Daun Mangga Baik untuk Kesehatan Lho! Simak 11 Manfaatnya

372

Buah mangga memang nikmat apalagi kaya akan vitamin C sehingga saat musimnya datang, entah itu mangga muda atau mangga matang pasti banyak orang yang ingin mengonsumsinya. Namun, tahukah Anda kalau daun mangga juga menawarkan segudang manfaat kesehatan? Kandungan antimikroba, flavonoid, enzim dan kaya vitamin memberikan manfaat-manfaat ini lho.

  1. Mengobati Luka

Daun mangga tanpa kita sadari pun rupanya mampu menolong orang yang sedang terluka. Untuk masalah luka bakar dan luka terbuka, daun mangga segar dapat dicuci bersih dulu, hancurkan, lalu balurkan ke area luka. Getah dari daun mangga itulah yang siap untuk meredakan rasa sakit sekaligus memulihkan luka secara cepat.

  1. Mengatasi Disentri

Baik itu disentri biasa atau masalah diare pada umumnya, cobalah untuk menggunakan daun mangga yang sudah dikeringkan. Hancurkan lebih dulu daun tersebut lalu campurlah bersama air sedikit, ½ hingga 1 gelas, konsumsi ramuan sehari 3 kali supaya disentri cepat sembuh.

  1. Mengatasi Gangguan Telinga

Ketika telinga mengalami gangguan dan rasa nyeri, otomatis kegiatan kita bakal terganggu, tapi daun mangga bisa menyelamatkan lho. Sediakan beberapa lembar daun mangga secukupnya, bersihkan dulu, blender, dan saring setelahnya. Ekstrak daun mangga ini bisa dipanaskan dulu dengan api kecil, kalau sudah hangat dan aman bagi kulit, mulailah meneteskannya ke dalam telinga yang sakit secara rutin.

  1. Mengatasi Cemas Berlebihan

Mengatasi kecemasan juga dapat dengan mengandalkan daun mangga; yakni menyiapkan segenggam saja yang kemudian dibersihkan lebih dulu. Setelah dicuci, pastikan mengguntingnya kecil-kecil untuk kemudian mencampurnya ke air mandi di bathtub Anda. Air mandi pastikan juga air hangat ya, lalu berendamlah di sana selama beberapa menit sebagai pereda kecemasan dan stres.

  1. Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal ternyata juga dapat diobati dengan daun mangga, tapi daun mangga sebelum digunakan harus dikeringkan lebih dulu. Setelah itu hancurkan, lalu campur ke dalam segelas air untuk diminum setiap pagi. Jangan lupa juga minum banyak air putih agar batu ginjal cepat luruh.

  1. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Untuk para penderita asma, bronkitis atau penyakit flu yang berhubungan dengan saluran pernapasan terganggu, cobalah manfaatkan daun mangga. Ambil beberapa lembar daun mangga segar untuk dicuci bersih dan kemudian direbus. Jangan lupa menambahkan madu sebelum bisa menikmatinya.

  1. Mengobati Demam dan Batuk

Air rebusan daun mangga juga baik digunakan untuk menurunkan demam sekaligus meredakan suara serak karena batuk dan flu. Apabila terserang pilek dan batuk di musim pancaroba, ambil daun mangga segar untuk direbus (harus dicuci bersih lebih dulu daunnya sebelum diolah), dan minumlah sampai penyakit reda.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Ingin menghilangkan bau mulut tak sedap? Daun mangga pun bisa melakukannya, cukup dengan merebus daun mangga tua dan pastikan airnya saat direbus hingga berubah kekuningan. Bukan untuk diminum, jadikan sebagai obat kumur karena kandungan tannin di dalamnya siap menjadi solusi penjaga kesehatan dan kesegaran mulut.

  1. Mengatasi Masalah Perut

Perut sakit, kaku, kram atau masalah lainnya bisa juga diatasi dengan daun mangga. Rendam dulu daun mangga di dalam air hangat, biarkan semalaman. Esok paginya barulah air bisa kita ambil dan meminumnya dalam kondisi perut belum terisi apapun. Tonik alami bagi perut ini akan menghindarkan dari berbagai macam masalah perut.

  1. Menormalkan Tekanan Darah

Air seduhan air mangga secangkir saja setiap hari sangat baik bagi para penderita hipertensi. Para ahlilah yang menyarankan demikian karena memang daun mangga terbukti mampu menjadi penurun tekanan darah tinggi sekaligus bermanfaat besar dalam membuat pembuluh darah jauh lebih kuat.

  1. Mengatasi Diabetes

Zat antosianin dan tannin di dalam daun mangga dapat dijadikan perawatan untuk para penderita penyakit gula. Beberapa lembar daun mangga bisa direbus bersama air 2 gelas dan tunggu sampai sisa separuhnya. Jangan minum dulu, tapi tunggu semalaman dan airnya baru bisa dikonsumsi esok paginya.

Banyak bukan manfaat yang ditawarkan oleh daun mangga untuk kesehatan? Jadi, menanam pohon mangga walau berbuah musiman tak akan ada ruginya sebab daunnya tetap bisa dimanfaatkan sebagai obat berbagai macam gangguan kesehatan.