Ngantuk Terus Menerus – Penyebab dan Cara Mengatasi

Rasa kantuk merupakan salah satu gejala biologis alami yang dialami oleh semua manusia di dunia ini. Rasa kantuk itu sendiri mensinyalkan kepada anda bahwa tubuh anda butuh istirahat atau tidur. Setelah anda melakukan aktivitas berat seperti olah raga dan bekerja, biasanya anda akan mulai merasa ngantuk. Rasa kantuk sangat penting bagi manusia karena tanpa rasa kantuk, kita akan cenderung lupa bahwa tubuh kita perlu istirahat dan tidur.

Tentu anda tahu bahwa tidur merupakan salah satu aktivitas terpenting dalam kehidupan manusia sehari hari dan merupakan suatu kewajiban. Tidak tidur selama lebih dari 24 jam dapat berpengaruh terhadap kesehatan anda, oleh karena itu rasa kantuk sangat dibutuhkan sebagai pengingat bahwa tubuh anda butuh tidur. (baca juga: ngantuk saat olahraga)

Proses rasa kantuk terjadi

Sel sel otot dan organ tubuh yang lelah dan membutuhkan regenerasi akan mengirimkan sinyal ke otak anda lalu otak memproses sinyal tersebut sehingga muncullah rasa kantuk. Setelah tidur, tubuh anda akan kembali segar karena sudah mendapat cukup istirahat, otot anda sudah rileks dan sel sel anda sudah diregenerasi. Namun selain dengan tidur, rasa kantuk juga biasa diakali dengan beberapa cara seperti konsumsi kafein  seperti kopi atau obat obatan tertentu seperti alpha blockers, statins, beta blockers, SSRI antidepressants, ARBS, Glukosamin dan lain lain. (baca juga: ngantuk setelah makan pagi dan siang)

Rasa kantuk berlebihan

Salah satu gangguan yang sangat sering dialami manusia terutama bagi orang dewasa yang memiliki banyak kegiatan adalah rasa kantuk yang berlebihan. Apa maksud dari rasa kantuk berlebihan?

Rasa kantuk berlebihan adalah rasa kantuk yang terus muncul dan tak kunjung berhenti meski anda sudah memiliki waktu istirahat dan waktu tidur yang cukup, obat obatan dan kafein pun tidak memberikan pengaruh besar terhadap rasa kantuk anda yang terus muncul. Tentunya rasa kantuk yang berlebihan tersebut sangat mengganggu bagi anda yang memiliki banyak aktivitas penting seperti pekerjaan, karena seperti yang anda tahu, rasa kantuk dapat menurunkan tingkat konsentrasi anda secara drastis sehingga dapat berpengaruh buruk pada pekerjaan anda. Apa penyebab rasa ngantuk terus dan berlebihan?

(baca juga: penyebab sering mengantuk)

Penyebab Kantuk Berlebihan

Ada beberapa faktor penyebab rasa kantuk yang berlebihan, beberapa alasan cukup umum dan tidak berbahaya namun ada beberapa faktor lain yang perlu anda waspadai karena dapat mempengaruhi kesehatan anda. Dalam artikel ini kami akan membahas faktor penyebab rasa kantuk berlebih dari yang paling umum hingga berbahaya.

1. Kurang waktu istirahat atau tidur

Merupakan alasan paling umum yang menyebabkan anda mengalami rasa kantuk berlebih. Di usia produktif kita memang seringkali melupakan kebutuhan tubuh akan tidur dan istirahat. Ketika anda mengalami gejala rasa kantuk berlebih segera sempatkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran anda, jika cara ini belum berhasil segera konsultasikan ke dokter. (baca juga: cara menghilangkan ngorok saat tidur)


2. Kurang makan

Makanan merupakan salah satu sumber energy yang paling umum dan alamiah untuk digunakan oleh manusia. Ketika anda kekurangan makanan, tubuh akan beradaptasi dengan memaksa anda untuk beristirahat atau tidur, caranya? Dengan menimbulkan rasa kantuk berlebih. Jika anda terus merasa mengantuk meskipun sudah cukup istirahat, instrospeksi pola makan anda, apakah anda sudah mengkonsumsi cukup makanan untuk tubuh anda? (baca juga: penyebab cepat lapar)

3. Kekurangan porsi olah raga

Olah raga merupakan salah satu aktivitas yang penting bagi tubuh anda karena dapat melatih otot dan organ tubuh lainnya agar tetap bekerja dengan baik dan terlatih dengan baik, tanpa olah raga anda akan sering merasa lemas karena otot anda jarang bergerak dan metabolisme tubuh anda tidak lancar. Akibatnya anda akan sering merasa ngantuk. (baca juga: penyebab sering mengantuk dan lemas)

4. Insomnia

Insomnia memang merupakan suatu gangguan tidur dimana penderitannya akan sulit untuk tidur. Namun setelah mengalami insomnia yang lama anda akan merasa sangat lelah dan di waktu tertentu anda akan terus merasa mengantuk meskipun sudah istirahat dalam waktu lama. (baca juga: penyebab insomnia)

