Waspada! 5 Makanan Ini dapat Membahayakan Kesehatan Hatimu

89

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan begitu krusial keberadaannya dalam tubuh. Hati berfungsi untuk proses metabolisme, menetralisir racun yang masuk dalam tubuh, dan membantu proses pembentukan sel darah merah. Beratnya sekitar 2,5% dari berat tubuh kita, dan karena fungsinya yang begitu besar hati sangat rentan mengalami gangguan kesehatan.

Ya, hati memang lebih mudah sakit, baik akibat serangan virus maupun akibat makanan tertentu yang kita konsumsi. Beberapa makanan memang dapat mengganggu fungsi hati bahkan dapat menyebabkan kerusakan hati bila terlalu sering dikonsumsi. Berikut ini daftar makanan tersebut.

1. Makanan yang Berjamur

Makanan yang telah berjamur memang sebaiknya tidak lagi dimakan karena jamur yang tumbuh telah mengeluarkan senyawa racun yang dapat mengganggu proses metabolisme. Apalagi, kandungan nutrisi dari makanan yang berjamur telah hilang sehingga tidak lagi memberi manfaat. Di samping itu, senyawa aflatoxin yang dikeluarkan jamur dapat menyebabkan kerusakan pada hati hingga memicu kanker hati.

2. Makanan Dalam Kaleng

Makanan dalam kaleng memang banyak dipilih oleh orang-orang yang sangat menyukai makanan instan. Padahal, makanan dalam kaleng banyak mengandung zat kimia salah satunya zat biosphenol A yang membuat makanan dalam kaleng awet juga mencegah kaleng berkarat. Hati memang dapat menetralisir racun, namun jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak dan sering tentu tidak mudah menguraikannya hingga akhirnya hati perlu bekerja keras dan rentan mengalami sakit.

3. Gorengan

Siapa yang tidak menyukai gorengan. Rasanya yang gurih dan dan renyah membuat siapa saja menyukainya. Namun ada bahaya yang mengintai jika Anda sering mengkonsumsi gorengan, yaitu resiko mengalami kerusakan pada hati. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jahat dan aldehid beracun yang terdapat pada gorengan sangat tinggi hingga dapat mengganggu fungsi hati. Ini juga berlaku untuk semua makanan yang digoreng termasuk sayuran yang digoreng.

4. Biskuit dan Craker

Jarang ada yang menyadari kalau kue, biskuit dan craker juga mengandung lemak trans atau lemak jahat dikarenakan kandungan gula dan margarin di dalamnya. Makanan tersebut justru sangat digemari oleh berbagai kalangan dan sering sekali dikonsumsi. Akibatnya, hati harus bekerja keras untuk menguraikan lemak jahat tersebut dan jika terlalu lelah hati dapat mengalami kerusakan.

5. Jus Buah Instan dan Buah Kering

Buah termasuk makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Namun manfaat tersebut akan berkurang jika buah diolah menjadi jus buah instan atau buah kering. Buah olahan biasanya telah mengandung pengawet atau kandungan gula yang cukup tinggi, yang tentu saja sangat membahayakan kesehatan hati.

Itulah makanan berbahaya yang beredar di masyarakat dan dapat membahayakan fungsi hati bila sering dikonsumsi. Sebaiknya pilihlah makanan yang masih dalam kondisi segar dan diolah sendiri untuk mempertahankan kualitas makanan tersebut.