20 Khasiat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

5378

Manggis merupakan salah satu jenis buah – buahan local yang cukup digemari oleh segala kalangan masyarakat Indonesia. Manggis memiliki bentuk buah yang bulat, biasanya berwarna hitam keunguan, atau hitam kecoklatan untuk buah yang sudah matang. Pohon manggis biasanya dapat tumbuh besar dan rimbun, dengan buahnya yang berkumpul dan banyak.

kulit manggisApabila di kupas, kita dapat melihat isi buahnya yang biasanya terdiri dari 3 – 6 buah, dengan rasa yang manis – manis asam. Manggis sendiri ternyata memiliki banyak manfaat. Selain daging buahnya yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, bagian lain dari buah manggis pun dapat dimanfaatkan. Salah satunya adalah kulit manggis.

Khasiat kulit manggis ternyata juga memiliki super banyak manfaat loh. Apa saja manfaat dari kulit manggis? Yuk kita simak :

  1. Sebagai pewarna alami

Kulit buah manggis dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jenis pewarna alami. Hal ini dikarenakan kulit manggis mengandung pigmen warna yang sangat pekat, dan dapat dimanfaatkan untuk memberikan warna merah atau ungu pada berbagai macam benda yang dapat menyerap warna, seperti kain.

  1. Menjaga sistem kekebalan dan imunitas tubuh

Kulit manggis juga memiliki manfaat yag sangat baik untuk menjaga daya tahan dan imunitas tubuh kita. Dengan terjaganya daya tahan dan imunitas tubuh, maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit, dan dapat beraktivitas dengan baik tanpa ada hambatan.

  1. Mencegah peradangan atau inflamasi

Kulit manggis juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat dalam mencegah dan mengatasi peradangan. Peradangan bisa saja terjadi di luar ataupun di dalam tubuh, dapat anda cegah dengan memanfaatkan kulit dari buah manggis.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Merupakan salah satu dari beberapa keunggulan dan manfaat dari buah manggis, yaitu dapat menurunkan kadar gula darah seseorang. Bagi anda yang mengalami gangguan dan penyakit yang berhubungan dengan tingginya kadar gula darah, anda dapat mengkonsumsi olahan dari kulit manggis untuk menurunkannya.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Selain dapat meurunkan kadar gula darah, kulit manggis juga memiliki manfaat sebagai pencegah teradinya resistensi terhadap nsulin. Hal ini merupakan salah satu manfaat yang sangat baik dari kulit manggis, terutama bagi mereka yang menderita diabetes yang disebabkan oleh resistensi insulin.

  1. Mencegah kerusakan DNA tubuh

Manfaat lain dari kulit manggis yang perlu anda ketahui adalah kulit manggis mampu untuk mencegah kerusakan DNA di dalam tubuh. Selain dapat mencegah kerusakan DNA kulit manggis juga dapat mencegah kerusakan sel sel serta jaringan tubuh.

  1. Mencegah hipertensi dan mengontrol tekanan darah

Bagi anda yang sering mengalami gangguan hipertensi atau darah tinggi, maka kulit manggis dapat menjadi salah satu pilihan herbal yang tepat untuk menurunkan tekanan darah anda, sekaligus menggontol tekanan darah anda.

  1. Baik untuk penyakit kolestrol

Selain untuk pasien penderita diabetes, kulit manggis juga sangat baik bagi mereka yang mengalami gejala – gejala kolesterol. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh kandungan alami dari kulit manggis yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang menjadi pemicu seseorang menderita penyakit kolesterol.

  1. Meringankan gejala asma

Kulit manggis juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah dan meringankan gejala – gejala asma. Gejala – gejala asma bisanya akan sangat mengganggu, karena meliputi gejala sesak nafas dan juga kesulitan untuk bernapas.

  1. Menghilangkan jerawat

Kulit manggis ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Ini terbukti dari kandungan kulit manggis yang dapat mencegah dan menghilangkan jerawat. Dengan hilangnya jerawat, maka anda akan merasa lebih percaya diri bukan?

  1. Sebagai anti aging dan mencegah penuaan dini

Kulit manggis mengandung antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal – radikal bebas, yang menjadi biang keladi dari proses penuaan atau sering disebut dengan istilah aging.

  1. Mencegah serangan jantung

Kulit manggis sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, dan secara tidak langsung dapat mencegah munculnya serangan jantung dan penyakit jantung coroner, yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan anda.

  1. Mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan

Manfaat lain dari kulit manggis adalah mampu untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh anda, selain itu, kulit manggis juga dapat mencegah berbagai macam gangguan pencernaan yang sangat mengganggu aktivitas anda sehari – hari.

  1. Anti bakteri

Kulit manggis memiliki sifat alami sebagai anti bakteri, dimana kulit manggis dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri – bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita. Bakteri – bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, yang bukan tidak mungkin akan berbahaya bagi diri anda.

  1. Anti kanker

Manfaat kulit manggis sebagai salah satu anti oksidan dan juga anti bakteri membuat kulit manggis juga dapat mencegah munculnya sel kanker dan dapat memperlambat pertumbuhan dari sel kanker yang ada di dalam tubuh .

  1. Meredakan dan menghilangkan stress serta depresi

Kulit manggis juga dapat menjadi salah satu alternated bagi anda untuk mencegah depresi dan menghilangkan stress. Dengan ni maka kondisi tubuh anda dan kondisi pikiran yang kacau karena stress dan depresi, akan menjadi lebih rileks dan terhinfar dari stress.

  1. Menyembuhkan penyakit sariawan dan gusi berdarah

Anda sariawan dan mengalami gusi berdarah? Kalau begitu, kulit manggis adalah jawabannya. Anda dapat mengkonsumsi kulit manggis ini untuk menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah, karena sifat alami dari kulit manggis yang merupakan anti bakteri.

  1. Menurunkan suhu tubuh

Ketika anda panas dan demam, selain dengan cara melakukan kompres dengan air dingin dan air es, maka anda juga dapat mencoba mengkonsumsi kulit buah manggis untuk meredakan panas dan demam.

  1. Menghentikan diare

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umum dan cukup sering terjadi. Untuk mencegah dan menghentikan gejala – gejala diare ini, maka anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi kulit manggis.

  1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Kulit manggis, merupakan salah satu zat antibakteri, dan antiinflamasi. Hal ini dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka, sekaligus mampu mempercepat proses penyembuhan luka anda.

Bagaimana mengolah kulit manggis, dan memanfaatkannya?

Untuk memperoleh manfaat baik dari kulit manggis, ada dua cara yang dapat anda gunakan, yatu :

  1. Membeli produk suplemen yang memiliki kandungan ekstrak buah manggis. (TIDAK DI ANJURKAN)
  2. Memblender bagian dalam dari kulit buah manggis, untuk kemudian dikonsumsi.
  3. Jemur kering kulit manggis, lalu tumbuk. Bubuk kulit manggis dapat diseduh seperti teh.
  4. Sayat kecil kecil, lalu makan langsung.

Apabila anda ingin memblender sendiri kulit buah manggis, pastikan anda mencampurnya denga bahan – bahan yang anda sukai dan bersifat manis, sepeerti gula dan susu, karena kulit manggis memiliki rasa yang sangat jauh dar kata lezat dan enak.

Itulah beberapa manfaat dari kulit buah manggis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.