5. Stress

Stress merupakan salah satu penyebab rasa kantuk berlebih yang paling umum terjadi. Bagaimana stress dapat menyebabkan rasa kantuk? Penelitian menyatakan bahwa stress tidak hanya mempengaruhi pikiran dan mental anda namun juga mempengaruhi tubuh anda, stress akan menyebabkan rasa lelah berlebihan dan tubuh mulai beradaptasi untuk menghilangkan rasa lelah tersebut dengan menimbulkan rasa kantuk. (baca juga: 15 cara mengatasi stress super ampuh)

6. Dehidrasi

Jika anda terus merasa mengantuk, coba ingat ingat dan instrospeksi diri anda, apakah anda sudah minum cukup banyak air? Air memiliki ratusan fungsi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, seperti penyokong aktivitas kimia dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, sumber tenaga bagi tubuh, dan lain lain. Kekurangan air akan menyebabkan banyak masalah dan komplikasi bagi tubuh sehingga akan timbul rasa kantuk sebagai adaptasi tubuh anda agar anda tidak bergerak banyak dan menghabiskan sisa tenaga dan air dalam tubuh anda. (baca juga: bahaya dehidrasi)

7. Penyakit dan gangguan kesehatan

Beberapa penyakit dan gangguan kesehatan dapat menyebabkan rasa kantuk berlebih terhadap tubuh anda, jika anda sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan rasa kantuk seperti olah raga, minum cukup, istirahat cukup, dan makan cukup namun anda masih merasa ngantuk , sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter untuk mengecek kemungkinan anda terkena penyakit berikut:

  • Kurang darah (anemia). Darah berfungsi untuk membawa oksigen dan nutrisi serta zat esensial lain kedalam otak manusia. Tanpa adanya suplai darah yang cukup, suplai oksigen dan zat zat tersebut ke otak menjadi terbatas. Jika otak anda kekurangan oksigen anda akan mulai merasa ngantuk. (baca juga: cara mengatasi anemia)
  • Diare. Diare merupakan salah satu gangguan umum pada system pencernaan, bahaya diare menybebabkan tubuh anda tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan yang anda konsumsi secara optimal sehingga tubuh seringkali merasa lemas dan rasa kantuk yang berlebihan pun muncul.
  • Penyakit jantung. Rasa kantuk yang berlebihan dapat menjadi pertanda bahwa anda memiliki masalah pada jantung anda. Agar dapat ditangani dan diketahui dengan tepat, segera pergi ke dokter jika anda memiliki masalah rasa kantuk yang berlebihan. (baca juga: penyebab penyakit jantung)
  • Kanker. Semua jenis kanker menimbulkan gejala rasa lelah dan ngantuk terus pada tubuh penderitanya. Sama seperti penyakit jantung, segera periksakan diri ke dokter untuk melihat kemungkinan adanya penyakit kanker dalam tubuh jika anda sering merasa ngantuk secara terus menerus.

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Terus

1. Tidur cukup

Waktu tidur yang cukup akan memastikan tubuh anda beristirahat secara cukup dan sel sel tubuh anda diregenerasi.

2. Pola makan yang baik

Pastikan tubuh anda mendapatkan cukup energy untuk kegiatan sehari hari anda dengan konsumsi makanan bergizi dan sehat. (baca juga: makanan untuk gula darah tinggi)

3. Minum cukup

Cukupi kebutuhan air anda sehari hari untuk menghindari rasa kantuk berlebihan.

4. Olah raga cukup

Olah raga optimal dapat membantu anda menghilangkan rasa letih berlebih karena olah raga dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda, namun perlu diingat anda harus berolah raga secukupnya, tidak kelebihan ataupun kekurangan. (baca juga: cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga)

5. Periksa volume dan tekanan darah anda

Periksakan tekanan darah anda ke dokter demi memastikan anda memiliki cukup darah untuk disuplai ke otak.

6. Hindari stress

Stress dapat menyebabkan rasa kantuk berlebih, oleh karena itu, sebisa mungkin hindari masalah masalah yang dapat menyebabkan anda stress. Sempatkan diri untuk mendapatkan hiburan untuk mencegah stress berlebihan. (baca juga: 15 cara mengatasi stress super ampuh)

7. Periksakan tubuh ke dokter

Jangan remehkan rasa kantuk yang berlebihan, jika anda mulai merasakan rasa kantuk yang tak kunjung berhenti meskipun anda sudah cukup beristirahat dan konsumsi makanan sehat segera periksakan tubuh anda ke dokter karena kemungkinan anda terjangkit penyakit mengerikan seperti kanker dan penyakit jantung selalu mengintai meskipun seringkali rasa kantuk berlebih hanya disebabkan oleh penyakit rendah seperti gejala diare atau dehidrasi.

, ,
Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit