Efek Samping Buah Plum di Balik Segudang Manfaatnya

2728

Masih asingkah dengan buah bernama “Plum”? Buah ini sekarang sedang eksis di media sosial karena keampuhannya. Buah plum dipercaya dapat membersihkan usus yang kotor sehingga sistem pencernaan akan berjalan dengan lancar. Khasiat lainnya adalah buah plum juga dipercaya dapat menjadi alternatif untuk melangsingkan badan. Tapi sebelum berbicara lebih jauh tentang efek samping buah plum ini, sebenarnya tahu gak sih rasa buah ini seperti apa??

Buah plum adalah salah satu buah impor yang banyak dibudidayakan di Tiongkok. Di Indonesia sendiri buah ini sudah diperdagangkan. Akan tetapi masih belum tersebar luas, mungkin karena harganya yang tergolong tinggi. Rasa buah ini manis dan cocok untuk dijadikan camilan di waktu senggang. Tapi tidak perlu khawatir gemuk, karena buah ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin diet.

Bisa dikatakan buah plum merupakan salah satu buah paling direkomendasikan untuk dikonsumsi. Hal ini tentunya berkaitan dengan kandungan gizi buah plum yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah plum mengandung banyak sekali vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B1, B2, B3 dan B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, buah plum juda tinggi kandungan kalium, kalsium magnesium, asam folat, asam karbonat, zat besi, dan mineral. Dengan begitu banyak kandungan gizi tersebut, ada banyak efek samping buah plum bagi kesehatan tubuh.

1. Sistem pencernaan lancar

Seperti yang saat ini sering diiklankan di media sosial, buah plum berperan penting dalam membersihkan usus yang kotor. Usus yang kotor dikaitkan dengan sistem pencernaan yang kurang lancar. Konsumsi buah plum dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Zat yang berperan dalam fungsi ini adalah zat sorbitol. Sistem pencernaan yang lancar akan menghindarkan kita dari risiko diare ataupun sembelit.

2. Metabolisme tubuh meningkat

Konsumsi buah plum juga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Antioksidan dalam buah plum berfungsi untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Kondisi ini akan semakin menguntungkan untuk proses metabolis tubuh. Ketika sistem metabolisme bekerja dengan baik, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Selain buah plum, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi lainnya.

3. Jantung semakin sehat

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, seseorang yang terkena penyakit jantung bukanlah mereka yang berusia lanjut. Banyak dari mereka justru masih berusia muda. Jantung merupakan organ vital bagi tubuh. Ketika kinerja jantung sudah bermasalah maka sangat besar kemungkinannya organ lain juga dapat terganggu.

Buah plum bersifat anti-inflamasi yang sangat berperan positif untuk mengatasi berbagai permasalahan jantung, diabetes dan kolesterol. Selain itu, buah plum juga mengandung vitamin K yang dapat mencegah serangan jantung mendadak.

4. Mencegah penyakit kanker

Pola hidup yang tidak sehat merupakan salah satu hal pemicu kanker. Kanker termasuk ke dalam kelompok penyakit yang mematikan seperti halnya penyakit jantung. Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan menjadi salah satu alternatif untuk mencegah penyakit kanker. Salah satunya adalah buah plum. Antioksidan dalam buah plum ini mampu menghindarkan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.

5. Mencegah penyakit anemia

Tahukah Anda warna buah plum? Warna buah plum adalah warna merah. Sesuai dengan warnanya, buah plum ini dapat berperan untuk mengatasi kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah. Buah plum mengandung zat besi yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan zat besi, maka gejala yang biasanya muncul antara lain mudah lelah, pusing, hingga mual.

6. Cocok untuk Diet

Percayakah Anda bahwa buah plum ini dapat menjaga keidealan tubuh? Buah plum mengandung 46 kalori dalam setiap 100 gramnya. Hal ini berarti buah plum tergolong rendah kalori. Selan itu, buah plum tidak mengandung lemak jenuh. Inilah yang dibutuhkan bagi mereka yang ingin melakukan diet untuk menjaga keidealan berat badan. Selain itu, kandungan serat dalam buah plum dapat membuat rasa kenyang bertahan lama. Lambung pun akan mencegah makanan berlebihan masuk dan berat badan naik secara berlebih.

Selain manfaat yang diperoleh dari buah plum, ada juga beberapa efek samping tidak baik yang dapat timbul. Beberapa efek samping negatif tersebut antara lain:

1. Penyakit batu saluran kemih

Asam oksalat dalam buah plum berpotensi untuk mengkristal. Batu oksalat yang terbentuk dapat mengganggu saluran kemih. Dan akhirnya dapat terjadi infeksi saluran kemih. Risiko ini akan lebih parah terjadi pada orang yang mempunyai permasalahan penyakit batu saluran kemih. Orang yang terindikasi atau sudah pernah mempunyai riwayat penyakit saluran kemih sebaiknya membatasi konsumsi buah plum.

2. Gangguan pencernaan

Konsumsi buah plum seyogyanya dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga terhindar dari segala macam gangguan pencernaan. Akan tetapi dapat juga terjadi gangguan pencernaan akibat konsumsi buah plum. Hal ini terjadi jika konsumsi buah plum dilakukan secara berlebihan. Serat yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh justru dapat menimbulkan penyakit sembelit. Selain itu, kandungan sorbitol dapat menjadi penyebab perut kembung.

3. Memicu reaksi alergi

Reaksi alergi dapat muncul pada orang yang peka terhadap sulfit. Kandungan sulfit akan tinggi pada buah plum yang dikeringkan. Oleh karena itu, orang yang sensitif terhadap sulfit sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah plum terutama buah plum kering.

Itulah beberapa manfaat dan efek samping dari buah plum. Hidup sehat berawal dari pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.