27 Obat Sakit Gigi Berlubang Alami dan Kimia

2768

Sakit gigi karena adanya lubang memang menyakitkan dan membuat menderita. Efek gigi yang sakit berlubang bisa-bisa membuat kita sulit makan, sulit bicara dan sama sekali tak nyaman. Kegiatan sehari-hari otomatis akan terganggu dikarenakan gigi terasa nyeri. Penyebab gigi berlubang sendiri bisa sangat beragam, seperti:

  • Makan makanan manis sehingga menyisakan zat gula pada sela-sela gigi.
  • Bentuk mulut menyempit membuat proses pembersihan menjadi lebih sulit.
  • Bagian gigi sulit dijangkau untuk dibersihkan, khususnya bagian gigi geraham.
  • Jarang sikat gigi.
  • Cara menggosok gigi salah di mana orang-orang sering terlalu cepat dalam prosesnya. Padahal dibutuhkan waktu 1-2 menit untuk menggosok gigi, dan inilah waktu yang benar. Menyikat gigi pun sebaiknya di depan cermin dan dengan cara memutarnya supaya lebih maksimal.

Penyebab-penyebab tersebut pasti sudah tak asing lagi di mana kita semua tahu bahwa sakit gigi atau gigi berlubang dapat terjadi karena hal-hal tersebut. Maka untuk mengobatinya, pilihlah cara yang tepat, yakni dengan obat sakit gigi berlubang di bawah ini. Baik obat alami maupun medis dapat menjadi referensi.

(Baca juga: bahaya gigi berlubang)

1. Biji Asam Jawa

Tentu saja bahan ini sesuai namanya, yaitu rasanya asam. Tapi ternyata asam jawa begitu luar biasa dalam mengobati sakit gigi akibat lubang. Memang obat ini cukup jarang digunakan, tapi buktikan saja langsung keefektifannya.

  • Caranya: Ambil saja sejumlah biji asam jawa, tak usah banyak-banyak tapi secukupnya. Setelah diambil dan dicuci, sangrailah selama beberapa menit. Pastikan bahwa hasil sangrai biji asam jawa ini benar-benar kering. Lalu, biji asam jawa dapat ditumbuk hingga halus. Setelah halus itu, olesi bagian gigi yang berlubang dan sakit dengan ramuan ini. Pengobatan teratur setiap hari akan membuahkan hasil maksimal.

(Baca juga: cara mengobati sakit gigi)

2. Daun Jambu Biji

Sakit gigi yang terasa begitu tak nyaman dikarenakan adanya lubang dapat diredakan oleh penggunaan daun jambu biji. Bila tak ingin cara yang sulit tapi alami tanpa efek samping, cara sederhana ini boleh dicoba untuk perawatan di rumah.

  • Cara 1: Cukup sediakan saja satu atau dua lembar daun jambu biji. Cucilah dulu dengan air matang hingga benar-benar bersih dari kotoran. Baru setelah itu kunyahlah pelan-pelan. Kemudian daun yang sudah terkunyah dapat juga kita gosokkan ke bagian gigi yang sakit secara perlahan-lahan. Ini supaya bagian yang sakit dapat merasakan khasiatnya.
  • Cara 2: Bila ingin cara yang lain, cobalah untuk sediakan 4-5 lembar daun jambu biji untuk kemudian direbus. Tapi penting untuk mencucinya lebih dulu sebelum akhirnya memasaknya bersama satu gelas air. Masukkan garam secukupnya lalu tunggulah air rebusan sampai hasilnya mendidih. Barulah setelah itu bisa untuk kumur setiap 2 kali dalam sehari setiap hari secara rutin sampai nyeri mereda.

3. Bawang Merah

Terlepas dari efek samping bawang merah yang mungkin terlihat berbahaya bagi tubuh, asalkan mengonsumsinya dengan benar tak ada masalah. Untuk dijadikan obat pun, bawang merah ini sangat bisa diandalkan. Bersifat antimikroba dan antiseptik, membuat bumbu dapur ini dapat mengendalikan dan meredakan rasa sakit.

  • Cara 1: Tak perlu banyak-banyak, kita hanya memerlukan sesiung bawang merah yang masih mentah. Setelah dikupas, masukkan ke dalam mulut, lalu kunyahlah pelan-pelan hingga rasa nyeri memudar. Proses mengunyah pun hanya perlu beberapa menit.
  • Cara 2: Apabila kesulitan dalam mengunyah dan takut sakit, cobalah untuk melakukan cara lain. Dengan satu siung bawang merah yang sudah dikupas dan diremukkan, gosokkan ke gigi yang sakit. Segala bakteri yang menyebabkan infeksi di mulut akan dibunuh. Perawatan sehari 2 kali secara rutin akan membantu mempercepat penyembuhan.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit gigi dan mulut)

4. Jeruk Nipis

Kedengarannya agak cukup mengerikan memang kalau harus mengobati gigi berlubang dengan jeruk nipis. Jeruk nipis mungkin dalam perkiraan kita bakal memberikan rasa perih dan pedas. Namun justru jeruk nipis ini bisa dibuktikan keefektifannya.

