Home Featured 8 Tips Menahan Lapar di Malam Hari Agar Berat Badan Tidak Naik

8 Tips Menahan Lapar di Malam Hari Agar Berat Badan Tidak Naik

by Erlita

Punya kebiasaan begadang atau tidur terlalu larut memang memudahkan godaan menghampiri kita, salah satunya rasa lapar. Lapar di tengah malam tentunya membuat kita ingin ngemil dan dari kebiasaan ngemil inilah obesitas terjadi. Namun ada kok beberapa tips menahan lapar di malam hari supaya tak menjadi gemuk apalagi obesitas.

  1. Jaga Pola Makan Teratur

Agar tengah malam tak gampang lapar, sebenarnya caranya hanyalah makan teratur sehari tiga kali dengan diselingi aktivitas ngemil diantara jam makan tersebut. Pada jam setelah sarapan dan sebelum makan siang, serta pada jam setelah makan siang menuju makan malam, kedua waktu tersebut bisa digunakan untuk ngemil lho.

  1. Tambah Asupan Serat

Jika selama ini kurang mengasup makanan yang mengandung serat tinggi, mulailah untuk menambah asupannya. Makanan dengan kandungan serat tinggi akan memberi efek kenyang yang tahan lama sehingga akan menghindarkan kita ngemil banyak. Masukkan menu makanan berserat pada waktunya makan malam sehingga pada tengah malam perut tak gampang lapar apalagi tergoda untuk ngemil tak sehat.

  1. Makan Makanan Berprotein Tinggi

Selain makanan berserat, makanan yang mengandung protein tinggi dapat memberikan efek kenyang tahan lama lho. Ini karena waktu yang dibutuhkan untuk proses pencernaan protein cukup lama. Protein juga mampu menjadi pembangun otot alami tanpa khawatir kadar lemak bisa meningkat di dalam tubuh, belum lagi perannya sebagai peningkat metabolisme sangat besar.

  1. Minum Teh Hijau atau Kopi Hitam

Trik agar tak lapar di malam hari tapi juga tak bikin gemuk adalah minum kopi hitam atau teh hijau segelas saja. Rasa lapar otomatis dapat ditekan lho dengan meminum salah satunya. Namun jika enggan minum minuman berkafein, pilihlah minuman lain yang jelas sehat dan rendah gula ya.

  1. Ngemil Buah Daripada Jajan

Pastikan bahwa di rumah selalu ada stok buah segar yang bisa mengganjal perut. Apabila memang kesulitan dalam menahan lapar di malam hari, tak masalah mengonsumsi buah-buahan karena buah adalah camilan sehat. Daripada jajan makanan yang berlemak, bergula dan berminyak tinggi, pilih cemilan yang pasti sehat saja ya.

  1. Hindari Stres

Hati-hati lho, rasa lapar tak selalu memang berasa dari perut yang kosong, namun lebih kepada rasa stres yang tengah melanda dan makan hanya dijadikan pelarian stres kita saja. Jika tipe yang overthinking bahkan di malam hari, segera cari cara mengatasi stres tersebut dengan cara selain makan atau ngemil supaya tak menyesal di kemudian hari gara-gara berat badan naik berlebih.

  1. Minum Air Putih Sering dan Banyak

Diet air putih sudah banyak yang menerapkan sebagai penunda atau penahan lapar yang efektif, lalu kenapa tak mencobanya saja? Ketika di malam hari masih ada yang harus dikerjakan atau merasa susah tidur lalu merasa lapar, minumlah air putih agak banyak supaya perut kenyang tapi kalori tak bertambah.

  1. Tidur Awal

Karena alasan mudah lapar di tengah malam adalah begadang, maka sebaiknya hindari menunda waktu tidur ya. Tidur semakin awal justru akan menghindarkan diri kita dari rasa lapar sekaligus rasa ingin ngemil. Namun jika tak bisa kunjung terlelap, cobalah alihkan rasa lapar dengan melakukan aktivitas seperti membaca buku misalnya yang juga bisa cepat bikin ngantuk.

Itulah beberapa tips menahan lapar di malam hari yang kiranya bisa diterapkan dan bermanfaat. Sebab makan atau ngemil malam-malam tak hanya picu kenaikan berat badan lho, tapi juga ada banyak masalah kesehatan yang bisa timbul kapan saja. Bila masih kesulitan menahan lapar malam-malam, konsultasikan hal ini ke ahli diet atau ahli nutrisi saja.

You may also like