Home Featured Intip 4 Cara Pilih Menu Sarapan Sehat Tidak Mudah Bikin Gemuk

Intip 4 Cara Pilih Menu Sarapan Sehat Tidak Mudah Bikin Gemuk

by Erlita

Apa yang menjadi menu sarapan Anda tiap pagi? Apakah itu sesuatu yang berlemak tinggi, berkalori tinggi, atau bergula tinggi? Dalam memulai hari, penting untuk mengasup makanan yang tepat dan bernutrisi agar tubuh jadi tidak cepat lelah dan ngantuk terus sebelum makan siang. Jadi, inilah sederet tips memilih menu paling sehat untuk sarapan plus tak akan bikin gemuk.

  1. Pilih Menu Berlemak Sehat

Sarapan sebaiknya tidak menyertakan gorengan, apalagi junk food dan fast food yang termasuk dalam makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Bukan lemak jenuh apalagi lemak trans yang dibutuhkan oleh tubuh di pagi hari, melainkan lemak sehat.

Lemak sehat mampu mengatur selera makan kita agar tidak begitu tinggi sepanjang harinya. Bahkan gula darah kadarnya juga lebih teratur karena asupan lemak sehat lho. Alpukat adalah salah satu contoh menu sarapan berlemak sehat yang bisa dikombinasi bersama telur rebus atau beberapa kacang dan biji-bijian yang dikombinasi dengan yogurt atau sereal.

  1. Pilih Menu dengan Karbohidrat Kompleks

Kebanyakan dari kita lebih suka makan nasi putih di pagi hari sebagai sarapan yang memuaskan dan dipercaya memberi tenaga lebih bagi tubuh. Padahal, karbohidrat kompleks itu lebih bagus daripada karbohidrat sederhana lho. Nasi merah akan memberi efek kenyang tahan lama sehingga bisa menghindarkan kita dari ngemil sebelum makan siang.

Pemenuhan karbohidrat itu penting, tapi tentu saja karbohidrat yang sehat seperti yang ada pada bubur gandum alias oatmeal, kacang-kacangan serta buah-buahan. Smoothies yang dibuat dari beragam buah rendah gula juga bagus untuk sarapan sehat setiap hari, khususnya dengan raspberry dan strawberry atau bisa juga kombinasi sayur, buah dan susu.

  1. Pilih Menu Berprotein Tinggi

Protein tidak boleh ketinggalan untuk memulai hari karena tubuh membutuhkannya, karena pada penderita diabetes tipe 2 dan yang memiliki masalah dengan obesitas dapat memanfaatkan asupan ini sebagai cara menurunkan berat badan. Mengasup protein setiap pagi juga mampu menjadi pengatur metabolisme dan fungsi otak yang baik.

Makanan yang mengandung protein tinggi seperti susu dan telur mampu membantu agar gula darah tetap seimbang dan stabil. Protein juga memberi rasa kenyang yang cukup awet tanpa berlebihan. Selain susu dan telur, kacang-kacangan biji-bijian serta yogurt bisa dinikmati setiap pagi.

  1. Pilih Menu Kaya Serat

Makanan-makanan yang mengandung serat tinggi juga bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan agar perut cepat kenyang dan kenyangnya pun tahan lama. Buah dan sayur adalah yang terbaik memberikan asupan serat. Jika senang mengonsumsi buah, apel dan pisang adalah pilihan paling baik karena selain serat kandungan vitaminnya sangat tinggi.

Menu sehat untuk sarapan bukanlah makanan instan, makanan terlalu manis, makanan berlemak jenuh, makanan bersantan, dan makanan berminyak. Bahkan makan pagi pun tak perlu berlebihan agar tak menimbulkan gangguan pencernaan nantinya. Makanan sehat juga tak perlu harus yang ribet kok, smoothies dan roti gandum, telur rebus, buah-buahan yang dimakan langsung, atau segelas susu cukup tak bikin repot bukan?

You may also like