40 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat

5550

Cara memutihkan gigi secara alami dan cepat yang dapat menghilangkan gigi kuning secara permanen untuk anda. Gigi yang putih dan tampak bersih tentu menjadi idaman bagi semua orang. Gigi yang putih dan bersih memerlukan perawatan secara menyeluruh dan pastinya menggunakan cara menjaga kebersihan gigi yang tepat. Sulitnya membuat gigi menjadi putih bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari kurangnya menjaga kebersihan gigi hingga makanan yang dikonsumsi.

Cara membersihkan gigi dapat dilakukan secara alami atau bahkan dengan cara modern menggunakan pasta gigi. Dalam memilih  pasta gigi anda tidak boleh sembarangan dan pilih yang sesuai dengan keadaan gigi anda. Ada beragam masalah gigi yang bisa saja terjadi seperti halnya gigi sensitif, jenis gigi yang demikian membutuhkan perawatan serta pasta gigi khusus untuk menanganinya. Selain itu, anda juga dapat melakukan perawatan dengan berkunjung ke dokter gigi untuk merawat ggi anda supaya terlihat putih dan bersih. Salah satu bentuk perawatan yang banyak dilakukan adalah bleaching. Namun tentunya anda memerlukan biaya lebih untuk melakukan perawatan di klinik khusus tersebut.

Merawat gigi supaya bersih dan putih, tidak perlu serta merta merawat gigi anda ke dokter gigi karena masih ada cara menarik lainnya yang lebih mudah untuk dicoba. Berikut ini kami tawarkan beberapa tips memutihkan gigi yang menarik dan pastinya dapat anda coba di rumah.

1. Menggunakan bahan alami siwak

Cara memutihkan gigi dengan siwakSiwak merupakan bahan pembersih gigi alami yang pertama kali digunakan dan dikenal oleh leluhur. Siwak atau yang dikenal pula dengan miswak merupakan bahan penggosok gigi alami yang didapat dari dahan atau akar pohon. Penggunaan siwak memiliki banyak sekali manfaat seperti membersihkan gusi, lidah, gigi dan yang penting adalah semua bagian dalam mulut anda. Penggunaan siwak yang dilakukan secara rutin membuat gigi dan mulut anda terlindungi. Keberadaan siwak telah digunakan sejak zaman nabi dan hingga sekarangpun keberadaan siwak masih juga populer.

Banyak sekali orang Timur Tengah yang memilih menggunakan siwak karena lebih praktis serta dapat diperoleh di mana-mana. Cara menggosokkan siwak untuk membersihkan mulut dapat digunakan seperti halnya anda menggosok gigi.

2. Menggunakan kulit jeruk

Tahukah anda jika ternyata kulit jeruk memiliki banyak manfaat dimana salah satunya untuk membersihkan gigi? Bagi anda yang belum tahu,  mulai sekarang cobalah untuk tidak membuang kulit jeruk yang tidak lagi terpakai. Kulit jeruk merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menggosok gigi anda supaya tampak lebih putih. Tidak perlu takut dalam menggunakannya karena kulit jeruk tidak akan merusak email pada gigi anda.

3. Menggunakan arang

Arang kayu ternyata dapat digunakan sebagai media pembersih gigi. Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan menumbuk arang hingga halus lalu gosokkan arang kayu tersebut pada gigi anda. Untuk hasil yang baik, anda dapat menggunakannya secara rutin. Gunakan seperlunya saja dan jangan berlebihan karena dapat merusak email pada gigi anda. Untuk mendapatkan arang, anda tidak perlu membakar sendiri kayunya melainkan dapat membelinya secara langsung karena arang kayu ternyata sudah diperjualbelikan terutama pasa pasar- pasar tradisional.

4. Menggunakan lemon juga garam

Cara menggunakan lemon serta garam untuk membersihkan gigi cukup mudah yaitu dengan cara mencampur beberapa tetes air lemon dengan garam lalu gunakan untuk membersihkan gigi anda. Perlu diingat untuk tidak menggunakan garam yang terlalu banyak karena bisa merusak email gigi anda. Setelah menggunakannya sebaiknya berkumur hingga bersih supaya tidak meninggalkan rasa asam dan asin pada mulut anda.

5. Menggunakan buah strawberry

Buah strawberry memiliki bentuk buah yang unik dengan rasa yang manis. Buah yang satu ini banyak digemari karena penampilannya yang cantik. Buah yang sedikit asam ini tidak hanya bagus untuk kesehatan namun ternyata bisa pula digunakan untuk membantu memutihkan gigi. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu tinggal menggosokkannya pada area gigi anda. Lakukan secara menyeluruh lalu berkumurlah menggunakan air bersih supaya rasa asam yang ada hilang terbawa air. Untuk hasil yang baik, anda dapat menggunakan buah strawberry secara rutin.

6. Menggunakan kulit jeruk dan daun salam

Cara alami dalam memutihkan gigi yang selanjutnya adalah dengan cara menggunakan kulit jeruk dan daun salam. Penggunaannya dapat dilakukan dengan cara menghaluskan kedua bahan lalu campur dengan air. Aduk secara merata hingga kental dan gunakan untuk membersihkan gigi bersamaan dengan penggunaan siwak. Lakukan dengan teratur supaya hasilnya lebih maksimal. Kedua bahan tersebut mudah ditemukan sehingga tidak menyusahkan anda yang ingin mencari dan menggukannya.

7. Menggunakan baking soda

Cara memutihkan gigi dengan cepat yang paling populer adalah dengan memanfaatkan baking soda. Baking soda bukan hanya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan roti melainkan juga digunakan untuk banyak hal lain seperti pemutih gigi hingga penghilang bau kaki. Baking soda memiliki kandungan asam yang bagus untuk membersihkan dan menjaga email pada gigi. Baking soda juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pasta gigi. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki kandungan yang dapat berguna sebagai pemutih gigi.

8. Menggunakan biji pinang

Cara selanjutnya yang dapat anda coba untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan buah pinang. Buah pinang dapat pula digunakan untuk memutihkan gigi kuning. Anda dapat membakar biji pinang terlebih dahulu lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya gosokkan biji pinang yang halus pada gigi anda. Biji pinang yang digunakan secara teratur dapat membantu anda dalam menghilangkan warna kuning pada gigi.

9. Sikat gigi anda

Menyikat gigi dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Menyikat gigi yang dilakukan secara teratur dapat membuat gigi anda terbebas dari plak serta bakteri-bakteri pembuat gigi berlubang hilang. Sikat gigi anda dengan baik dan menyeluruh supaya tidak ada makanan yang tersisa. Dalam menyikat gigi pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lunak. Penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras dapat menyebabkan gusi berdarah terlebih jika digunakan dengan terburu-buru.

10. Konsumsi buah secara rutin

Buah tidak hanya memiliki banyak khasiat penting bagi kesehatan namun juga bagus untuk gigi anda. Buah dapat bertindak sebagai pembersih alami yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Salah satu jenis buah-buahan yang dapat memutihkan gigi adalah buah jeruk. Buah yang satu ini dapat membantu mulut dalam menghasilkan air liur lebih banyak. Air liur memiliki fungsi sebagai pemutih sekaligus pembersih gigi di dalam mulut. Selain buah jeruk, ada juga buah kiwi dan strawberry yang dapat digunakan untuk membersihkan sekaligus memperkuat gusi. Selain itu buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi seperti pir dan apel dapat pula digunakan untuk memutihkan gigi anda.

11. Menggunakan produk olahan susu

Produk olahan susu terdapat banyak sekali macamnya mulai dari keju dan yogurt. Gemar mengonsumsi produk olahan susu dapat membantu menurunkan resiko gangguan penyakit pada gusi serta mempertahankan warna putih alami gigi serta melindungi laipsan emailnya. Keju dengan struktur kuat seperti halnya keju cheddar dirasa lebih efektif dalam memutihkan serta membersihkan gigi jika dibandingkan dengan keju berstrukstur lembut.

12. Menggunakan flossing

Flossing merupakan salah satu cara menjaga kebersihan gigi menggunakan benang yang digesekkan pada sela- sela gigi. Banyak orang yang merasa khawatir jika gusinya berdarah ketika menggunakan flossing. Namun asal digunakan secara hati-hati, flossing dapat menghindarkan gigi dari kemunculan noda-noda yang membuat gigi terlihat kurang bersih. Penggunaan flossing juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Flossing juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

13. Mengunakan biji bunga matahari dan biji wijen

Biji wijen dan biji bunga matahari ternyata dapat pula digunakan untuk memutihkan gigi. Penggunaan biji wijen dapat digunakan untuk menjaga lapisan email gigi. Selain itu, wijen juga memiliki banyak kandungan kalsium yang bagus dalam menyehatkan tulang pada area gusi dan gigi. Biji bunga matahari sendiri dapat digunakan untuk mencegah timbulnya bau pada mulut. Kedua bahan tersebut dapat ditemukan pada toko makanan atau toko roti.

14. Almond

Bagi anda yang gemar mengonsumsi kacang- kacangan tentu sudah kenal dengan almond. Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat digunakan untuk melunturkan plak pada gigi. Almond sendiri memiliki banyak kandungan baik yang dapat membantu anda dalam memperoleh gigi putih anda. Kandungan almond yang bagus untuk memutihkan gigi antara lain lemak sehat dan protein.

15. Nanas

Buah yang satu ini terkenal dengan bentuk buahnya yang unik dengan rasa yang sedikit asam. Buah nanas memiliki banyak sekali khasiat dimana salah satunya adalah untuk membersihkan noda pada gigi. Buah nanas dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga dapat membantu membersihkan sisa makanan di dalam mulut. Buah nanas dijual dengan harga yang murah dan dapat ditemukan dimana- mana.

16. Buah pisang

Buah pisang merupakan buah yang banyak digemari karena bukan hanya memiliki rasa yang enak melainkan juga mampu mengenyangkan. Menggunakan buah pisang untuk membersihkan gigi dapat anda lakukan dengan menggunakan kulitnya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosokkan kulit pisang selama kurang lebih 2 menit pada permukaan gigi. Kulit pisang memiliki banyak kandungan penting yang bagus untuk kesehatan gigi seperti mineral.

17. Wortel

Buah wortel dikenal sebagai salah satu bahan masakan yang mengandung banyak khasiat alami yang bagus untuk kesehatan. Mengonsumsi wortel dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. Tidak heran jika wortel dapat digunakan sebagai pembersih mulut yang alami. Selain itu, wortel juga dapat digunakan untuk memperkuat gusi.

18. Buah apel

Buah apel dikenal sebagai salah satu jenis buah yang dapat digunakan untuk mempersehat mata. Buah dengan banyak kandungan vitamin A ini, merupakan buah yang banyak direkomendasikan dalam dunia kesehatan karena kandungan baiknya.  Tidak hanya itu, namun buah apel juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut karena dapat membunuh bakteri di dalam mulut. Hebatnya lagi mengunyah apel juga dapat membantu menguatkan gusi serta bertindak sebagai pembersih mulut yang alami.

19. Buah pir

Buah pir dan buah apel dikenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Mengunyah buah yang satu ini dapat membantu menetralkan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Selain itu, buah pir juga dapat mengurangi noda kuning pada permukaan gigi. Buah ini juga berperan dalam membersihkan kotoran-kotoran yang tertinggal pada mulut. Hebatnya lagi buah pir juga dikenal sebagai buah penghilang dehidrasi atau kurang cairan pada tubuh.

20. Menggunakan sedotan

Sedotan terkenal sebagai alat bantu untuk minum. Sedotan bukan hanya membuat minum menjadi lebih mudah melainkan juga membantu mencegah gigi terkena noda saat minum. Penggunaan sedotan membantu anda menelan minuman yang berwarna secara langsung tanpa menyentuh bagian gigi. Sediakan sedotan di rumah secukupnya, sehingga anda dapat sewaktu- waktu menggunakannya.

21. Tambahkan sayuran pada daftar men

Bukan hanya buah-buahan saja yang merupakan bahan alami pembersih gigi namun ada banyak yang lainnya seperti sayur-sayuran. Di dalam sayuran, terdapat banyak kandungan sehat seperti halnya vitamin A yang bagus dalam membantu pembentukan email gigi. Ada banyak sayuran yang tepat untuk dijadikan sebagai menu harian seperti wortel, brokoli serta sayur labu. Bukan hanya gigi putih dan sehat, namun tubuh anda juga akan terasa lebih sehat.

