21 Cara Mengolah Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Ampuh Berbagai Penyakit

Daun kumis kucing bukanlah suatu jenis daun dari tanaman yang asing karena banyak orang telah mengenalnya dan bahkan memanfaatkan sebagai obat tradisional. Banyak jamu terbuat dari bahan utama daun kumis kucing ini, dan dalam cara mengolah daun kumis kucing pun dapat menggunakan yang telah dikeringkan atau yang masih dalam kondisi segar.

Kandungan Gizi

Berbagai kandungan baik ada di dalam daun kumis kucing sehingga tak salah memang bila banyak dari kita kemudian memilih mengandalkan daun ini sebagai obat atau bahkan dimasak seperti biasa.

  • Flavonoid – Di dalam daun kumis kucing biasanya ada kandungan flavonoid yang menawarkan sifat antioksidan dan antiradang tinggi bagi pengonsumsinya.
  • Garam Kalium – Daun kumis kucing juga memiliki kandungan garam kalium yang menjadi efek diuretik. Inilah kandungan yang biasanya diandalkan para penderita batu ginjal agar batu bisa larut dan air seni bisa luruh dengan gampang.
  • Orthosiponin Glycosides – Kandungan ini adalah pelarut asam oksalat, fosfat dan asam urat di dalam tubuh sehingga penting bagi para penderita penyakit ginjal, gangguan empedu dan masalah pada kandung kemih.

Cara Mengolah Daun Kumis Kucing

Karena daun kumis kucing memberi manfaat begitu besar bagi kesehatan tubuh manusia dan dapat diolah dengan berbagai macam cara, berikut beberapa rekomendasi cara pengolahan yang bisa Anda ikuti.

  1. Sebagai Obat Asam Urat

Sebagai pengobatan alami asam urat, ada beberapa pilihan dalam mengolah daun kumis kucing.

  • Cara 1: Siapkan daun kumis kucing sebanyak 4-5 lembar. Tak ketinggalan daun meniran dengan jumlah yang sama dan kedua daun harus masih dalam kondisi segar. Rebuslah bersama 1 gelas air putih setelah mencuci daunnya. Didihkan hingga tersisa separuhnya, lalu air rebusan bisa Anda konsumsi sehari 3 kali.
  • Cara 2: Sediakan daun kumis kucing 50 gram berikut air 150 ml dan juga madu 1 sendok makan. Blender lebih dulu daun kumis kucing bersama air tadi, setelah halus tuanglah ke dalam gelas. Barulah madu bisa dimasukkan dan aduk merata sebelum bisa Anda minum.
  1. Sebagai Obat Gatal Alergi

Caranya cukup dengan menyediakan daun kumis kucing ½ genggam saja bersama dengan daun meniran dan sambiloto dengan jumlah yang sama. Siapkan pula air 4 gelas serta temulawak 2 jari, lalu rebus seluruh bahan, didihkan hingga tersisa separuhnya. Ramuan bisa dikonsumsi sehari 2 kali di mana setiap kali minum segelas saja.

  1. Sebagai Obat Masuk Angin

Caranya adalah hanya cukup dengan menyiapkan daun kumis kucing secukupnya bersama dengan air 1 gelas. Rebuslah hingga tersisa separuh gelas dan air rebusan pun siap Anda minum. Minulah ramuan sewaktu sudah dingin dan pastikan konsumsi rutin sampai badan terasa lebih enak.

  1. Sebagai Obat Radang Ginjal

Caranya dalam mengolah daun kumis kucing sebagai obat herbal radang ginjal adalah cukup dengan menyediakan daun yang masih segar 60-120 gram. Siapkan 3 gelas air yang kemudian dipakai untuk merebus daun kumis kucing, didihkan hingga sisa air segelas. Ramuan perlu dikonsumsi sehari 3 kali agar gejala radang ginjal mereda.

  1. Sebagai Obat Batu Ginjal

Pengolahan daun kumis kucing sebagai obat batu ginjal dapat dibagi menjadi sejumlah cara yang bisa coba dipraktikkan di rumah.


