Home Tips KesehatanKesehatan Pencernaan 15 Pengobatan Batu Empedu Secara Alami Paling Ampuh

15 Pengobatan Batu Empedu Secara Alami Paling Ampuh

by Lia Yuliana

Batu empedu, apasih sebenarnya batu empedu itu, apakah bau yang berada dalam empedu, atau apa ? baik disini akan dijelaskan pertama-tama mengenai apa itu batu empedu. Sebelum itu ketahuilah dulu apa itu empedu. Empdu merupakan cairan yang berada dalam kantong empedu. Empedu berperan penting dalam pencernaan lemak. Cairan empdu ini lama kelamaan akan mengeras dan akhirnya akan menjadi batu empedu. Pada dasarnya ukuran dari batu empedu ini sangat bermacam-macam, bisa kecil bisa pula besar. Kecil seperti pasir dan besar seperti sebuah batu kerikil. Jumlah dalam empedu pun berbagai macam, bisa sedikit bisa pula sangat banyak. Batu empedu ini dapat terjadi bila terdapat banyak kolesterol dan banyaknya senyawa kimia yang ada pada empedu tersebut, kolesterol dan senyawa kimia itu mengeras dan akhirnya berubah menjadi batu empedu. Banyak sekali penyebab terjadinya batu empedu, seperti faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya empedu.

Faktor yang Meningkatkan Batu Empedu

  1. Faktor usia

Pada usia ini kolesterol biasanya semakin banyak, sehingga seorang akan semakin mudah untuk terserang empedu.  Selain itu orang yang berusia 40 tahun biasanya lebih sering terkena batu empedu ketimbang orang yang masih muda belia. Karena kolesterol dan zat kimia yang dikonsumsi orang yang sudah tua akan semakin banyak ketimbang orang yang masih muda. Itulah sebabnya mengapa orang tua lebih mudah terserang batu empedu

  1. Jenis kelamin

Ternyata jenis kelamin pun mempengharuhi seorang yang terkena penyakit batu empedu. Untuk wanita akan lebih mudah terserang penyakit batu empedu ini, sedangkan untuk pria sangat jarang dari pada wanita, bila dibandingkan perbandingan antara wanita dan pria adalah 2 : 1 dimana wanita 2 kali lebih beresiko terserang batu empedu.

  1. Melahirkan

Ternyata setelah melahirkan akan lebih sering terkena batu empedu karena kadar kolesterol semakin tinggi kadar kolesterol ini tinggi dikarenakan perubahan hormon yang dialami wanita selama masa kehamilan

  1. Berat badan

Tidak hanya itu berat badan pun mempengharuhi terjadinya gumpalan batu empedu, orang yang memiliki berat badan yang lebih gemuk biasanya memiliki kandungan kolesterol yang lebih banyak sehingga menyebabkan seorang yang gemuk memiliki daya yang lebih mudah terserang batu empedu.

Pengobatan

Bila sangat banyak faktor yang menyebakan resiko batu empedu justru akan banyak pula faktor yang dapat digunakan untuk mengobati batu empedu. Ada beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengobati batu empedu. Diantaranya adalah

  1. Operasi pengangkatan kantong empedu

Meskipun empedu memiliki fungsi yang juga penting, namun bila sudah banyak kantong empedu tertutupi oleh batu empedu akan menyebabkan empedu tidak berfugsi dengan normal, padahal empedu memiliki fungsi untuk mengatur dan membantu proses pencernaan. Karena adanya cairan dari kantong empedu itu sendiri. Namun bila memang tidak dapat ditahan lagi lebih baik mellakukan pengangkatan kantong empedu.

Karena kantong empedu ini meskipun sudah diangkan tidak terllalu berbahaya. Meskipun memiliki fungsi mengeluarkan cairan empedu. Namun masih ada hati yang membantu mengeluarkan cairan empedu sehingga akan membantu dalam melakukan pencernaan lemak.

Beda halnya bila sudah terserang penyakit pada hati. Ini akan lebih berbahaya. Penyakit hati salah satunya adalah liver, bahaya penyakit liver ini perlu diwaspadai dengan mengetahui gejala awal liver sehingga jika sudah menetahui hal tersebut dapat mengetahui pula bagaimana mengatasinya. Terutama mengatasi liver menggunakan kopi. Kopi bagi penderita liver dapat memberikan kebaikan pada hati sehingga hal ini dapat menjadi cara mencegah kerusakan hati

  1. Memanfaatkan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E  yang baik untuk kulit, namun ternyata minyak zaitun ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan batu empedu. Cara tersebut sangatlah mudah, hanya perlu menyiapkan teh beserta dengan persan jeruk nipis kemudian dicampurkan minyak zaitun. Minyak zaitun ini tentu bukan minyak zaitun yang sudah  ada campuran kosmetiknya, namun minyak zaitun yang masih murni. Minyak ini bisa ditemuai dimana saja meskipun tidak disemua tempat. Minyak zaitun murni dapat anda temuai di supermarket atau toko sayuran.

  1. Dengan apel

Buah apel selain baik untuk kesehatan kulit ia juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dan juga kesehatan kulit serta lainnya termasuk bermanfaat pula untuk digunakan sebagai obat batu empedu. Cara menggunakan buah apel ini sangatlah mudah hanya perlu mengkonsumsi buah apel sehari-hari. Buah apel yang dikonsumsi ini akan membantu  menghilangkan batu empedu.

