Sering Minum Air Putih ? Ini 7 Waktu Yang Tepat Untuk Mengonsumsinya

141

Air putih memang dapat memberikan kesehatan terutama untuk menjaga metabolisme tubuh dengan maksimal. Kekurangan air putih dapat menyebabkan barbagai penyakit seperti penyakit ginjal. Memang kekurangan air putih menjadi penyebab sakit ginjal yang harus diwaspadai.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, mari kita simak waktu yang tepat untuk mengosumsi air putih agar kamu memperoleh manfaatnya dengan maksimal, simak penjelasan berikut ini :

1. Pagi saat bangun tidur

Pagi hari ketika kamu bangun dari tidur mu usahakan jangan beraktivitas terlebih dahulu, ambilah satu atau dua gelas air putih dan konsumsilah air tersebut. Hal ini dapat membantu tubuh agar tidak mengalami dehidrasi atau kekruangna cairan dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi air putih dipagi hari dapat membantu untuk membakar metabolisme pada tubuh sehingga racun pada tubuh akan dapat dikeluarkan bersamaan dengan keringan, atau saat buang air kecil.

2. Sebelum mandi

Mengapa saat sebelum mandi dianjurkan untuk mengonsumsi air putih ? karena pada dasarnya air putih ini memiliki suhu yang menghangatkan secara alami pada tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi air putih saat sebellum mandi akan membantu melebarkan pembuluh darah. Hal ini akan membantu mengatasi tekanan darah tinggi karena dengan mengonsumsi air putih sebelum mandi akan membantu menurunkan tekanan darah.

Mengsonusmsi air putih sebelum mandi juga membantu untuk mencairkan tingkat natrium yang ada pada tubuh sehingga hal inilah yang membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh sehingga darah mejadi normal dan tidak menyebabkan hipertensi.

3. Setengah jam sebelum makan

Mengonsumsi air putih setengah jam sebelum makan ini akan membantu pencernaan dan mencegah terjadinya penyakit asam lambung. Selain buncis untuk diet hal ini juga menjadi salah satu hal yang baik untuk program diet, karena dengan mengonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum makan akan memudahkan perut untuk merasa kenyang.

Mengosnusmi air putih pada saat sebelum makan atau pada saat makan justru tidak baik karena kan mengaggu proses pencernaan makanan dalam tubuh.

4. Saat merasa lelah

Mengosnusmi air putih saat tubuh merasa lelah memang pilihan yang tepat, dengan mengonsumsi ait putih ini akan membantu untuk melancarkan kinerja otak sehingga menmbantu menghilangkan rasa lelah yang kamu rasakan saat itu.

Kekurangan cairan pada otak bahkan bukan hanya membuat mu merasa lelah, tetapi dapat membuat mu menjadi mengalami berbagai permasalahan seperti mudah depresi, mengalami gangguan tidur atau insomia, dan juga membuat mu sakit kepala dan beberapa penyakit lainnya.

5. Sebelum dan sesudah olahraga

Sebelum kamu melakukan olahraga dianjurakan untuk banyak mengonsumsi air putih, karena pada saat melakukan olahraga ini akan membutuhkan banyak cairan. Selain itu banyak mengonsumsi air putih juga dapat meningkatkan daya otot pada tubuh saat dan sesudah olahraga.

6. Sebelum tidur

Baik bangun tidur dan sebelum tidur kamu memang lebih dianjurkan untuk mengonsumsi air putih, mengsonsusmi sebelum tidur ini dapat membuat kamu mengisis kembali carian yang hilang karena segudang aktivitas mu di siang hari.

Dengan mengsonumsi air putih sebelu tidur pun dapat membantu tubuh untuk memproses pembuangan racun dalam tubuh pada saat kamu sedang tertidur lelap. Hal ini akan membentu kamu untuk merasakan tidur yang nyenyak.

7. Saat sedang sakit

Saat sedang sakit memang sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air mineral karena pada saat itu tubuh sedang membutuhkan banyak cairan untuk membantu memperbaiki daya tahan tubuh yang rusak. Sehingga mereka yang mengalami sakit dan banyak mengonsumsi air mineral cenderung lebih cepat sembuh ketimbang mereka yang jarang mengonsumsi air mineral.

Selain waktu waktu tersebut, sangat boleh mengonsumsi air putih. Hanya saja kamu perlu memahami kapan waktu-waktu yang justru dilarang mengonsumsi air putih seperti saat sedang makan.