Ingin Sarapan Tinggi Protein? 7 Makanan Ini Ide yang Bagus Lho

220

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai menu sarapan adalah ide yang kurang baik sebenarnya walaupun banyak orang terbiasa makan nasi atau roti di pagi hari. Supaya energi bertambah dan rasa kenyang yang didapat bertahan lama, maka makanan dengan protein tinggi di bawah ini layak dicoba.

  1. Oatmeal

Sarapan yang sehat salah satunya adalah dengan menikmati oatmeal di pagi hari, dan lebih dianjurkan bagi yang ingin mendapatkan asupan protein tinggi. Sebagai campurannya, bisa juga memilih telur, bubuk protein dan selai kacang sehingga tubuh bisa tetap mendapatkan gula. Paprika merah dan telur juga dapat menjadi kombinasi bagus untuk oatmeal.

  1. Quinoa

Sebagai alternatif oatmeal, ada quinoa yang juga baik bagi kesehatan dan bisa dijadikan menu sarapan berprotein tinggi. Setengah cangkir quinoa saja ada kandungan 12 gram protein lho, jadi kenapa tidak? Beri topping berupa susu kedelai, biji-bijian atau kacang-kacangan sesuai selera saja; memasaknya pun cukup cepat sehingga direkomendasikan.

  1. Omelet

Omelet atau telur dadar juga dapat menjadi menu sarapan yang akan memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Sebagai tambahan yang tepat, biji-bijian atau kacang bisa jadi pilihan terbaik. Namun jika ingin, tahu, daging dan keju pun merupakan tambahan yang pas untuk menikmati omelet di pagi hari.

  1. Telur Rebus dan Alpukat

Untuk sarapan penuh protein, telur rebus yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke dalam mangkok atau piring ditambah dengan irisan alpukat boleh juga lho. 2 butir telur rebus matang dan alpukat ½ buah bisa jadi sarapan rendah lemak tinggi protein yang juga bagus untuk diet. Tambahkan parutan keju sedikit jika ingin, atau sesendok saus cabai beserta sesendok daun parsley yang telah dicincang.

  1. Greek Yogurt

Ada kandungan 12-17 gram protein di dalam secangkir yogurt, maka tak salah kalau ingin sarapan tinggi protein yang juga baik sebagai tips diet sehat. Tambahkan buah untuk menambah asupan serat sekaligus penambah rasa alami, serta protein ekstra dari biji-bijian yang disuka.

  1. Pancake

Makanan yang dikemas dengan protein lainnya adalah pancake yang terbuat dari bahan berupa putih telur, biji rami dan juga bubuk protein. Sebagai topping, biasanya buah berry adalah yang terbaik, namun pisang pun juga cocok, pilih saja sesuai selera dan siap untuk dinikmati.

  1. Smoothie

Bagi penggemar smoothie, pastikan untuk membuat smoothie kaya protein, mulai dari bubuk protein, selai kacang, dan Greek yogurt diblender menjadi satu. Sarapan smoothie adalah paling pas dikonsumsi ketika Anda hendak menjalani aktivitas di luar ruangan dan banyak bepergian karena bahan-bahannya menambah energi yang tidak main-main.

Asupan protein jauh lebih baik saat sarapan ketimbang karbohidrat karena memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga kita tak akan mudah tergoda untuk mengemil banyak sebelum jam makan siang. Untuk lebih siap dalam menghadapi hari, semoga rekomendasi sarapan penuh protein tersebut dapat membantu.