Ini Lho 20 Dampak Dari Kebiasaan Makan Apel Setiap Hari Paling Menguntungkan

805

Apakah Anda termasuk orang yang gemar makan apel dan bahkan mengonsumsinya setiap hari? Ada serangkaian keuntungan yang bisa didapat dari buah apel secara rutin bagi kesehatan Anda. Dan berikut inilah daftar dari dampak dari kebiasaan makan apel yang paling menguntungkan untuk tidak Anda lewatkan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengonsumsi apel secara rutin, ini adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang aman dan efektif bagi Anda. Ada kandungan quercetin dan antioksidan di dalam apel merah yang bisa Anda dapatkan sehingga selain tak gampang stres, tubuh juga akan berisiko kecil gampang terkena penyakit apapun.

  1. Menstabilkan Berat Badan

Anda pasti tahu betul bahwa apel adalah salah satu makanan yang mengandung serat tinggi yang juga kerap dijadikan camilan sehat. Dengan mengonsumsi apel sebagai camilan, maka Anda tidak akan mudah lapar dan mengurangi keinginan untuk makan makanan yang berlemak tinggi. Apel adalah buah yang wajib ada bagi Anda yang ingin menjalankan diet tinggi serat.

  1. Mencegah Sembelit

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, apel adalah buah yang kaya serat sehingga bagi Anda yang sebelumnya punya masalah dengan pencernaan dan sering sembelit bisa mengonsumsi apel. Dari kebiasaan makan apel secara rutin, otomatis Anda bisa memperlancar BAB karena proses pencernaan bisa berjalan lancar.

  1. Membersihkan Usus

Dampak baik lainnya yang bisa didapat dari kebiasaan mengonsumsi apel setiap hari, baik itu apel merah atau hijau segar adalah usus bakal selalu dalam kondisi sehat dan bersih. Dengan BAB yang jauh lebih lancar, otomatis usus akan selalu bersih sebab keluarnya kotoran dari usus bakal lebih lancar dan cepat.

  1. Mengatasi Diare

Walaupun memperlancar BAB dan dapat membersihkan usus, bukan berarti saking lancarnya pencernaan Anda harus khawatir ini akan menyebabkan diare. Justru makan apel secara rutin adalah salah satu cara alami dan paling baik untuk mengatasi diare sebab air akan ditarik oleh serat pada apel dari usus sekaligus membantu agar kelebihan air dari kotoran bisa diserap secara baik.

  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Tahukah Anda bahwa membiasakan makan apel, apalagi bersama dengan kulitnya secara langsung menggigitnya daripada memotongnya lebih dulu adalah cara dalam merangsang air liur dalam mulut? Gigi Anda akan jadi jauh lebih kuat, jauh dari kerusakan dan terhindar dari bakteri. Tapi, sambil membiasakan ngemil apel, pastikan Anda juga tetap harus menyikat gigi setiap hari secara rutin.

  1. Memberi Proteksi dari Efek Obat Penghilang Rasa Sakit

Apakah Anda juga cukup sering mengandalkan obat anti-inflamasi nonsteroid? Obat ini walau efektif dalam mengurangi rasa nyeri, rupanya sebagai efek sampingnya bisa juga melukai sel-sel dalam perut Anda. Supaya lapisan lambung terlindung dengan baik, makan apel adalah solusinya berkat asam klorogenat dan catechin.

  1. Menurunkan Risiko Katarak

Pola makan yang baik dan sehat termasuk juga dengan cara memasukkan buah apel ke dalam menu diet harian Anda. Kabar baiknya, kebiasaan makan apel juga berdampak baik bagi kesehatan mata sekaligus menjadi cara alami nan ampuh dalam mencegah gejala katarak karena kandungan antioksidannya yang begitu tinggi.

  1. Membersihkan Liver

Selain mendetoks bagian usus, dampak baik dari makan apel adalah liver yang akan selalu juga bersih. Membiasakan diri makan buah apel, adalah cara aman dalam mendetoksifikasi organ liver Anda dari berbagai racun yang berkemungkinan berkembang dari minuman dan makanan apapun yang Anda konsumsi.

