12 Cara Mengatasi Abrasi Gigi Secara Alami

9787

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Ia berguna untuk mengunyah makanan, menghaluskan makanan yang hendak kita telan agar mudah untuk dicerna. Seperti layaknya anggota tubuh yang lain, gigi sering mengalami beberapa masalah seperti sakit gigi karena gusi yang tumbuh, atau karena gigi berlubang. Selain masalah yang sering dihadapi setiap orang itu, ada juga masalah gigi yang mungkin jarang didengar orang dan sering dialami akan tetapi tak tahu sebutannya. Penyakit gigi itu disebut dengan abrasi gigi.

Apa itu abrasi gigi ?

abrasi gigiSecara sederhana, abrasi gigi adalah kondisi dimana gigi mengalami proses pengikisan secara mekanis. Ketika abrasi gigi ini terjadi, maka struktur email menjadi rusak dan jika kerusakannya lebih parah, bisa masuk sampai di bagian dentin.

Penyebab abrasi gigi

Abrasi gigi ini tentunya tidak terjadi secara natural. Akan tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan gigi anda terkikis. Berikut adalah beberapa penyebab abrasi gigi.

  • Menyikat gigi kuat-kuat.
  • Menggigit benda keras.
  • Kawat gigi terlalu mencengkeram.
  • Kebiasaan menggesekkan gigi atas dan bawah ketika tidur.
  • Kebiasaan memakai tusuk gigi yang terlalu tajam.
  • Penggunaan pasta gigi yang salah.

Hal-hal yang saya sebutkan di atas adalah beberapa penyebab abrasi gigi terjadi pada gigi anda. Ketika hal ini terus dilakukan dan anda tidak menyadarinya, maka anda akan mulai merasakan efek dari abrasi gigi anda yakni ngilu ketika minum atau makan makanan dingin.

Ketika anda sudah terkena abrasi gigi, anda harus segera mengatasinya. Karena apabila anda tidak segera mengatasinya, maka anda akan terganggu dengan gigi anda yang semakin lama akan semakin terkikis dan tak kuat lagi. Selain rasa ngilu yang menyerang yang membuat anda tidak nyaman untuk makan, anda harus mencoba untuk mengatasi abrasi gigi tersebut. berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi abrasi gigi.

1. Pengolesan Fluor

Cara mengatasi abrasi gigi yang paling utama adalah dengan menggunakan fluor. Penanganan jenis ini, pengolesan flour pada gigi yang mengalami abrasi dilakukan jika keadaan gigi dan strukturnya tidak parah. Hal ini dilakukan sebagai satu tindakan pencegahan dari proses pembentukan karies gigi dan mencegah gigi berlubang. Flour ini kadang diberikan dalam bentuk obat kumur, atau gel. Selain itu fluor juga bisa diberikan dalam bentuk pasta yang bisa dioleskan langsung ke area gigi yang dirasa mengalami abrasi.

2. Menambal gigi

Setelah pengolesan fluor ini dilakukan ketika abrasi gigi tidak terlalu parah, maka ketika abrasi gigi ini sampai pada bagian dentin, yang berarti cukup parah, maka penambalan pada gigi benar-benar dianjurkan. Penambalan ini bisa dilakukan dengan bahan resin komposit yang memiliki warna yang sama dengan warna gigi anda. Selain warnanya yang sama, resin komposit ini berguna untuk mengganti email gigi yang hilang akibar proses abrasi tersebut.

3. Mengubah kebiasaan buruk yang menyebabkan abrasi gigi

Setelah beberapa proses medis yang bisa anda lakukan jika anda terkena abrasi gigi, ada beberapa cara lain yang harus anda lakukan untuk menghindarkan diri anda dari derita abrasi gigi yang semakin lama bisa semakin parah dan mengganggu. Anda hanya perlu menghilangkan beberapa kebiasaan buruk anda yang menyebabkan abrasi. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa membantu anda menyembuhkan dan merawat gigi anda sehingga membuat gigi anda terhindar dari abrasi gigi yang membuat gigi anda ngilu.

