3 Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah Sehat, Segar dan Cantik

483

Daun binahong atau mungkin beberapa orang menyebutnya piahong merupakan sebuah tanaman obat yang sangat diandalkan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dari mulai gangguan kesehatan ringan sampai berat, daun binahong bisa menjadi obatnya. Namun jika untuk perawatan kulit, apa saja sih manfaat daun binahong untuk wajah?

  1. Mengobati Jerawat

Masalah jerawat memang yang paling menyebalkan apalagi kalau timbulnya bergerombol dan makin subur saja. Jika memiliki masalah kulit seperti jerawat, jangan ragu untuk mencoba daun binahong untuk mengatasinya. Bahkan cara menggunakan daun ini sebagai obat jerawat alami terlampau simpel.

  • Pastikan ambil daun binahong 5-10 lembar dan masih segar, cuci dulu sampai bersih.
  • Tumbuk sampai halus dan diamkan dulu selama setengah jam di ruangan yang bersuhu rendah atau sejuk.
  • Balurkan pada wajah sebelum tidur selama beberapa menit secara rutin tiap hari sebagai masker wajah.
  • Lewat beberapa menit, gunakan air dan sabun muka untuk membasuh wajah.
  1. Mencerahkan Wajah

Untuk yang memiliki masalah kulit wajah kusam, sebenarnya tak perlu harus selalu membeli produk skincare mahal demi mencerahkannya kembali. Kulit wajah bisa jadi segar, sehat dan cerah dengan penggunaan daun binahong kok. Perawatan kecantikan ini dapat kita terapkan baik dari dalam maupun luar.

  • Perawatan dari luar – Masker dari beberapa lembar daun binahong segar yang sudah ditumbuk halus bisa jadi solusi, seperti pada penggunaan daun binahong untuk wajah berjerawat. Untuk pencerah wajah, masker ini dapat digunakan sehari 2 kali sehabis mandi dan menjelang tidur.
  • Perawatan dari dalam – Air rebusan daun binahong dapat menjadi pencerah wajah dari dalam. Cukup sediakan 10 lembar daun binahong segar, cuci dulu dengan air mengalir sampai bersih. Rebuslah bersama air 500 ml. Tunggu mendidih dan berkurang sampai separuhnya (250 ml), barulah diangkat dan dituang ke gelas.
  1. Menghaluskan Wajah

Tak hanya menghilangkan jerawat dan mencerahkan wajah, daun binahong bisa diandalkan untuk melembutkan kulit secara alami lho. Sama seperti cara sebelumnya, masker dari daun binahong dapat dibuat di rumah secara rutin.

  • Sediakan daun binahong segar sebanyak 10 lembar atau disesuaikan dengan kebutuhan, cuci bersih.
  • Tumbuk halus kesepuluh lembar daun ini dan aplikasikan ke wajah tepat sebelum tidur.
  • Biarkan semalaman dan barulah keesokan paginya saat bangun tidur baru membasuh wajah sampai bersih.

Itulah sejumlah manfaat daun binahong untuk wajah bebas jerawat, lembut dan cerah yang dapat coba diterapkan. Meminum air rebusan daun binahong juga sangat baik lho dalam mengatasi kadar gula darah tinggi, menormalkan kadar kolesterol, mengatasi sakit maag, hingga menurunkan risiko kanker. Jadi selamat mencobanya, asal rutin maka hasil maksimal bisa diperoleh.