Home Penyakit dan KelainanSumber Penyakit 10 Penyebab Gigi Ngilu dan Sakit

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Sakit

by Ana Rohma

Gigi merupakan bagian dari tulang dan rangka manusia, yang memiliki fungsi yang penting dalam hal pencernaan. Gigi merupakan alat pertama yang mengawali proses pencernaan di dalam tubuh. Dengan menggunakan gigi, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dihaluskan terlebih dahulu, sebelum ada akhirnya akan ditelan dan dicerna di dalam tubuh.

Aktivitas Gigi Manusia

penyebab gigi ngiluGigi mulai dari lahirnya manusia sudah merasakan lebih dari beribu-ribu kondisi makanan, mulai dari makanan yang keras, lembut, panas dingin dan sebagainya. Terkadang gigi harus bekerja ekstra keras ketika harus menghaluskan makanan yang terlalu keras, sehingga bukan tidak mungkin dapat menimbulkan berbagai macam masalah gigi. Salah satu jenis masalah gigi yang paling sering dialami, selain penyebab gigi berlubang adalah gigi yang terasa ngilu. Biasanya gigi terasa ngilu ketika anda harus mangunyah makanan yang terlalu keras, ataupun mengkonsumsi makanan yang terlalu panas ataupun dingin. Hal ini dikenal dengan istilah gigi sensitif.

Penyebab Utama Gigi Ngilu

Gigi yang terasa ngilu dan gigi sensitif merupakan salah satu masalah gigi yang terjadi pada banyak orang, namun demikian, banyak orang yang tidak menyadarinya, atau mungkin mengacuhkannya. Sebenarnya yang menjadi penyebab utama dari gigi yang terasa ngilu adalah karena sudah terkikisnya lapisan-lapisan email pada gigi, yang menyebabkan gigi anda menjadi ngilu dan sensitive hal ini dikenal dengan istilah abrasi gigi.

Lalu, mengapa kondisi gigi ngilu dan pengikisan lapisan email gigi ini dapat terjadi? Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab gigi ngilu karena lapisan email gigi menjadi terkikis :

1. Menyikat gigi terlalu keras

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling sering melanda para penderita gigi sensitif dan gigi yang sering terasa ngilu. Cara menjaga kesehatan gigi memang dengan menggosok gigi, namun kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras dapat menyebabkan lapisan email gigi menjadi semakin terkikis. Hal ini menyebabkan gigi anda akan menjadi ngilu dan sensitif. Untuk mencegahnya, hanya satu yang perlu anda lakukan, yaitu berhentilah menyikat gigi dengan keras, dan gunakanlah sikat gigi dengan tipe medium dan soft untuk meminimalisir terkikisnya lapisan email pada gigi.

2. Salah prosedur dalam penggunaan kawat gigi

Penyebab gigi ngilu dan sakit dari gigi senstif adalah adanya kesalahan prosedur dalam pemasangan dari kawat gigi. Biasanya kawat gigi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memperbaiki kontur dan juga susunan gigi. Namun apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan, misalnya dudukan dari kawat gigi yang terlalu keras dan kencang, maka hal ini malah akan menyebabkan semakin terkikisnya lapisan email gigi yang menyebabkan munculnya gejala gigi sensitif.

Baca juga bahaya behel lepas pasang yang bisa merusak gigi.

3. Kebiasaan menggunakan tusuk gigi

Tusuk gigi, meskipun sangat berguna untuk menghilangkan terasangkutnya makanan di sela-sela gigi, namun ternyata berisiko dalam menyebabkan gigi sensitif. Penggunaan tusuk gigi berisiko tinggi untuk mengikis lapisan email gigi dan pastinya malahan akan menyebabkan munculnya gejala gigi sensitif.

4. Kebiasaan menggigit-gigit benda keras

Bagi anda yang sejak kecil sering menggigit-gigit benda keras, dan masih berlanjut hingga saat ini, maka anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan penipisan lapisan email gigi, terutama ketika anda menggigit benda yang bukan makanan. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan potensi gangguan lainnya pada bagian mulut, karena benda yang anda gigit pastilah mengandung kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

5. Terlalu sering minum yang terlalu panas dan atau terlalu dingin

Terkadang, anda tidak menyadari kondisi suhu minuman yang anda minum. Ada beberapa yang tidak sadar bahwa Bahaya minum air es atau minuman yang terlalu dingin atau terlalu dingin juga dapat menyebabkan abrasi pada lapisan email gigi, da menyebabkan gigi anda menjadi lebih sensitif dan terasa ngilu. Selain itu, kebiasaan dalam minum minuman panas, lalu langsung ditimpa dengan minman yang dingin, atau sebaliknya juga merupakan salah satu kebiasaan buru yang dapat menyebabkan abrasi pada gigi.

6. Salah prosedur dalam menyikat gigi.

Dalam menyikat gigi, diperlukan prosedur-prosedur standar yang harus anda perhatikan agar tidak terjadi penyebab gigi ngilu karena kerusakan pada email gigi. Biasanya kesalahan dalam menyikat gigi yang dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif dan ngilu adalah bulu sikat gigi yang terlalu keras dan juga penyikatan yang terlalu ditekan. Hal ini lambat laun akan menyebabkan abrasi pada gigi anda yang akan mengikis lapisan email dan menyebabkan gigi anda menjadi ngilu dan sensitif.

7. Infeksi pada gusi

Tidak hanya proses menyikat gigi dan kebiasaan menggigit makanan saja yang dapat menyebabkan gigi menjadi ngilu. Terjadinya infeksi pada bagian gusi juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya gejala gigi yang lebih sensitive dan ngilu. Biasanya infeksi penyebab gusi bengkak dapat terjadi karena kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan juga bisa terjadi karena tidak sengaja terkena benda tajam.

8. Penurunan kontur gusi

Kontur gusi atau posisi gusi yang kurang baik dan menurun konturnya juga berakibat pada munculnya gejala – gejala gigi sensitive dan juga gigi yang ngilu. Hal ini biasanya disebabkan oleh kelainan pada bagian gusi, dan juga dapat terjadi karena kebiasaany mengunyah dan menggigit benda keras.

9. Kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga

Abrasi gigi dan pengikisan dari lapisan email gigi juga dapat terjadi karena pengaruh kuman-kuman penyakit yang bersarang pada bagian mulut dan gusi anda. Kuman tersebut dapat muncul dan menginfeksi karena kesehatan dan kebersihan gigi yang tidak terjaga dengan baik, sehingga dapat menyebabkan rasa ngilu dan sakit gigi.

10. Usia

Gigi sensitive juga muncul seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya mereka yang berada pada usia lanjut dan lansia memiliki kemungkinan mengalami gejala gigi sensitif, penyebab gigi ngilu yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan oleh penurunan fungsi syaraf dari mereka para lansia.

Itulah beberepa faktor dan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari munculnya gejala-gejala gigi yang terasa ngilu. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap jaga kesehatan mulut dan gigi anda agar terhindar dari berbagai macam gangguan pada gigi dan mulut anda.

You may also like