22. Ganti sikat gigi 2 bulan sekali

Mengganti sikat gigi merupakan hal yang dianjurkan. Anda tidak perlu menggantinya tiap seminggu sekali atau bahkan setiap hari anda cukup menggantinya tiap 2 bulan sekali. Sikat gigi yang tidak diganti menimbulkan bulu sikat yang keras sehingga dapat merusak email pada gigi ataupun menyakiti gusi ketika digunakan. Lapisan email gigi yang menipis akibat gesekan sikat gigi dapat membuat gigi mudah terkena noda.

23. Kunjungi dokter gigi

Kunjungan ke dokter gigi merupakan hal yang wajib jika anda menginginkan gigi anda tetap sehat dan kuat. Banyak sekali orang di luar sana yang memiliki kondisi gigi buruk jika dibandingkan dengan mereka yang secara teratur melakukan kontrol. Selain itu, pada noda gigi yang parah, seorang dokter yang telah ahli dapat melakukan pemulihan. Noda gigi yang parah terkadang tidak dapat disembuhkan sendiri di rumah sehingga memerlukan bantuan dari para ahli.

24. Menggunakan sikat gigi elektrik

Semakin berkembangnya zaman, maka ada banyak sekali benda yang semakin praktis ketika digunakan. Ketika menggunakan sikat gigi manual yang dirasa terlalu keras menggesek gigi maka anda dapat menggunakan sikat gigi elektrik. Penggunaan sikat gigi manual terkadang dapat membuat gigi menjadi aus dan terjadi erosi gigi. Sikat gigi elektrik membantu anda menghindari masalah-masalah tersebut serta membantu memutihkan gigi anda.

25. Menggunakan pasta gigi mint

Penggunaan mint dalam pasta gigi ternyata tidak hanya membantu membuat napas menjadi segar melainkan juga membantu memutihkan gigi. Walaupun hasil yang didapat tidaklah instan namun namun gigi yang bersih dan putih sudah pasti akan didapatkan. Hingga sekarang banyak sekali merk pasta gigi serta penyegar mulut yang menggunakan mint sehingga mempermudah anda dalam mencarinya.

26. Menggunakan produk pemutih gigi

Dalam melakukan perawatan pemutih gigi sebaiknya anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli. Penggunaan pemutih telah banyak terbukti membantu membuat gigi mejadi lebih putih sehingga terlihat terawat. Hal yang perlu diingat adalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu agar dokter dapat merekomendasikan merk pemutih gigi mana yang tepat digunakan oleh anda.

Penyebab Gigi Kuning

Bagi anda yang merasa gigi tetap menguning walau sudah rutin menggosok gigi maka ada kemungkinan jika gigi kuning anda disebabkan oleh hal lain. Ada banyak sekali hal yang berpengaruh pada kesehatan serta putih tidaknya gigi di dalam mulut seperti halnya:

  1. Mengonsumsi teh hitam berlebihan

Dalam mengonsumsi sesuatu tidak boleh berlebihan dan secukupnya saja dimana salah satunya adalah teh hitam. Tahukah anda jika ternyata teh hitam dapat menyebabkan gigi berubah menjadi kuning? Hal ini disebabkan karena teh yang satu ini memiliki kandungan zat yang bernama tannin yang dapat merubah warna gigi. Dalam mengonsumsi teh sebaiknya hindari teh hitam dan pilih teeh hijau.

Baca : bahaya minum teh

  1. Alkohol dan merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol merupakan kebiasaan yang dapat membuat gigi berubah kuning. Selain itu alkohol dan rokok juga mendatangkan resiko datangnya penyakit mematikan. Rokok sendiri memiliki kandungan nikotin yang dapat membuat keadaan mulut menjadi asam selain itu, nikotin yang terkandung di dalamnya terikat di elemen gigi dan tertinggal pada dinding gigi. Sehingga menjadi hal yang wajar jika para perokok lebih banyak memiliki gigi yang kuning dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Baca : Bahaya alkohol – bahaya merokokbahaya nikotin

  1. Pemutih gigi

Cara kerja pemutih gigi dalam membuat gigi kita tampak lebih putih dan bersinar ternyata tidaklah sesederhana yang kita pikirkan. Pemutih gigi ternyata dapat membuat gigi mudah rapuh dan menguning. Hal ini terjadi pada pemutih gigi yang tidak bekerja maksimal dalam memutihkan gigi sehingga hasil yang tercipta malah sebaliknya.

