9 Cara Merawat Gigi Agar Putih dan Sehat

3439

Senyum indah selalu akan menjadi lebih menawan untuk semua orang. Senyum indah dari gigi putih menjadi impian semua orang. Penampilan dengan gigi putih akan membuat rasa percaya diri yang tinggi. Namun untuk memiliki gigi yang putih dan sehat memang tidak mudah dilakukan. Bahkan ketika sudah mencoba untuk menyikat gigi dari kecil, selama 2 hingga 3 kali sehari. Namun berbagai jenis makanan dan minuman yang melewati gigi bisa menghilangkan warna gigi putih alami. Jadi berbagai jenis zat luar yang melewati gigi bisa membuat gigi putih menjadi kuning atau warna yang kusam.

Hal-hal yang Mempengaruhi Perubahan Warna Gigi

Gigi yang ada dalam rongga mulut menjadi salah satu bagian sistem pencernaan yang sangat penting. Gigi digunakan untuk mengunyah, menghaluskan makanan dan membuat semua makanan bisa masuk ke saluran pencernaan. Berbagai bahan yang melewati gigi ini, membuat lapisan luar gigi bisa mengalami perubahan warna. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang sering merusak warna putih alami gigi :

1. Teh

Jika memiliki kebiasaan minum teh seperti jenis teh merah dan teh hitam, maka kebiasaan ini bisa merubah warna putih alami gigi. Bahaya minum teh karena mengandung zat tanin, yang bisa membuat warna gigi menjadi lebih keruh. Bahkan jika sudah menggosok gigi setelah minum teh. Tanin yang bercampur dengan jenis senyawa dari makanan yang mengandung karbohidrat lainnya, juga akan menyebabkan warna lebih keruh. Jika ingin tetap minum teh dengan gigi yang tetap bersih maka bisa mengkonsumsi teh hijau.

2. Minuman Berkarbonasi

Bahaya minuman bersoda dan jenis minuman dengan campuran gula akan merusak lapisan enamel gigi. Jika kebiasaan ini dilakukan lebih sering maka warna gigi akan berubah menjadi lebih berat. Minuman yang mengandung bahan karamel juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Bahkan semua minuman yang mengandung asam bisa membuat warna gigi berubah.

Bahaya minuman berkarbonasi ini juga bisa menyebabkan :

3. Permen

Permen adalah makanan yang manis, namun zat manis dari gula dalam permen bisa merubah warna gigi. Permen juga biasanya lama bertahan di mulut sehingga lebih beresiko untuk merusak gigi termasuk kerusakan warna gigi.

Permen jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa mengakibatkan :

4. Anggur

Minuman yang terbuat dari anggur mengandung zat tanin sama seperti teh hitam atau teh coklat. Tanin akan tertinggal di dalam gigi dan bisa merubah warna putih gigi menjadi coklat atau kuning. Semua jenis minuman dari anggur bisa merusak warna gigi.

5. Saos

Berbagai jenis saos dari cabai, tomat maupun kari juga bisa merusak warna putih alami gigi menjadi lebih coklat atau kuning. Bahkan bahan-bahan ini jika tertinggal lama di dalam gigi juga bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi keropos.

gigi yang keropos juga bisa mengakibatkan :

6. Kecap dan Cuka

Berbagai jenis bumbu yang mengandung kecap dan cuka juga bisa merubah warna gigi. Kecap dan cuka bisa membuat warna gigi menjadi lebih gelap karena tertinggal lama di dalam mulut.

7. Buah Berwarna

Berbagai jenis buah yang berwarna yang kaya dengan kandungan warna dari polifenol juga bisa merusak warna gigi. Beberapa jenis buah seperti bit dan blubbery bisa merusak warna alami putih gigi. Disarankan untuk segera membersihkan gigi setelah makan buah-buahan tersebut agar warna tetap putih.

Namun memang buah-buahan yang berwarna ini juga sangat baik yakni :

8. Jus Botol atau Kaleng

Minum jus buah dalam botol dan kaleng memang sangat menyegarkan. Namun jus buah dalam botol ini biasanya memiliki kandungan asam tambahan sehingga bisa merusak warna gigi.