  • Caranya: Cukup sediakan sebuah jeruk nipis yang kemudian diiris menjadi dua. Kemudian teteskan ke bagian gigi yang berlubang dan terasa nyeri setiap 10 menit setetes demi setetes. Pastikan pengobatan jeruk nipis ini dilakukan hingga sari jeruknya habis. Sakit gigi akan cepat reda berkat adanya kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis ini.

5. Lada

Mungkin kita akan berpikiran bahwa lada akan memberikan efek pedas ketika digunakan untuk mengobati sakit gigi. Namun justru saat gigi yang tengah sangat sensitif bisa diobati dengan lada. Gigi berlubang dapat dibuktikan menjadi berkurang dengan memakai cara ini.

  • Caranya: Sediakan lada secukupnya yang kemudian dapat dicampur bersama garam menjadi satu. Lalu, tambahkan air sedikit hingga akhirnya campuran tersebut membentuk pasta. Setelah pasta buatan sendiri ini jadi, ramuan dapat langsung dioles ke gigi yang berlubang dan nyeri. Diamkanlah selama beberapa menit tunggu sampai kandungan lada dan garam terserap sempurna. Untuk mengakhirinya, berkumurlah menggunakan air putih; melakukan perawatan ini beberapa kali akan menyembuhkan sakit gigi.

(Baca juga: bahaya membiarkan gigi berlubang)

6. Kunyit

Gigi berlubang akan menimbulkan rasa sakit yang terkadang tak tertahankan. Maka kunyit menjadi salah satu pilihan obat sakit gigi terbaik untuk dicoba. Karena mengandung anti inflamasi dan antibakteri, jelas gusi akan terjaga kesehatannya juga. Selain itu, kerusakan gigi dikarenakan infeksi bakteri pun akan dapat dicegah.

  • Cara 1: Bagus untuk sakit gigi, cara ini boleh dicoba, yakni dengan menerapkan bubuk kunyit seperlunya saja ke gigi yang sakit. Tunggulah selama beberapa menit yang kemudian bisa kita bilas menggunakan air hangat.
  • Cara 2: Cara alternatif yang juga patut dicoba adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit ½ sendok teh bersama minyak mustard sedikit, lalu pijatlah gusi serta gigi. Tinggalkan selama kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya kita bisa meludahkannya.

Kedua cara tersebut terbilang efektif, maka bisa coba salah satunya. Bila sudah memilih salah satu cara tersebut, lakukan sehari dua kali selama beberapa hari. Ini dianjurkan untuk dilakukan beberapa hari agar dapat melihat hasilnya.

7. Jus Cranberry

Baik itu masih gejala atau sudah berlubang, gigi akan terasa tak nyaman karena mulai terasa nyeri. Maka untuk mengatasinya, cranberry adalah buah yang tepat untuk dipilih. Bukan untuk dimakan langsung, melainkan dalam bentuk jus malah lebih direkomendasikan.

  • Caranya: Sediakan buah cranberry secukupnya untuk kemudian bisa dibuat minuman jus. Minumlah setiap hari 1-2 kali untuk pemulihan gigi berlubang dan nyeri lebih cepat. Jus cranberry telah terbukti mampu meredakan gejala-gejala dari gigi berlubang. Maka tak salah untuk mencoba mengatasi sakit gigi berlubang dengan jus buah segar satu ini.

(Baca juga: penyebab sakit gigi kambuh)

8. Garam

Garam memang asin dan bila diletakkan pada sebuah luka maka biasanya rasanya akan begitu sakit. Namun kandungan yodium di dalam garam inilah yang begitu efektif dalam membantu menyembuhkan ngilu di gigi.

  • Caranya: Garam secukupnya bisa dilarutkan ke dalam segelas air putih yang dalam keadaan hangat. Aduklah sampai merata dan selanjutnya air ramuan garam dapat digunakan sebagai obat kumur. Hingga mulut dan gigi terasa nyaman dan tak begitu ngilu, gunakan cara pengobatan ini sampai beberapa kali dan beberapa hari. Namun sama sekali tidak dianjurkan untuk memasukkan langsung garam ke gigi dan mengunyahnya. Garam yang secara langsung dikunyah tak akan bisa menyebar secara merata ke sela-sela gigi yang sakit.

9. Bawang Putih

Walau mungkin kita telah tahu bahaya bawang putih mentah, namun manfaatnya pun sebagai obat berbagai penyakit tak dapat dipungkiri. Dengan sifat antibiotik di dalamnya, terlepas dari efek samping bawang putih, bahan ini bakal mengurangi rasa ngilu dan nyeri gigi.

  • Caranya: Ambil saja sesiung bawang putih yang kemudian bisa dikupas lalu dibersihkan dengan menggunakan air. Tumbuklah bawang tersebut hingga benar-benar halus. Jangan ketinggalan untuk menambahkan garam sedikit. Setelah bercampur rata dengan garam, oles saja langsung ramuan ini ke bagian gigi yang berlubang. Perawatan ini bakal terasa keampuhannya ketika diulangi sampai beberapa hari ke depan.

10. Minyak Cengkeh

Rempah lainnya yang bakal sangat manjur untuk dijadikan obat sakit gigi berlubang adalah cengkeh. Sudah banyak yang membuktikan keefektifan dari bahan ini dalam membuat rasa sakit gigi berlubang berkurang. Selain ada sifat antioksidan dan anti inflamasi, cengkeh juga memiliki sifat anestesi dan anti bakteri. Namun untuk lebih gampangnya, lebih baik mencari minyaknya saja ketimbang rempah cengkehnya langsung.

  • Cara 1: Setelah membeli dan menyiapkan minyak cengkeh, cara untuk mengobati gigi yang nyeri adalah dengan menyemprotkan sedikit minyak ke sebuah kapas. Kapas tersebut lalu dikompres atau ditempelkan ke gigi yang berlubang. Tunggulah selama beberapa menit sampai kandungan cengkeh terserap. Baru lepas tempelan kapas tersebut dan berkumurlah dengan air putih.
  • Cara 2: Bila ingin cara yang lain, cobalah mencampurkan minyak cengkeh beberapa tetes ke air satu gelas. Gunakan saja untuk berkumur 2-3 kali dalam sehari secara beberapa hari berturut-turut. Menggunakannya rutin akan membantu memperlihatkan hasil optimal dari obat herbal ini.

(Baca juga: bahaya cabut gigi)

11. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh bukanlah buah belimbing yang biasanya kita nikmati dengan rasa asam dan manisnya yang segar. Belimbing ini adalah sejenis belimbing sayur di mana ternyata mampu menjadi obat ampuh sakit gigi berlubang.

  • Caranya: Buah belimbing wuluh yang berwarna hijau dapat diambil beberapa buah saja. Cucilah dulu sampai bersih dengan air karena buah ini perlu kita makan. Konsumsilah bersama dengan garam agar lebih baik rasanya. Secara perlahan, kunyah-kunyahlah belimbing ini menggunakan gigi yang terasa ngilu tersebut supaya cepat sembuh.

12. Air Es

Benarkah air es mampu meredakan dan bahkan menyembuhkan sakit gigi? Mungkin kita mengira hasilnya bakal lebih ngilu ketika air es ini digunakan. Namun kita baru bisa membuktikan keefektifannya setelah benar-benar mencoba cara ini.

  • Caranya: Ambil segelas air dingin atau air es, akan lebih bagus kalau ditambah dengan sari lemon di dalamnya. Tapi air es saja juga boleh; kumur dan bersihkan bagian dalam mulut menggunakan air es ini. Dalam sehari agar hasilnya maksimal, kita perlu melakukan perawatan ini 3-4 kali demi mengendalikan gigi berlubang. Memang akan terasa perih, tapi efek tersebut hanya akan sebentar saja.

(Baca juga: penyebab sakit gigi)

13. Esens Vanila

Tampaknya bagi beberapa orang, cara mengobati sakit gigi berlubang menggunakan esens vanila adalah hal baru. Esens ini terlihat kurang meyakinkan mungkin, tapi sebagian orang telah membuktikan khasiatnya. Keefektifannya dalam menyembuhkan serta bahkan memulihkan sakit gigi sangat bisa dipercaya dan diandalkan.

  • Caranya: Dalam bentuk yang masih murni, esens vanila ini bisa disediakan. Campurkan bersama segelas air yang setelah diaduk merata dapat dijadikan sebagai obat kumur. Obat kumur alami ini bila dipakai selama beberapa hari dan beberapa kali sehari akan membantu menyembuhkan gigi berlubang.