  1. Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang menarik dan banyak dipilih karena termasuk dalam olahraga yang menyenangkan. Namun ternyata berenang dapat membuat gigi kita tampak lebih kuning. Hal ini disebabkan oleh kandungan klorin yang terdapat dalam kolam renang. Klorin berpengaruh pada pH air sehingga tingkat keasamannya lebih tinggi. Bagi anda yang gemar melakukan olahraga ini sebaiknya menggosok gigi setelah berenang.

  1. Mengonsumsi soda dan juga kopi

Soda dan kopi merupakan minuman yang digemari oleh banyak orang. Namun nyatanya gemar mengonsumsi kedua jenis minuman tersebut dapat membuat gigi menjadi kuning apalagi jika anda meminumnya setiap hari secara berlebihan. Tidak hanya menyebabkan gigi menjadi kuning namun soda dan kopi juga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan pada tubuh. Kedua jenis minuman ini juga dapat menimbulkan gejala gangguan pada kesehatan tubuh.

Baca : Bahaya minuman sodaBahaya kopi – bahaya kafein

  1. Wine atau anggur merah

Wine atau anggur merah merupakan jenis minuman yang baik untuk jantung ketika dikonsumsi dengan jumlah yang sedikit. Namun minuman yang satu ini juga memiliki kandungan berupa tannin yang dapat merubah warna gigi menjadi kuning.

  1. Beets

Satu lagi olahan yang dapat membuat gigi berubah menjadi kuning yaitu beets.

  1. Keturunan

Ada banyak sekali cara untuk membersihkan gigi dari noda dengan cara-cara di atas. Namun ketika sudah diakukan beragam cara dan gigi tidak bisa berubah menjadi putih, ada kemungkinan jika anda memiliki gen gigi kuning. Hal ini dapat disebabkan karena ada leluhur atau orang tua anda yang menurunkannya pada anda.

  1. Minuman ringan

Minuman ringan memiliki banyak campuran di dalamnya yang dapat membuat gigi menjadi kuning. Minuman ringan terkadang juga memiliki kandungan berupa asam jeruk yang dapat mengikis enamel gigi. Selain itu, gula yang dikandung dalam minuman ringan dapat membuat gigi menjadi rusak.

  1. Jus buah

Jus buah tentu menjadi minuman yang difavoritkan oleh banyak orang. Namun tahukah anda jika jus terutama yang memiliki warna gelap seperti cranberry atau jus anggur dapat membuat gigi berubah warna. Jus buah yang memiliki warna gelap dapat meninggalkan residu pada lidah serta gigi anda.

  1. Permen

Mulai dari permen karet ataupun permen-permen yang lain umumnya mengandung perwarna buatan serta gula yang dapat membuat gigi anda ternoda.

  1. Jarang menggosok gigi

Menggosok gigi merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan jika anda ingin terhindar dari gigi kuning dan sakit gigi. Menggosok gigi yang baik dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Dalam menggosok gigi gunakan sikat gigi yang berbulu lembut sehingga tidak merusak email gigi. Selain itu pastikan menggosok gigi dengan benar supaya sisa-sisa makanan yang terselip pada gigi dapat dibersihkan.

  1. Obat mata

Penggunaan obat mata ternyata dapat pula membuat gigi menjadi kuning. Obat mata memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menekan produksi saliva di dalam mulut. Ketika jumlah saliva yang dihasilkan berkurang, maka asam di dalam mulut menjadi meningkat. Hal ini dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat di dalam mulut sehingga mengakibatkan gigi menjadi kuning.

  1. Anggur putih

Anggur merah memang buruk untuk gigi namun ternyata ada yang lebih buruk lagi yaitu anggur putih. Anggur putih dapat dengan cepat mengikis gigi sehingga gigi mudah terkena noda.

Kesehatan gigi lainnya

Cara memutihkan gigi secara alami dari yang tadinya kuning sangat ampuh dan bisa anda coba satu per satu. Dibalik itu semua, sebaiknya anda juga mengetahui penyebab gigi kuning agar usaha anda untuk memutihkan gigi secara alami dan cepat tidak sia sia.