12 Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan bagi Kesehatan

3964

Gula. Siap tak kenal dengan Kristal yang manis ini? gula kebanyakan dikenal sebagai hasil kristalisasi dari air tebu, yang memilki rasa sangat manis. Gula banyak digunakan sebagai bahan tambahan penyedap masakan, atau sekedar pemanis pada minuman. Konsums gula yang dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh kita dalam jangka waktu satu hari adalah 90 gram atau kira- kira setengah cangkir saja. Ketika anda mengkonsumsi gula lebih dari takaran itu, maka dapat dipastikan anda mengkonsumsi gula secara berlebih.

Konsumsi gula secara berlebihan, apabila hanya dilakukan 1 atau dua hari saja mungkin tidak masalah. Namun yang akan menjadi masalah adalah, ketika anda mengkonsumsi gula secara berlebihan, dan itu sudah menjadi gaya hidup anda. hal ini akan menyebabakan munculnya banyak sekali gangguan kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi gula yang terlalu banyak dan berlebihan didalam diri anda yang akan menyebabkan gula darah tinggi juga.

Bagaimana menghindari konsumsi gula berlebih?

Seperti sudah dibahas sebelumya, konsumsi gula harian yang disarankan untuk dikonsumsi secara normal adalah maksimal 90 gram. 90 gram gula ini sudah termasuk seluruh gula yang masuk ke dalam tubuh, mulai dari minuman, hingga gula yang masuk sebagai bumbu di dalam sebuah makanan. Tentu saja untuk mengatasi asupan gula berlebih kita bisa menyiasati dengan hal berikut, seperti :

  • Bisa mengganti gula putih atu gula pasir dengan gula merah, karena gula merah memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir. Atau bisa juga menggunakan gula batu. (baca : Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi)
  • Selalu buat minuman anda sendiri, dengan takaran gula yang anda sesuaikan.
  • Apabila ingin membeli minuman kemasan, ada baiknya dan baca terlebih dahul informasi nilai gizi, mengenai kandungan gula di dalam minuman tersebut. Ada baiknya anda membeli minuman kemasan yang low sugar atau less sugar untuk mencegah kelebihan asupan gula di dalam tubuh anda.
  • Selalu rajin melakukan olahraga yang membakar kalori  super banyak dan gerak tubuh untuk membakar kalori yang berasal dari gula, agar kandungan gula terbakar, dan tidak menumpuk di dalam tubuh menjadi lemak.

Apa saja dampak dan juga bahaya dari konsumsi gula berlebihan did alam tubuh anda? berikut ini adalah penjelasan mengenai dampak dan juga bahaya dari konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh anda secara berlebihan :

  1. Terganggunya fungsi jantung, dan merusak jantung

Asupan gula yang berlebihan memang membahayakan tubuh. salah satu dampak dan jug abahaya dari asupan gula yang berlebihan bagi tubuh adalah terganggunya fungsi dari organ tubuh. salah satu organ tubuh yang fungsinya dapat terganggu ketika anda mengkonsumsi gula secara berlebihan adalah jantung anda. ya, fungsi dan juga kinerja jantung anda akan menurun ketika anda mengkonsumsi gula secara berlebihan. Apabila dibiarkan dan tidakditangani, hal ini akan menyebabkan jantung anda menjadi rusak dan tentu saja tidak berfungsi secara normal dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

  1. Meningkatkan jumlah lemak di dalam tubuh

Banyak sekali orang yang sangat pduli dengan kadar lemak di dalam tubuhnya. Karena memang, kadar lemak yang terllau tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan munculnya banyak sekali gangguan kesehatan yang dapat membahayakan tubuh. nah, salah satu hal yang dapat memicu kemunculan dan tertimbunnya lemak di dalam tubuh ini adalah gula. Ya, konsumsi gula yang berlebihan akan sangat membahayakan, karena dapat meningkatkan timbunan dan juga kandungan lemak yang ada di dalam tubuh. kandungan lemak berlebih yang ada di dalam tubuh ini nantinya akan menyebabakan banyak sekali gangguan kesehatan yang tidak anda duga sebelumnya, yang tentu saja sangat berbahaya dan akan mengganggu kehidupan anda sehari-hari. (baca : Akibat Kelebihan Lemak dalam Tubuh – Penyakit Akibat Kekurangan Lemak )

  1. Dapat menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi

Anda kira hanya garam saja yang bisa menyebabkan munculnya gejala hipertensi alias tekanan darah tinggi? memang konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan hipertensi. Namun demikian, ternyata tidak hanya garam loh penyebabnya. Selain garam, ternyata gula yagn manis ini merupakan penyumbang lainnya terhadap munculnya gangguan dan juga gejala tekanan darah tinggi alias hipertensi yang menyerang tubuh anda. hal ini tentu saja sangat membahayakan, tertuama ketika anda adalah individu yang memang pada dasarnya sudah memiliki bakat hipertensi yang dibawa secara genetic. Tentu saja anda harus dapat mengurangi dan mengontrol asupan gula di dalam tubuh anda.

artikel yang berhubungan dengan tekanan darah tingi

  1. Dapat menyebabkan kecanduan gula

Ternyata tidak hanya alcohol dan juga rokok yang dapat menyebabkan terjadinya kecanduan. Beebrapa penelitian menyebutkan bahwa ternyata gula pun bisa menyebabkan munculnya kecanduan bagi pengkonsumsinya. Hal ini dapat terjadi apabila si konsumen tersebut terlalu banyak mengkonsumsi gula. Gula yang terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan terjadinya gangguan berupa kecanduan terhadap gula. Ketika seseorang sudah terjangkit kecanduan akan gula, maka hal ini malah akan menyebabkan konsumsi gula menjadi semakin bertambah, yang akan menyebabkan resiko dan juga bahaya akibat konsumsi gula berlebih menjadi semakin bertambah.

  1. Dapat menimbulkan efek beracun bagi hati

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa hati merupakan salah satu organ yang sanga penting di dalam tubuh karena berfungsi untuk menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. salah satu zat yang sudah kita ketahui dapat merusak fungsi hati adalah alkohool. Namun demikian, ternyata tidak hanya alcohol. Gula, apabila dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh dalam kadar yang berlebihan dan juga tidak wajar akan menyebabkan kerusakan dalam hati, karena dapat menimbulkan racun bagi hati. Hal ini terjadi terutama ketika kita mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebihan dan dalam jangka waktu yang sangat lama serta teratur.

  1. Menyebabkan penuaan dalam sel sel otak

Beberapa penelitian juga ternyata berhasil mengungkapkan dampak dan juga efek bahaya lainnya dari konsumsi gula yang berlebihan terhadap kesehatan tubuh. salah satu hal yang menajdi dampak dari kelebihan asupan gula di dalam tubuh adalah dapat mengganggu sel-sel di dalam otak. Beberapa penelitian mengatakan bahwa konsumsi gula berlebih dan banyaknya kandungna gula di dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penuaan pada sel-sel otak. Hal ini tentu saja akan dapat menyebabkan otak mengalami gangguan-gangguan yang dapat mempengaruhi fungsinya.

  1. Dapat menyebabkan kerusakan pada gigi

Sejak kecil, anda pasti sudah sangat sering mendengar kata-kata ini, bahwa gula dapat menyebabkan sakit gigi dan gigi berlubang. Ya, hal ini memang benar adanya. Konsumsi gula, terutama gula yang berlebihan dapat menyebabkan banyak sekali masalah kerusakan pada gigi. Beberapa masalah kerusakan pada gigi yang paling banyak muncul penyebab gigi berlubang dan juga karang pada gigi. Hal ini terjadi, terutama ketika kit amengkonsumsi gula secara berlebih, namun tidak membersihkan bagian rongga mulut dan juga gigi dengan baik, sehingga gula menempel apda gigi dan menyebabakan gigi mengalami kerusakan, seperti gigi berlubang dan juga mengalami kemunculan karang gigi yang dapat mengganggu, karena menimbulkan rasa yang sakit dan juga tidak nyaman bagi penderitanya.

  1. Menyebabkan terjadinya diabetes atau penyakit gula

Anda tentu saja sudah sangat sering mendengar istilah penyakit yang satu ini. Ya, diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Sudah banyak sekali korban yang kehilangan nyawanya akibat penyakit diabetes. Biasanya bahaya diabetes itu sendiri menyerang disertai dengan beberapa komplikasi penyakit lainnya, sehingga semakin menjadi berbahaya bagi kondisi kesehatan. Diabetes, meskipun beberapa merupakan bagian dari keturunan dan juga genetika, biasanya juga diperparah dengan asupan gula yang tidak normal, dan mengarah ke berlebihan. Ketika konsumsi gula menjadi berlebihan, maka bukan tidak mungkin anda akan mengalami kemunculan gejala-gejala dari penyakit diabetes ini.

  1. Dapat menyebabkan kemunculan jerawat

Ternyata, diet tingi glikemik, alias tinggi kandungan gula dapat menyebabkan jerawat juga. Paling tidak hal ini diungkapkan oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan glikemik yang tinggi bisa saja menimbulkan jerawat-jerawat yang cukup banyak. Bahkan terkadang jerawat yang mucnul bukanlah merupakan jenis jerawat biasa, banyak jerawat parah yang muncul ketika seseorang mengalmi kelebihan asupan gula di dalam tubuhnya.

  1. Meningkatkan resiko munculnya penyakit jantung

Ketika anda mengkonsumsi gula berlebihan, maka anda harus siap dengan resiko yang akna dihadapi. Salah satu resiko yang mungkin dapat muncul adalah munculnya penyakit jantung dan serangan jantung. Hal ini berkaitan erat dengan kerusakan pada jantung yang diakibatkan oleh tingginya kandugnan gula di dalam tubuh akibat konsumsi gula yang berlebihan. Serangan jantung ini tentu saja dapat menyebakan banyak sekali dampak buruk, terutama yang paling buruk adalah dampak kematian.

  1. Meningkatkan kemungkinan terjadinya depresi

Mash dari penelitian yang sudah dipublikasikan, ternyata tinggi kandungan gula bisa menyebabkan depresi. Apabila gula dikonsumsi secara normal, mungkin akan memberikan efek yang menenangkan dan juga rileks. Namun demikian, ketika konsumsi gula menjadi sangat berlebihan dan tidak terkontrol, ternyata malah akan menimbulkan gejala depresi. Jadi berhati-hatilah anda yang sering mengkonsumsi gula berlebih tiap harinya, karena dapat mengalami kemungkinan depresi yang tinggi.

  1. Obesitas dan kegemukan

Yap, ini merupakan salah satu dampak yang paling sering muncul akibat kelebihan asupan gula did alam tbuh. Obesitas. Obesitas alias kelebihan berat badan ini merupakan manifestasi dari kondisi lemak akibat gula berlebih di dalam tubuh. gula berlebih akan menumpuk dan menjadi lemak tubuh yang apabila tidak dikeluarkan dengan segera tentu saja akan menyebabkan munculnya gejala obesitas, alias menyebabkan kegemukan yang tidak wajar. Disebut tidak wajar, karena kegemukan yang melanda adalah kegemukan tidak sehat, yang terdiri dari banyak sekali kandungan lemak, yang tentu saja akan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan, seperti yang sudah pernah dibahas pada point-point sebelumnya diatas.

artikel yang berhubungan dengan obesitas dan kegemukan