  • Cara 1: Sediakanlah daun kumis kucing segar sebanyak 90 gram berikut juga air 1 gelas saja. Sesudah dicuci, rebuslah daun dengan air tadi, didihkan hingga sisanya separuh gelas. Tunggu lebih hangat atau dingin untuk meminumnya sehari 3 kali masing-masing ½ gelas.
  • Cara 2: Sediakan daun kumis kucing 100 gram berikut juga 5 lembar daun keji beling serta seliter air. Rebus daun-daun tersebut hingga mendidih dan sisanya hanya separuhnya. Sesudah dinginlah baru Anda bisa minum, yakni sehari 3 kali.
  • Cara 3: Sediakan daun kumis kucing sebanyak 6 gram bersama dengan daun meniran serta air 150 ml. Rebuslah sampai airnya menyusut menjadi 100 ml di mana air rebusan kemudian bisa diminum sehari 2 kali (setiap minum berdosis 100 ml).
  • Cara 4: Sediakan daun kumis kucing dan daun meniran beberapa lembar berikut juga temulawak secukupnya. Rebus bersama-sama seluruh bahan dengan air kurang lebih 250-300 ml yang kemudian airnya bisa dikonsumsi sehari 3-4 kali secara rutin.
  • Cara 5: Siapkanlah buah semangka 200 gram serta daun kumis kucing 100 gram. Cuci dulu daun tersebut dan ambil ekstraknya lebih dulu, begitu juga dengan ekstrak semangka. Hasil ekstrak kedua bahan bisa diblender bersama sampai tekstur benar-benar lembut, barulah tuang ke dalam gelas, konsumsilah sehari 2 kali secara teratur.
  • Cara 6: Siapkanlah segenggam daun kumis kucing bersama semangka 150 gram, stroberi 50 gram, serta biji bunga matahari 1 sendok teh. Blender bersama daun kumis kucing, stroberi dan semangka, lalu setelah dituang ke dalam gelas, barulah taburi dengan biji bunga matahari sebelum siap diminum.
  1. Sebagai Pelancar Keluarnya Urine

Cara mengolahnya cukup dengan merebus daun kumis kucing segar sebanyak 25 gram di dalam 2 gelas air. Didihkanlah selama 15 menit dan barulah Anda bisa gunakan dengan meminumnya sehari 2 kali ½ gelas untuk setiap pagi maupun sore.

  1. Sebagai Obat Rematik

Cara mengolahnya cukup dengan menyediakan daun kumis kucing sebanyak 5 lembar berikut daun meniran dengan jumlah yang sama bersama air 3 gelas. Sesudah diangkat, biarkan dan tunggu dingin sebelum siap diminum. Konsumsi yang dianjurkan adalah sehari 3 kali dengan dosis setengah gelas setiap minum.

  1. Sebagai Obat Darah Tinggi

Cara mengolahnya bisa dengan memanfaatkan daun kumis kucing kering maupun segar seperti:

  • Cara 1: Siapkan daun kumis kucing kering sebanyak 50 gram yang bisa Anda seduh dengan takaran air 250-300 ml. Hasil seduhan itulah yang bisa dikonsumsi secara rutin sampai darah tinggi kembali normal dan stabil.
  • Cara 2: Sediakan daun kumis kucing segar yang basah sebanyak 50 gram untuk Anda bisa rebus di dalam 250-300 ml air. Ramuan bisa diminum sehari 1 gelas secara rutin hingga kadar hipertensi normal lagi.
  1. Sebagai Obat Batuk

Cara mengolahnya adalah dengan menyediakan daun kumis kucing segar 15-20 gram banyaknya berikut 1 gelas air. Rebuslah sesudah mencucinya bersih dan air rebusan bisa Anda minum sehari 3 kali di mana setiap minum dosisnya adalah 1 gelas.

  1. Sebagai Obat Diabetes

Cara mengolahnya sangatlah mudah dan terdapat beberapa rekomendasi cara yang bisa dipraktikkan:

  • Cara 1: Siapkan daun kumis kucing yang dicuci lebih dulu sebanyak 15 lembar. Air 2 gelas juga bisa Anda gunakan untuk merebus daun hingga sisanya separuhnya, yakni sekitar 1 gelas. Ramuan pun bisa Anda konsumsi sehari sekali sampai kadar gula darah normal.
  • Cara 2: Sediakan 20 lembar daun kumis kucing berikut daun sambiloto dengan jumlah sama serta 150 ml air. Rebuslah sampai mendidih dan sisa airnya tinggal 100 ml; minumlah sehari sekali setiap hari.
  1. Sebagai Obat Keputihan

Cara mengolahnya cukup dengan menyiapkan segenggam daun kumis kucing dan daun beluntas, ditambah pula dengan kemukus 10 biji serta jintan hitam 1 sendok teh berikut air secukupnya. Seluruh bahan siap direbus lalu hasil rebusanlah yang dikonsumsi sehari 2 kali.

  1. Sebagai Obat Sakit Pinggang

Cara mengolahnya cukup dengan menyiapkan daun kumis kucing segar 1 genggam ditambah kulit batang pepaya secukupnya serta 150 ml air. Rebuslah sampai air menyusut hingga bertakaran 100 ml, minumlah setelah menyaringnya sehari sekali untuk mengatasi masalah sering sakit pinggang.

  1. Jus Untuk Kesehatan Ginjal

Dalam menjaga kesehatan ginjal, jus daun kumis kucing bersama buah stroberi dan melon layak dicoba. Sediakan daun kumis kucing 100 gram, bersama dengan 50 gram stroberi serta 200 gram melon. Dengan air secukupnya, Anda bisa memblender ketiga bahan hingga menjadi jus nikmat.

Demikianlah cara mengolah daun kumis kucing sebagai obat berbagai kondisi penyakit paling mudah yang bisa Anda coba di rumah. Mulai dari merebus, menyeduh, hingga membuat jus, selamat mencoba dan kiranya bermanfaat.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Herbal