan.

2. Obesitas

Bahaya lainnya yang dapat muncul ketika anda makan manggis dengan gula secara bersamaan adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan obesitas alias kelebihan berat badan. Hal ini erat kaitannya dengan kandungan gula yang sangat tinggi yang masuk ke dalam tubuh ketika anda makan manggis dan gula bersamaan. Karena itu, kandungan gula tersebut akan menyebabkan gula menjadi menumpuk di dalam tubuh. Gula yang menumpuk inilah yang kemudian dapat menyebabkan gangguan obesitas. Obesitas akan menjadi semakin parah, apabila anda makan manggis dengan gula dalam jumlah yang banyak, dan tidak melakukan aktivitas yang berarti, sehingga gula akan menumpuk fan menyebabkan penimbunan lemak yang parah.

Obesitas ini dalam jangka panjang akan menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung dan juga kolestrol, serta bukan tidak mungkin akan menyebabkan stroke dan juga kematian. Berbahaya bukan? Karena itu, cobalah untuk menghindari makan manggis dengab gula secara bersamaan. Tunggulah beberapa saat, agar gula di dalam tubuh tidak menumpuk dan menyebabkan gangguan kesehatan.

3. Meningkatnya gula darah secara drastis

Bahaya berikutnya yang dapat muncul ketika anda makan manggis dan gula secara bersamaan adalah dapat menyebabkan meningkatnya gula darah secara drastis. Ya, kedua jenis makanan ini memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi apabika digabungkan. Mengkonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan tentu saja dapat menyebabkan terjadinya gula darah anda menjadi naik secara drastis dan signifikan. Gula darah tinggi dan meningkat drastis ini dapat menyebabkan berbagai macam gangguan, salah satunya adalah diabetes dan juga pusing.

4. Diabetes

Bahaya jangka panjang lainnya dari makan manggis dan gula secara bersamaan, terutama secara teratur adalah dapat menyebabkan munculnya diabetes pada diri anda. Ya, diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai macam gejala gejala yang mengganggu kesehatan anda.

Diabetes sendiri saat ini diketahui merupakan pintu gerbang dari munculya berbagai amcam penyakit kronis yangsering mengganggu kesehatan tubuh manusia. Karena itu, hindarilah penyakit diabetes, karena penyakit diabetes sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

  1. Tubuh menjadi terasa lemas dan mengantuk

Bahaya makan manggis dan gula bersamaan lainnya adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa sangat lemas dan juga mengantuk. Hal ini memiliki kaitan yang sangat erta dengan meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. hal ini akan meyebabkan tubuh merasa tidak dapat mengerjakan berbagai aktivitas, kemungkinan mengalami pusing dan juga sakit pada bagian kepala anda. (baca : Penyebab sering lemas dan mengantuk)

Itulah bahaya makan manggis dan gula yan gdapat muncul. Karena itu, usakahan agar anda tidak mengkonsumsi gula, atau makanan serta minuman yang mengandung gula setelah anda makan manggis. Karena hal ini hanya akan meyebabkan tubuh anda mengalami berbagai macam gangguan kesehatan saja, dan tidak ada gunanya sama sekali.

Demikianlah artikel mengenai bahaya makan manggis dan gula secara bersamaan., semoga dengan adanya artikel ini, pengetahuan dan juga wawasan anda mengenai bragam hal akan semakin bertambah, dan juga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.