Mudik Lebaran Jangan Lupa Bawa 7 Obat Ini Ya

242

Waktunya mudik lebaran telah tiba dan tentunya ada banyak persiapan yang perlu dilakukan. Tak hanya persiapan kesehatan fisik dan mental sebelum menempuh perjalanan mudik, persiapan amunisi obat juga tak kalah perlu. Menjaga kebugaran tubuh agar sampai tujuan dalam kondisi baik dan dapat berkumpul bersama keluarga tentu memerlukan beberapa obat ini karena siapa tahu dibutuhkan selama perjalanan.

  1. Obat Mual

Mual adalah salah satu tanda mabuk perjalanan yang paling sering dialami bukan? Jika Anda menyadari bahwa memiliki kondisi ini tiap kali menempuh perjalanan jauh, entah itu saat naik mobil, kereta, pesawat ataupun kapal laut, selalu sedia obat mual ya.

Bahkan jauh lebih dianjurkan lagi untuk menyiapkan dua jenis obat mual, obat mual untuk lambung apabila Anda punya gangguan pencernaan pada lambung seperti penyakit asam lambung atau sakit maag misalnya, serta obat khusus mabuk perjalanan. Kedua jenis obat ini harus selalu dibawa supaya perjalanan tetap aman dan nyaman.

  1. Obat Alergi Debu

Bagi para penderita alergi, khususnya alergi debu, perjalanan mudik mungkin bisa-bisa terasa begitu tak nyaman apalagi jika berada di jalan yang begitu kotor, berpolusi dan juga panas atau bahkan berangin kencang. Obat anti alergi perlu selalu tersedia di dalam tas karena obat ini bisa meredakan gejala alergi debu saat tubuh sudah mulai mengeluarkan reaksi terhadap udara kotor.

  1. Obat Sakit Kepala

Mudik saat masih berpuasa itu rentan memicu sakit kepala alias pusing. Bahkan ketika mudik tidak sedang puasa saja kerap membuat para pemudik pusing karena kepanasan, hiruk pikuk suasana mudik atau mabuk perjalanan. Jadi, siapkan juga obat sakit kepalanya ya di tas.

  1. Obat Diare

Karena salah makan atau bahkan keracunan makanan yang dibeli di luar saat mudik, diare bisa saja terjadi. Tingkat kebersihan makanan yang kita beli selama perjalanan mudik tak bisa kita jamin, jadi sedia obat diare ya, dan imbangi dengan mencukupi kebutuhan asupan cairan berupa air putih.

  1. Obat Lambung

Selama mudik lebaran, mungkin akan jauh lebih sulit untuk menjaga asupan makanan karena banyaknya pilihan makanan yang mengandung lemak jenuh, santan dan minyak. Inilah yang seringkali memicu penyakit lambung untuk kambuh. Jadi, siapkan juga obat lambung yang biasanya dikonsumsi setiap sebelum makan.

  1. Obat Pilek

Saat berangkat mudik tidak dalam kondisi bugar, daya tahan tubuh sedang melemah, maka yang ada penyakit seperti flu mudah menyerang. Belum lagi adanya risiko tertular penyakit flu atau pilek dari orang-orang di sekitar kita di tempat ramai seperti di transportasi umum, terminal, stasiun, dan tempat umum lainnya; oleh karena itu, menyiapkan obat flu juga penting.

  1. Obat Demam

Pilek hingga radang tenggorokan tak jauh-jauh dari yang namanya demam juga, khususnya jika mudik bawa anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih belum terlalu kuat. Oleh karena itu, sedia obat demam juga sama pentingnya dengan persiapan obat-obat lain yang telah disebutkan. Parasetamol bisa disiapkan karena selain bisa jadi penurun demam, obat ini siap menjadi solusi nyeri pada sendi maupun rasa pusing.

Itu dia sederet obat wajib bawa selama mudik lebaran agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Jangan lupa juga sedia masker supaya tidak mudah tertular penyakit di tempat umum. Minyak kayu putih adalah bawaan wajib lainnya yang jangan sampai ketinggalan ya, agar bisa dioles ke bagian tubuh yang terasa tak enak, termasuk sebagai solusi masuk angin.