Home Gaya HidupCara Hidup Sehat 12 Cara Menjaga kesehatan Jasmani dan Rohani dengan Benar

12 Cara Menjaga kesehatan Jasmani dan Rohani dengan Benar

by Ana Rohma

Memiliki tubuh yang sehat baik itu jasmani maupun rohani merupakan dambaan setiap insan. Dengan tubuh yang sehat akan membantu kita dalam menjalankan segala aktivitas keseharian kita. Sebaliknya apabila tubuh tidak sehat, maka segala aktivitas yang seharusnya kita kerjakan akan menjadi terganggu dan pada akhirnya kita akan jauh dari kesuksesan. Lalu seperti apakah hidup sehat itu? Gaya hidup sehat itu adalah kehidupan yang jauh dari berbagai gangguan atau masalah, baik itu fisik (seperti gangguan penyakit) maupun non fisik (seperti kondisi jiwa, pikiran, maupun hati seseorang).

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki tubuh yang sehat, baik itu jasmani maupun rohani. Apa sajakah itu?

1. Cukup beristirahat

Istirahat yang cukup akan sangat mendukung kesehatan seseorang. Istirahat merupakan proses pemulihan tenaga setelah melakukan aktivitas. Istirahat dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hal ini akan membantu agar tubuh tidak rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit karena ciri ciri kurang tidur yang cukup. Selain itu, dengan beristirahat akan membantu memberikan dorongan energi bagi tubuh sehingga kita dapat melakukan aktivitas dengan baik. Normalnya manusia memerlukan waktu untuk beristirahat +/- 8 jam perharinya.

2. Hindari stress

Selain berpengaruh pada kondisi psikis seseorang, stress juga dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Pemicu  stress bisa beragam, seperti karena kondisi ekonomi, tuntutan pekerjaan, tekanan sosial, dan masih banyak lagi. Seseorang yang sedang stress bisa mempengaruhi daya tahan tubuhnya yang pada akhirnya akan dapat mengundang berbagai macam serangan penyakit. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti berlibur, berolahraga, menyalurkan hobi, maupun kegiatan lainnya.

3. Menerapkan pola makan yang sehat

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan selalu menerapkan pola makan yang sehat, seperti tidak makan dengan porsi yang terlalu banyak maupun terlalu sedikit, mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran, menghindari bahaya junk food, dan lain sebagainya. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka tubuh kita akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga, bisa terhindar dari berbagai macam serangan penyakit.

4. Berolahraga secara teratur

Melakukan latihan fisik seperti berolah raga dapat menunjang kesehatan kita, baik itu kesehatan jasmani maupun rohani, Karena manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Tubuh menjadi lebih bugar, serta hal tersebut juga dapat mengurangi tingkat stress yang dialami seseorang. Beberapa jenis olah raga yang bisa Anda lakukan antara lain adalah jogging, berenang, bersepeda, gym, dan jenis olah raga lainnya yang Anda sukai.

5. Hindari penggunaan zat-zat berbahaya

Sekarang ini banyak sekali kita jumpai orang-orang yang menjadi pecandu Barang-barang berbahaya seperti bahaya merokok, minuman beralkohol, jenis jenis narkoba, maupun obat-obatan berbahaya lainnya yang jika dikonsumsi, bahan-bahan tersebut memberikan efek kecanduan. Jika kita telah menjadi seorang pecandu barang-barang berbahaya tersebut akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita baik fisik maupun psikis, seperti terserang penyakit-penyakit berbahaya, stres, dan kondisi lainnya.

6. Menjaga kebersihan dan kerapian

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Untuk itu, sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian, baik kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan di sekitar kita. Dengan diri dan lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat kita terhindar dari berbagai serangan penyakit seperti macam-macam penyakit kulit, gangguan pencernaan, maupun penyakit lainnya. Selain itu, hal tersebut juga dapat memberi kesan yang baik di mata orang-orang disekitar kita.

7. Membentengi diri dengan iman

Orang-orang yang membentengi dirinya dengan iman yang baik, akan dapat menciptakan diri yang sehat baik itu jasmani dan rohani. Dengan iman yang baik, seseorang akan takut melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak disukai oleh Tuhan seperti melakukan hubungan seks diluar nikah, bahaya narkoba, maupun perbuatan-perbuatan terlarang lainnya yang akan menjerumuskannya pada hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Menghindari kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan seseorang seperti bahaya akibat begadang, terlalu lama menonton televisi, film, maupun terlalu lama bermain game juga sangat berpengaruh bagi kesehatan jasmani dan rohani seseorang. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi emosional seseorang menjadi tidak seimbang yang pada akhirnya akan mengakibatkan depresi. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan tersebut akan menyebabkan organ otak kita menjadi kelelahan sehingga membuat tubuh rentan terserang penyakit.

9. Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Memiliki kehidupan sosial yang baik akan sangat berpengaruh pada kesehatan jasmani maupun rohani kita. Dengan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar kita bisa memiliki banyak teman, kita bisa bertukar pikiran dan juga bisa tahu kehidupan disekitar kita. Hal ini akan sangat membantu pikiran menjadi lebih rileks, cara mengatasi stress, maupun resiko terkena penyakit kejiwaan lainnya.

Untuk itu hindarilah mengisolasi diri sendiri dari masyarakat di lingkungan, karena hal itu justru akan membawa Anda pada kejenuhan. Jiwa anda menjadi tidak bisa berkembang seperti terpenjara dan tentu saja akan dikucilkan dari pergaulan dengan masyarakat di sekitar Anda.

10. Mengembangkan kepercayaan diri

Kepercayaan diri adalah hal yang penting dala kehidupan seseorang. Dengan percaya diri, seseorang akan berani berpendapat maupun melakukan suatu tindakan. Hal ini sebaiknya ditanamkan sejak usia anak-anak, misalnya saja dengan mengajak mereka memainkan alat musik, maupun kegiatan lainnya.

11. Melakukan konsultasi rutin dengan dokter

Cobalah untuk rutin memeriksakan kesehatan dengan konsultasi pada dokter atau tenaga medis lainnya. Hal ini akan sangat membantu agar dapat mendeteksi timbulnya gangguan penyakit sejak dini. Dan apabila ternyata kita menderita suatu penyakit, kita bisa lebih besikap bijaksana dalam menghadapinya. Dalam beberapa kasus, orang yang divonis menderita suatu penyakit bisa mengalami stress atau gejala depresi yang cukup  berat.

Dan karena depresi, orang tersebut bisa saja melakukan tindakan nekad seperti bunuh diri, maupun hal negatif lainnya. Dengan melakukan hal tersebut kita bisa tahu hal-hal apa saja yang sebaiknya boleh dan tidak boleh kita lakukan dalam menjaga kesehatan kita.

12. Berusaha untuk selalu fokus

Sebelum melakukan suatu kegiatan, ada baiknya jika melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Setelah itu, dalam melakukan kegiatan tersebut, sebaiknya fokus pada apa yang ingin di capai sesuai dengan rencana awal. Karena dengan fokus, maka tingkat keberhasilan akan lebih tinggi. Dan sebaliknya jika tidak fokus, maka pikiran akan bercabang ke mana-mana dan hal tersebut akan membuat pikiran menjadi bingung, yang lama kelamaan bisa memicu penyebab stress.

Kesehatan jasmani dan rohani harus selalu seimbang, karena dengan begitu kita bisa melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari dengan baik. Hal tersebut berarti kita bisa lebih dekat dengan kesuksesan.

You may also like