Amankah Makan Lidah Buaya Mentah? Intip Manfaat dan Efek Sampingnya!

468

Lidah buaya kita kenal sebagai tanaman herbal yang ajaib karena menawarkan segudang khasiat bagi kesehatan, baik itu khasiat lidah buaya bagi kulit, bahkan juga rambut, kecantikan, hingga kesehatan tubuh. Lidah buaya bukan lagi dapat hanya dipakai sebagai ramuan luar, melainkan juga mulai banyak dikonsumsi karena manfaatnya yang terlampau besar. Tapi masalahnya, amankah makan lidah buaya mentah?

Aman dan boleh tidak sih makan lidah buaya mentah-mentah?

Dilansir dari laman situs LiveStrong, rupanya lidah buaya yang dikonsumsi secara mentah merupakan hal yang normal dan justru banyak dijumpai di Asia Tenggara maupun di tengah-tengah masyarakat India. Hal ini tentunya menjadi jaminan bahwa lidah buaya termasuk aman apabila ingin menikmatinya mentah-mentah.

Lidah buaya dikatakan aman karena kandungan nutrisinya yang kaya di mana tak hanya bermanfaat bagi kulit dan rambut, melainkan juga menjadi peningkat kesehatan tubuh yang ampuh. Kandungan-kandungan inilah yang bisa Anda dapatkan:

Berkat kandungan-kandungan nutrisi tersebut, mengonsumsi lidah buaya mentah menjadi berguna bagi tubuh. Anda perlu tahu alasan-alasan kenapa lidah buaya boleh dan aman untuk dimakan, seperti:

  1. Mengatasi sembelit – Susah BAB jelas menjadi problema yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Namun belum banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya makan lidah buaya mentah dapat menjadi obat pencahar alami. Ini karena lidah buaya mampu memperlancar saluran pencernaan sehingga gangguan pencernaan bisa dihindari.
  2. Menjaga kesehatan jantung – Lidah buaya yang dimakan mentah juga dapat membantu supaya sistem kardiovaskular yang berhubungan dengan kinerja jantung bisa terus terjaga dengan baik. Ketika sistem kardiovaskular tetap dalam kondisi baik, otomatis risiko jenis-jenis penyakit jantung dapat diminimalisir.
  3. Menambah kekebalan tubuh – Penyerapan nutrisi ke dalam tubuh dapat menjadi lebih maksimal ketika mengasup lidah buaya mentah. Dengan begitu, otomatis sistem daya tahan tubuh bisa lebih baik juga. Jika Anda mencari cara meningkatkan daya tahan tubuh yang tepat dan alami, lidah buaya mentah yang dijus atau dagingnya yang dimakan langsung bisa sangat membantu.
  4. Merawat gigi – Gigi kita sangat rentan terkena plak di mana plak ini berasal dari sisa-sisa makanan yang kita asup setiap hari. Ketika dibiarkan dan tidak dibersihkan secara benar serta menyeluruh, plak-plak inilah yang pada akhirnya mengeras dan menjadi karang gigi. Berbagai masalah kesehatan mulut pun bisa terjadi dari sini, seperti periodontitis, gingivitis, hingga gigi berlubang. Jadi, mengonsumsi lidah buaya mentah atau memanfaatkannya sebagai obat kumur akan sangat menguntungkan berkat adanya sifat antiseptik di dalamnya.
  5. Mendetoksifikasi tubuh – Konsumsi lidah buaya mentah juga sangat baik dalam membantu agar tubuh yang dipenuhi racun bisa terdetoksifikasi dengan lancar. Ketika proses detoks berjalan baik, otomatis proses metabolisme tubuh pun lebih lancar di mana penumpukan lemak pun akan diluruhkan sehingga berat badan berpotensi untuk turun.
  6. Menormalkan gula darah – Kadar gula darah tinggi adalah tanda bahwa Anda terkena risiko diabetes. Memakan lidah buaya mentah telah terbukti oleh sejumlah penelitian mampu membantu supaya kadar gula darah tinggi bisa normal kembali.

Makan lidah buaya mentah tergolong aman, namun juga bukan berarti jika Anda menyukainya Anda bisa mengonsumsinya secara berlebihan karena tetap ada beragam bahaya mengintai kesehatan Anda.

Adakah efek samping dari makan lidah buaya mentah?

Seperti herbal lain pada umumnya, sekalipun dianggap aman dikonsumsi, ada beberapa risiko efek samping kesehatan yang dapat timbul apabila mengonsumsi secara berlebihan. Hal ini pun berlaku ketika Anda mengonsumsi lidah buaya mentah.

  • Gangguan kesehatan pada sistem pencernaan – Berbagai risiko kesehatan seperti kanker usus, kram usus, diare dan adenoma kolon dapat terjadi karena mengonsumsi lidah buaya olahan. Lidah buaya mentah yang telah dicampur dengan bahan-bahan lain yang kurang baik, seperti zat pewarna sebaiknya dihindari, apalagi jika ada pula campuran-campuran lain yang kita tak tahu-menahu bahaya dibaliknya.
  • Kambuhnya reaksi alergi – Bagi para pemilik riwayat penyakit alergi, mengonsumsi lidah buaya mentah bisa saja berbahaya. Bahkan produk lidah buaya mentah olahan juga bisa saja menimbulkan gejala alergi.
  • Kontraksi rahim – Para ibu hamil tidaklah dianjurkan untuk mengonsumsi lidah buaya mentah. Wanita yang sedang hamil dan menyusui hendaknya tidak memakannya karena mampu menyebabkan gangguan pencernaan, hingga risiko keguguran.
  • Kolitis ulseratif – Para penderita kolitis ulseratif diharapkan untuk tak mengonsumsi lidah buaya mentah karena adanya kandungan pencahar alami di dalamnya (antrakuinon). Antrakuinon ini dianggap sebagai senyawa yang berbahaya karena beracun sehingga penderita kolitis ulseratif sebaiknya menghindarinya.

Amankah makan lidah buaya mentah? Aman bila tidak berlebihan dan ketika lidah buaya tidak dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Bagi para penderita gangguan usus, alergi, penyakit ginjal, ambeien, serta para ibu hamil, anak-anak dengan usia 12 tahun ke bawah dan orang-orang yang hendak menjalani operasi tidaklah dianjurkan mengonsumsinya.