9 Obat Herbal Batu Empedu Paling Ampuh

Gejala Batu empedu merupakan penyakit yang menyerang bagian kantong empedu dan tentu hal ini membawa bahaya batu empedu. Hal tersebut disebabkan karena cairan empedu mengalami kristaisasi yang terjadi karena infeksi kuman yang terdapat pada saluran pencernaan. Didalam cairan empedu biasanya terdapat cairan empedu yang berwarna kuning agak kehijauan biasanya cairan tersebut berbentuk seperti lendir. Batu empedu dapat disebabkan karena beberapa faktor tertentu banyak penyebab batu empedu. Namun ada beberapa tanaman tanaman atau obat obatan herbal yang terdapat disekeliling kita yang dapat digunakan sebagai salah satu obat herbal dalam mengatasi batu empedu. Dengan menggunakan pengobatan herbal menggunakan tanaman herbal atau obat obatan herbal akan lebih aman dan tidak menyebabkan efek samping pada tubuh dimasa yang akan datang. Sebelum membahas beberapa obat herbal yang ampuh digunakan untuk mengobati batu empedu alangkah lebih baik jika kita mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya batu empedu.

Faktor Penyebab Penyakit Batu Empedu

  1. Terlalu banyaknya kandungan bilirubin yang terdapat pada empedu. Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan sel darah merah pada tubuh. Kelebihan bilirubn merupakan salah satu penyebab terjadinya pembentukan kristal yang ada pada empedu. (Baca juga: Bahaya Akibat Kelebihan Bilirubin)
  2. Kolestrol yang teralu tinggi juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit batu empedu. Dengan produksi kolestrol yang berlebih dapat memicu terjadinya pembentukan kristal pada empedu. (Baca Juga: Obat Herbal Untuk Kolesterol)

Obat Herbal Batu Empedu

  1. Daun sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang juga dapat digunakan untuk mengobati batu empedu. Daun sirsak selain digunakan sebagai obat kesehatan juga dapat digunakan sebagai tanaman untuk kecantikan. Daun sirsak memiliki beberapa kandungan senyawa yang dapat membantu menghancuran batu empedu. Senyawa senywa tersebut diantaranya annocatacin, annonacin, annomuricin, anonol, anomurine, caclaurine, acetogeninis, gentisic acid dan muricapentocin. Cara menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal batu empedu sangatlah mudah cukup dengan merebus daun sirsak secukupnya setelah itu konsumsi daun sirsak saat hangat.

Baca Juga:

  1. Temulawak

Temulawak juga memiliki khasiat yang baik untuk menghancurkan batu empedu, selain itu temulawak juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menambah nafsu makan dan juga menambah berat badan. Sebab kandungan yang ada ditemulawak yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Temulawak merupakan tanaman herba yang dapat digunakan sebagai obat herba batu empedu karena memiliki kandungan senyawa yang berupa minyak atsiri, glukosida, kurkumin, protein dan juga karbohidrat jadi sangatlah efektif untuk membghancurkan batu empedu yang ada pada empedu kita.

  1. Mengkudu

Selain daun sirsak dan juga temulawak mengkudu juga merupakan salah satu tanamna herbalyangdapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit batu empedu.  Buah menggkudu merupakan salah satu buah yang sudah lama dipercaya untuk mengobati batu empedu.

Baca Juga:

  1. Biji mahoni

Selain untuk mengobati pembengkakan biji mahoni dapat digunakan sebgai obat herbal penghancur empedu. Biji mahoni memang memmiliki begiu banyak manfaat untuk kesehatan pada tubuh kita. Penggunaan biji mahoni untuk mengobati penyakit batu empedu sangatlah mudah yaitu dengan cara menghancurkan beberapa butir biji mahoni yang sudah kering, yang sudah jatuh sendiri dari pohonnya lalu konsumsilah dua hari sekali. Dengan mengkonsumsi 2 biji perhari akan mempermudah dalam mengatasi penyakit batu empedu.

  1. Kulit manggis

Manggis adalah buah yang sangat populer dan banyak disukai baik dikalangan muda atau tua. Seain cita rasa buah manggis yang lezat dan nikmat ternyata kulit manggis juga dapat digunakan sebagai kecantikan dan juga kesehatan pada tubuh kita. Kulit manggis merupakan salah sat tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menghancurkan batu empedu. Didalam kuit manggis memiliki beberapa kandungan senyawa yaitu beta magostin, magostanol, flavonoid, mangostenon B, xanthon, mangastenon A alfamagostin, dll

Baca juga:

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengobati batu empedu, selain itu minyak zaitun juga dapat digunakan untuk kecantikan. Minyak zaitun sebagai obat batuk empedu adalah dengan langkah langkah sebagai berikut. Siapkan teh yang sudah ditambahkan dengan perasan jeruk nipis kemudian tambahkan beberapa sendok minyak zaitun, konsumsi ramuan tersebut secara teratur agar batu empedu segera teratasi.

