Sering Ngantuk Setelah Selesai Makan? Ini Alasannya!

207

Hampir semua orang merasakan kantuk yang luar biasa setelah menyelesaikan makannya. Hal ini memang wajar terjadi, namun tentu saja perlu dihindari, apalagi jika mengantuk setelah makan siang dan kita masih harus menghadapi berbagai pekerjaan yang menumpuk. Kalaupun sedang tidak ada pekerjaan, menuruti kantuk dan tidur setelah makan tentu bukan kebiasaan yang baik karena dapat mengganggu kesehatan.

Nah, agar dapat mengatasi rasa mengantuk tersebut, sangat penting untuk mengetahui alasan dibaliknya. Dengan memahami alasannya, maka kita bisa mengantisipasinya dan dapat mengendalikan ngantuk setelah makan.

  1. Kondisi Kesehatan

Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan seseorang mengantuk setiap selesai makan. Beberapa di antaranya yaitu mengalami alergi, penyakit anemia, atau sleep apnea yang dapat mengurangi kualitas tidur di malam hari. Kurangnya kegiatan fisik di siang hari juga dapat membuat tubuh malas hingga jadi mengantuk. Selain itu kekurangan nutrisi dan ketidakmampuan organ pencernaan mencerna makanan dengan baik juga turut memicu rasa kantuk yang hebat selepas makan.

2. Jenis Makanan yang Dimakan

Ngantuk setelah makan pagi dan siang juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang saat itu dimakan. Apalagi jika makanan tersebut mengandung banyak kalori dari makanan yang tinggi karbohidrat. Karbohidrat menyebabkan organ pecernaan sulit untuk mencerna secara cepat. Karena itu aliran darah akan berpusat pada lambung, dan mengakibatkan suplai darah ke otak berkurang sehingga mudah mengantuk. Selain itu, makanan yang kaya asam amino juga dapat merangsang pelepasan serotonin yang menyebabkan mata lebih cepat mengantuk.

3. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Jika Anda sering begadang maka ini menjadi penyebab sering mengantuk di siang hari terutama setelah makan siang. Bahaya akibat tidur larut malam bagi kesehatan bukan hanya membuat tubuh lelah di siang hari namun juga dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya muncul. Karena itu, lebih baik jika tidur malam di awal waktu dan bangun lebih cepat agar tubuh terasa bugar dan tidak mudah mengantuk di siang hari. Selain itu, jika masih sering mengantuk setelah makan siang meskipun sudah cukup tidur, maka cara menghilangkan ngantuk saat bekerja perlu dicoba.

4. Proses Pencernaan dan Hormon

Selama proses pencernaan berlangsung, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa, dan ketika glukosa dilepaskan ke aliran darah, hormon serotonin akan ikut dilepaskan. Selain itu hormon melatonin pun juga ikut diproduksi di otak. Kedua hormon tersebut memiliki peran dalam menyebabkan munculnya rasa mengantuk saat kita baru selesai makan. Karena itu, untuk menghindari ngantuk, jumlah karbohidrat yang dikonsumsi perlu dibatasi.

Mengantuk memang hal yang wajar, pertanda tubuh sudah lelah dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Namun jika setiap kali selesai makan langsung ngantuk, ini perlu diatasi agar tidak menjadi kebiasaan yang buruk. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang tidak memberatkan otak setelah makan, namun memilih aktivitas ringan agar tubuh tetap bergerak dan tidak mudah ngantuk.