30 Khasiat Daun Mimba untuk Kesehatan

Daun MimbaDaun mimba merupakan salah satu jenis tanaman yang tak boleh disepelekan karena daun ini memberikan segudang khasiat bagi kesehatan. Daun dari tanaman yang masih berada dalam golongan tanaman obat ini diketahui berasal dari India, walaupun masih dugaan. Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung karena dapat ditanami tanaman menyehatkan ini.

Tanaman mimba sendiri dapat hidup dan tumbuh dengan sempurna bahkan di daerah yang kekurangan air alias gersang. Hebatnya, tanaman ini bisa bertahan seperti itu dengan cara menggugurkan daunnya sendiri saat kemarau tiba. Itulah mengapa, tanaman ini mampu membuat proses penguapan terminimalisir. Lalu, apa saja segudang khasiat daun mimba yang dimaksud?

Baca juga:

  1. Mengobati dan Mencegah Malaria

Malaria tentu bukan penyakit asing lagi bagi kita dan penyakit akibat gigitan nyamuk ini juga bisa berbahaya bagi penderitanya. Untuk menyembuhkan malaria, pengobatan bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun mimba dan bahkan penggunaannya akan dapat mencegah juga malaria untuk kambuh. Air rebusan daun mimba atau konsumsi langsung sangat dianjurkan.

  1. Menurunkan Panas Demam

Ketika mengalami demam, daun mimba juga bisa menyembuhkan, apapun penyebab demam yang menyerang. Ada kandungan senyawa alami yang mampu menurunkan panas demam bagi anak maupun orang dewasa. Daun mimba sangat terkenal mampu menurunkan suhu tubuh tinggi bahkan sudah sedari zaman Hippocrates.

  1. Sebagai Anti Kanker

Daun mimba dapat juga dimanfaatkan sebagai anti-kanker dan rupanya, justru daun mimba inilah yang pertama kali dianggap sebagai daun anti kanker. Kanker biasanya selalu disebabkan oleh radikal bebas, maka sebagai penangkal radikal bebas yang ada pada tubuh kita, daun mimba ini sangat baik untuk dikonsumsi secara langsung atau melalui air rebusannya.

(Baca juga: khasiat ginkgo bilobakhasiat ikan gabuskhasiat air rebusan serai)

  1. Mencegah Inflamasi

Peradangan atau inflamasi dapat dialami oleh siapapun yang biasanya terjadi karena adanya serangan virus, bakteri dan mikroorganisme sejenisnya. Karena daun mimba memiliki sifat anti-inflamasi, sejumlah kondisi peradangan akan mampu untuk diatasi dengan baik dan secara alami tanpa efek samping berbahaya. Sifat kesehatan inilah yang diunggulkan dan mengonsumsinya adalah jalan terbaik.

  1. Mengobati Eksim

Tahukah Anda bahwa daun mimba sangat efektif untuk mengobati jenis penyakit kulit semacam eksim? Cukup sediakan saja daun mimba 2 tangkai dan bersihkan sebelum akhirnya dihaluskan. Campurkanlah bersama kapur sirih secukupnya lalu terapkan ke kulit yang terserang eksim secara merata. Lakukan sehari 2 kali supaya eksim cepat hilang.

  1. Mengobati Disentri

Disentri dapat menyerang siapapun dan untuk menyembuhkannya, pakailah segenggam daun mimba berikut ditambah dengan kulit mimba 2 jari dan potong-potonglah kecil-kecil, lalu rebus bersama 600 ml air. Didihkan hingga akhirnya warna berubah, baru diangkat dan tunggu dingin. Saring dulu dan minumlah sehari 2 kali dengan takaran 150 ml.

Baca juga:

  1. Sebagai Antibakteri

Daun mimba adalah daun herbal karena khasiat lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah sifat antibakterinya. Dengan memanfaatkan daun mimba, segala kondisi kesehatan akibat bakteri akan ditangkal karena fungsi utama dari daun ini merupakan penangkal bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.


  1. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes atau gula darah tinggi atau kencing manis ini termasuk di dalam jenis penyakit kronis yang telah merenggut nyawa banyak orang. Sebelum gejala diabetes menjadi serius dan sulit diobati, pakai daun ini dan rebuslah di mana airnya bisa digunakan untuk mengendalikan kadar gula darah. Jaga agar kadar gula tetap stabil supaya Anda tak terkena diabetes.