  • Sikat gigi dengan benar.

Cara mengatasi abrasi gigi yang paling mudah adalah sikat gigi. Sikat gigi dengan benar adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat gigi anda tetap terjaga dan tidak terkena abrasi. Ketika anda melakukan sikat gigi, dianjurkan anda melakukannya dengan cara-cara seperti menyikatnya dengan pola vertikal mengikut tumbuhnya gigi, melakukannya dengan lembut,dan jangan menekannya dengan keras. Hal ini bisa membuat gigi anda lebih terjaga dan bersih.

  • Memilih sikat gigi yang tepat.

Sikat gigi juga merupakan salah satu alat yang berbahaya bagi gigi jika anda tidak memilihnya dengan tepat. Anda harus memilih sikat gigi yang berbulu halus dan berukuran kecil dan proporsional dengan gigi anda. Jangan menggunakan sikat gigi yang bulunya kasar. Selain itu, dianjurkan secara berkala untuk mengganti sikat gigi anda dengan yang baru.

  • Hilangkan kebiasaan menggigit benda keras.

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, bahwa salah satu penyebab abrasi gigi adalah kebiasaan menggigit benda keras seperti pensil, bolpoin, dan beberapa benda yang lain. Untuk menghindari terjadinya abrasi, hindari kebiasaan untuk menggigit benda keras ini. Sayangilah gigi anda.

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung sitrat.

Penggunaan pasta gigi yang salah juga bisa menyebabkan abrasi gigi. Maka dari itu, ketika anda hendak membeli pasta gigi, pastikan anda memilih pasta gigi yang mengandung sitrat yang cukup sehingga hal itu bisa melindungi gigi anda yang terserang abrasi. Pasta gigi yang tepat akan mempersehat gigi anda, dan sebaliknya, ketika anda menggunakan pasta gigi yang tidak pas, gigi anda akan sakit.

  • Menggunakan benang gigi.

Tusuk gigi adalah salah satu alat yang menyebabkan anda mengalami abrasi. Memang, setelah makan daging, jika ada yang terselip di salah satu celah gigi anda, menggunakan tusuk gigi adalah cara yang menyenangkan, akan tetapi hal itu bisa membuat gigi anda mengalami abrasi. Ketika anda ingin membersihkan gigi anda dari makanan yang terselip di dalam celah gigi anda, lebih baik anda gunakan benang. Benang lebih bersahabat dengan gigi dan tidak menyebabkan abrasi pada gigi anda.

  • Menghilangkan kebiasaan “Kerotan”.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas tadi bahwa salah satu penyebab abrasi gigi adalah kebiasan kerotan atau menggesek bagian bawah dan atas gigi. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, anda harus berlatih menyadarinya. Ketika anda sadar melakukannya, segera hentikan kebiasaan tersebut. atau, anda bisa meminta tolong pada orang lain untuk selalu mengingatkan anda untuk tidak melakukan hal tersebut.

  • Menggendorkan cengkeraman kawat gigi.

Hal ini berlaku bagi orang-orang yang memiliki kawat gigi. Ketika anda merasa bahwa kawat gigi anda mencengkeram secara berlebihan dan membuat anda tidak nyaman, dianjurkan agar anda segera mengkonsultasikan hal itu pada dokter dan meminta pada dokter anda untuk mengendorkannya agar tidak terjadi abrasi pada gigi anda. Baca (Bahaya menggunakan behel – Bahaya behel lepas pasang)

Artikel kesehatan gigi lainnya

Penyebab abrasi gigi sebenarnya hal-hal yang sederhana. Akan tetapi, hal yang sederhana ini haruslah anda perhatikan, karena bagaimana pun gigi anda adalah bagian penting. Jaga gigi anda baik-baik!