Jarang di Gunakan, Ternyata Daun Sukun Punya Banyak Khasiat

268

Sukun merupakan buah yang tidak berbiji dan memiliki tekstur yang empuk dan mirip dengan roti ketika sudah digoreng ataupun dimasak, dan orang eropa sering menyebut buah ini dengan sebutan “Buah Roti”, mengapa buah roti, kita lihat saja ternyata buah sukun ini mirip sekali loh dengan bentuk roti. Memang buah ini memiliki manfaat yang banyak

Selain buahnya, daun sukun juga memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh kita, penasaran daun sukun punya manfaat apa saja untuk kesehatan tubuh kita ? yuk simak penjelaasan ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun sukun yang bisa kita ambil :

1. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi biasanya terjadi akibat banyaknya bakteri didalam mulut atau bisa juga karena gigi yang berlubang. Sifat antibakteri serta antiinflamasi dapat menjaga kesahatan pada mulut. Dengan adanya kandungan anti inflamasi ini akan membantu untuk meredakan rasa sakit sehingga rasa sakit pada gigi pun akan mereda.

Sebelum sakit gigi terjadi, alangkah baiknya kamu mencegah dengan rutin sikat gigi setiap hari agar dengan begitu mulut kamu senantiasa bersih dan sehat, sehingga segala aktivitas mu pun tidak terganggu.

2. Meredakan Penyakit Tulang

Kita tahu bahwa orang-orang yang sudah lanjut usia itu sering sekali mengalami masalah penyakit tulang seperti pengapuran di sendi (osteoarthritis) dan pengeroposan tulang (osteoporosis). Solusinya, dengan rajin mengkonsumsi daun sukun setidaknya bisa meringankan gejala-gejala yang terjadi akibat penyakit tulang ini. tulang sehat akan membantu kamu lebih sehat pula

3. Mengobati Penyakit Maag

Penyakit maag biasanya disebabkan oleh radang atau luka yang terjadi pada lambung sehingga menyebabkan gejala seperti mulas, perih, dan sakit di bagian lambung. Nah, menggunakan daun sukun sebagai obat maag sangat berguna karena kandungan kalium pada daun sukun bisa menetralkan asam lambung.

Penyakit asam lambung dapat diatasi dengan mudah apabila kamu mengetahui caranya, selain dengan menggunakan daun sukun ternyata masih banyak loh cara untuk mengatasi asam lambung dengan mudah.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tidak bisa dipungkiri kalau tingginya kadar gula darah sangat beresiko menyebabkan penyakit diabetes. Untuk mencegahnya, maka mengkonsumsi daun sukun merupakan solusi yang tepat karena daun ini juga mengandung flavonoid yang bisa mengontrol kestabilan gula darahmu.

5. Mengurangi Kadar Kolestrol

Pola makan yang tidak sehat, sangat berpotensi dalam meningkatkan kadar kolestrol yang ada didalam tubuh. Mengkonsumsi daun sukun juga dapat membantu menurunkan kolestrol, akan tetapi disarankan juga untuk mengatur pola makan dengan baik karena inilah biasanya yang menjadi biang masalah dari penyakit ini.

6.  Mengatasi Penyakit Ginjal

Ada banyak sekali informasi yang bertebaran di internet tentang mujarabnya daun ini dalam mengobati berbagai penyakit ginjal. Memang tidak bisa dipungkiri kandungan sitosterol dan flavonoid sangat berguna untuk mengobati penyakit ginjal seperti gagal ginjal, dan juga menjadi obat diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil serta menjaga kinerja ganjal.

7. Mencegah Penyakit Hati (Liver)

Gangguan fungsi hati sangat berpengaruh dalam menunjang kinerja organ lainnya yang ada di tubuh kita. Penyakit hati biasanya terjadi dikarenakan peradangan yang bisa menyebabkan kerusakan fungsi organ hati tentu hal ini akan mengaggu kesehatan hati.

Itulah tadi kegunaan dari daun sukun yang bisa kalian ambil, bahkan ada beberapa orang yang menggunakan daun sukun ini sebagai bahan pakan ternak-ternaknya setiap hari. Jadi, gunakanlah daun ini dengan bijak dan maksimal.