  1. Memperlancar Aliran Darah

Daun ajaib memang, karena daun mimba pun sanggup menjadi pelancar aliran darah. Ada banyak akibat buruk dan serius ketika terjadi penyumbatan darah di dalam tubuh. Jenis-jenis penyakit jantung hingga stroke rata-rata terjadi dikarenakan penyumbatan aliran darah, maka gunakan daun ini dan konsumsilah rutin.

(Baca juga: khasiat daun beluntas efek samping kolagen efek samping buah sukun)

  1. Mengobati Diare

Karena mampu mengobati disentri, maka tak heran kalau daun ini pun bermanfaat besar dalam mengatasi masalah diare. Jika Anda terkena gangguan pencernaan berupa diare, cobalah membuat ramuan herbal dari daun mimba dengan memanfaatkan resep yang mirip seperti cara mengobati disentri.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Mungkin Anda adalah seseorang yang sulit makan banyak karena tak terlalu berselera? Untuk meningkatkan nafsu makan, bukan hanya temulawak yang bisa dimanfaatkan, melainkan daun mimba yang direbus, airnya bisa dikonsumsi rutin agar nafsu makan bisa meningkat secara alami. Dengan demikian, bersiaplah juga untuk menaikkan berat badan.

  1. Mengobati Cacingan

Di dalam daun mimba, ada kandungan biokimia seperti flavonoid, glokosida serta triterpenoid yang mampu mengatasi masalah cacingan pada anak. Jadi, daun mimba bukan hanya aman digunakan oleh orang dewasa, melainkan juga efektif untuk mengatasi masalah kesehatan pada anak. Jadikan daun ini jamu untuk mengobati cacingan.

Baca juga:

  1. Mengatasi Masuk Angin

Daun mimba sangatlah berguna di kala Anda masuk angin. Manfaatkan beberapa lembar daun mimba dengan menjemurnya lebih dulu sampai kering. Setelah kering, rebuslah bersama rimpang jahe dan didihkan selama beberapa menit. Ketika matang, saringlah lebih dulu barulah diminum selagi hangat secara rutin hingga masuk angin hilang.

  1. Membersihkan Luka

Daun mimba tak hanya berkhasiat untuk kesehatan organ dalam tubuh kita. Bahkan ketika terjadi luka luar, Anda bisa menggunakan daun ini sebagai pembersihnya. Air rebusannya bisa Anda pakai untuk mencuci luka memar atau gores. Karena adanya sifat antibakterilah, jadi luka akan cepat sembuh tanpa khawatir efek samping berbahaya.

  1. Mengobati Psoriasis

Untuk penderita psoriasis, jangan takut karena daun mimba bisa digunakan sebagai obat alami. Daunnya yang telah dibuat bubuk bisa dicampurkan dengan yogurt, susu, serta bubuk mawar hingga akhirnya campuran menjadi pasta halus. Terapkan ke kulit dan tinggalkan di sana 15 menit sebelum dibasuh menggunakan air biasa.

(Baca juga: khasiat kulit manggis khasiat daun afrika efek samping daun kersen)

Khasiat Lainnya dari Daun Mimba

Selain dari khasiat-khasiat yang telah disebutkan, masih ada banyak lagi khasiat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Meredakan nyeri
  • Mengobati rematik
  • Mengobati hepatitis
  • Mengatasi ketombe
  • Mengurangi masalah pigmentasi
  • Mengobati jerawat
  • Mengatasi penyakit maag
  • Mengobati asam lambung
  • Mencegah infeksi
  • Mengobati kudis
  • Mengobati panu
  • Mengobati kurap
  • Membantu program KB dengan membunuh sel sperma dan mencegah pembuahan tak terjadi.
  • Mencegah penyakit kardiovaskular
  • Mengobati pembengkakan

Baca juga:

Itulah serangkaian khasiat daun mimba yang ampuh dan efektif untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan mulai dari masalah kesehatan kulit hingga organ dalam Anda. Kiranya Anda bisa merasakan sendiri khasiat dari daun mimba yang ajaib tersebut untuk kesehatan Anda dan keluarga.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal