10 Penyebab Pankreatitis Wajib Diketahui

Penyebab pankreatitis adalah karena adanya peradangan pada pankreas yang disebabkan pelepasan cairan pencernaan yang datang terlalu aktif atau cepat. Pankreas merupakan organ kecil yang letaknya berada dibalik organ pencernaan lambung dan tepat dibawah barisan tulang iga yang bertanggung jawab memproduksi enzim yang bertujuan menghancurkan dan mencerna nutrisi yang ada dalam makanan yang telah kita konsumsi misalnya protein, Lemak, Gula, Karbohidrat dan sebagainya. (Baca Juga: Cara Menurunkan Asam Lambung , Makanan yang Rendah Karbohidrat)

Penyebab Pankreatitis

Faktor yang menyebabkan munculnya penyakit pankreatitis

  1. Peningkatan berat badan yang terlalu aktif sehingga menyebabkan obesitas
  2. Kebiasaan minum minuman yang beralkohol
  3. Merokok berlebihan dan jangka panjang
  4. Adanya infeksi virus dan parasitt dipankreas akibat makanan yang terkontiminasi radikal bebas
  5. Penggunaan obat obatan tertentu misalnya antibiotik tertentu dan akibat terapi hormon estrogen
  6. Kerusakan yang terjadi pada pankreas pasca pembedahan (operasi)
  7. Memiliki batu empedu dan fibrosus kistik yang mebnahun
  8. Jumlah zat kalsium dalam darah yang terlalu berlebihan
  9. Adanya sel kanker pada organ pankreas
  10. Faktor keturunan

(Baca Juga: Obat Herbal Batu Empedu , Cara Mengobati Batu Empedu)

Gejala Pankreatitis

Ada beberapa gejala munculnya penyakit pankreatitis yang mudah dikenali pada diri sendiri atau orang lain

  • Nyeri dan melilit pada perut bagian atas dimana rasa sakitnya bisa melebar kearah punggung dan bagian tulang belikat
  • Terserang meriang terus menerus dan demam yang bisa timbul tenggelam pada kondisi pankreas yang sudah parah
  • Mual mual dan muntah sehingga nafsu makan semakin berkurang
  • Terserang mencret mencret atau diare
  • Putih mata dan permukaan kulit berubah warna menjadi pucat kekuningan

(Baca Juga: Penyebab Diare Berkepanjangan , Penyebab Perut Melilit dan Mencret)

Pencegahan Pankreatitis

  • Mengurangi atau lebih baik menghindari minuman yang mengandung alkohol serta buah buahan dan sayuran yang mengandung kadar alkohol dan gas misalnya durian, Anggur , Brokoli dan lain lain. Alkohol adalah penyebab pankreatitis yang paling sering dialami oleh orang dewasa dan para lanjut usia. (Baca Juga: Jenis Minuman Beralkohol )
  • Menjauhi segala makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat misalnya junk food atau makanan yang dibakar/panggang. Hal ini bertujuan agar kesehatan batu empedu tetap terjaga, Misalnya hindari daging berlemak, Gorengan, dan mentega yang berpotensi menjadi penyebab pankreatitis. (Baca Juga: Perbedaan Asam Lemak Jenuh dan Tak Jenuh)
  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi setiap hari seacra rutin dan konsisten misalnya sayuran hijau yang tidak mengandung gas misalnya bayam, Seledri dan lain lain serta jenis biji bijian . Serat tinggi dapat menyehatkan pencernaan dan otomatis dapat meningkatkan kinerja pankreas dan mencegah munculnya penyebab pankreatitis relatif lebih cepat. (Baca Juga: Makanan yang Mengandung Serat Tinggi)

Pengobatan Tradisional Pankreatitis

  1. Mengkudu tua

Buah mengkudu adalah buah yang dikenal sebagai raja penyembuh penyakit penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes. Tetapi Mengkudu tua juga terbukti dapat mengobati peradangan penyebab pankreatitis. Mengkudu mengandung senyawa proseronin yang ammpu memperbaiki kerusakan organ pankreas yang menagalami peradangan, Meregenerasi dan revitalisasi sel sel yang menjadi penyusun, Pengatur dan pengontrol organ pankreas, Sehingga sel sel beta pada organ pankreas dan hormon insulin dapat stabil dan dalam kondisi terbaiknya. Buatlah mengkudu menjadi jus sehat untuk minuman sehari hari yang bisa diminum tidak lebih dari 2 gelas perharinya, Karena jika mengkonsumsi secara berlebihan maka efek samping mengkudu bagi kesehatan salah satunya adalah menggagalkan proses penghambatan sel sel kanker dan peradangan pada pankreas. Minumlah sesuai aturan agar pankreas tetap sehat dan terhindar dari kanker serta peradangan akibat serangan virus dan parasit hasil dari makanan yang tidak sehat. (Baca Juga: Contoh Lemak Jenuh pada Makanan , Gangguan Kelenjar Pankreas)

Zat proseronin pada mengkudu tua memiliki keistimewaan mengobati peradangan dan memblokir pertumbuhan sel sel abnormal yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker termasuk didalam pankreas. Tak heran jika buah mengkudu terkenal sebagai obat anti kanker dimana kinerjanya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pankreas. (Baca Juga: Bahaya Buah Mengkudu)

  1. Kulit manggis

Kulit manggis salah satu obat tradisional kaya manfaat untuk mengobati kelainan pada pankreas akibat peradangan yang disebabkan radikal bebas dan zat zat kimia pada obat obatan tertentu. Salah satu khasiat Kulit manggis bagi kesehatan adalah karena kulit manggis kaya akan zat xanthone yang mampu mengurangi peradangan dan pelebaran luka pada dinding pankreas penyebab pankreatitis atau pada pankreas yang sedang mengalami pembengkakan.

Kulit manggis dapat direbus dengan takaran air sebanyak 3 gelas sampai mendidih dan tinggalkan air menjadi satu gelas saja, Dinginkan kemudian saring airnya. Minumlah air rebusan kulit manggis 2 kali sehari setiap hari agar peradangan dipankreas tetap sembuh dan bagi yang memiliki pankreas masih sehat maka ramuan kulit manggis tersebut dapat menjaga kesehatan organ pankreas tetap pada kondisi yang stabil. (Baca Juga: Penyebab Pankreas Rusak , Efek Kelebihan dan Kekurangan Hormon)

  1. Daun sukun

Daun sukun terbukti mampu memperbaiki sel sel beta pankreas menjadi lebih muda dan sehat serta menstabilkan kadar gula darah, Karena gula berlebihan dalam tubuh berpotensi menyebabkan peradangan pada pankreas. Daun sukun dapat direbus hingga mendidih dengan takaran air 3 gelas saja , Gunakan airnya untuk diminum 2 kali sehari agar peradangan pada pankreas mudah disembuhkan atau bisa mencegah peradangan yang masih ringan menjadi mudah untuk disembuhkan. (Baca Juga: Efek Samping Buah Sukun , Cara Menurunkan Gula Darah)

  1. Gandum utuh

Gandum utuh pada roti sangat baik dikonsumsi setiao hari untuk menjaga kesehatan organ pankreas dan menstabilkan enzim enzim didalam pencernaan. Jika pencernaan sehata maka kinerja pankreas akan ikut menjadi sehat pula.Serat pada gandum utuh dapat membantu memperkuat kelenjar pankreas dari serangan virus dan meningkatkan fungsi pankreas serta mengurangi peradangan jika memang telah terdiaknosa mengalami iritasi. (Baca Juga: Cara Mencegah Mata Kuning , Virus Hepatitis B)

  1. Daun sirsak

Daun sirsak memiliki senyawa bernama acetogenins yang memiliki zat anti tumor sangat tinggi dan jika digabungkan dengan benalu teh yaitu dengan cara direbus untuk kemudian airnya dikonsumsi 2 kali sehari secara teratur maka khasiatnya adalah dapat menyembuhkan pembengkakan pada pankreas yang sedang mengalami inflamasi serta melawan pertumbuhan sel kanker pada pankreas bahkan menghancurkan sel abnormal didalam DNA sehingga mencegah munculnya kanker lebih dini. Daun sirsak terbukti manjur mengobati inflamasi penyebab pankreatitis. (Baca Juga: Efek Samping Daun Sirsak)