6 Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

2821

Bahaya membiarkan gigi berlubang ternyata sangat vital bagi kesehatan hingga untuk ibu hamil. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah kesehatan. Bahkan kesehatan itu adalah hal yang paling penting dan perlu mendapat perhatian nomor satu. Salah satu bagian tubuh yang perlu mendapat perhatian adalah gigi. Gigi adalah bagian tubuh yang dapat dikatakan vital dan sangat penting. Hampir setiap hari kita memanfaatkan gigi, baik untuk mengunyah, hingga merobek sesuatu. Selain sangat bermanfaat, gigi juga menunjang penampilan kita. Bayangkan jika seseorang tidak mempunyai gigi, pasti akan sangat aneh dan menakutkan. Hingga semakin modernnya zaman, gigi menjadi trend gaya hidup masa kini yang sangat diperhatikan demi menjunjang  penampilan. Salah satunya adalah munculnya kawat gigi. Selain untuk merapikan gigi dan membuat fungsi gigi menjadi lebih maksimal, kawat gigi juga digunakan sebagai trend dalam mempercantik diri.

Gigi yang sehat adalah dambaan setiap orang. Jika gigi tersebut putih dan rapi, itu adalah nilai plusnya, namun yang paling penting adalah gigi tersebut sehat dan terbebas dari masalah-masalah yang menyakitkan. Sering ada pepatah yang menyatakan bahwa “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”, hal itu karena memang sakit gigi itu rasanya sangat menyakitkan. Terkadang disertai demam, ngilu, dan sakit kepala sampai ke telinga.

Sakit pada gigi kasusnya bisa bermacam-macam. Namun penyakit gigi yang sering sekali dialami oleh kebanyak orang adalah gigi berlubang dan gigi keropos. Gigi berlubang ini menyerang manusia tidak memandang usia. Dari anak-anak hingga dewasa sekalipun dapat terserang penyakit ini. Gigi berlubang adalah penyakit yang umum menimpa masyarakat. Sedangkan gigi keropos lebih sering menyerang anak-anak yang umumnya belum mengalami copot gigi karena sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.

Akibat Membiarkan Gigi Berlubang

Kadangkala masalah gigi berlubang ini sering diabaikan oleh orang-orang tertentu yang menganggapnya sepele. Ketika sakit gigi akibat gigi berlubang itu datang, mereka mencari obat yang hanya bisa untuk menghilangkan sakitnya saja tanpa memperbaiki atau menambal lubang pada gigi. Padahal jika lubang pada gigi dibiarkan dan tidak segera ditambal akan mengundang berbagai dampak negatif. Dampak yang ditimbulkan akibat membiarkan gigi berlubang antara lain:

  1. Sakit gigi yang menyiksa

Gigi berlubang adalah peristiwa pengikisan email atau mineral pada gigi. Awalnya lubang pada gigi berukuran kecil, namun lama kelamaan akan membesar dan akan semakin banyak dimasuki kuman sehingga rasa sakit yang diakibatkan gigi berlubang ini akan sangat terasa hingga membuat penderitanya kalang kabut dan tidak bisa tidur.

Baca : Obat Sakit Gigi – Penyebab Sakit gigi – Cara mengobati sakit gigi – Cara mengatasi abrasi gigi

  1. Kuman mudah sekali masuk

Karena adanya lubang di gigi, menyebabkan kuman-kuman mudah masuk ke dalam gigi dan mengganggu kesehatan gigi.

  1. Menimbulkan bau mulut

Terdapatnya lubang dalam gigi membuat serpihan- serpihan makanan yang dimakan akan masuk ke dalam lubang. Lama- kelamaan sisa makanan tersebut menumpuk sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap dari dalam mulut.

  1. Berisiko terkena berbagai macam penyakit

Orang yang menderita gigi berlubang dapat beresiko terkena berbagai macam penyakit seperti jantung, paru-paru, ginjal, ovarium, saraf, infeksi sendi, kerapuhan, diabetes melitus,  dan mata.

  1. Memicu bayi lahir prematur

Gigi berlubang bila diderita oleh ibu hamil akan memungkinkan terkena resiko bayi lahir secara prematur atau bayi yang lahir mempunyai berat badan sedikit.

  1. Pembuat penampilan gigi menjadi tidak menarik

Gigi yang berlubang akan membuat nilai gigi sebagai salah satu elemen kecantikan menjadi berkurang. Karena tampilan gigi berlubang akan sangat jelek.

Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang dapat terjadi karena buruknya kebersihan dan kesehatan mulut dan pertemuan antara bakteri dengan gula. Bakteri dalam mulut tersebut mengubah gula dari bekas makanan menjadi asam yang dapat menyebabkan lingkungan sekitar mulut menjadi asam dan akhirnya menyebabkan timbulnya lubang pada gigi. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya lubang pada gigi seseorang.

Hal-hal tersebut dapat disebabkan karena sesuatu yang ada di dalam mulut sendiri, maupun sesuatu di luar mulut. Beberapa penyebab timbulnya gigi berlubang adalah:

  1. Merokok. Kandungan tembakau dalam rokok mengganggu produksi air liur yang fungsinya menjaga permukaan gigi tetap bersih. (Baca : Bahaya Merokok)
  2. Kebersihan mulut buruk. Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan cara menyikat minimal 2 kali sehari akan menyebabkan penyakit gigi. Tidak hanya gigi berlubang namun juga bau mulut.
  3. Timbulnya plak pada gigi. Plak terbentuk karena zat gula yang tidak dibersihkan plak tersebut mengandung zat asam yang lama-kelamaan akan mengikis mineral atau email gigi dan membuat gigi berlubang.
  4. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Makan yang rasanya manis tentu mengandung gula. Seperti yang dibahas diatas bahwa gula akan diubah menjadi asam oleh bakteri, sehingga makanan yang mengandung gula banyak akan menyebabkan gigi mudah berlubang.
  5. Cara menyikat gigi yang salah. Cara menyikat gigi yang salah juga dapat membuat gigi berlubang. Cara menyikat gigi yang seharusnya adalah dari atas ke bawah dan sebaliknya.
  6. Seperti yang diungkapkan sebelumnya bahwa bakteri yang hidup di sekitar mulut akan mengubah gula menjadi asam yang kemudian menyebabkan pengikisan email pada gigi dan menbuat gigi berlubang.
  7. Terlalu banyak karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat akan menyebabkan resiko terkena gigi berlubang yang tinggi. Contoh makanan tersebut adalah coklat, permen, soda, dan makanan bertepung.
  8. Mengonsumsi alkohol. Alkohol mempunyai kandungan yang dapat merusak enamel gigi. Baca : Bahaya alkohol
  9. Kebanyakan ngemil. Kebanyakan ngemil cemilan yang mengandung zat asam dan zat gula akan membuat kerusakan pada gigi.

Bahaya membiarkan gigi berlubang bagi kesehatan gigi dan kesehatan tubuh wajib anda hindari karena dapat menyebabkan masalah mematikan bagi tubuh.