14. Es Batu

Selain dari air es, es batu pun bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang rasa sakit gigi berlubang. Tak hanya mengurangi ngilunya, gigi berlubang itu sendiri akan pulih juga seiring waktu.

  • Caranya: Ambil beberapa kotak es batu bersama dengan sebuah handuk kecil. Bungkuslah es-es batu tersebut dengan handuk kecil yang kita punya. Lalu selesai membungkus, tempelkan di bagian luar tapi tepat mengenai bagian gigi yang ngilu dan terinfeksi. Rasa sakit yang membuat kita menderita dapat berkurang dengan perawatan es batu secara rutin.

(Baca juga: penyebab gigi ngilu)

15. Margosa

Banyak mungkin dari kita yang jarang mendengar margosa dan belum tahu banyak akan khasiatnya. Daun margosa adalah bagian yang bakal kita manfaatkan di sini sebagai obat sakit gigi akibat adanya lubang.

  • Cara 1: Daun margosa beberapa lembar saja dapat disediakan. Cuci lebih dulu supaya bersih dari kotoran; gunakan air matang saja untuk membersihkannya. Kunyah-kunyahlah daun margosa ini dengan rutin dan rajin. Selama beberapa kali dan beberapa hari, obat alami ini akan secara efektif mengurangi rasa ngilu yang kita rasakan.
  • Cara 2: Selain mengunyah langsung akan daun margosa, ada juga cara alternatifnya, yakni jus daun margosa. Bagi yang lebih suka membuat obat jus herbal, daun margosa ini boleh dicoba dijus. Mengonsumsi daun jus margosa setiap hari secara rutin akan membantu kita meraih hasil yang kita inginkan. Khasiatnya tak ada bedanya dengan saat kita mengunyahnya, jadi buktikan segera.

(Baca juga: bahaya implan gigi)

16. Daun Mint

Rasa daun mint yang adem dan mampu menyegarkan bau mulut juga layak dipertimbangkan. Sebagai obat sakit gigi dikarenakan berlubang, daun mint akan meringankan kesakitan pada gigi kita.

  • Cara 1: Buatlah sebuah ramuan tonik dengan merebus 6-8 lembar daun mint bersama 2 cangkir air. Setelah selesai merebusnya, jadikan ramuan ini sebagai obat kumur. Gigi berlubang tak hanya akan berkurang rasa sakitnya. Membersihkan mulut dengan tonik ini juga akan membunuh bakteri pemicu gigi berlubang.
  • Cara 2: Alternatifnya, cobalah untuk mengonsumsi secangkir teh yang sudah dicampur dengan daun mint. Masalah gigi berlubang akan sembuh dan pulih secara bertahap apabila perawatan ini dilakukan rutin.

17. Keju

Sebagai bahan alami penyembuh sakit gigi berlubang, keju pun bisa diandalkan. Keju tak hanya merupakan bahan makanan dari susu yang akan mampu memenuhi kebutuhan protein, lemak dan kalsium. Bagian gigi kita yang ngilu karena berlubang pun bisa diobati secara sederhana.

  • Caranya: Keju bisa dimakan secara langsung begitu saja untuk menyembuhkan rasa sakit pada gigi. Namun bila ingin lebih menikmatinya, keju pun bisa dicampurkan ke makanan maupun minuman favorit kita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan keju ini sebagai solusi sakit gigi. Bagi yang suka keju, ini adalah sebuah keuntungan.

(Baca juga: penyebab gusi bengkak)

18. Lemon

Lemon merupakan buah yang bisa diandalkan dalam mengobati gigi berlubang yang terasa amat sakit dengan 3 pilihan cara. Kandungan vitamin C di dalam jenis jeruk ini akan melawan bakteri yang membuat gigi sakit dan ngilu.

  • Cara 1: Gunakan secara sederhana jus atau sari lemon sebagai bahan untuk sikat gigi. Teteskan atau aplikasikan ke sikat gigi, lalu dengan sikat gigi tersebut kita bisa menggosok gigi. Karena begitu sakit, lakukan secara perlahan. Atau kalau tidak gosokkan dengan tangan saja.
  • Cara 2: Sebuah irisan lemon bisa dikunyah-kunyah. Jangan kupas kulitnya karena memang lebih dianjurkan untuk mengunyah irisan lemon yang masih ada kulitnya. Ini disebut-sebut lebih efektif.
  • Cara 3: Buatlah ramuan campuran antara jus lemon atau sari lemon sekitar 4 sendok teh bersama dengan setengah sendok teh bubuk asafoetida. Setelah jadi ramuan tersebut, ambil sebuah bola kapas untuk dicelupkan ke dalam cairan tersebut. Setelah itu usap-usapkan ke bagian gigi yang berlubang. Pemakaian setiap hari akan dapat membuktikan efektivitas sari lemon ini.