  1. Buah apel

Buah apel adalah buah yang sudah sangat umum dimasyarakat, buah apel juga sangat mudah ditemukan dipasar pasar atau supermarket.  Berdasarkan beberapa riset dengan cara mengkonsumsi apael sehari hari dapat mengeluarkan penyakit batu empedu melelui pencernaan. Untuk mengobati  batu empedu dengan apel, dapat mengkonsumsi apel jenis apa saja tapi dianjurkan untuk mengkonsumsi apael tidak dengan kulitnya, karenan dikhawatirkan kuit pada apel mengandung lilin atau pestisida.

Baca Juga:

  1. Pule pandak

Pule pandak merupakan salah satu tanaman obat yang sangat mudah didapatkan. Dan memiliki berbagai khasiat yang ada didalamnya, pule pandak merupakan tanaman obat yang efektif dan manjur untuk digunakan sebagai obat penghancur batu empedu. Dan pule pandak juga merupakan tanaman yang memiliki fungsi untuk menetrakan racun dan mampu menambah peningkatan kinerja organ hati yang memiliki fungsi utama sebagai penetral racun dalam tubuh.

  1. Buah bit

Tidak banyak seseorang yang tau akan bahan pangan yang satu ini. bahan pangan yang satu ini memang kurang familiar, ha ini disebabkan karena makanan ini memang kurang disukai oleh orang. Padahal buah bit memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai penghancur batu empedu, dan juga memiliki banyak manfaat terutama pada sistem pencernaan. Buah bit dapat diolah menjadi beberapa varian makanan. Biasanya dijadikan sebagai saus, agar agar, jus dan juga selai. Selain untuk batu empedu buah bit juga baik digunakan untuk menyembuhkan penyakit hipertensi dan juga membunuh sel kanker. (baca juga: Pengobatan Batu Empedu , Obat Hipertensi)

Cara Mencegah Batu Empedu

  1. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup dapat mengurangi terjadinya batu empedu, sebab dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat memperlancar metaboisme tubuh dan mengeluarkan toksin racun pada tubuh, sehingga datu empedu dapat terhindar. Selain untuk menghindari penyakit batu empedu minum air putih minimal 8 gelas sahari juga dapat merawat kecantikan pada kulit dan menyehatkan anggota tubuh yang lain. (baca juga: Terapi Air Putih , Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih)

  1. Menggunakan garam inggris

Cara mencegah batu empedu dengan mengkonsumsi garam inggris sangatlah mudah, yaitu dengan cara menyeduh garam inggris pada satu gelas air lau minumah. Untuk hasil yang maksimal dan batu empedu cepat hiang lakukan hal tersebut secara rutin dan teratur. (Baca Juga: Bahaya Akibat Kelebihan Garam)


  1. Mengkonsumsi makanan yang berserat

Untuk mencegah terjadinya batu empedu, disarankan untuk mengkonsumsi makanan makanan yang berseratseperti  buah pepaya ataupun gandum, buah pepaya selain memiliki serat yang banyak juga dapat digunakan sebagai kecantikan kulit tubuh, banyak sekali manfaat buah pepaya baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. (baca juga: akibat kelebihan serat)

  1. Berolahraga secara teratur

Berolah raga secara teratur memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita bahkan olahraga untuk diet pun bisa, tidak hanya untuk menghindari penyakit batu empedu, tapi dengan olah raga secara rutin dan teratur dapat mengurangi resiko resiko penyakit lainnya. Dengan berolahraga dengan baik dan secara teratur dapat membakat berbagai kalori yang ada ditubuh kita sehingga mengurangi resiko terjadinya batu empedu. Selain itu dengan berolahraga juga dapat mengeluarkan toksin racun yang dikeluarkan lewat keringat setelah kita selesai berolahraga. Dengan rajin berolah raga secara teratur dan baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita, dan melindungi kita dari terserangnya berbagai penyakit. (baca juga: Dampak Negatif Tidak Pernah Berolahraga)

  1. Menjaga pola makan

Untuk seseorang yang menderit penyakit batu empedu sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan. Untuk seorang yang menderita penyakit batu empedu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan makanan yang berkolestro dan tinggi akan emak. Selain itu penderita batu empedu jugadianjurkan untuk mengkonsumsi makanan makanan yang memeliki serat.  Mengkonsumsi buah buahan yang mengandung banyak serat juga sangat dianjurkan untuk penderita batu empedu. Ada beberapa makanan yang sehat bagi penderita batu empedu yang perlu kamu ketahui agar batu empedu dapat segera teratasi.

Selain dari obat yang dibahas di atas, batu empedu juga dapat diselesaikan dengan operasi batu empedu,

, , , , , , ,
Post Date: Friday 27th, January 2017 / 07:44 Oleh :
Kategori : Batu Empedu