Perawatan rutin bisa dilakukan untuk membuat gigi alami tetap putih dan segar. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan rutin. Hindari konsumsi semua jenis makanan dan minuman yang bisa membentuk noda pada gigi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat gigi putih alami :

1. Hindari Semua Produk Perusak Warna Gigi

Jika ingin tetap memiliki warna gigi yang putih dan alami maka hindari semua jenis produk yang bisa merusak warna gigi seperti rokok, anggur, alkohol, minuman bersoda, teh, kopi dan berbagai produk lain. Semua jenis produk tersebut bisa membuat gigi menjadi keruh dan tidak terlihat putih. Bahkan warna gigi sama sekali tidak akan berubah setelah aktif menggosok gigi.

Selain jenis makanan tersebut, cara merawat gigi agar putih dan sehat dengan menghindari hal berikut :

2. Jaga Kebersihan Lidah

Membuat gigi putih tidak hanya dilakukan dari gigi saja tapi juga lidah. Gosok lidah dari berbagai jenis sisa makanan dan zat kecil yang tidak terlihat. Lidah bisa menggores gigi sehingga jika lidah kotor maka gigi juga menjadi kotor. Cara menjaga lidah agar tetap sehat dengan menggunakan sikat lidah khusus yang bisa membantu membersihkan lidah.

Kebersihan lidah yang terjaga juga akan menghindari :

3. Ganti Sikat Gigi Secara Teratur

Bagian lain yang penting untuk dilakukan adalah menjaga agar sikat gigi tetap bersih dan sehat. Sementara jika sikat gigi dipakai dalam waktu yang lama maka bisa menyebabkan penumpukan bakteri yang bisa merusak gigi. Jadi, lakukan sikat gigi secara teratur dengan cara yang benar dengan sikat gigi yang bersih.

4. Berkumur

Cara merawat gigi agar tetap sehat maka bisa mencoba untuk sering berkumur. Berkumur akan membantu gigi tetap bersih selain itu semua sisa makanan yang ada di celah gigi bisa hilang. Anda bisa mencoba untuk berkumur dengan air biasa atau air cuka apel.

Berkumur juga bisa mengatasi gangguan kesehatan lainnya seperti :

5. Konsumsi Makanan untuk Membersihkan Gigi

Cara merawat gigi agar tetap sehat, juga bisa menjadi langkah yang sangat penting dengan terbiasa mengunyah makanan yang bisa membersihkan gigi. Beberapa jenis makanan yang disarankan adalah seperti seledri, apel, pier, wortel mentah dan jenis buah atau sayuran yang ringan dan renyah. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini setelah makan siang atau makan malam sebelum gosok gigi.

6. Baking Soda

Baking soda yang biasanya dipakai untuk membuat kue juga bisa dilakukan untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Gunakan baking soda yang sudah dicampur dengan air dan menjadi bentuk pasta. Gunakan untuk sikat gigi dan kembali ulangi selama satu kali dalam seminggu.

Baking soda ini juga berguna untuk :

7. Bersihkan Gigi dengan Benang

Cara merawat gigi agar putih dan sehat dengan benang, bisa mencoba cara ini untuk membersihkan gigi secara teratur. Sikat gigi dengan benang dengan gerakan naik dan turun. Cara ini bisa menghilangkan semua noda yang tertinggal dalam gigi. Namun gunakan benang yang bersih dan baru setiap kali akan menyikat gigi dengan benang.

8. Gunakan Obat Kumur

Menjaga kebersihan mulut dan gigi juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur dengan berbagai kandungan bisa membuat penampilan gigi menjadi lebih putih. Tapi hindari semua jenis produk obat kumur yang mengandung bahaya alkohol karena justru bisa merusak warna putih alami gigi.

9. Cek Rutin Ke Dokter Gigi

Periksa gigi rutin dilakukan selama minimal enam bulan sekali. Anda bisa mencoba untuk melakukan pemeriksaan gigi secara teratur bahkan ketika Anda sama sekali tidak memiliki keluhan. Pemeriksaan bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi gigi agar jika terjadi masalah segera bisa dilakukan tindakan.

Jadi menjaga kebersihan gigi secara teratur akan mempengaruhi warna putih yang dihasilkan. Kebersihan gigi juga ternyata sangat penting untuk kesehatan secara umum termasuk untuk organ tubuh seperti jantung, otak, paru-paru dan organ lain. Jadi penting sekali untuk menjaga gigi bersih dan putih setiap hari.