Home Penyakit dan KelainanSariawan Ini Lho 15 Buah Untuk Sariawan Bisa Lekas Sembuh

Ini Lho 15 Buah Untuk Sariawan Bisa Lekas Sembuh

by Erlita

Saat mendengar kata sariawan, tentu Anda akan terbayang kondisi tak mengenakkan di bagian dalam mulut yang membuat Anda tak nafsu makan hingga malas bicara bukan? Sariawan biasanya muncul saat Anda tak sengaja menggigit bagian dalam mulut atau tergesek benda keras seperti sikat gigi kasar, kawat gigi hingga makanan bertekstur keras. Namun bagi Anda yang mengalaminya, ada buah-buah untuk sariawan yang bisa dikonsumsi untuk memulihkan segera.

  1. Sirsak

Sirsak adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi di mana kandungannya bisa mencapai 20 mg per 100 gramnya. Karena bernutrisi tinggi, tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi sirsak saat sedang sariawan supaya sariawan cepat pergi dan mulut Anda kembali terasa nyaman.

  1. Semangka

Penderita sariawan juga bisa mengonsumsi semangka yang kaya akan serat, air, likopen dan kalium sebab likopen ini adalah jenis antioksidan yang siap untuk melawan sariawan sekaligus mengatasi anemia hingga hipertensi. Namun untuk sariawan, konsumsilah semangka tanpa menghilangkan bagian dekat kulitnya.

  1. Kiwi

Sifat antioksidan pun dibawa oleh buah kiwi ini sehingga bisa menjadi penurun risiko peradangan dalam tubuh hingga pencegah kanker. Anda bisa mencoba mengonsumsi kiwi segar ketika sedang sariawan supaya kondisi ini cepat hilang dan Anda bisa kembali menikmati makanan favorit serta berbicara dengan nyaman.

  1. Tomat

Kaya akan vitamin C dan vitamin A, tomat bisa juga diandalkan saat Anda sedang sariawan dengan mengonsumsinya langsung atau minum jus tomat. Kandungan likopen di dalam tomat pun sangat besar sehingga mampu menjadi antioksidan, melindungi tubuh dari berbagai penyakit, hingga menjadi pencegah kanker ampuh dan alami.

  1. Blewah

Kandungan vitamin A, vitamin C, hingga kalium dan serat di dalam buah ini sangat tinggi, sehingga tak salah kalau Anda yang tengah sariawan bisa mengonsumsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh naik dan normal kembali, sariawan juga akan menjadi lebih cepat sembuh dan tak akan mudah timbul lagi.

  1. Pepaya

Buah yang dikenal sebagai obat pencahar alami ini bisa juga dikonsumsi untuk menghilangkan rasa perih karena sariawan di dalam mulut. Untuk menyembuhkan sariawan, Anda bisa mencoba mengonsumsi pepaya secara rutin hingga sariawan sembuh total. Sebagai bonusnya, tentu Anda akan terhindar dari gangguan pencernaan dan membuat proses BAB jauh lebih lancar.

  1. Apel

Buah sumber serat dan vitamin C tinggi lainnya adalah apel di mana selain bisa menyembuhkan sariawan secara alami dan cepat, Anda juga mampu menjadikan apel sebagai solusi masalah diare, penyakit diabetes, hingga sembelit. Dampak dari kebiasaan makan apel cukup besar bagi kesehatan yang seharusnya tidak Anda lewatkan.

  1. Mangga

Jika Anda mengalami sariawan tepat di saat musim mangga, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah berdaging kuning ini. Kandungan mineral selenium, kalsium, magnesium dan kaliumnya cukup tinggi berikut juga asam folat, vitamin C, vitamin B2 dan B1-nya. Bagi Anda yang panas dalam dan juga terkena flu, makan mangga bisa memulihkan tubuh.

  1. Jambu Monyet

Ada kandungan vitamin C hingga 265 mg per 100 gram jambu monyet sehingga tak salah kalau Anda mengonsumsi buah satu ini sebagai asupan di kala sariawan. Itu artinya, kandungan vitamin C pada jambu monyet jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah jeruk yang akan menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

  1. Jambu Biji

Selain jambu monyet, ada jambu biji yang juga siap untuk meredakan sariawan Anda karena tingginya kandungan vitamin C di dalamnya. Ada sekitar 273 mg vitamin C pada 100 gram jambu biji yang tentunya bila dikonsumsi penderita sariawan akan sangat membantu memulihkan kondisi tubuh.

  1. Jeruk Nipis

Selain mampu menjadi obat batuk alami dan menyembuhkan penyakit flu, jeruk nipis dikenal ampuh dalam melawan sariawan. Memang rasanya yang masam bukanlah favorit, tapi Anda bisa mencoba mengombinasikan jeruk nipis dengan buah-buah lainnya dan mengonsumsinya dalam bentuk minuman jus.

  1. Jeruk Bali

Jenis jeruk lainnya yang bisa diandalkan ketika sariawan adalah jeruk Bali yang juga tak kalah banyak mengandung vitamin C. Kandungan antioksidannya tak hanya membasmi peradangan tapi juga siap untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda. Mengonsumsi jeruk Bali juga akan menormalkan kembali kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda.

  1. Jeruk

Jeruk biasa pun bisa Anda konsumsi apabila kurang tertarik untuk mengonsumsi jeruk nipis dan jeruk Bali. Makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini diketahui memiliki asam askorbat sebagai kandungannya sehingga bisa menjadi penetral asam lambung juga. Jadi selain mengatasi sariawan, gangguan pencernaan pada lambung pun siap ditangani.

  1. Belimbing

Kandungan vitamin C, karotenoid, zat besi serta kalium di dalam buah belimbing cukup besar sehingga mampu mengatasi sariawan sekaligus mencegahnya. Bahkan bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi tak ada salahnya mengonsumsi belimbing untuk menormalkan kembali kadarnya.

  1. Pisang

Buah bagi penderita sariawan berikutnya yang paling baik adalah pisang. Makanan yang mengandung kalium, zat besi dan vitamin B6 ini bisa mengatasi sariawan sekaligus juga menjadi penjaga proses metabolisme tubuh tetap baik. Namun, pastikan Anda konsumsi pisang 1-3 buah per hari dan tidak berlebihan.

Itulah tadi sederet buah untuk sariawan bisa lekas sembuh secara alami yang patut Anda masukkan ke dalam daftar menu diet harian Anda. Mengonsumsi buah-buahan tersebut mampu membuat proses penyembuhan sariawan menjadi lebih cepat, jadi selamat mencoba dan semoga berkhasiat bagi Anda.

You may also like