  1. Menurunkan Risiko Ambeien

Ambeien atau wasir adalah sebuah keadaan di mana pembuluh darah dalam bokong mengalami pembesaran, entah itu di bagian anus atau rektum. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami sembelit. Jadi bila dengan makan apel mencegah sembelit, otomatis risiko wasir juga ikut berkurang.

  1. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus besar adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit di perut, tapi masalah utamanya ada pada bagian usus besar. Sebagai gejalanya, perut dapat merasakan kram cukup sering ditambah dengan diare. Gangguan kronis ini dapat diatasi dengan makanan berserat seperti apel dan itu artinya apel pun bisa mencegah penyakit ini.

  1. Menurunkan Risiko Batu Empedu

Jika pada empedu terdapat kolesterol yang terlalu banyak, maka terjadilah pembentukan batu empedu yang mengalami pembekuan di sana. Pada orang-orang dengan masalah obesitas, biasanya batu empedu ini dijumpai pada mereka. Jika Anda punya kebiasaan makan apel, berat badan akan stabil dan risiko terkena batu empedu juga kecil.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Dampak lain yang menguntungkan terutama bagi Anda penderita penyakit kolesterol tinggi adalah dengan makan apel, kadar kolesterol yang tinggi bakal mudah untuk turun dan stabil lagi. Karena kadar kolesterol normal, otomatis tubuh Anda bakal jauh lebih segar, sehat dan bugar.

  1. Menurunkan Risiko Alzheimer

Alzheimer merupakan sebuah keadaan di mana daya ingat terus menurun begitu pula dengan kemampuan berbicara dan berpikir seseorang. Gangguan ini terjadi pada otak yang bila dibiarkan bisa juga mengubah perilaku penderita. Untungnya, bagi yang punya kebiasaan minum jus apel setiap hari, kesehatan sistem saraf otak bakal terjaga dengan baik dan menjauhkan Anda dari Alzheimer.

  1. Mencegah Parkinson

Gejala utama yang paling kerap dijumpai pada penyakit Parkinson adalah gemetaran atau tremor yang disebabkan oleh sel saraf yang mengalami degenerasi di bagian tengah otak. Padahal bagian tengah otak tersebut memiliki fungsi sebagai pengendali gerakan tubuh. Anda bisa terjauh dari jenis penyakit seperti ini apabila sering-sering makan apel dan makanan kaya serat lain.

  1. Memperkecil Potensi Terkena Diabetes

Percaya atau tidak, para wanita yang rajin makan apel 1 paling tidak 1 buah saja sehari rupanya mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 28 persen. Di dalam buah apel ada kandungan serat larut yang siap bekerja sebagai penurun kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi.

  1. Menghindarkan dari Kanker

Terbiasa mengonsumsi buah apel beserta kulitnya juga berdampak baik bagi tubuh sebab tubuh akan terlindung dari berbagai macam kanker, seperti kanker payudara, kanker hati, kanker usus besar, serta kanker pankreas menurut hasil penelitian di Cornell University serta dari American Association for Cancer Research.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Untuk penglihatan yang lebih baik dan mata yang selalu sehat, Anda tak hanya perlu makan wortel yang kaya akan vitamin A. Dengan terbiasa makan apel pun dampak baiknya bisa Anda peroleh berkat fitonutrien antioksidan dan flavonoid di dalam buah ini. Kebiasaan ini pun menjadi cara menjaga kesehatan mata yang paling mudah dan ampuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Tak hanya asupan kalsium saja yang diperlukan dalam menjaga kesehatan tulang maupun sendi. Kebiasaan makan apel juga akan mencegah Anda terkena gangguan kesehatan pada tulang dan sendi, termasuk juga gout dan arthritis berkat kandungan myricetin, quercetin serta kaempferol di dalam apel.

  1. Menyembuhkan Asma

Makan apel beserta kulitnya adalah kebiasaan yang juga membawa kesehatan bagi pernapasan Anda. Ini karena di dalam buah apel ada quercetin yang siap mengurangi risiko inflamasi pada tubuh. Jadi bagi para penderita penyakit asma, dengan makan apel maka risiko serangan asma kambuh pun juga menjadi lebih kecil.

Begitu menguntungkan bukan dampak dari kebiasaan makan apel setiap hari? Jika Anda ingin tetap sehat dan bugar, membiasakan konsumsi apel adalah salah satu langkah yang paling mudah untuk diterapkan.