Demi Jaga Kesehatan, Abimana Aryasatya Hindari Nasi, Gula dan MSG

130

Dikenal sebagai aktor sekaligus produser, pastinya wajah Abimana Aryasatya tak asing lagi bagi pemirsa layar kaca tanah air. Sebagai seorang public figure, ia juga sangat menjaga penampilannya yang rupanya jadi tantangan tersendiri buatnya. Menjaga pola makan adalah salah satu caranya menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari Tempo, ia mengatakan kalau asupan makanan selalu dijaga dengan baik walau cukup ribet. Ia percaya bahwa keribetan dalam menjaga asupan makan ini juga demi kebaikannya. Sebagai seseorang yang aktif bekerja, ia perlu makan makanan yang baik supaya tubuh tetap sehat dan tidak gampang drop.

Beberapa rahasia dietnya dalam menjaga kesehatan tubuh sebenarnya juga cukup banyak diterapkan oleh orang lain. Berikut adalah beberapa kunci pola makan yang kiranya bisa juga kita tiru:

  • Menghindari makanan mengandung MSG atau penyedap rasa

Menurut Abimana, makan makanan yang kandungan penyedap rasanya tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang banyak dan beragam. Ia akui bahwa makanan dengan kandungan MSG itu menggoda memang, namun ia sengaja hindari demi kesehatan. Dan rupanya, ia sudah tidak konsumsi MSG selama tiga tahun terakhir.

  • Menghindari makanan bergula

Selain makanan ber-MSG, makanan-makanan manis alias makanan mengandung gula tinggi juga ia hindari untuk kesehatan. Ia kini punya kebiasaan tidak pakai gula saat membuat kopi serta teh di rumah. Ia mencoba mengendalikan diri di rumah karena ia cukup sering mendapat undangan ke berbagai acara yang suguhan makanannya benar-benar tak terkendali.

Dirinya mengakui bahwa tak suka menolak makanan dan minuman yang disajikan di acara-acara yang ia hadiri. Oleh sebab itu, ia lebih baik menghindari segala makanan dan minuman bergula tinggi di rumah. Meski begitu, ia tetap hanya mengonsumsi sedikit makanan/minuman manis saat di acara-acara tertentu karena kebanyakan juga tetap berbahaya untuk kesehatan.

  • Menghindari nasi

Mengonsumsi nasi pun sudah tidak dilakukan Abimana dan untuk asupan karbohidrat tetap terpenuhi, maka shirataki adalah andalannya saat ini. Shirataki adalah sebuah jenis mie yang berasal dari Jepang di mana popularitasnya makin meningkat karena memakannya bisa jadi cara menurunkan berat badan.

Shirataki sendiri pun berciri khas bening transparan berwarna putih yang bisa kenyal berasal dari umbi gajah 100 persen. Mirip sohun, umumnya shirataki ini bisa kita beli dalam keadaan basah maupun kering. Umumnya di Jepang, jenis mie satu ini kita bisa konsumsi melengkapi sukiyaki dengan merebusnya bersama soyu serta bahan lain.

Menurut Abimana, shirataki jauh lebih enak dan terjamin sehatnya bagi tubuh. Kandungan kalori di dalam mie ini pun hanya 30 kalori seporsinya. Rasanya yang seperti jelly juga menjadi hal yang ia suka dan menjadikan shirataki sebagai menu utama pengganti nasi.

Jadi, ingin coba cara menguruskan berat badan yang alami dan ingin menjaga kesehatan seperti Abimana Aryasatya? Jika tertarik, boleh coba untuk mulai sedikit-sedikit membatasi asupan nasi (gantilah dengan shirataki atau bahkan quinoa), membatasi asupan gula agar dapat menghindari juga bahaya makan manis, serta membatasi konsumsi makanan ber-MSG.