Begini 5 Kiat Jaga Berat Badan Usai Melahirkan, Layak Dicoba

127

Bagi para ibu pasca melahirkan yang mungkin sedikit banyak khawatir tentang berat badan yang melonjak, sebenarnya menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil itu tak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini adalah beberapa langkah tips diet sehat yang sangat berguna dalam menstabilkan berat badan tetap pada angka ideal.

  1. Minum Air Putih Cukup

Asupan air putih harus tercukupi dengan baik karena mengonsumsi 2 liter atau setara 8 gelas air per hari mampu menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang alami sekaligus efektif. Bahkan ketika berat badan turun, minum air putih cukup bisa mencegah dehidrasi sekaligus menstabilkan berat badan.

  1. Konsumsi Sayur Hijau

Diet usai melahirkan yang paling tepat adalah mengonsumsi sayur-sayuran hijau, seperti mentimun, bunga kol, brokoli, asparagus, dan bayam adalah asupan-asupan penting yang bisa dinikmati harian. Sayuran hijau tinggi air dan serat akan memberi efek kenyang tahan lama sehingga akan membuat asupan kalori tidak berlebihan di dalam tubuh kita.

Faktanya juga, sayuran sebagai makanan yang mengandung serat tinggi serta banyak mineral penting mampu menjadi cara membakar lemak alami. Karena makan sayur bisa menjadi peningkat metabolisme, maka hal ini juga otomatis membantu proses pembakaran lemak lebih maksimal.

  1. Senam Kegel

Sebagai cara menguruskan berat badan bagi para ibu pasca melahirkan adalah senam kegel. Bagian otot panggul bawah bisa dikencangkan melalui senam ini. Cara melakukan senam kegel adalah dengan berbaring lebih dulu lalu mengangkat bagian bokong dan punggung bawah tahan selama 10 detik sebelum berbaring kembali. Ada tiga set di mana per set bisa kita lakukan 10 kali dengan rutin setiap hari.

  1. Mengurangi Asupan Makanan Bertepung Maupun Gorengan

Makanan dari tepung maupun bertepung tentu saja termasuk gorengan di mana makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi serta kaya lemak trans tidak baik untuk kondisi tubuh pasca melahirkan sekaligus hanya akan memicu kenaikan berat badan. Hati-hati juga karena lemak trans pun disebut-sebut menjadi faktor peningkat risiko jenis-jenis penyakit jantung, penyakit gula atau diabetes, kanker, dan juga stroke.

  1. Mengurangi Asupan Minuman Manis

Kalau ingin menurunkan berat badan dan mencegah rasa lapar cepat atau mudah datang, hindari minuman manis. Minuman manis itu pada dasarnya berkalori tinggi, sehingga hal ini mampu membuat rasa lapar mudah datang ditambah dengan memicu lemak visceral menumpuk padahal lemak ini tidak sehat.

Jenis lemak satu ini beda dari lemak lainnya karena ada senyawa yang dilepaskan dari lemak ini yang mampu membuat kemampuan tubuh terganggu dalam prosesnya memecah gula untuk dijadikan energi. Bahkan karena lemak ini menumpuk di dalam tubuh, produksi kolesterol di hati pun meningkat lho.

Banyak orang mengatakan bahwa menyusui bisa menurunkan berat badan, namun sebenarnya berat badan pasca lahiran ditentukan oleh berbagai faktor juga, seperti banyaknya kenaikan berat badan selama hamil, berat badan sebelum kehamilan, kesehatan menyeluruh, pola makan dan asupan makan, serta tingkat aktivitas fisik. Jika ingin berat badan kembali ideal dan stabil di sana, perhatikan gaya hidup sehat dengan pola makan yang bergizi.