5 Obat Penyakit Beri-Beri Basah Paling Ampuh

Penyakit beri-beri basah merupakan salah satu jenis penyakit beri-beri yang pada dasarnya disebabkan oleh difisiensi atau kekurangan vitamin B1 (Thiamin Pirofosfat). Oleh karena itu obat penyakit beri-beri basah ini adalah dengan mengkonsumsi vitamin B1 serta beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin B1.

Penyakit beri-beri basah ini merupakan penyakit yang bisa menyerang organ jantung. Dalam tahap awal, penyakit ini bisa menyebabkan terjadinya edema. Kemudian selanjutnya bisa mengakibatkan cedera otot jantung, serta apabila lebih parah akan menyebabkan beri-beri kardiovaskular akut.

Berikut ini adalah gejala beri-beri yang biasanya muncul pada penderita:

  • Nafas terasa pendek pada saat melakukan aktivitas ringan
  • Pada saat tidur, nafas terasa berat (susah bernafas)
  • Ada pembengkakan di bagian tungkai kaki
  • Takikardi atau peningkatan denyut jantung

Jadi dengan beberapa gejala di atas, dokter akan melakukan diagnosa selanjutnya untuk memastikan bahwa penyakit tersebut memang adalah penyakit beri-beri basah. Berikut ini adalah beberapa jenis diagnosa yang biasanya dilakukan oleh dokter:

  • Pemeriksaan fisik pada pasien yang meliputi kemampuan bernafas serta denyut jantung pasien.
  • Pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar Thiamin dalam darah.
  • Pemeriksaan urine untuk mengetahui kadar Thiamin yang disekresi melalui urine.
  • Dilakukan pemeriksaan MRI, CT scan, EEG, atau ekokardiogram untuk memeriksa kondisi jantung.

Apabila setelah pemeriksaan di atas anda sudah dipastikan menderita penyakit beri-beri basah, tentu dokter akan memberikan resep vitamin B1 untuk pengobatan anda. Namun bagi anda yang ingin melakukan pengobatan secara tradisional, anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan sumber vitamin B1 yang merupakan obat penyakit beri-beri basah berikut ini:

  1. Paprika

Paprika merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali kandungan vitamin B1. Dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam 100 gram paprika, terdapat sekitar 22 mcg. Nilai ini merupakan nilai kandungan vitamin B1 yang tergolong cukup besar.

Cara mengkonsumsi paprika dalam penyembuhan beri-beri basah adalah dengan memakan paprika secara langsung dalam kondisi segar. Selain untuk beri-beri, paprika juga bisa meningkatkan imunitas tubuh serta bisa mengobati penyakit mata.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang bentuknya unik karena mirip dengan jamur. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin B1 yang juga tergolong tinggi, yakni terdapat 10 mcg Thiamin dari 100 gram brokoli.

Cara pemanfaatan brokoli untuk penyakit beri-beri basah adalah dengan dimasak setengah matang dengan api yang tidak terlalu panas. Hal ini dikarenakan vitamin B1 mudah rusak oleh temperature tinggi. Selain penyakit beri-beri, brokoli juga bisa digunakan dalam pengobatan penyakit prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

  1. Daging

Daging merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kadar vitamin B1 cukup tinggi. Berdasarkan data penelitiaan, daging memiliki kandungan vitamin B1 sebesar 0.9 mcg vitamin B1. Jadi untuk anda yang sedang terkena penyakit beri-beri, anda bisa mengkonsumsi daging sapi. Selain daging sapi, diketahui hati sapi juga memiliki kandungan Thiamin yang lebih tinggi.

  1. Ikan

Ikan laut merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B1. Beberapa ikan laut memiliki kandungan Thiamin yang tergolong cukup tinggi dan berbeda antara satu jenis iklan dengan ikan yang lainnya. Cara konsumsi ikan laut bisa dengan cara digoreng kemudian dimakan.

  1. Jeruk Manis

Jika anda menginginkan pengobatan penyakit beri-beri basah dengan menggunakan buah, anda bisa memanfaatkan buah jeruk. Berdasarkan penelitian, dalam 100 gram jeruk manis terdapat 0.08 mcg vitamin B1.

Demikian 5 obat penyakit beri-beri basah yang alami dan bisa digunakan dalam pengobatan penyakit tersebut. Semoga bermanfaat.

, , , , ,