Home Featured Intip Deh, 10 Manfaat Daun Talok untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Intip Deh, 10 Manfaat Daun Talok untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

by Erlita

Tanaman atau pohon talok atau yang kita kenal dengan istilah tanaman talok umumnya tumbuh di halaman rumah sehingga mudah untuk dijumpai. Kandungan di dalam daun talok pun sebenarnya begitu kaya, yakni meliputi:

Karena kandungan daun talok yang begitu banyak, tentunya manfaat daun talok untuk kesehatan tubuh tak kalah luar biasa. Berikut ini merupakan sejumlah manfaat yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi daun talok, sekalipun dalam bentuk air rebusannya.

1. Mencegah Kanker/Tumor

Tanaman talok memiliki sifat antikanker sehingga salah satu manfaatnya adalah mencegah tumor ataupun sel kanker untuk berkembang. Pada daun talok pun ada kandungan flavonoid, saponin, dan tannin yang merupakan antioksidan sehingga baik dalam menangkal efek radikal bebas penyebab sel kanker berkembang.

2. Menambah Daya Tahan Tubuh

Menengok sederet kandungan baik di dalam daun talok, manfaatnya bagi kesehatan juga mampu menambah daya tahan. Di dalam daun ini pun ada kandungan multivitamin yang siap membuat tubuh terpelihara dengan baik sehingga mencegah bermacam-macam penyakit.

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah jenis penyakit yang mampu memicu penyakit serius lain, seperti penyakit stroke hingga jenis-jenis penyakit jantung. Untuk itu, mengonsumsi air rebusan daun talok sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi. Daun ini sangat baik sebagai penstabil tekanan darah sekaligus solusi bagi yang tekanan darahnya telanjur melonjak.

4. Menangani Nyeri Otot

Nyeri otot khususnya efek dari aktivitas fisik dan olahraga mampu menjadi lebih ringan lho dengan menggunakan daun talok. Jadikan daun talok sebagai teh herbal, lalu minumlah rutin sampai nyeri pada otot mereda dan hilang berangsur.

5. Mengatasi Insomnia

Jenis gangguan tidur ini mampu memicu berbagai penyakit, maka insomnia perlu dilawan segera. Sebelum insomnia memicu stres, membuat tekanan darah naik, menyebabkan berat badan turun maupun naik, segera konsumsi daun talok atau meminum air rebusannya.

6. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes memang merupakan jenis penyakit kronis yang bahkan pengobatannya belum ditemukan. Namun setidaknya, kita bisa memperoleh daun talok sebagai penstabil kadar gula darah agar tidak berlanjut menjadi penyakit diabetes. Tak hanya itu, kandungan saponin dan flavonoid di dalam daun ini akan mendukung sekresi hormon insulin sehingga gula darah terkontrol alami dan mencegah perburukan kondisi diabetes sekalipun.

7. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi yang terabaikan mampu meningkatkan risiko penyakit jantung hingga penyakit lain yang serius dan mengancam jiwa. Namun dengan mengonsumsi daun talok yang berkandungan flavonoid dan saponin, keduanya tak hanya menormalkan kadar gula darah tapi juga kadar kolesterol lho.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika tekanan darah dan kadar kolesterol terjaga kenormalannya, otomatis risiko penyakit jantung dapat berkurang. Daun talok akan menormalkan dan melancarkan peredaran darah sehingga jantung akan selalu sehat.

9. Mengobati Luka

Karena menawarkan sifat antiseptik, daun talok dapat membantu mengobati luka. Daun ini bisa dimanfaatkan sebagai alat pertolongan pertama ketika luka terjadi sehingga mencegah infeksi. Cuci atau bersihkan luka dengan air rebusan daun talok agar risiko infeksi menurun.

10. Mengatasi Peradangan

Sifat antiradang di dalam daun talok dapat mengatasi masalah nyeri atau sakit pada otot maupun sendi ketika mengalami peradangan serta pembengkakan semacam rematik. Daun talok bisa digunakan sebagai tempelan di bagian yang nyeri atau bisa juga direbus dan air rebusannya diminum sampai rasa nyeri mereda.

Tips Penggunaan Daun Talok

Berikut ini adalah beberapa cara penggunaan daun talok entah itu daun yang masih segar atau daun versi keringnya. Jadikan daun talok sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan dengan beberapa tips pengolahan ini.

  • Sebagai obat luar, bersihkan dulu beberapa lembar daun talok (ambil seperlunya) lalu remas/tumbuk/blender. Hasilnya bisa dibalurkan pada area luka atau radang. Jika ingin lebih cepat sembuh, sehari 3 kali bisa digunakan.
  • Sebagai minuman jus, daun talok yang sudah dibersihkan bisa diblender dan jusnya bisa diminum rutin untuk kesehatan.
  • Sebagai minuman seduhan, daun talok dalam bentuk yang kering bisa diseduh menggunakan air panas/air mendidih. Konsumsilah teh daun talok ini sehari 2-3 kali agar kesehatan terjaga dengan baik.
  • Sebagai minuman rebusan, siapkan dua gelas air untuk direbus dan masukkan daun talok beberapa lembar yang telah dibersihkan ke dalam air mendidih sampai sisa airnya setengah. Konsumsilah setiap hari 2-3 gelas hingga kondisi tubuh membaik.

Itulah beberapa manfaat daun talok untuk kesehatan yang bisa diperoleh baik digunakan sebagai obat luar maupun dalam. Hanya saja, konsumsi atau gunakan sesuai aturan dan hindari penggunaan berlebihan agar mampu menghindari efek samping daun kersen.

You may also like