19. Air Hangat

Bila sebelumnya kita membahas tentang air es serta es batu yang ampuh dipakai menjadi obat sakit gigi. Air hangat pun rupanya juga sangat berguna.

  • Caranya: Siapkan satu gelas air hangat yang bisa digunakan saat kita menyikat gigi. Air hangat yang lebih-lebih ada garamnya kemungkinan besar akan lebih bagus. Setelah selesai menyikat gigi, berkumurlah dengan air hangat supaya masalah gigi berlubang menjadi berkurang dan pulih.

(Baca juga: khasiat minum air hangat setelah makan)

20. Teh Peppermint

Dikarenakan adanya rasa yang enak serta kekuatan mematikan bakteri di dalam mulut dan gigi, ini akan sangat bisa diandalkan. Peppermint tea adalah salah satu obat sakit gigi yang akan menenangkan mental kita juga.

  • Caranya: Sediakan daun peppermint yang kering sesendok teh saja dan masukkan ke dalam secangkir air. Tunggu sampai mendidih di mana proses perebusannya perlu dilakukan selama 20 menit. Biarkan adem dan setelah dingin, masukkan ke dalam mulut yang kemudian bisa didesirkan ke bagian gigi yang sakit. Telanlah atau buang, terserah Anda.

21. Membersihkan Mulut Setiap Sehabis Makan

Ingat bahwa salah satu pemicu dari sakit gigi berlubang adalah jarangnya menyikat gigi. Kerusakan pada gigi kemudian timbul karena adanya penumpukan bakteri. Jadi untuk mengatasi serta mencegah timbulnya gigi berlubang di lain tempat, menyikat gigi dan berkumur sesudah makan sangat penting. Membersihkan bagian dalam mulut dapat dilakukan 3 kali sehari setiap setelah makan besar, seperti setelah sarapan, makan siang maupun makan malam.

(Baca juga: cara mengobati gusi bengkak)

22. Hidrogen Peroksida

Bakteri di dalam mulut dan yang ada pada gigi menyebabkan gigi berlubang, oleh karena itu bakteri harus dibasmi. Hidrogen peroksida ini hanyalah obat sakit gigi sementara, tapi boleh dibilang efektif.

  • Caranya: Sediakan larutan hidrogen peroksida dengan kadar 3 persen yang bisa diteguk. Tindakan pengobatan ini memang berperan sebagai pembilas bagian dalam mulut. Setelah berkumur, buang, lalu gunakan air biasa untuk berkumur demi membersihkan sisa-sisa larutan hidrogen peroksida. Segala tanda infeksi pun akan berkurang dan dicegah menjadi lebih buruk.

23. Mengganti Jenis Pasta dan Sikat Gigi

Ada baiknya untuk mempertimbangkan mengganti jenis pasta gigi. Bila sebelumnya pasta gigi yang digunakan adalah pasta gigi biasa. Khusus untuk gigi berlubang, gampang ngilu dan sangat sensitif, pasta gigi untuk gigi sensitif adalah yang paling pas. Rasa sakit bakal dapat diringankan dengan pasta gigi khusus tersebut.

Sementara pasta gigi diganti, sikat gigi pun juga kemungkinan perlu diganti. Bila sikat gigi yang digunakan sekarang bulunya terlalu kasar, ini tak akan bagus untuk gigi yang sensitif. Sikat gigi berbulu lembutlah yang paling baik dan dianjurkan. Jaringan gusi bakal dijaga kesehatannya dan tak akan ada lagi gigi berlubang selanjutnya.

(Baca juga: tambal gigi berlubang)

24. Obat Kimia Pereda Gigi Ngilu

Ada tiga jenis obat sakit gigi berlubang dan ngilu yang kerap diresepkan oleh dokter. Obat-obat medis ini biasanya digunakan oleh banyak orang dalam mengobati giginya yang sakit:

  • Dexamethazon (dosis 3 kali sehari sebanyak 0,5 mg).
  • Clindamycin (dosis 3 kali sehari sebanyak 150 mg).
  • Asam mefenamat (dosis 3 kali sehari sebanyak 500 mg).

(Baca juga: penyebab abrasi gigi)

Itulah serangkaian obat sakit gigi berlubang, baik secara alami maupun secara medis yang diresepkan dokter. Kalau bisa disembuhkan dengan bahan alami, maka cobalah untuk melakukannya. Karena efek samping selalu lebih rendah.