  1. Konsumsi air putih

Air putih berfungsi untuk berbagai macam diantaranya adalah dapat digunakan untuk terapi air putih begitu pula untuk terapi air putih. Mengkonsumsi air putih manimal 8 gelas setiap harinya dapat membantu menyembuhkan dan dapat menghindari empedu muncul dari batu empedu. Selain itu air putih juga dapat memperlancar metabolisme tubuh pada tubuh anda sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan lebih sehat lagi. bahkan dengan mengkonsumsi air putih dapat membuang racun pada tubuh lebih cepat entah itu dengan mengeluarkan keringat atau dengan buang air kecil.

  1. Dengan menggunakan garam inggirs

Garam inggris ini dapat digunakan pula untuk membantu menghancurkan batu pada empedu. Penggunaan garam inggiris ini sangatlah mudah hanya perlu untuk menyeduh garam pada gelas air kemudian diminum setiap hari. Selain itu harus mengkonsumsi sayuran sudah banyak sayuran yang dapat digunakan untuk mengobati setiap penyakit baik itu sayuran untuk diabetes ataupun untuk mengobati batuk dan mengobati asma.

  1. Melakukan olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur akan membantu memulihkan metabolisme tubuh, metabolisme tubuh yang baik akan membantu untuk menyembuhkan penyakit empedu. Selain itu olahraga secara teratur akan membantu membakar kalori pada badan sehingga tidak akan terjadi banyaknya kolesterol. Selain itu olahraga pun akan membantu mengeluarkan racun pada badan melalui keringat dan juga dapat membuat badan menjadi lebih sehat dan stamina akan bertambah lebih baik lagi.

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat

makanan kaya serat akan membantu untuk memperlancar proses pencernaan begitu pula proses pencernaan pada lemak, dengan adanya serat dan konsumsi minum yang cukup akan membantu metabolisme terjaga sehingga tubuh juga terjaga, ketika tubuh terjaga maka akan jarang terkana batu empedu. Beda halnya dengan orang yang memiliki serat yang sangat sedikit. Akibat kurang serat sangat berbahaya baik itu bagi penceranaan ataupun bagi metabolisme tubuh itu sendiri.

  1. Menjaga pola makan

Pola makan yang baik akan membantu untuk mengatur proses pencernaan lemak termasuk pula untuk mengatur empedu agar tidak banyak kolesterol yang ada pada empedu sehingga tidak menyebabkan batu empedu. Pola makan yang baik tidak hanya melindungi empedu saja tetapi ia juga melindungi berbagai macam organ tubuh dan membuat tubuh lebih fit dan sehat lagi. menjaga pola makan itu artinya mengurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak yang sangat tinggi, karena kolesterol dan lemak itu akan menyebabkan batu empedu akan mulai bermunculan.

Itulah beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati batu empedu dan ada pencegahan yaitu mencegah makanan yang mengandung banyak kolesterol karena makanna yang mengandung banyak kolesterol itu akan mempercepat proses pembentukan batu empedu dimana ketika batu empedu itu menyubat kantong empedu akan berbahaya. Dan harus melakukan operasi pengangkatan batu empedu.  Selain obat diatas salah satu obat lain adalah melakukan pengetahuan mengenai gejala batu empedu. Gejala batu empedu ini perlu diketahui agar ketika gejala-gejala itu timbul akan mudah untuk diketahui dan segera melakukan pengobatan agar tidak semakin parah nantinya.

Gejala

Adapun gejala dari penyakit empedu itu sendiri adalah

  1. Sakit perut secara tiba-tiba

Sakit perut ini berlangsung cukup lama sekitar satu sampai lima jam, tetampi ini bukanlah patokan yang pasti karena sakit perut ini dapad datang dan terjadi kapan saja dan dimanan saja.

Sakit yang diraskan biasanya terjadi pada bagian tengah perut, seperti layaknya orang menderita  asam lambung sakitnya sampai ke ulu hati antara dada dan perut, selain itu sakit yang dirakan pula dapat terjadi pada bawah tulang rusuk pada bagian sebelah kanan, sampai pada bagian punggungn.

  1. Demam

Demam ini memiliki suhu yang agak tinggi sekitar 38 derajat. Atau bahkan bisa sampai melebihi itu.

  1. Perut terasa sakit yang sangat hebat

Sakit ini biasanya dikarenakan adanya gangguan dan tubuhnya batu yang ada di empedu itu sendiri

  1. Kulit menjadi gatal
  2. Kulit dan mata terlihat kuning
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Sering menggigil
  5. Kehilangan konsentrasi

Itulah beberapa gejala yang harus diwaspadai oleh penderita ataupun keluarga penderita agar ketika terserang batu empedu dapat segera menanganiniya. Penanganan batu empedu sejak awal akan lebih mudah ditangani ketimbang harus menangani batu empedu ketika sudah parah atau sudah kronis. Karena jalan satu-satunya jika sudah kronis hanyalah dengan cara operasi pengangkatan empedu. Oleh karena itu sebelum terjadi sakit itu segera periksa kedokter atau segera obati.

You may also like